Dalam
Kurikulum Merdeka, memberi kebebasan kepada bapak/ ibu guru untuk merancang dan
mendesain kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan murid di kelas. Oleh karena
itu postingan ini bisa menjadi referensi anda dalam menyusun dan merancang
Modul Pembelajaran lebih khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Modul ajar yang saya bagikan ini berupa modul ajar teks laporan hasil observasi, teks anekdot, teks negosiasi, teks hikayat, teks biografi dan mendalami puisi. Untuk mengunduh dalam bentuk word silahkan Klik di sini. Atau anda bisa meng-copy postingan saya di bawah ini! Semoga bermanfaat!
Modul Ajar Teks Biografi
MODUL AJAR
MEMETIK KETELADANAN DARI BIOGRAFI
PAHLAWAN
INFORMASI UMUM |
I. IDENTITAS
MODUL
Nama Penyusun : Adisan Jaya,
S.Pd
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas / Fase : X
(Sepuluh) - E
Mata Pelajaran : Bahasa
dan Sastra Indonesia
Materi :
Teks Biografi
Prediksi Alokasi Waktu : 120
Menit x 6 JP
II. KOMPETENSI
AWAL
· Memahami dan menganalisis
informasi berupa ide pokok serta ide penjelas dari teks biografi secara akurat
dan kritis
· Menganalisis teks rekon untuk
menemukan gagasan, pikiran, atau pesan yang tersurat dan tersirat
· Menggunakan sumber pendukung
lain untuk menelaah penggunaan tanda baca dan kata serapan dalam teks biografi
secara akurat
· Menulis teks biografi untuk
berbagai tujuan secara logis dan kreatif
· Menyajikan teks biografi
secara tuntut, logis, dan kreatif
III. PROFIL
PELAJAR PANCASILA
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan yag maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif,
inovatif, mandiri, berkebhinekaan global
IV. SARANA
DAN PRASARANA
1. Gawai 4. Buku Teks 7. Handout materi
2. Laptop/Komputer
PC 5. Papan tulis/White Board 8. Infokus/Proyektor/Pointer
3. Akses
Internet 6. Lembar kerja 9. Referensi lain yang
mendukung
V. TARGET
PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum,
tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
VI. MODEL
PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN INTI |
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
· Memahami dan menganalisis
informasi berupa ide pokok serta ide penjelas dari teks biografi secara akurat
dan kritis
· Menganalisis teks rekon untuk
menemukan gagasan, pikiran, atau pesan yang tersurat dan tersirat
· Menggunakan sumber pendukung
lain untuk menelaah penggunaan tanda baca dan kata serapan dalam teks biografi
secara akurat
· Menulis teks biografi untuk
berbagai tujuan secara logis dan kreati
· Menyajikan teks biografi
secara tuntut, logis, dan kreatif
II. PEMAHAMAN
BERMAKNA
· Mampu memahami dan
menganalisis informasi berupa ide pokok dan ide penjelas, menganalisis teks
untuk menemukan gagasan, pikiran, atau pesan, menggunakan sumber pendukung
lain, menulis teks, dan menyajikan teks biografi secara runtut, logis, dan
kreatif.
III. PERTANYAAN
PEMANTIK
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 1
·
Guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan pemantik misalnya sebagai
berikut. Apakah siswa pernah menyimak teks biografi dari youtube, podcast, atau
rekaman? Apa pokok-pokok informasi yang siswa dapatkan dari kegiatan menyimak
tersebut? Apa saja yang harus diperhatikan agar siswa dapat menyimak
suatu teks dengan baik?
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 2
·
Guru dapat menanyakan tentang karakter, sikap, pemikiran,
perkataan, tindakan, dan perkataan tokoh dalam teks yang pernah dibaca. Guru
juga dapat bertanya apa yang siswa ketahui tentang teks rekon. Bagaimana
perbedaan teks rekon dengan teks biografi? Bagaimana bentuk dan ciriciri teks
rekon?
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 3
·
Guru menanyakan kepada siswa tentang tanda baca apa saja yang mereka
ketahui dan apa saja fungsi serta kaidahnya. Selain itu, guru juga dapat
membahas tentang kata serapan dan kaidahnya. Guru dapat menanyakan sejauh mana
pengetahuan siswa mengenai kata serapan dan kaidahnya? Siswa dan guru juga
dapat bersama-sama membahas PUEBI, baik versi cetak maupun daring.
