CONTOH: FORMAT PROGRAM SUPERVISI TENDIK

PROGRAM SUPERVISI TENAGA KEPENDIDIKAN


A.    PENDAHULUAN

1.       Latar Belakang

Supervisi adalah kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya guna meningkatkan mutu dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. seorang supervisor mempunyai kedudukan atau posisi lebih dari orang yang disupervisi, tugasnya adalah melihat, menilik atau mengawasi orang-orang yang disupervisi. Supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah ditujukan untuk memberikan

pelayanan kepada guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan pengelolaan kelembagaan secara efektif dan efisien sertamengembangkan mutu kelembagaan pendidikan.

Tenaga kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan. (UU No. 20 tahun 2003 psl 1, BAB 1 Ketentuan Umum).

Supervisi Tenaga Kependidikan adalah supervisi yang di laksanakan oleh kepala sekolah kepada tenaga kependidikan yang terkait dengan pengelolaan dan administrasi pendidikan sehingga akan menunjang proses pendidikan di sekolah.

 

2.      Landasan Hukum

·      Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

·      Permendiknas No. 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala  Sekolah/Madrasah

·      Permendiknas No.  24 tahun 2008 tentang Standar kualifikasi dan kompetensi TAS

·      Permendiknas No.  25 tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah

·      Permendiknas Nomor 26 Tahun 2008  ttg Standar Tenaga Laboratorium Sekolah dan Madrasah

·      PP No. 13 tahun 2015 tetang Perubahan Kedua atas  PP No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

 

3.      Tujuan dan Indikator Keberhasilan

a.      Tujuan

1.1.      Untuk mengetahui secara cermat dan seksama kenyataan yang sebenarnya tentang kekuatan dan kelemahan tenaga kependidikan  sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya.

1.2.      Untuk mengetahui secara cermat dan seksama pembinaan yang akan dilakukan terhadap kelemahan tenaga kependidikan  sekolah serta pengembangan kekuatan yang dimiliki oleh tenaga kependidikan

 

b.      Indikator Keberhasilan

1.1.       Masing-masing tenaga kependidikan memahami tugas dan pokok yang telah diberikan

1.2.       Masing-masing tenaga kependidikan melaksanakan tugas sesuai dengan fungsinya

1.3.       Masing-masing tenaga kependidikan memiliki dokumen sesuai dengan tugasnya

 

B.     HASIL SUPERVISI TAHUN SEBELUMNYA

No

Keterlaksanaan Program  Kegiatan

Hasil yang Dicapai Th 2018/2019

1.

Pencapaian kinerja  administrasi ketatausahaan

85%

2.

Pencapaian kinerja  administrasi kepegawaian

80%

3.

Pencapaian kinerja  administrasi keuangan

90%

4.

Pencapaian kinerja  administrasi peserta didik

75%

5.

Pencapaian kinerja  administrasi kurikulum

80%

6.

Pencapaian kinerja  administrasi sarana dan pra sarana

70%

7.

Pencapaian kinerja  administrasi Perpustakaan

65%

8.

Pencapaian kinerja  administrasi Laboratorium IPA

70%

 

C.  MENETAPKAN SASARAN DAN JADWAL

Sasaran yang harus ditingkatkan adalah tenaga kependidikan Perpustakaan

JADWAL DAN SASARAN  SUPERVISI   TENAGA KEPENDIDIKAN

 

 

DILAKSANAKAN PADA BULAN

No

KEGIATAN   SUPERVISI

7

8

9

10

11

12

1

2

3

4

5

6

1

Melaksanakan supervisi administrasi ketatausahaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Melaksanakan supervisi administrasi kepegawaian

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3

Melaksanakan supervisi administrasi keuangan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4

Melaksanakan supervisi administrasi peserta didik

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5

Melaksanakan supervisi administrasi kurikulum

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

Melaksanakan supervisi administrasi sarana dan pra sarana

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7

Melaksanakan supervisi administrasi Perpustakaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8

