Administrasi
guru adalah suatu petunjuk kerja atau pedoman belajar yang digunakan guru untuk
kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung lebih
efektif dan efisien. Administrasi guru ini merupakan hal penting yang harus
dipersiapkan oleh guru, baik dari tingkat pendidikan SD hingga SMA/SMK.
Dalam
Kurikulum Merdeka, memberi kebebasan kepada bapak/ ibu guru untuk merancang dan
mendesain kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan murid di kelas. Oleh karena
itu postingan ini bisa menjadi referensi anda dalam menyusun dan merancang
Modul Pembelajaran lebih khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Modul ajar yang saya bagikan ini berupa modul ajar teks laporan hasil observasi, teks anekdot, teks negosiasi, teks hikayat, teks biografi dan mendalami puisi. Untuk mengunduh dalam bentuk word silahkan Klik di sini. Atau anda bisa meng-copy postingan saya di bawah ini! Semoga bermanfaat!
Modul Ajar Teks Hikayat
MODUL AJAR
MENYUSURI NILAI DALAM CERITA LINTAS
ZAMAN
INFORMASI UMUM |
I. IDENTITAS
MODUL
Nama Penyusun :
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas / Fase : X
(Sepuluh) - E
Mata Pelajaran : Bahasa
dan Sastra Indonesia
Materi : Teks Hikayat
Prediksi Alokasi Waktu : 3 x Pertemuan (120 Menit x 12 JP)
II. KOMPETENSI
AWAL
· Menyimak hikayat yang
dibacakan oleh orang lain untuk memahami dan menganalisis pesan dalam teks
narasi berbentuk hikayat.
· Membaca untuk menilai dan
mengkritisi karakterisasi serta plot pada hikayat dan cerpen. Mengaitkannya
dengan nilai-nilai kehidupan yang berlaku pada masa lalu dan sekarang.
· Menggunakan kaidah-kaidah
bahasa yang digunakan dalam hikayat dan cerpen.
· Menulis gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis,
kritis, dan reflektif dalam bentuk teks fiksi dan mempublikasikannya di media
cetak maupun digital
· Menyajikan teks narasi dalam
bentuk monolog secara runut dan kreatif.
III. PROFIL
PELAJAR PANCASILA
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan yag maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif,
inovatif, mandiri, berkebhinekaan global
IV. SARANA
DAN PRASARANA
1. Gawai 4. Buku Teks 7. Handout materi
2. Laptop/Komputer
PC 5. Papan tulis/White Board 8. Infokus/Proyektor/Pointer
3. Akses
Internet 6. Lembar kerja 9. Referensi lain yang
mendukung
V. TARGET
PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum,
tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
VI. MODEL
PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN INTI |
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
· Menyimak hikayat yang
dibacakan oleh orang lain untuk memahami dan menganalisis pesan dalam teks
narasi berbentuk hikayat.
· Membaca untuk menilai dan
mengkritisi karakterisasi dan plot pada hikayat dan cerpen serta mengaitkannya
dengan nilai-nilai kehidupan yang berlaku pada masa lalu dan sekarang.
· Memahami kaidahkaidah bahasa
yang digunakan dalam menulis teks hikayat dan cerpen.
· Menulis gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis,
kritis, dan reflektif dalam bentuk teks fiksi dan mempublikasikannya di media
cetak maupun digital
· Menyajikan teks narasi dalam
bentuk monolog secara runut dan kreatif.
II. PEMAHAMAN
BERMAKNA
· Mampu
mengidentifikasi karakteristik hikayat dan nilai-nilai yang terkandung dalam
hikayat.
· Dapat menggunakan nilai-nilai
yang terkandung dalam hikayat untuk membuat cerita pendek.
III. PERTANYAAN
PEMANTIK
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 1
· Apa
yang kalian ketahui
tentang hikayat?
· Apa yang dimaksud dengan
nilai dalam hikayat?
·
Apa yang membedakan hikayat dengan cerpen?
