Administrasi
guru adalah suatu petunjuk kerja atau pedoman belajar yang digunakan guru untuk
kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung lebih
efektif dan efisien. Administrasi guru ini merupakan hal penting yang harus
dipersiapkan oleh guru, baik dari tingkat pendidikan SD hingga SMA/SMK.
Dalam
Kurikulum Merdeka, memberi kebebasan kepada bapak/ ibu guru untuk merancang dan
mendesain kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan murid di kelas. Oleh karena
itu postingan ini bisa menjadi referensi anda dalam menyusun dan merancang
Modul Pembelajaran lebih khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Modul ajar yang saya bagikan ini berupa modul ajar teks laporan hasil observasi, teks anekdot, teks negosiasi, teks hikayat, teks biografi dan mendalami puisi. Untuk mengunduh dalam bentuk word silahkan Klik di sini. Atau anda bisa meng-copy postingan saya di bawah ini! Semoga bermanfaat!
Modul Ajar Teks Negosiasi
MODUL AJAR
BELAJAR MENJADI NEGOSIATOR ULUNG
INFORMASI UMUM |
I. IDENTITAS
MODUL
Nama Penyusun :
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas / Fase : X
(Sepuluh) - E
Mata Pelajaran : Bahasa
dan Sastra Indonesia
Materi : Teks Negosiasi
Prediksi Alokasi Waktu : 120
Menit x 6 JP
II. KOMPETENSI
AWAL
· Mengevaluasi informasi berupa
gagasan, pikiran, pandangan, atau pesan dalam teks negosiasi berbentuk dialog
secara akurat, kritis, dan reflektif
· Menilai akurasi dan kualitas
data dalam teks negosiasi dengan menggunakan informasi pada teks deskripsi
sebagai pembanding
· Menggunakan sumber pendukung
lain untuk menemukan informasi berupa penjelasan makna kata
· Mengalihwahanakan teks
berbentuk dialog ke bentuk naratif secara logis, kreatif, dan menggunakan alur
yang runtut
· Menyajikan gagasan, pikiran,
pandangan, atau pesan dalam bentuk dialog secara runtut, kreatif, dan dengan
menggunakan metode yang tepat
III. PROFIL
PELAJAR PANCASILA
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan yag maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif,
inovatif, mandiri, berkebhinekaan global
IV. SARANA
DAN PRASARANA
1. Gawai 4. Buku Teks 7. Handout materi
2. Laptop/Komputer
PC 5. Papan tulis/White Board 8. Infokus/Proyektor/Pointer
3. Akses
Internet 6. Lembar kerja 9. Referensi lain yang
mendukung
V. TARGET
PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum,
tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
VI. MODEL
PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN INTI |
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
· Mengevaluasi informasi berupa
gagasan, pikiran, pandangan, atau pesan dalam teks negosiasi berbentuk dialog
secara akurat, kritis, dan reflektif
· Menilai akurasi dan kualitas
data dalam teks negosiasi dengan menggunakan informasi pada teks deskripsi
sebagai pembanding
· Menggunakan sumber pendukung
lain untuk menemukan informasi berupa penjelasan makna kata
· Mengalihwahanakan teks
berbentuk dialog ke bentuk naratif secara logis, kreatif, dan menggunakan alur
yang runtut
· Menyajikan gagasan, pikiran,
pandangan, atau pesan dalam bentuk dialog secara runtut, kreatif, dan dengan
menggunakan metode yang tepat
II. PEMAHAMAN
BERMAKNA
· Mampu mengevaluasi informasi,
menilai akurasi dan kualitas data, menggunakan sumber pendukung lain,
mengalihwahanakan teks, dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan atau pesan
secara logis, kritis, runtut, dan kreatif.
III. PERTANYAAN
PEMANTIK
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 1
· Apa
yang kalian ketahui
tentang kegiatan negosiasi?
· Apa saja hal yang perlu
diperhatikan dalam bernegosiasi?
·
Apa ciri-ciri atau karakteristik teks negosiasi?
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 2
·
Guru dapat menggali pemahaman siswa dengan menanyakan contoh atau
bentuk teks deskripsi dan teks negosiasi yang diketahui siswa. Sebagai contoh,
sebutkan contoh teks yang berbentuk deskripsi? Apa perbedaan teks deskripsi dan
teks negosiasi? Apakah kalian pernah bernegosiasi dengan menggunakan surat?