Melaksanakan supervisi administrasi LaboratoriumIPA

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.  MEMILIH PENDEKATAN, TEKNIK DAN METODE

1.1. Pendekatan

a.    Pendekatan Direktif (langsung)

Pendekatan direktif adalah cara pendekatan terhadap masalah yang bersifat langsung. Supervisor memberikan arahan langsung, dengan tujuan agar guru yang mengalami problem perlu diberi rangsangan langsung agar ia bisa bereaksi

Adapun langkah-langkah pendekatan direktif  yaitu : menjelaskan, menyajikan, mengarahkan, memberi contoh, menetapkan tolok ukur, dan menguatkan. 

 

b.    Pendekatan Non-direktif (Tidak Langsung).

Pendekatan non-direktif yaitu cara pendekatan terhadap permasalahan yang bersifat tidak langsung. Supervisor tidak secara langsung menunjukkan permasalahan, tapi terlebih dahulu mendengarkan secara aktif apa yang dikemukakan tenaga kependidikan.

Adapun langkah-langkah pendekatan non-direktif  yaitu : mendengarkan, memberikan penguatan, menjelaskan, menyajikan dan memecahkan masalah

 

c.    Pendekatan Kolaboratif.

    Pendekatan kolaboratif adalah cara pendekatan yang memadukan cara pendekatan direktif dan non-direktif. Pada pendekatan ini Supervisor dan guru bersama-sama, bersepakat untuk menetapkan struktur, proses dan kriteria dalam melaksanakan proses percakapan terhadap masalah yang dihadapi, pendekatan kolaboratif ini mengunakan kumunikasi dua arah, dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas. 

Adapun langkah-langkah pendekatan  non-direktif  yaitu : menyajikan, menjelaskan, mendengarkan, memecahkan masalah dan negosiasi

 

1.2. Teknik

a.      Teknik Individu

1.1.Observasi

1.2.Percakapan Pribadi

b.      Teknik Kelompok

1.1. Lokakarya

1.2.Mengikuti kursus / diklat

 

1.3. Metode

Metode yang digunakan dalam supervisi tenaga kependidikan adalah  monitoring/ pengawasan

 

E.  MEMILIH DAN MENETAPKAN INSTRUMEN

Agar dalam melaksanaan supervise terhadap tenaga kependidikan dapat dilaksanakan dengan mudah dan sesuai maka harus dibuat Instrumen dari masing-masing tenaga kependidikan. Berikut ini disajikan Instrumen penilaiannya:

 

 

 

INSTRUMEN

SUPERVISI ADMINISTRASI KURIKULUM

 

1.      Satuan Pendidikan                        :

2.      Hari/tanggal                      :…………………………

 

No

Komponen

Jawaban

Skor / nilai

Keterangan

Ada

Tidak

1

2

3

4

1

Dokumen 1 KTSP

 

 

 

 

 

 

 

2

Dokumen 2 KTSP

 

 

 

 

 

 

 

3

SK Pembagian Tugas Mengajar Guru

 

 

 

 

 

 

 

4

Program Peningkatan Pencapaian Nilai UN

 

 

 

 

 

 

 

5

File Nilai UN tahun pelajaran sebelumnya

 

 

 

 

 

 

 

6

File Nilai Ijazah/STTB siswa tahun sebelumnya

 

 

 

 

 

 

 

7

File foto kopi SKHUN dan Ijazah tahun sebelumnya

 

 

 

 

 

 

 

8

Buku daftar kelas / buku leger

 

 

 

 

 

 

 

9

Buku induk siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai rata-rata =  Jlh. skor perolehan : 9

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai akhir = nilai rata-rata : 4 X 100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :  86 % - 100 % = bai sekali

                          71 % - 85 %  = baik

                          55 % - 70 %  = cukup

                          < 55 %          = kurang

 

Kesimpulan:

…………………………………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………….

