TUGAS DIKLAT PKS: Merancang Instrumen Monitoring dan Evaluasi


                                
Tugas 09. Merancang Instrumen Monitoring dan Evaluasi 

a.   Instrumen Monitoring Pelaksanaan Kegiatan RPS

Tabel 9a. Instrumen Monitoring Pelaksanaan Kegiatan

No

Kegiatan

Uraian

Keterlaksanaan

Keterangan

Ya

Tidak

a

B

C

d

e

f

1

Persiapan

diisi dengan rincian kegiatan yang dilakukan di persiapan

 

 

 

1. Rapat dan Sosialisasi kegiatan RPS

Ö

 

 

2. Menyusun Tim Kerja

Ö

 

 

3. Menyusun program dan anggaran kegiatan

Ö

 

 

 

 

 

 

 

 

2

Pelaksanaan

diisi dengan rincian kegiatan yang dilakukan di pelaksanaan

 

 

 

1.    Membuat taman bermain yang mendukung aktifitas anak untuk berkreasi, berekspresi, dan partisipasi sesuai dengan tingkat umur dan kematangannya

Ö

 

 

2.   Memberikan kebutuhan siswa dengan bantuan berupa sandang seperti seragam, sepatu, tas, buku. Dan Pangan seperti pemberian makanan tambahan anak.

Ö

 

 

3.   Mengadakan media ajar seperti buku pelajaran dan alat bantu ajar/peraga sehingga membantu daya serap murid

 

Ö

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

5

1

 

 

 

Skor Perolehan “Ya”

5

 

 

 

Total Perolehan (skor perolehan “Ya” : skor maksimal (sejumlah item uraian) x 100)

5/6 x 100

= 83,3

B

 

Catatan: dibuat oleh KS dan diisi oleh guru, tendik, atau murid yang terlibat dalam kegiatan RPS.

 

Keterangan:

Jawaban Ya      = 1

Jawaban Tidak  = 0

 

Kriteria penskoran:

ANGKA (Kuantitatif)

HURUF (Kualitatif)

KETERANGAN

86 – 100

A

sangat baik/sangat memadai

71 – 85,99

B

baik/memadai

56 – 70,99

C

cukup /cukup memadai

< 56

D

kurang/ kurang memadai

 

 

 

 

b.  Instrumen Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Berdasarkan Hasil AKPK

Tabel 9b. Instrumen Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Berdasarkan Hasil AKPK

No

Uraian Indikator

Ketercapaian

Keterangan

4

3

2

1

a

b

c

d

A.    Kompetensi Kepribadian

 

Diisi uraian indikator yang akan ditingkatkan berdasarkan hasil AKPK 2 skor terendah setiap kompetensi

 

 

 

 

 

1

Perkataan selaras dengan tindakan yang dilakukan

Ö

 

 

 

 

2

Cara berbicara, bersikap, dan berperilaku dapat diteladani oleh warga sekolah dan masyarakat.

Ö

 

 

 

 

B.    Kompetensi Manajerial

1

Minat sekolah dan belajar siswa meningkat

Ö

 

 

 

 

2

Kegiatan-kegiatan warga sekolah menuju pencapaian program, visi, misi, dan tujuan sekolah

Ö

 

 

 

 

C.    Kompetensi Kewirausahaan

1

Terintegrasi dalam Seluruh Mata Pelajaran

 

Ö

 

 

 

2

Terpadu dalam Kegiatan Ekstrakurikuler

 

Ö

 

 

 

D.    Kompetensi Supervisi

1

Melakukan pengamatan terhadap bukti-bukti fisik yang disajikan guru dan tendik

Ö

 

 

 

 

2

Menyampaikan hasil catatan supervisi dan
memberikan saran-saran untuk perbaikan kinerja tendik yang
bersangkutan

Ö

 

 

 

 

E.    Kompetensi Sosial

1

Hubungan baik antar sesama siswa, antar guru, guru dengan siswa, guru dengan staf, staf dengan siswa.

Ö

 

 

 

 

2

Hubungan baik antara warga sekolah dengan komite, orang tua, dan masyarakat

Ö

 

 

 

 

 

Jumlah Skor

32

6

 

 

 

 

Total Skor Diperoleh

38

 

 

Hasil (Skor diperoleh : 40 (Skor maksimal) x100)

95

A

 

Catatan: dibuat oleh KS dan diisi oleh guru, tendik, dan murid yang terlibat dalam kegiatan RPS.