Apakah kalian pernah membaca teks negosiasi dalam bentuk surat?
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 3
·
Guru dapat menanyakan kepada siswa apakah pernah mengetahui dan
melakukan permainan tebak kata atau teka-teki silang? Guru dapat mengajak siswa
untuk menyusun dan merencanakan permainan tebak kata yang dalam prosesnya
menggunakan kamus, tesaurus, maupun ensiklopedia, baik cetak maupun
daring.
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 4
·
Guru dapat menanyakan kepada siswa mengenai langkah-langkah menulis
suatu teks. Guru juga dapat menanyakan apakah siswa pernah mengalami atau
mengetahui peristiwa negosiasi yang terjadi di lingkungan sekitar, misalnya
ketika membeli suatu barang di pasar/toko atau dalam interaksi di rumah bersama
keluarga.
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
KE-1
No |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
1 |
Pendahuluan |
15 menit |
|
Peserta didik menjawab
salam dengan santun dan berdoa. |
|||
Peserta didik menyiapkan
diri agar siap untuk belajar serta
memeriksa kerapian dan kebersihan
diri dan lingkungan sekitar bangku. |
|||
Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa
pertanyaan pemantik yang
diajukan oleh pendidik. |
|||
Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi
dan karakter yang sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong
royong, dan 6) berkebinekaan global,
yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan. |
|||
2 |
Kegiatan Inti |
95 menit |
|
Pemberian
Rangsangan (Stimulation) |
Peserta didik menyimak teks negosiasi melalui pembacaan teks oleh salah
seorang siswa atau melalui video yang
ditayangkan
oleh pendidik. (Mengamati) |
||
Pernyataan/
Identifikasi Masalah (Problem Statement) |
Peserta didik membuat pertanyaan
yang faktual sampai ke pertanyaan
yang bersifat hipotetis berkaitan dengan isi video negosiasi yang ditonton. (Menanya) |
||
Pengumpulan Data (Data Collection) |
Peserta didik duduk secara
berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang. |
||
Peserta didik berdiskusi dengan kelompok untuk memecahkan
masalah yang ada di LKPD. (Mengumpulkan Informasi) |
|||
Pengolahan Data (Data Processing) |
Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan
dan mengidentifikasi informasi yang
didapatkan melalui video dan teks berdasarkan panduan dari LKPD yang
diberikan.
(Mengolah Informasi) |
||
Peserta
didik diminta mencari berbagai informasi yang
mendukung dari berbagai sumber, baik cetak, maupun menggali informasi dari
narasumber terdekat |
|||
Pembuktian
(Verification) |
Peserta didik menyimak
dengan saksama penjelasan dari
guru. |
||
Peserta didik saling
menyampaikan hasil investigasi, mengumpulkan informasi yang didapatkan,
saling menyampaikan pendapat atau tanggapan terhadap jawaban lembar kerja
tersebut |
|||
Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya
dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan) |
|||
Menarik
Simpulan/ Generalisasi (Generalization) |
Peserta
didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran. |
||
Peserta
didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan
pembelajaran. |
|||
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik. |
|||
3 |
Kegiatan Penutup |
10 menit |
|
Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar sesuai arahan pendidik. |
|||
Refleksi
pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian
proses pembelajaran dan perbaikan |
|||
Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar. |
|||
Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran. |
PERTEMUAN
KE-2
No |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
1 |
Pendahuluan |
15 menit |
|
Peserta didik menjawab
salam dengan santun dan berdoa. |
|||
Peserta didik menyiapkan
diri agar siap untuk belajar serta
memeriksa kerapian dan kebersihan
diri dan lingkungan sekitar bangku. |
|||
Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa
pertanyaan pemantik yang
diajukan oleh pendidik. |
|||
Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi
dan karakter yang sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong
royong, dan 6) berkebinekaan global,
yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan. |
|||
2 |
Kegiatan Inti |
95 menit |
|
Pemberian
Rangsangan (Stimulation) |
Peserta didik menyimak teks negosiasi melalui pembacaan teks oleh salah
seorang siswa atau melalui video yang
ditayangkan
oleh pendidik. (Mengamati) |
||
Pernyataan/
Identifikasi Masalah (Problem Statement) |
Peserta didik membuat pertanyaan
yang faktual sampai ke pertanyaan
yang bersifat hipotetis berkaitan dengan isi video negosiasi yang ditonton. (Menanya) |
||
Pengumpulan Data (Data Collection) |
Peserta didik duduk secara
berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang. |
||
Peserta didik berdiskusi dengan kelompok untuk memecahkan
masalah yang ada di LKPD. (Mengumpulkan Informasi) |
|||
Pengolahan Data (Data Processing) |
Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan
dan mengidentifikasi informasi yang
didapatkan melalui video dan teks berdasarkan panduan dari LKPD yang
diberikan.
