TUGAS DIKLAT PKS: Studi Kasus Masalah Pembelajaran


Soal dalam bentuk analisis kasus di bawah ini merupakan sarana latihan bagi peserta Diklat Penguatan Kepala Sekolah dalam rangka membantu untuk menemukan atau mengidentifikasi

masalah-masalah terkait dengan pembelajaran di sekolah masing-masing yang menjadi tagihan dari kegiatan Diklat ini.



 

LEMBAR KERJA PESERTA

 

Alokasi Waktu:  60 menit

Nama Peserta

:

Muhamad Tayeb, S.Pd

Instansi

:

SD Negeri Poja

 

Petunjuk

Saudara diminta untuk:

1.  Mencermati data, dokumen, dan informasi yang disajikan dalam skenario.

2.  Menuliskan Identifikasi Masalah berdasarkan skenario

3.  Menentukan Masalah Utama berdasarkan hasil identifikasi masalah

4.  Menuliskan Identifikasi Kekuatan Sekolah berdasarkan skenario

5.  Merumuskan 3 (tiga) Alternatif solusi mengatasi masalah 

6.  Memilih 1 (satu) alternatif solusi terbaik dari 3 solusi di atas 

7.  Menuliskan langkah-langkah solusi terbaik secara logis, sistematis, dan menunjukkan keluasan wawasan atau keragaman pengalaman yang dapat memberikan dampak positif terhadap perbaikan kualitas pembelajaran bagi peserta didik untuk mencapai students wellbeing (kesejahteraan siswa).

 

1. Skenario

 

Sekolah Dasar Negeri Poja terletak di ujung Utara Kecamatan sape Kabupaten Bima. Sekolah ini dipimpin oleh Bapak Muhamad Tayeb yang baru 1 (Satu) tahun menjabat Kepala Sekolah di sekolah tersebut. Sebelumnya dia adalah Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Bajo Pulo. Bapak Tayeb memiliki jiwa visioner untuk memajukan sekolah. Salah satu upayanya adalah dengan melakukan supervisi guru dan tendik secara terjadwal. Monitoring dan evaluasi terprogram dan dilaksanakan secara rutin.

 

Hasil wawancara

Pada saat wawancara, kepala sekolah menyampaikan informasi sebagai berikut :

  1. Hubungan dengan dinas pendidikan baik, sehingga setiap ada kesulitan segera mendapat bantuan.
  2. Beberapa peserta didik masih ada yang sering datang terlambat,
  3. Program sekolah selalu mendapat dukungan positif dari komite sekolah,
  4. Sebagian besar guru lebih banyak ceramah dan jarang menerapkan metode kreatif dan inovatif,
  5. Akreditasi sekolah B, saat ini berusaha agar dapat meningkat menjadi A,
  6. Motivasi siswa dalam berprestasi rendah,
  7. Kepedulian siswa terhadap kebersihan sekolah rendah,
  8. Program penguatan pendidikan karakter tidak dilaksanakan secara maksimal,
  9. Penggunaan SIM sekolah tidak maksimal
  10. Tidak banyak lulusan yang melanjutkan ke jenjang berikutnya

 

 

 Berdasarkan dokumen sekolah dapat dipaparkan informasi sebagai berikut:

     Prestasi Akademik 3 (tiga) Tahun Terakhir

No

Tahun Pelajaran

Capaian

1

2016/2017

 79 (Cukup Baik)

2

2017/2018

80 (Baik)

3

2018/2019

90 (Amat Baik)

 

Prestasi Non Akademik 3 (tiga) Tahun Terakhir

No

Tahun Pelajaran

Capaian

1

2016/2017

Juara 1 Lomba Lari Tingkat Kecamatan

Juara 2 Lomba Gerak Jalan Indah Tingkat Kecamatan

2

2017/2018

Juara 1 Lomba Asmaul Husna Tingkat Kecamatan

Juara 2 Baca Puisi Tingkat Kecamatan

3

2018/2019

Juara 3 Sepak Bola Volly Putri Tingkat Sekolah Dasar Sekecematan

Juara 2 Lomba Paduan Suara Tingkat Sekolah Dasar Sekecematan

 

