Refleksi Terbimbing - Modul 2.1 | 2.1.a.6

 
  1. Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda?

Menurut hemat saya, materi yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas yaitu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan  mengidentifikasi terlebih dahulu perbedaan tingkat kesiapan, minat dan profil belajar murid. Mengidentifikasi apa kebutuhan murid saya mulai dengan menyusun pertanyaan untuk diri sendiri, seperti bagaimanakah karakteristik setiap anak di kelas saya? Tahukah saya bagaimana gaya belajar mereka? Setelah mendapat jawaban dari serangkaian pertanyaan tersebut saya akan menerapkan dan merubah perangkat pembelajaran yang sudah saya susun sebelumnya menjadi RPP Berdiferensiasi,  tujuannya adalah untuk memastikan setiap murid di kelas yang saya ajarkan sukses dalam proses pembelajarannya. Strategi yang akan lakukan selanjutnya yaitu dengan menerapkan Tiga Strategi Diferensiasi yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk. Setelah nantinya mempraktekkan langsung segala teori Pembelajaran Berdiferensiasi ini saya optimis tentang kualitas pembelajaran yang lebih baik ke depannya sesuai dengan kebutuhan setiap murid.

  1. Apa yang menurut Anda sulit untuk diterapkan? Mengapa menurut Anda hal tersebut sulit diterapkan?

Menurut saya ada dua kesulitan dalam penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi ini. Yang pertama, alokasi waktu yang singkat tidak mencukupi dalam mengidentifikasi kebutuhan murid. Kedua, dalam mengajak rekan guru senior ataupun rekan guru sejawat di sekolah untuk berpartisipasi aktif dalam mengubahsuaikan perangkat pembelajaran nya, karena perkiraan saya mungkin mereka tidak begitu saja mau keluar dari zona nyaman, sebagus apa pun gagasan baru tentunya tidak akan langsung diterima dengan baik, selalu ada saja pertanyaan yang tidak penting dalam mempertanyakan hal baru tersebut.

  1. Jika Anda harus menerapkan hal yang sulit tersebut, dukungan Apa yang Anda perlukan? Kemana atau bagaimana Anda akan dapat mengakses dukungan tersebut.

Dukungan yang saya butuhkan tentunya dari stakeholder tertinggi yaitu kepala sekolah, saya menyadari sebagai guru honorer tidak memiliki kekuatan yang berarti dalam mempengaruhi rekan guru PNS di sekolah. Setelah kepala sekolah mendukung dan menyebarkan informasi tentang betapa pentingnya pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi kebutuhan belajar murid, langkah selanjutnya saya akan berdiskusi dengan komunitas guru mata pelajaran serumpun terlebih dahulu tentang penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini. Kemudian saya akan mengadakan workshop atau MGMP dengan mengundang Pengajar Praktik atau pihak terkait yang mampu memberikan pemahaman lebih baik kepada rekan guru di sekolah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)

SUBDISIPLIN LINGUISTIK