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 4
·
Guru bertanya jawab tentang pengalaman siswa dalam kegiatan tulis
menulis. Misalnya, tulisan apa yang pernah kalian buat atau pernahkan kalian
menulis cerita seseorang. Selain itu, guru juga dapat menggali wawasan siswa
tentang bagaimana menulis biografi. Misalnya, bagaimana langkah-langkah menulis
biografi seorang tokoh atau menurut kalian bagaimana proses menulis
biografi yang baik.
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 5
·
Guru dapat menampilkan video presentasi teks biografi atau infografik
sosok pahlawan tertentu. Guru dapat bertanya jawab dengan siswa terkait dengan
pengalaman presentasi yang pernah dilakukan. Siswa dapat diminta merumuskan
persiapan apa saja yang harus dilakukan saat akan presentasi? Guru bersama
siswa juga dapat mendiskusikan langkah-langkah presentasi yang baik.
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
KE-1
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
·
Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
·
Memotivasi siswa untuk
tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai
dengan
Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3)
bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam
satuan pendidikan.
Kegiatan
Inti (90 Menit)
·
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran dan memberikan motivasi.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
terkait tahap-tahap pembelajaran sesuai dengan metode pembelajaran kooperatif.
·
Siswa membentuk kelompok yang
terdiri atas 4–5 siswa.
·
Ketua kelompok menetapkan pembagian
tugas masing-masing anggota kelompok.
·
Ketua kelompok membacakan teks
“Biografi Ki Hadjar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia” atau guru dapat
memperdengarkan teks biografi yang sudah direkam sebelumnya.
·
Siswa lain menyimak secara intensif
dan saksama pembacaan teks biografi tersebut.
·
Secara berkelompok, siswa berdiskusi
menjawab beberapa pertanyaan terkait teks.
·
Guru memantau, membimbing, dan
mengevaluasi aktivitas diskusi siswa.
·
Siswa selanjutnya mempresentasikan
hasil diskusi kelompok masingmasing secara bergantian melalui permainan lempar
bola.
·
Siswa kelompok lain memberikan
tanggapan, kritik, dan masukan saran.
·
Siswa dan guru menyimpulkan
pembelajaran.
Kegiatan
Penutup (10 Menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
·
Refleksi pencapaian siswa/formatif
asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran
dan perbaikan.
·
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa.
PERTEMUAN
KE-2
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
·
Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
·
Memotivasi siswa untuk
tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai
dengan
Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3)
bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam
satuan pendidikan.
Kegiatan
Inti (90 Menit)
·
Guru melakukan apersepsi tentang
teks rekon dan memberikan pengantar tentang pemikiran, pandangan, dan sikap
tokoh dalam teks rekon.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
terkait tujuan pembelajaran, arahan, dan langkah-langkah pembelajaran sesuai
metode Saling Kunjung Karya.
·
Siswa dibagi ke dalam beberapa
kelompok. Setiap kelompok terdiri atas 4-5 anggota. Dalam setiap kelompok
dipilih dua orang yang akan ditunjuk sebagai duta kunjung.
·
Siswa dalam kelompok mendapat tugas
membaca teks secara intensif dan menjawab pertanyaan untuk mengetahui gagasan,
pemikiran, sikap, dan pesan dalam teks
·
Guru memberi motivasi, memantau,
memberikan bimbingan, dan memastikan semua anggota aktif berkolaborasi
mengerjakan tugas.
·
Setelah semua kelompok selesai
mengerjakan, dua orang anggota masing-masing kelompok diberikan tugas untuk
menjadi duta dan bertamu kepada kelompok lain. Sementara itu, anggota kelompok sisanya
harus diam berada di kelompoknya untuk menerima dan menjamu kedatangan duta
kelompok lain.
·
Setelah selesai, masing-masing duta
kembali ke kelompoknya untuk membagikan informasi hasil kerja kelompok lain.
·
Setelah itu, masing-masing kelompok
siswa mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
·
Setiap siswa dapat memberikan
tanggapan atau masukan dan saran.
·
Guru menyampaikan masukan dan
penjelasan terkait gagasan, pikiran, dan pesan yang terkandung daalm teks.
·
Siswa diberi apresiasi oleh guru
terkait tugas yang sudah dikerjakan.
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk bertanya atau menyampaikan pendapat.
Kegiatan
Penutup (10 Menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
·
Refleksi pencapaian siswa/formatif
asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran
dan perbaikan.
·
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa.
PERTEMUAN
KE-3
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
·
Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
·
Memotivasi siswa untuk
tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai
dengan
Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3)
bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam
satuan pendidikan.
Kegiatan
Inti (90 Menit)
·
Guru melakukan motivasi dan
apersepsi serta menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Siswa menyimak informasi dan
penjelasan guru terkait langkahlangkah pembelajaran sesuai dengan metode
diskusi kelompok.