                 Pengelola Adm,                                                                  Kepala Sekolah,

 

                                                            

 

       ……………………..                                                       …………………………

                 NIP.                                                                                  NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN

SUPERVISI ADMINISTRASI KESISWAAN

 

1.      Satuan Pendidikan                        :

2.      Hari/tanggal                      :…………………………

No

komponen

Jawaban

Skor / nilai

Ket

Ada

Tidak

1

2

3

4

 

1

Program penerimaan siswa baru (PSB)

 

 

 

 

 

 

 

2

Laporan PSB

 

 

 

 

 

 

 

3

Buku klapper

 

 

 

 

 

 

 

4

Buku induk siswa

 

 

 

 

 

 

 

5

Buku mutasi siswa

 

 

 

 

 

 

 

6

Daftar siswa  per kelas

 

 

 

 

 

 

 

7

Papan absen siswa di setiap kelas

 

 

 

 

 

 

 

8

Tatatertib siswa

 

 

 

 

 

 

 

9

Struktur organisasi OSIS

 

 

 

 

 

 

 

10

Uraian tugas organisasi OSIS

 

 

 

 

 

 

 

11

SK penetapan pengurus OSIS

 

 

 

 

 

 

 

12

Program kerja OSIS

 

 

 

 

 

 

 

13

Laporan/dokumentasi kegiatan OSIS

 

 

 

 

 

 

 

14

Program pengembangan diri siswa (Kegiatan Ekstra kurikuler)

 

 

 

 

 

 

 

15

Program pengembangan diri siswa (kegiatan layanan konseling)

 

 

 

 

 

 

 

16

Buku catatan prestasi siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai rata-rata =  Jlh. skor perolehan : 16

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai akhir = nilai rata-rata : 4 X 100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :       86 % - 100 % = bai sekali

   71 % - 85 %  = baik

                           55 % - 70 %  = cukup

                           < 55 %          = kurang

 

 

Kesimpulan:

…………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….                                                                                                                 ………………………

                 Pengelola Adm,                                                                  Kepala Sekolah,

 

                                                            

       ……………………..                                                      

                 NIP.                                                                                  NIP.

 

 

 

 

 

INSTRUMEN

SUPERVISI ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN

 

1.      Satuan Pendidikan                        :

2.      Hari/tanggal                      :…………………………

No

Komponen

Jawaban

Skor / nilai

Ket.

Ada

Tidak

1

2

3

4

 

 

a.    Kepala Sekolah

 

 

 

 

 

 

 

1

Bio data / curriculum vitae

 

 

 

 

 

 

 

2

Program kerja jangka menengah

 

 

 

 

 

 

 

3

Program kerja tahunan

 

 

 

 

 

 

 

4

Program dan jadwal supervisi kelas

 

 

 

 

 

 

 

5

Bukti pelaksanaan supervisi kelas

 

 

 

 

 

 

 

6

Daftar Urutan Kepangkatan

 

 

 

 

 

 

 

7

Catatan pengembangan professional guru

 

 

 

 

 

 

 

 

b.   Guru

 

 

 

 

 

 

 

8

Bio data

 

 

 

 

 

 

 

9

Daftar absensi guru

 

 

 

 

 

 

 

10

Data kesesuan tugas guru dengan SK

 

 

 

 

 

 

 

11

Barzetting formasi guru

 

 

 

 

 

 

 

 

c.    Pegawai Tata Usaha

 

 

 

 

 

 

 

12

Bio data

 

 

 

 

 

 

 

13

Daftar absensi guru

 

 

 

 

 

 

 

14

Struktur dan uraian tugas organisasi TU

 

 

 

 

 

 

 

15

Catatan hasil pekerjaan/jurnal

 

 

 

 

 

 

 

 

d.   File

 

 

 

 

 

 

 

16

Kepala sekolah

 

 

 

 

 

 

 

17

Guru

 

 

 

 

 

 

 

18

Pegawai Tata Usaha

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai rata-rata =  Jlh. skor perolehan : 18

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai akhir = nilai rata-rata : 4 X 100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :

 86 % - 100 %      = bai sekali

71 % - 85 %           = baik

 55 % - 70 %          = cukup

   < 55 %                = kurang

Ksimpulan : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………

                                                                                                            ………………

                 Pegawai TU                                                                      Kepala Sekolah,                                 

                                                          

 ……………………..                                                       …………………………

                 NIP.                                                                                  NIP.