(Mengolah Informasi) |
||
Peserta
didik diminta mencari berbagai informasi yang
mendukung dari berbagai sumber, baik cetak, maupun menggali informasi dari
narasumber terdekat |
|||
Pembuktian
(Verification) |
Peserta didik menyimak
dengan saksama penjelasan dari
guru. |
||
Peserta didik saling
menyampaikan hasil investigasi, mengumpulkan informasi yang didapatkan,
saling menyampaikan pendapat atau tanggapan terhadap jawaban lembar kerja
tersebut |
|||
Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya
dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan) |
|||
Menarik
Simpulan/ Generalisasi (Generalization) |
Peserta
didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran. |
||
Peserta
didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan
pembelajaran. |
|||
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik. |
|||
3 |
Kegiatan Penutup |
10 menit |
|
Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar sesuai arahan pendidik. |
|||
Refleksi
pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian
proses pembelajaran dan perbaikan |
|||
Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar. |
|||
Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran. |
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
·
Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
·
Memotivasi siswa untuk
tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai
dengan
Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3)
bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam
satuan pendidikan.
Kegiatan
Inti (90 Menit)
·
Siswa menyimak penjelasan guru
terkait tujuan dan rencana pembelajaran yang akan dilakukan.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
mengenai langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode Grup Investigasi.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang mekanisme diskusi kelompok dan tugas yang harus diselesaikan selama
proses pembelajaran.
·
Siswa membentuk kelompok yang
terdiri atas 4–5 siswa melalui permainan bagi kelompok.
·
Siswa menerima lembar kerja terkait
tugas yang akan dikerjakan.
·
Siswa mencermati tugas yang
diberikan guru dan membagi tugas mencari informasi atau jawaban pertanyaan yang
diberikan dalam lembar kerja.
·
Siswa dapat mencari berbagai
informasi yang mendukung dari berbagai sumber, baik cetak, maupun menggali
informasi dari narasumber terdekat.
·
Siswa berkumpul kembali untuk saling
menyampaikan hasil investigasi, mengumpulkan informasi yang didapatkan, saling
menyampaikan pendapat atau tanggapan terhadap jawaban lembar kerja tersebut.
·
Guru memantau dan membimbing
pelaksanaan diskusi kelompok siswa.
·
Siswa mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya secara bergantian melalui pengundian.
·
Siswa dari kelompok lain dapat
memberikan tanggapan, kritik, dan masukan atau saran.
·
Guru memberikan apresiasi pada hasil
kerja kelompok siswa.
Kegiatan
Penutup (10 Menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
·
Refleksi pencapaian siswa/formatif
asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran
dan perbaikan.
·
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa.
PERTEMUAN
KE-3
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
·
Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
·
Memotivasi siswa untuk
tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai
dengan
Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3)
bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam
satuan pendidikan.
Kegiatan
Inti (90 Menit)
·
Guru menyampaikan indikator
pembelajaran, memberi penjelasan materi secara garis besar, dan memaparkan
aturan main aktivitas pembelajaran sesuai dengan metode Tebak Kata.
·
Siswa dibagi ke dalam beberapa
kelompok beranggotakan 4–5 siswa. Setiap kelompok siswa harus bersifat
heterogen.
·
Setiap kelompok siswa menerima
daftar kata yang harus mereka cari maknanya di kamus, tesaurus, maupun
ensiklopedia dalam waktu tertentu.