·
Siswa membentuk kelompok terdiri
atas 4–5 anggota.
·
Siswa menerima lembar kerja dan
tugas yang harus dikerjakan secara berkelompok.
·
Siswa masing-masing kelompok
mencermati lembar kerja yang diberikan dengan saksama.
·
Secara berkelompok siswa berdiskusi
menjawab pertanyaan yang diberikan setelah membaca teks.
·
Guru memantau dan membimbing
pelaksanaan diskusi kelompok siswa.
·
Guru mengevaluasi efektivitas
diskusi dan keaktifan masingmasing siswa.
·
Melalui permainan lempar bola, siswa
secara berkelompok bergantian mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
·
Siswa kelompok lain memberikan
tanggapan, kritik, dan masukan saran.
·
Guru memberikan apresiasi pada hasil
kerja kelompok siswa.
Kegiatan
Penutup (10 Menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
·
Refleksi pencapaian siswa/formatif
asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran
dan perbaikan.
·
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa.
PERTEMUAN
KE-4
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
·
Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
·
Memotivasi siswa untuk
tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai
dengan
Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3)
bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam
satuan pendidikan.
Kegiatan
Inti (90 Menit)
·
Guru melakukan apersepsi, memberikan
motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Guru menyampaikan pertanyaan atau
penugasan proyek dan menjelaskan langkah-langkah sesuai dengan metode
pembelajaran berbasis proyek.
·
Siswa membuat rencana untuk
penyusunan teks biografi.
·
Siswa menyusun jadwal pelaksanaan
penyelesaian proyek penulisan teks biografi.
·
Siswa menentukan sosok atau tokoh
tertentu.
·
Siswa menentukan teknik pencarian
data sosok atau tokoh yang dipilih.
·
Siswa mencari data tentang tokoh
melalui berbagai sumber.
·
Siswa memilah data yang relevan atau
sesuai tentang tokoh.
·
Siswa menyusun kerangka tulisan
melalui peta konsep atau peta pikiran.
·
Guru memantau seluruh proses
perencanaan penyusunan teks biografi.
·
Siswa mengembangkan kerangka menjadi
tulisan utuh secara kreatif.
·
Siswa merevisi atau memperbaiki
tulisan berdasarkan pembacaan ulang.
·
Guru memberikan masukan terkait isi
dan teknis penulisan kepada siswa.
·
Siswa merevisi tulisannya sesuai
dengan masukan yang diberikan guru.
·
Siswa memajang hasil tulisannya di
meja agar siswa lain dapat memberi masukan atau komentar.
·
Siswa dapat merevisi kembali teks
biografinya berdasarkan masukan atau saran dari siswa lain.
·
Siswa diberi apresiasi oleh guru
terkait proyek yang sudah dikerjakan.
·
Guru memberi kesempatan kepada siswa
untuk bertanya atau menyampaikan pendapat.
Kegiatan
Penutup (10 Menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
·
Refleksi pencapaian siswa/formatif
asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran
dan perbaikan.
·
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa.
PERTEMUAN
KE-5
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
·
Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
·
Memotivasi siswa untuk
tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai
dengan
Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3)
bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam
satuan pendidikan.
Kegiatan
Inti (90 Menit)
·
Guru melakukan persepsi, memberikan
motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Siswa menyimak penjelasan manfaat
dan pentingnya mempresentasikan hasil penulisan teks biografi.
·
Siswa bersama guru bertanya jawab
tentang langkah-langkah dan hal-hal yang harus diperhatikan saat
mempresentasikan teks biografi.
·
Siswa menentukan media presentasi
teks biografi.
·
Siswa merancang langkah-langkah
presentasi teks biografi.
·
Siswa melakukan persiapan
mempresentasikan hasil karya teks bio-grafinya.
·
Siswa menyajikan atau
mempresentasikan teks biografi di depan kelas. Siswa lain diminta mengamati dan
memberikan penilaian.
·
Guru memberi apresiasi dan membahas
sekilas tentang cara penyajian yang dilakukan oleh siswa.
·
Siswa diberi kesempatan untuk
menyampaikan pendapatnya terkait pelajaran hari ini.
Kegiatan
Penutup (10 Menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
·
Refleksi pencapaian siswa/formatif
asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran
dan perbaikan.
·
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa.