 

 

INSTRUMEN

SUPERVISI ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA

 

1.      Satuan Pendidikan                        :…………………………

2.      Hari/tanggal                      :…………………………

 

No

Komponen

Jawaban

Skor / nilai

Keterangan

Ada

Tidak

1

2

3

4

1

Sertifikat kepemilikan tanah

 

 

 

 

 

 

 

2

SK pendirian sekolah

 

 

 

 

 

 

 

3

Buku induk barang inventaris

 

 

 

 

 

 

 

4

Buku golongan barang inventaris

 

 

 

 

 

 

 

5

Buku pembelian barang

 

 

 

 

 

 

 

6

Buku penerimaan barang

 

 

 

 

 

 

 

7

Daftar inventaris ruang

 

 

 

 

 

 

 

8

Buku stok barang

 

 

 

 

 

 

 

9

Kartu pemeliharaan barang

 

 

 

 

 

 

 

10

Catatan penghapusan barang

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai rata-rata =  Jlh. skor perolehan : 10

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai akhir = nilai rata-rata : 4 X 100 %

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :  86 % - 100 % = bai sekali

                          71 % - 85 %  = baik

                          55 % - 70 %  = cukup

                          < 55 %          = kurang

Ksimpulan : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

                                                                                                            …………………

                 Pegawai TU                                                                      Kepala Sekolah,                                 

                                                          

 

 ……………………..                                                       ……………………….

                 NIP.                                                                                  NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN

SUPERVISI ADMINISTRASI KEUANGAN

 

1.      Satuan Pendidikan                        :

2.      Hari/tanggal                      :…………………………

 

No

Komponen

Jawaban

Skor / nilai

Keterangan

Ada

Tidak

1

2

3

4

1

RKAS

 

 

 

 

 

 

 

2

Rincian penggunaan dana perjenis anggaran

 

 

 

 

 

 

 

3

Buku Kas Umum

 

 

 

 

 

 

 

4

Buku Pembantu  Kas Tunai

 

 

 

 

 

 

 

5

Buku Pembantu Bank

 

 

 

 

 

 

 

6

Buku Pembantu Pajak

 

 

 

 

 

 

 

7

Laporan penerimaan dan pengeluaran uang

 

 

 

 

 

 

 

8

Surat setoran pajak (SSP)

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai rata-rata =  Jlh. skor perolehan : 8

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai akhir = nilai rata-rata : 4 X 100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :  86 % - 100 % = bai sekali

                          71 % - 85 %  = baik

                          55 % - 70 %  = cukup

                          < 55 %          = kurang

 

Ksimpulan : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

                                                                                                            …………………

                 Bendahara,                                                                                    Kepala Sekolah,                                 

                                                          

 

 ……………………..                                                       ………………………….

                 NIP.                                                                                  NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN

SUPERVISI ADMINISTRASI PERPUSTAKAAN

 

1.      Satuan Pendidikan                        :

2.      Hari/tanggal                      :…………………………

 

No

Komponen

Jawaban

Skor / nilai

Keterangan

Ada

Tidak

1

2

3

4

1

Struktur pengelolaan perpustakaan

 

 

 

 

 

 

 

2

Program pemanfaatan perpustakaan

 

 

 

 

 

 

 

3

Buku induk buku perpustakaan

 

 

 

 

 

 

 

4

Kartu buku perpustakaan

 

 

 

 

 

 

 

5

Daftar klasifikasi buku

 