·
Guru juga dapat membuat media
pembelajaran seperti puzzle, teka teki silang, atau permainan tebak kata.
·
Siswa berkelompok mengisi tugas yang
diberikan guru, yaitu mencari makna kata dalam kamus, menemukan sinonim, atau
penjelasan katakata yang sudah disusun guru dengan menggunakan kamus, tesaurus,
atau ensiklopedia.
·
Guru dapat melakukan pertandingan
atau perlombaan antarkelompok atau secara keseluruhan.
·
Setelah seluruh kelompok tuntas
menyelesaikan tugasnya, guru memberikan penilaian siapa kelompok yang tercepat
atau yang jawabannya paling tepat.
·
Guru memberikan apresiasi kepada
siswa.
Kegiatan
Penutup (10 Menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
·
Refleksi pencapaian siswa/formatif
asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran
dan perbaikan.
·
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa.
PERTEMUAN
KE-4
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
·
Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
·
Memotivasi siswa untuk
tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai
dengan
Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3)
bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam
satuan pendidikan.
Kegiatan
Inti (90 Menit)
·
Guru melakukan apersepsi, memberi
motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
mengenai langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode Pembelajaran
Berbasis Proyek.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
terkait dengan arahan dan penjelasan tentang proyek penyusunan teks negosiasi.
·
Guru dan siswa bersama-sama menyusun
perencanaan untuk penyelesaian penulisan teks negosiasi.
·
Siswa membuat jadwal dan tahapan
penyelesaian serta sumber/media yang diperlukan.
·
Guru membimbing siswa dalam
penyusunan rencana menulis teks negosiasi.
·
Guru memantau siswa dalam proses
penyelesaian dan kemajuan proyek menulis teks negosiasi.
·
Siswa menyelesaikan tahapan-tahapan
sesuai dengan yang direncanakan.
·
Guru menilai produk teks negosiasi
hasil kerja siswa.
·
Siswa diminta melaporkan pengalaman
berupa proses, kesan, atau kendala selama penyelesaian proyek dan bagaimana
solusinya.
·
Siswa dari kelompok lain dapat
memberikan masukan, saran, dan tanggapan.
·
Guru memberikan apresiasi pada hasil
kerja siswa.
Kegiatan
Penutup (10 Menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
·
Refleksi pencapaian siswa/formatif
asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran
dan perbaikan.
·
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa.
PERTEMUAN
KE-5
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
·
Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
·
Memotivasi siswa untuk
tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai
dengan
Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3)
bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam
satuan pendidikan.
Kegiatan
Inti (90 Menit)
·
Guru melakukan apersepsi, memberikan
motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
terkait rencana dan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode Bermain
Peran.
·
Siswa membentuk kelompok minimal 2
dan maksimal 4 siswa.
·
Siswa memilih teks negosiasi dari
berbagai sumber yang cocok digunakan sebagai naskah bermain peran.
·
Siswa membagi dan menentukan peran
anggota kelompoknya masing-masing.
·
Siswa menyusun tahap-tahap pemeranan
dan melakukan latihan.
·
Siswa melakukan pemeranan teks
negosiasi di depan teman-temannya.
·
Siswa dapat melakukan penilaian
antarteman dan memberikan apresiasi, saran, atau masukan.
·
Guru dan siswa berdiskusi terkait
kegiatan negosiasi yang diperankan siswa.
·
Guru mengevaluasi hasil pemeranan
siswa.
Kegiatan
Penutup (10 Menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
·
Refleksi pencapaian siswa/formatif
asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran
dan perbaikan.
·
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa.
V. ASESMEN
a) Penilaian Sikap / Profil Pelajar Pancasila
Selama proses mengajar berlangsung guru
mengamati profil pelajar Pancasila pada siswa dalam pembelajaran yang meliputi
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kebhinekaan Global, Mandiri,
Bernalar Kritis, Gotong Royong dan Kreatif (Instrumen Terlampir)
b) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan yang dilakukan
pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di
capai adalah dengan tes tertulis (Instrumen Terlampir)
c) Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan yang dilakukan
pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di
capai adalah dengan tes unjuk kerja / praktek (Instrumen Terlampir)
VI. PENGAYAAN
DAN REMEDIAL
Pengayaan
·
Siswa dapat lebih memahami teks
negosiasi melalui kegiatan menyimak teks negosiasi lainnya dengan menjawab
pertanyaan yang sama. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan
berkelompok. Hasil diskusi dapat dipresentasikan di depan kelas atau
dipublikasikan di berbagai media lain.