V. ASESMEN
a) Penilaian Sikap / Profil Pelajar Pancasila
Selama proses mengajar berlangsung guru
mengamati profil pelajar Pancasila pada siswa dalam pembelajaran yang meliputi
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kebhinekaan Global, Mandiri,
Bernalar Kritis, Gotong Royong dan Kreatif (Instrumen Terlampir)
b) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan yang dilakukan
pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di
capai adalah dengan tes tertulis (Instrumen Terlampir)
c) Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan yang dilakukan
pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di
capai adalah dengan tes unjuk kerja / praktek (Instrumen Terlampir)
VI. PENGAYAAN
DAN REMEDIAL
Pengayaan
·
Siswa dapat lebih memahami teks
biografi melalui kegiatan mengidentifikasi ide pokok dan ide penjelas yang
terdapat dalam teks. Kegiatan mengidentifikasi dapat dilakukan melalui kegiatan
diskusi dalam kelompok.
·
Siswa dapat lebih memahami teks
biografi atau teks rekon melalui analisis bagian-bagian struktur teksnya.
Kegiatan analisis struktur teks dapat dilakukan melalui kegiatan diskusi dalam
kelompok. Hasil diskusi dapat dipresentasikan di depan kelas, dipublikasikan di
majalah dinding sekolah, atau media sosial.
·
Untuk lebih memahami kaidah
kebahasaan dalam teks biografi, siswa dapat menganalisis teks biografi
berdasarkan ciri kebahasaannya. Ciri kebahasaan teks biografi, seperti kata
ganti, kata kerja material, kata sifat, kata kerja pasif, kata kerja aktivitas
mental, dan kata penanda urutan waktu. Hasil pekerjaan siswa dapat
dipresentasikan di depan kelas, dipublikasikan di majalah dinding sekolah, atau
media sosial.
·
Siswa dapat mengubah teks biografi
yang ditulisnya menjadi sebuah video singkat, infografik yang kreatif, atau
publikasi di majalah dinding sekolah. Selain itu, siswa dapat memajang atau
menampilkan hasil kreasinya pada media sosial, buletin sekolah, atau pada laman
milik sekolah.
·
Siswa dapat diminta untuk mengamati
presentasi, video, atau media presentasi lain sesuai dengan sarana yang ada.
Siswa dapat diminta agar melakukan penilaian antarteman untuk memilih penyaji
terbaik. Siswa juga dapat merekam kegiatan presentasinya dan memublikasikannya
di berbagai media sosial.
Remedial
·
Siswa diminta untuk menjawab secara lisan
mengenai kegiatan pembelajaran hari ini. Guru dapat memberikan skala 0–100 yang
dapat dipilih siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap materi maupun
aktivitas yang telah dilakukan.
VII. REFLEKSI
GURU DAN PESERTA DIDIK
Refleksi
Guru:
1. Apakah kegiatan
pembelajaran berlangsung dengan baik?
2. Apa momen paling
berkesan saat proses kegiatan pembelajaran?
3. Apa tantangan yang
dihadapi saat proses kegiatan pembelajaran?
4. Bagaimana cara
mengatasi tantangan tersebut?
Refleksi Peserta Didik:
Tandai
kegiatan yang sudah dilakukan atau pengetahuan yang sudah dipahami dengan tanda
centang (√).
Tabel Refleksi Pembelajaran
Pada Bab 5 ini |
Sudah dapat |
Masih perlu belajar lagi |
Rencana tindak lanjut |
Peserta
didik memahami pengertian, manfaat, dan ciri teks biografi. |
|
|
|
Peserta
didik mampu memahami dan menganalisis ide pokok dan ide penjelas dalam
biografi secara akurat dan kritis. |
|
|
|
Peserta
didik paham dan mampu memetakan struktur teks biografi. |
|
|
|
Peserta
didik paham dan mampu menganalisis teks rekon untuk menemukan gagasan, pikiran,
dan pesan yang tersurat dan tersirat. |
|
|
|
Peserta
didik paham dan mampu menelaah penggunaan tanda baca dan kata serapan dalam
biografi dengan menggunakan pendukung sumber lain. |
|
|
|
Peserta
didik mampu menulis teks biografi secara logis dan kreatif. |
|
|
|
Peserta
didik mampu mempresentasikan teks biografi secara runtut, logis, dan kreatif. |
|
|
|
Hitunglah
persentase penguasaan materi kalian dengan rumus berikut:
(Jumlah materi yang kalian kuasai/jumlah seluruh materi) 100%
1. Jika 70—100% materi
di atas sudah dikuasai, peserta
didik diberi aktivitas pengayaan.
2. Jika materi yang
dikuasai masih di bawah 70%, peserta didik mendiskusikan
kegiatan remedial yang dapat dilakukan dengan guru.
Mengetahui, ……, ………………… 202
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
……………… ……………….
NIP. ………… NIP.
……
0 Komentar