 

 

 

 

 

 

6

Buku peminjaman

 

 

 

 

 

 

 

7

Catatan /data kunjungan perpustakaan

 

 

 

 

 

 

 

8

Tata tertib perpustakaan

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai rata-rata =  Jlh. skor perolehan : 8

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai akhir = nilai rata-rata : 4 X 100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :  86 % - 100 % = bai sekali

                          71 % - 85 %  = baik

                          55 % - 70 %  = cukup

                          < 55 %          = kurang

 

 

Kesimpulan : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

                                                                                                            , …………………

                 Kepala/Petugas Pustaka,                                                   Kepala Sekolah,                                 

                                                          

 

 ……………………..                                                       …………………………..

                 NIP.                                                                                  NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

INSTRUMEN

SUPERVISI ADMINISTRASI PENGELOLAAN

LABORATORIUM IPA

 

1.      Satuan Pendidikan                        :

2.      Hari/tanggal                      :…………………………

 

No

Komponen

Jawaban

Skor / nilai

Keterangan

Ada

Tidak

1

2

3

4

1

Struktur pengelolaan labor

 

 

 

 

 

 

 

2

Jadwal pemakaian labor

 

 

 

 

 

 

 

3

Tata tertib pemakaian labor

 

 

 

 

 

 

 

4

Buku catatan alat pada labor

 

 

 

 

 

 

 

5

Buku catatan bahan pada labor

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai rata-rata =  Jlh. skor perolehan : 5

 

 

 

 

 

 

 

 

Nilai akhir = nilai rata-rata : 4 X 100 %

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterangan :  86 % - 100 % = bai sekali

                          71 % - 85 %  = baik

                          55 % - 70 %  = cukup

                          < 55 %          = kurang

 

 

 

 

 

 

Ksimpulan : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….

 

                                                                                                            , …………………

                 Kepala/Petugas Labor,                                                      Kepala Sekolah,                                 

                                                          

 

 ……………………..                                                       ………………………

                 NIP.                                                                                  NIP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Petunjuk mengerjakan:

1.   Susunlah program supervisi tendik secara kelompok

2.   Dalam menyusun program supervisi tendik, Saudara diminta menguatkan nilai karakter nasionalisme pada sub nilai taat azaz sesuai dengan sistematika yang telah ditentukan dengan mengacu kepada peraturan hukum yang berlaku.

 

Pertanyaan:

Buatlah program supervisi Tenaga kependidikan dengan sistematika sebagai berikut:

1.    Latar belakang, landasan hukum, merumuskan tujuan dan indikator keberhasilan

2.    Hasil supervisi tahun sebelumnya

3.    Menetapkan sasaran dan jadwal

4.    Memilih pendekatan, teknik, dan metode

5.    Memilih dan menetapkan instrumen

 

Rubrik Penilaian:

Skor 86-100      : Apabila peserta diklat mampu menyusun Program Supervisi tendik dengan sistematis dengan mencantumkan lima bagian yang ada dalam penugasan

Skor 76-85,99   : Apabila peserta diklat mampu menyusun Program Supervisi tendik dengan sistematis dengan mencantumkan empat bagian yang ada dalam program kerja

Skor 66-75,99   : Apabila peserta diklat mampu menyusun Program Supervisi tendik dengan sistematis dengan mencantumkan tiga bagian yang ada dalam program kerja

Skor 0-65,99     : Apabila peserta diklat mampu menyusun Program Supervisi tendik dengan sistematis dengan mencantumkan satu sampai dua bagian yang ada dalam program kerja

Komentar

Unknown mengatakan…
Trima kasih, bisa untuk referensi Tim kami di sekolah

Postingan populer dari blog ini

BAHASA INDONESIA SMA KELAS X: Materi Hikayat

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS ANEKDOT [Kurikulum Merdeka]

Makalah Pengaruh Bahasa Kotor (Jorok) Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia 4 Tahun