     Data Kemampuan Guru Menggunakan TIK

No

Kategori

Jumlah Guru

1

Sangat Mampu

-

2

Mampu

4

3

Kurang mampu

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lembar Jawaban:

No

Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Sekolah

Identifikasi Masalah

Masalah Utama

Alternatif Solusi

Solusi Terbaik

Langkah-langkah Solusi Terbaik

a

b

c

d

e

f

g

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kekuatan:

 

Hubungan dengan dinas pendidikan baik, sehingga setiap ada kesulitan segera mendapat bantuan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Program sekolah selalu mendapat dukungan positif dari komite sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Akreditasi sekolah B, saat ini berusaha agar dapat meningkat menjadi A,

 

 

 

 

 

Relasi yang baik antara sekolah dengan dinas pendidikan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dukungan baik oleh komite sekolah terhadap program sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Usaha peningkatan akreditasi sekolah menjadi A seperti rutin memeriksa administrasi sekolah dan meningkatkan sarana prasarana sekolah

 

 

 

1.    Dukungan komite dan masyarakat sangat baik.

2.    Dukungan pemerintah dalam melengkapi sarana dan prasarana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a.    Meningkatkan hubungan (relasi) baik dengan dinas pendidikan agar setiap masalah bisa mendapatkan solusi terbaik

b.    Menjalin kerja sama dengan dinas pendidikan sehingga mempermudah mendapatkan bantuan

c.    Monitoring  lapangan oleh pihak dinas pendidikan mengenai kondisi real sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

a.    Meningkatkan hubungan baik dengan masyarakat dan komite sekolah serta pihak yang terkait untuk membantu terlaksananya program sekolah

b.    Menjalin kerja sama yang sinergis dalam membantu dan membangun sekolah

c.    Melaksananakan pertemuan/ rapat secara intensif dengan pihak komite mengenai program yang akan dilaksanakan oleh sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a.    Memberdayakan seluruh stakeholder yang ada di sekolah  untuk terlibat aktif dalam persiapan akreditasi sekolah

b.    Mengatur pembagian tugas tim dan memastikan bahwa setiap  anggota tim mehamami indikator yang terdapat dalam instrumen akreditasi dan menyiapkan bukti fisiknya

c.    Mengadakan sarana tempat berupa lemari untuk penyimpanan setiap dokumen atau arsip sekolah yang disiapkan oleh tim akreditasi sekolah.

 

 

 

Monitoring  lapangan oleh pihak dinas pendidikan mengenai kondisi real sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melaksananakan pertemuan/ rapat secara intensif dengan pihak komite mengenai program yang akan dilaksanakan oleh sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memberdayakan seluruh stakeholder yang ada di sekolah  untuk terlibat aktif dalam persiapan akreditasi sekolah

 

 

 

Perencanaan:

a.    Menyusun proposal bantuan

b.    Membuat jadwal monitoring lapangan oleh pihak dinas terkait

Pelaksanaan:

Meminta pihak dinas untuk monitoring lapangan

 

Monev:

Mencatat hasil monitoring dinas

 

Refleksi:

Mengevaluasi hasil monitoring

 

Tindak Lanjut:

Melaksanakan perintah dinas terkait

 

 

 

Perencanaan:

a.    Menyusun draf planning sekolah

b.    Membuat jadwal rapat dengan pihak komite

Pelaksanaan:

Rapat dengan pihak komite berkaitan dengan program sekolah

 

Monev:

Mencatat kesepakatan rapat

 

 

Refleksi:

Mengevaluasi hasil rapat

 

Tindak Lanjut:

Melaksanakan apa yang telah menjadi kesepakatan dengan komite

 

 

 

 

 

 

 

Perencanaan:

a.    Menyusun draf planning administrasi sekolah

b.    Membuat jadwal rapat dengan pihak komite

Pelaksanaan:

Rapat pembentukan panitia akreditasi sekolah

 

Monev:

Mencatat kesepakatan rapat

 

Refleksi:

Mengevaluasi hasil rapat

 

Tindak Lanjut:

Mencatat progress bahan akreditasi sekolah

 

 

1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

 

 

 Kelemahan:

 