 

Keterangan*) isi sesuai dengan indikator:

4        = Sering

3        = Cukup

2        = Kadang-kadang

    1         = Tidak Pernah

 

Petunjuk Pengisian:

1.    Kolom “a” diisi nomor urut

2.    Kolom “b” diisi dengan indikator pada instrumen AKPK yang menunjukkan hasil terendah (skor 3/2/1) pada setiap kompetensi. Saudara dapat mengambil 2 (dua) saja untuk setiap kompetensi. Apabila hasil AKPK Saudara pada kompetensi tertentu telah menunjukkan angka 4 pada setiap indikator, maka Saudara dapat melakukan refleksi diri pada indikator mana yang menurut Saudara masih harus ditingkatkan melalui kegiatan RPS.

3.    Kolom “c” diisi oleh responden mengenai ketercapaian dari indikator yang dituliskan pada kolom “b”

4.    Kolom “d” diisi jika ada pernyataan yang dapat memperjelas secara deskriptif dari setiap indikator

 

Kriteria penskoran:

ANGKA (Kuantitatif)

HURUF (Kualitatif)

KETERANGAN

86 - 100

A

sangat baik/sangat memadai

71 – 85,99

B

baik/memadai

56 – 70,99

C

cukup /cukup memadai

< 56

D

kurang/ kurang memadai

 

 

 

 

c.   Instrumen Evaluasi Hasil Kegiatan

Tabel 9c. Contoh Instrumen Evaluasi Hasil Kegiatan

No

Indikator Keberhasilan

Ketercapaian

Keterangan

4

3

2

1

 

Diisi uraian indikator keberhasilan dari RPS pada tujuan yang pertama

 

 

 

 

 

1.

Minat sekolah siswa meningkat

Ö

 

 

 

 

2.

Memiliki sikap anti kekerasan, toleransi yang tinggi, peduli lingkungan dan bangga terhadap sekolah

 

 

Ö

 

 

 

 

3.

Senang mengikuti pelajaran, tidak ada rasa takut, cemas dan was-was, tidak merasa rendah diri karena bersaing dengan teman lain.

 

Ö

 

 

 

 

4

Media ajar seperti buku pelajaran dan alat bantu ajar/peraga efektif membantu daya serap murid

Ö

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah Skor

16

 

 

 

 

 

Total Skor Diperoleh

16

 

 

Hasil (Skor diperoleh : Skor maksimal) x100)

100

A

 

Catatan: dibuat oleh KS dan diisi oleh KS, guru, dan tendik yang terlibat dalam kegiatan RPS.

 

Keterangan*) isi sesuai dengan indikator:

4        = sangat baik (Selalu muncul)

3        = baik (sering muncul)

2        = cukup (kadang-kadang muncul)

1        = kurang (tidak pernah muncul)

 

Kriteria penskoran:

ANGKA (Kuantitatif)

HURUF (Kualitatif)

KETERANGAN

86 - 100

A

sangat baik/sangat memadai

71 – 85,99

B

baik/memadai

56 – 70,99

C

cukup /cukup memadai

< 56

D

kurang/ kurang memadai

 

 

 

 

d.    Instrumen Pencapaian Students Wellbeing (Kebahagiaan Murid)

 

Tabel 9d. Contoh Instrumen Pencapaian Students Wellbeing (Kebahagiaan Murid)

 

No

Indikator

Ketercapaian

1

2

3

4

1.

Program sekolah ramah anak meningkatkan minat saya untuk bersekolah

 

 

 

Ö

2.

Pembuatan taman bermain  membuat saya nyaman dan senang berada di sekolah

 

 

 

Ö

3.

Pemberian bantuan berupa sandang seperti seragam, sepatu, tas, buku dan lain-lain meningkatkan minat saya untuk bersekolah

 

 

 

Ö

4.

Perlakuan adil bagi murid laki-laki dan perempuan, cerdas lemah, kaya miskin, normal cacat dan anak pejabat dan buruh membuat saya lebih percaya diri berada di sekolah

 

 

 

 

Ö

5.

Kasih sayang guru dan perhatian guru, membuat saya merasa aman berada di sekolah

 

 

 

Ö

6.

Guru terlibat langsung dalam menjaga kebersihan lingkungan membuat saya mampu untuk meniru dan menerapkan di kehidupan sehari-hari (di sekolah maupun di rumah)

 

 

Ö

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

-

-

3

20

Total Skor Diperoleh

23

           Skor Perolehan

NA =                                   X 100

           Skor Maksimal (4 x sejumlah item indikator)

23/24 = 95,8

A

    Catatan: diisi oleh murid secara sampling.

 

Keterangan:

4        = sangat baik (Selalu muncul)

3        = baik (sering muncul)

2        = cukup (kadang-kadang muncul)

1        = kurang (tidak pernah muncul)

 

Kriteria penskoran:

ANGKA (Kuantitatif)

HURUF (Kualitatif)

KETERANGAN

86 - 100

A

sangat baik/sangat memadai

71 – 85,99

B

baik/memadai

56 – 70,99

C

cukup /cukup memadai

< 56

D

kurang/ kurang memadai

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)

SUBDISIPLIN LINGUISTIK