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 2
·
Menanyakan kepada siswa tentang tokoh favorit
mereka, baik dalam cerpen, novel, maupun film.
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 3
·
Mengajak siswa untuk menceritakan kebiasaan mereka mulai dari bangun tidur
hingga sampai di sekolah dengan menggunakan alur mundur
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 4
·
Mengajak siswa untuk membuat sebuah cerita lisan berantai dari
sebuah foto/gambar/benda yang ada di kelas.
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 5
·
Menampilkan video gerak henti atau drama yang
diangkat dari cerpen.
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
KE-1
No |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
1 |
Pendahuluan |
15 menit |
|
Peserta didik menjawab
salam dengan santun dan berdoa. |
|||
Peserta didik menyiapkan
diri agar siap untuk belajar serta
memeriksa kerapian dan kebersihan
diri dan lingkungan sekitar bangku. |
|||
Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa
pertanyaan pemantik yang
diajukan oleh pendidik. |
|||
Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi
dan karakter yang sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong
royong, dan 6) berkebinekaan global,
yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan. |
|||
2 |
Kegiatan Inti |
95 menit |
|
Pemberian
Rangsangan (Stimulation) |
Peserta didik mendapatkan pengantar materi terkait karakterisasi dan
plot dalam hikayat serta cerpen dari guru atau sumber lainnya |
||
Peserta didik menyimak video hikayat yang ditayangkan oleh pendidik
melalui proyektor LCD. (Mengamati) |
|||
Pernyataan/
Identifikasi Masalah (Problem Statement) |
Peserta didik membuat pertanyaan
yang faktual sampai ke pertanyaan
yang bersifat hipotetis berkaitan dengan isi video hikayat yang ditonton. (Menanya) |
||
Peserta
didik mengidentifikasi ide dan
makna kata yang terdapat dalam video dan teks hikayat. |
|||
Pengumpulan Data (Data Collection) |
Peserta didik duduk secara
berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang. |
||
Peserta didik berdiskusi dengan kelompok untuk memecahkan
masalah yang ada di LKPD. (Mengumpulkan Informasi) |
|||
Pengolahan Data (Data Processing) |
Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan
dan mengidentifikasi informasi yang
didapatkan melalui video dan teks berdasarkan panduan dari LKPD yang
diberikan.
(Mengolah Informasi) |
||
Peserta
didik diminta menemukan isi pokok, nilai-nilai dan makna kata dalam
hikayat berdasarkan teks hikayat yang dibaca. |
|||
Pembuktian
(Verification) |
Peserta didik menyimak
dengan saksama penjelasan dari
guru. |
||
Peserta didik memeriksa kembali dengan cermat hasil
analisis teks hikayat
dengan
berdiskusi kelompok. |
|||
Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya
dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan) |
|||
Menarik
Simpulan/ Generalisasi (Generalization) |
Peserta
didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran. |
||
Peserta
didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan
pembelajaran. |
|||
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik. |
|||
3 |
Kegiatan Penutup |
10 menit |
|
Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar sesuai arahan
pendidik. |
|||
Refleksi
pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian
proses pembelajaran dan perbaikan |
|||
Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar. |
|||
Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran. |
PERTEMUAN
KE-2
No |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
1 |
Pendahuluan |
15 menit |
|
Peserta didik menjawab
salam dengan santun dan berdoa. |
|||
Peserta didik menyiapkan
diri agar siap untuk belajar serta
memeriksa kerapian dan kebersihan
diri dan lingkungan sekitar bangku. |
|||
Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa
pertanyaan pemantik yang
diajukan oleh pendidik. |
|||
Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi
dan karakter yang sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong
royong, dan 6) berkebinekaan global,
yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan. |
|||
2 |
Kegiatan Inti |
95 menit |
|
Pemberian
Rangsangan (Stimulation) |
Peserta didik mendapatkan pengantar materi terkait karakterisasi dan
plot dalam hikayat serta cerpen dari guru atau sumber lainnya |
||
Peserta didik menyimak video hikayat yang ditayangkan oleh pendidik
melalui proyektor LCD. (Mengamati) |
|||
Pernyataan/
Identifikasi Masalah (Problem Statement) |
Peserta didik membuat pertanyaan
yang faktual sampai ke pertanyaan
yang bersifat hipotetis berkaitan dengan isi teks hikayat yang telah dibaca. (Menanya) |
||
Peserta
didik mengidentifikasi kaidah
bahasa yang terdapat dalam video dan teks hikayat. |
|||
Pengumpulan Data (Data Collection) |
Peserta didik duduk secara
berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang. |
||
Peserta didik berdiskusi dengan kelompok untuk memecahkan
masalah yang ada di LKPD. (Mengumpulkan Informasi) |
|||
Pengolahan Data (Data Processing) |
Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan
dan mengidentifikasi informasi yang
didapatkan melalui video dan teks berdasarkan panduan dari LKPD yang
diberikan.