Beberapa peserta didik masih ada yang sering datang terlambat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebagian besar guru lebih banyak ceramah dan jarang menerapkan metode kreatif dan inovatif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Motivasi siswa dalam berprestasi rendah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kepedulian siswa terhadap kebersihan sekolah rendah,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Program penguatan pendidikan karakter tidak dilaksanakan secara maksimal,

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Penggunaan SIM sekolah tidak maksimal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak banyak lulusan yang melanjutkan ke jenjang berikutnya

 

 

 

 

Peserta didik kurang memahami pentingnya disiplin waktu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Guru jarang menggunakan media pembelajaran karena kurangnya pemahaman penggunaan teknologi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rendahnya kemauan siswa dalam belajar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rendahnya kepedulian siswa dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kurangnya pengetahuan guru dalam memahami cara merealisasikan penguatan pendidikan karakter di sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rendahnya SDM untuk tenaga operator sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Rendahnya pengetahuan orang tua siswa tentang pentingnya kelanjutan pendidikan untuk ana-anaknya

 

1.    Sebagian besar orang tua siswa berpenghasilan di bawah standar

 

2.    Rendahnya pengetahuan orang tua tentang pentingnya pendidikan anak

 

3.    Tuntutan orang tua siswa untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas

 

 

a.    Guru menunggu kedatangan siswa di depan gerbang sekolah dengan wajah tersenyum dan sapaan ramah sehingga dapat menyenengkan dan memompa semangat siswa untuk disiplin waktu hadir di sekolah

b.    Memberikan bimbingan konseling kepada siswa yang tidak disiplin waktu

c.    Mencatat nama siswa yang terlambat dan apabila terus melakukan pelanggaran disiplin waktu maka diberikan hukuman yang mendidik seperti menyebutkan butir pancasila, menyanyikan lagu indonesia raya dan lain-lain.

 

 

 

a.    Memberikan pemahaman kepada guru  tentang pentingnya metode pembelajaran kreatif dan inovatif

b.    Melakukan pelatihan kepada guru agar mampu membuat media belajar yang efektif sehingga mampu meciptakan pembelajaran yang efektif dan inovatif

c.    Meminta guru untuk mencari referensi tentang cara membuat media tematik sebagai inovasi yang efektif dalam pembelajaran

 

 

 

 

 

a.    Meminta guru untuk menggunakan metode belajar yang aktif dengan memberikan tugas berupa simulasi penyelesaian masalah untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa.

b.    Meminta guru untuk menciptakan suasana kelas yang aman, tidak mendikte dan cenderung mendukung siswa untuk berusaha dan belajar sesuai minatnya sehingga menumbuhkan motivasi belajar

c.    Memberikan penghargaan siswa yang berprestasi sehingga memotivasi siswa yang lain untuk mempunyai kemauan belajar dan berprestasi

 

a.    Meminta guru untuk mengajak siswa memahami tentang pentingnya hidup bersih

b.    Meminta guru untuk memberikan contoh dan motivasi tentang hidup bersih di lingkungan sekolah

c.    Memberikan dorprise atau hadiah kepada siswa yang peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a.    Memberikan pelatihan kepada guru tentang prosedur pelaksanaan penguatan pendidikan karakter

b.    Mengajak guru untuk melaksanakan pendidikan karakter pada saat mengajar di kelas

c.    Mengevaluasi pembelajaran guru di kelas, sehingga dapat diketahui efektivitas penguatan pendidikan karakter yang dilaksanakan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a.    Mencari SDM operator yang memahami prosedur SIM sekolah

b.    Memberikan pelatihan kepada operator sekolah sehingga memilikui kemampuan menggunakan SIM sekolah secara maksimal

c.    Menjalin kerjasama dengan pihak terkait agar penggunaan SIM sekolah dapat maksimal

 

 

 

 

 

 

 

a.    Mengadakan rapat/ pertemuan dengan orangtua/ wali siswa untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya kelanjutan pendidikan peserta didik

b.    Memberikan motivasi kepada siswa agar berkemauan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

c.    Memberikan beasiswa untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi bagi siswa yang tidak mampu dan berprestasi

 

 

Guru menunggu kedatangan siswa di depan gerbang sekolah dengan wajah tersenyum dan sapaan ramah sehingga dapat menyenengkan dan memompa semangat siswa untuk disiplin waktu hadir di sekolah