·
Siswa dapat lebih memahami
ciri-ciri, struktur, atau bagian-bagian teks negosiasi dengan melakukan
analisis perbandingan dengan teks lainnya. Kegiatan tersebut dapat dilakukan
melalui kegiatan berkelompok. Hasil diskusi dapat dipresentasikan di depan
kelas atau dipublikasikan di berbagai media lain.
·
Siswa dapat lebih memahami
penggunaan kamus, tesaurus, dan ensiklopedia melalui kegiatan pengayaan. Siswa
secara berkelompok diminta mengisi tugas teka teki silang atau puzzle tertentu
yang sudah disiapkan guru. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan
berkelompok. Hasil diskusi kelompok dapat dipresentasikan di depan kelas atau
dipublikasikan di berbagai media lain.
·
Siswa dapat mengubah teks negosiasi
dialog yang ditulisnya menjadi sebuah teks negosiasi naratif atau berbentuk
cerita. Siswa dapat memajang atau menampilkan hasil kreasinya pada media sosial
yang dimilikinya atau pada laman milik sekolah.
·
Siswa dapat diminta untuk mengamati
presentasi, video, atau media presentasi lain. Siswa diminta agar melakukan
penilaian antarteman untuk memilih penampil terbaik. Selain itu, siswa juga
dapat dimotivasi untuk merekam pemeranannya dan memublikasikannya di media
sosial.
Remedial
·
Siswa diminta untuk menjawab secara lisan
mengenai kegiatan pembelajaran hari ini. Guru dapat memberikan skala 0–100 yang
dapat dipilih siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap materi maupun
aktivitas yang telah dilakukan.
VII. REFLEKSI
GURU DAN PESERTA DIDIK
Refleksi
Guru:
1. Apakah kegiatan
pembelajaran berlangsung dengan baik?
2. Apa momen paling
berkesan saat proses kegiatan pembelajaran?
3. Apa tantangan yang
dihadapi saat proses kegiatan pembelajaran?
4. Bagaimana cara
mengatasi tantangan tersebut?
Refleksi Peserta Didik:
Tandai
kegiatan yang sudah dilakukan atau pengetahuan yang sudah dipahami dengan tanda
centang (√).
Tabel Refleksi Pembelajaran
Pada Bab 4 ini |
Sudah dapat |
Masih perlu belajar lagi |
Rencana tindak lanjut |
Peserta
didik memahami pengertian, manfaat, dan ciri teks negosiasi. |
|
|
|
Peserta
didik mampu menyimak teks negosiasi secara akurat, kritis, dan reflektif. |
|
|
|
Peserta
didik mampu menilai informasi dan membandingkan isi teks deskripsi dan teks negosiasi
secara akurat. |
|
|
|
Peserta
didik mampu menemukan informasi berupa penjelasan makna kata dari sumber pendukung,
seperti kamus, ensiklopedia, dan tesaurus. |
|
|
|
Peserta
didik mampu memahami aspek kebahasaan dalam teks negosiasi. |
|
|
|
Peserta
didik mampu menulis teks negosiasi berbentuk naratif secara logis, kreatif, dengan
menggunakan alur yang runtut. |
|
|
|
Peserta
didik mampu mempresentasikan teks negosiasi dalam bentuk dialog secara
runtut, kreatif, dan dengan metode yang tepat. |
|
|
|
Hitunglah
persentase penguasaan materi kalian dengan rumus berikut:
(Jumlah materi yang kalian kuasai/jumlah seluruh materi) 100%
1. Jika 70—100% materi
di atas sudah dikuasai, peserta
didik diberi aktivitas pengayaan.
2. Jika materi yang
dikuasai masih di bawah 70%, peserta didik mendiskusikan
kegiatan remedial yang dapat dilakukan dengan guru.
Mengetahui, ……, ………………… 202
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
……………… ……………….
NIP. ………… NIP.
……
0 Komentar