(Mengolah Informasi) |
||
Peserta
didik diminta menemukan kaidah bahasa
hikayat berdasarkan teks hikayat yang dibaca |
|||
Pembuktian
(Verification) |
Peserta didik menyimak
dengan saksama penjelasan dari
guru. |
||
Peserta didik memeriksa kembali dengan cermat hasil
analisis teks
hikayat dengan berdiskusi kelompok. |
|||
Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya
dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan) |
|||
Menarik
Simpulan/ Generalisasi (Generalization) |
Peserta
didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran. |
||
Peserta
didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan
pembelajaran. |
|||
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik. |
|||
3 |
Kegiatan Penutup |
10 menit |
|
Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar sesuai arahan pendidik. |
|||
Refleksi
pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian
proses pembelajaran dan perbaikan |
|||
Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar. |
|||
Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran. |
PERTEMUAN
KE-3
No |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
1 |
Pendahuluan |
15 menit |
|
Peserta didik menjawab
salam dengan santun dan berdoa. |
|||
Peserta didik menyiapkan
diri agar siap untuk belajar serta
memeriksa kerapian dan kebersihan
diri dan lingkungan sekitar bangku. |
|||
Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa
pertanyaan pemantik yang
diajukan oleh pendidik. |
|||
Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi
dan karakter yang sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong
royong, dan 6) berkebinekaan global,
yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan. |
|||
2 |
Kegiatan Inti |
95 menit |
|
Pemberian
Rangsangan (Stimulation) |
Peserta didik diarahkan untuk memilih dan menentukan
cerita hikayat yang ada di daerahnya berdasarkan informasi dari berbagai
sumber. |
||
Peserta didik mengamati dan mengidentifikasi informasi yang diberikan.
(Mengamati) |
|||
Pernyataan/
Identifikasi Masalah (Problem Statement) |
Peserta didik membuat pertanyaan
yang faktual sampai ke pertanyaan
yang bersifat hipotetis berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan. (Menanya) |
||
Peserta didik membuat
rencana penulisan hikayat dengan teknik Adiksimba. |
|||
Pengumpulan
Data (Data Collection) |
Peserta didik duduk secara
berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang. |
||
Peserta didik berdiskusi dengan kelompok untuk mengembangkan informasi yang didapat selama
observasi menjadi sebuah teks laporan hasil observasi. (Mengumpulkan Informasi) |
|||
Pengolahan Data (Data Processing) |
Peserta didik diarahkan
untuk membandingkan informasi yang didapat di lapangan dengan informasi dari
sumber lain yang relevan. (Mengolah
Informasi) |
||
Pembuktian
(Verification) |
Peserta didik menyimak
dengan saksama penjelasan dari pendidik. |
||
Peserta didik memeriksa kembali dengan cermat hasil rancangan teks hikayat dengan
berdiskusi kelompok. |
|||
Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya
dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan) |
|||
Peserta
didik membuat media presentasi cerita hikayat dengan menggunakan media canva. |
|||
Menarik
Simpulan/ Generalisasi (Generalization) |
Peserta
didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran. |
||
Peserta
didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan
pembelajaran. |
|||
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik. |
|||
3 |
Kegiatan Penutup |
10 menit |
|
Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar. |
|||
Refleksi
pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian
proses pembelajaran dan perbaikan |
|||
Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar. |
|||
Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran. |
V. ASESMEN
a) Penilaian Sikap / Profil Pelajar Pancasila
Selama proses mengajar berlangsung guru
mengamati profil pelajar Pancasila pada siswa dalam pembelajaran yang meliputi
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kebhinekaan Global, Mandiri,
Bernalar Kritis, Gotong Royong dan Kreatif (Instrumen Terlampir)
b) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan yang dilakukan
pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di
capai adalah dengan tes tertulis (Instrumen Terlampir)
c) Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan yang dilakukan
pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di
capai adalah dengan tes unjuk kerja / praktek (Instrumen Terlampir)
VI. PENGAYAAN
DAN REMEDIAL
Pengayaan
·
Siswa dapat membaca teks hikayat
lainnya
·
Siswa dapat diminta untuk mengubah
bagian teks hikayat lainnya.