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Melakukan pelatihan kepada guru agar mampu membuat media belajar yang efektif sehingga mampu meciptakan pembelajaran yang efektif dan inovatif

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memberikan penghargaan siswa yang berprestasi sehingga memotivasi siswa yang lain untuk mempunyai kemauan belajar dan berprestasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Meminta guru untuk mengajak siswa memahami tentang pentingnya hidup bersih

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memberikan pelatihan kepada guru tentang prosedur pelaksanaan penguatan pendidikan karakter

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Memberikan pelatihan kepada operator sekolah sehingga memilikui kemampuan menggunakan SIM sekolah secara maksimal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengadakan rapat/ pertemuan dengan orangtua/ wali siswa untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya kelanjutan pendidikan peserta didik

 

 

 

Perencanaan:

Rapat dengan dewan guru membahas cara/ langkah/ solusi untuk mengatasi keterlambatan siswa

 

Pelaksanaan:

Melaksanakan solusi yang telah menjadi keputusan rapat

 

Monev:

Mencatat solusi rapat

 

Refleksi:

Mengevaluasi hasil pelaksanaan disiplin

 

Tindak Lanjut:

Mengevaluasi hasil pelaksanaan disiplin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perencanaan:

a.    Rapat dengan dewan guru membahas rencana pelatihan guru

b.    Menyusun jadwal pelatihan

c.    Mengundang pemateri yang kompeten

Pelaksanaan:

Melaksanakan pelatiham pembelajaran yang efektif dan inovatif

 

Monev:

Mencatat perkembangan guru setelah pelatihan

 

Refleksi:

Mengevaluasi hasil pelatihan

 

Tindak Lanjut:

Mengevaluasi hasil pelaksanaan pembelajaran efektif dan inovatif

Perencanaan:

Rapat dengan dewan guru membahas cara memotivasi siswa

 

Pelaksanaan:

Melaksanakan solusi yang telah menjadi keputusan rapat

 

Monev:

Mencatat kekurangan dan kelebihan

 

Refleksi:

Mengevaluasi hasil pelaksanaan disiplin

 

Tindak Lanjut:

Melanjutkan proses pemberian penghargaan jika itu berhasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Perencanaan:

Rapat dengan dewan guru membahas cara/ langkah/ solusi untuk memberikan pemahaman siswa tentang pentingnya hidup bersih

 

Pelaksanaan:

Melaksanakan solusi yang telah menjadi keputusan rapat

 

Monev:

Mencatat perkembangan pelaksanaan kebersihan sekolah

 

Refleksi:

Mengevaluasi hasil pelaksanaan kebersihan sekolah

 

Tindak Lanjut:

Mengevaluasi hasil pelaksanaan disiplin

 

Perencanaan:

a.    Rapat dengan dewan guru

b.    Menyusun jadwal pelatihan

c.    Mengundang pemateri

Pelaksanaan:

Melaksanakan pelatihan penguatan pendidikan karakter

 

Monev:

Mencatat keberhasilan guru dalam melaksanankan penguatan pendidikan karakter

 

Refleksi:

Memantau hasil pelaksanaan penguatan pendidikan karakter

 

Tindak Lanjut:

Mengevaluasi hasil pelaksanaan penguatan pendidikan karakter

 

Perencanaan:

Mencari operator sekolah yang kompeten

 

Pelaksanaan:

Memberikan pelatihan kepada operator sekolah mengenai SIM sekolah kepada pihak yang kompeten

 

Monev:

Mencatat pekembangan kemampuan operator sekolah

 

Refleksi:

Menanyakan perkembangan penggunaan SIM sekolah

 

Tindak Lanjut:

Mengevaluasi hasil pekerjaan operator sekolah

 

Perencanaan:

a.    Menyusun jadwal rapat

b.    Mengundang komite dan orangtua siswa

Pelaksanaan:

Melaksanakan rapat

 

Monev:

Mencatat keputusan rapat

 

Refleksi:

Mengevaluasi hasil rapat dengan dewan guru

 

Tindak Lanjut:

Memberikan beasiswa kepada siswa yang tidak mampu dan berprestasi jika dianggap perlu

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)

SUBDISIPLIN LINGUISTIK