Postingan

Refleksi: Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran

Gambar
Adisan Jaya, S.Pd CGP-IV Kabupaten Bima (SMAN 1 Sape)   Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillahirabbil’alamin, Puji Syukur kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala yang telah memberikan kesehatan dan kesempatan, sehingga bisa sampai ke modul Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran dan merefleksikan pemahaman saya berdasarkan apa yang sudah saya pelajari. 1.     Bagaimana/sejauh mana pemahaman Anda tentang konsep-konsep yang telah Anda pelajari di modul ini, yaitu: dilema etika dan bujukan moral, 4 paradigma pengambilan keputusan, 3 prinsip pengambilan keputusan, dan 9 langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Adakah hal-hal yang menurut Anda di luar dugaan?

Ayat Ayat dan Hadits Tentang Ekonomi Islam

  Assalamualaikum. Pada postingan kali ini saya membagikan ayat-ayat dalam Alquran dan Hadits yang membahas tentang ekonomi Islam. Di postingan ini saya membaginya ke dalam 5 bagian yaitu: Mudharobah (Akad Bagi Hasil), Wadi'ah (Titipan), Ijarah (Sewa Menyewa ), Rahn (Gadai), Musyarokah (Perkongsian / Kerja Sama), Qard (Utang Piutang). Selamat membaca & semoga bermanfaat!

Koneksi Antar Materi - Modul 2.1: Pembelajaran Berdiferensiasi

Gambar
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam dan bahagia, sebagai pembuka, saya awali dengan sebuah pantun. buku jangan simpan di rak bacalah sebelum jadi mayat Saya calon guru penggerak Akan Terus belajar sepanjang hayat Pada postingan kali ini, saya akan memaparkan Koneksi Antar Materi – Modul 2.1 Program Pendidikan Guru Penggerak tentang Pembelajaran Berdiferensiasi. Tapi sebelum saya memaparkan hal tersebut, izinkan saya memperkenalkan diri terlebih dahulu. Nama saya Adisan Jaya, Calon Guru Penggerak angkatan IV dari kab. Bima (SMA Negeri 1 Sape).  

RPP BERDIFERENSIASI | Bahasa Indonesia SMA Kelas X

Refleksi Terbimbing - Modul 2.1 | 2.1.a.6

Gambar
  Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda? Menurut hemat saya, materi yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas yaitu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan   mengidentifikasi terlebih dahulu perbedaan tingkat kesiapan, minat dan profil belajar murid. Mengidentifikasi apa kebutuhan murid saya mulai dengan menyusun pertanyaan untuk diri sendiri, seperti bagaimanakah karakteristik setiap anak di kelas saya? Tahukah saya b agaimana gaya belajar mereka? Setelah mendapat jawaban dari serangkaian pertanyaan tersebut saya akan menerapkan dan merubah perangkat pembelajaran yang sudah saya susun sebelumnya menjadi RPP Berdiferensiasi,  tujuannya adalah untuk memastikan setiap murid di kelas yang saya ajarkan sukses dalam proses pembelajarannya. Strategi yang akan lakukan selanjutnya yaitu dengan menerap

Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1 Pendidikan Guru Penggerak | Adisan Jaya

Gambar
Adisan Jaya, S.Pd (CGP-IV Kab. Bima)

Diagfram Frayer | Adisan Jaya - CGP-IV Kab. Bima

Gambar
 

3 Aspek Pemetaan Kebutuhan Belajar Murid | Carol Ann Tomlinson Ed. D

Gambar
(Sumber: premierespeakers.com) Tomlinson (2001) dalam bukunya yang berjudul  How to Differentiate Instruction in Mixed Ability Classroom   menyampaikan bahwa kita dapat mengkategorikan kebutuhan belajar murid, paling tidak berdasarkan 3 aspek.  Ketiga aspek tersebut adalah: Kesiapan belajar ( readiness ) murid Minat murid Profil belajar murid Sebagai guru, kita semua tentu tahu bahwa murid akan menunjukkan kinerja yang lebih baik jika tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan keterampilan dan pemahaman yang mereka miliki sebelumnya (kesiapan belajar). Lalu jika tugas-

Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi

Gambar
Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal ( common sense ) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan-keputusan

BUKU GURU: BAHASA INDONESIA KELAS X