·
Siswa dapat mengubah cerpen yang
dibuat menjadi film gerak henti seperti yang terdapat pada kegiatan
“kreativitas” di buku siswa sebagai pekerjaan rumah. Jika fasilitas tidak
memungkinkan dapat juga mengubah cerpen menjadi naskah drama pendek.
·
Siswa dapat diminta untuk mengamati
cara presentasi para tokoh publik maupun para pembawa acara melalui media yang
ada. Siswa dapat diminta agar melakukan penilaian antarteman untuk memilih
penyaji terbaik.
Remedial
·
Siswa diminta untuk menjawab secara lisan
mengenai kegiatan pembelajaran hari ini. Guru dapat memberikan skala 0–100 yang
dapat dipilih siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap materi maupun
aktivitas yang telah dilakukan.
VII. REFLEKSI
GURU DAN PESERTA DIDIK
Refleksi
Guru:
1. Apakah kegiatan
pembelajaran berlangsung dengan baik?
2. Apa momen paling
berkesan saat proses kegiatan pembelajaran?
3. Apa tantangan yang
dihadapi saat proses kegiatan pembelajaran?
4. Bagaimana cara
mengatasi tantangan tersebut?
Refleksi Peserta Didik:
Tandai
kegiatan yang sudah dilakukan atau pengetahuan yang sudah dipahami dengan tanda
centang (√).
Tabel Refleksi Pembelajaran
Pada Bab 3 ini |
Sudah dapat |
Masih perlu belajar lagi |
Rencana tindak lanjut |
Peserta
didik mampu memahami dan menganalisis informasi dalam hikayat yang dibacakan. |
|
|
|
Peserta
didik mampu menganalisis pesan dalam teks hikayat yang dibacakan |
|
|
|
Peserta
didik mampu menilai dan mengkritisi karakterisasi dan plot pada teks hikayat. |
|
|
|
Peserta
didik mampu menulis cerpen berdasarkan nilai yang terkandung dalam hikayat dan
mempublikasikannya di media cetak maupun digital. |
|
|
|
Peserta
didik mampu memahami kaidah-kaidah bahasa yang digunakan dalam hikayat dan cerpen. |
|
|
|
Peserta
didik mampu mempresentasikan cerita pendek dengan menggunakan media yang tepat
sesuai dengan perhatian dan minat pendengarnya. |
|
|
|
Peserta
didik mampu menulis resensi buku. |
|
|
|
Hitunglah
persentase penguasaan materi kalian dengan rumus berikut:
(Jumlah materi yang kalian kuasai/jumlah seluruh materi) 100%
1. Jika 70—100% materi
di atas sudah dikuasai, peserta
didik diberi aktivitas pengayaan.
2. Jika materi yang
dikuasai masih di bawah 70%, peserta didik mendiskusikan
kegiatan remedial yang dapat dilakukan dengan guru.
Mengetahui, ……, ………………… 202
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
……………… ……………….
NIP. ………… NIP.
……
0 Komentar