Administrasi guru adalah suatu petunjuk kerja atau pedoman belajar yang digunakan guru untuk kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung lebih efektif dan efisien. Administrasi guru ini merupakan hal penting yang harus dipersiapkan oleh guru, baik dari tingkat pendidikan SD hingga SMA/SMK.
Dalam
Kurikulum Merdeka, memberi kebebasan kepada bapak/ ibu guru untuk merancang dan
mendesain kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan murid di kelas. Oleh karena
itu postingan ini bisa menjadi referensi anda dalam menyusun dan merancang
Modul Pembelajaran lebih khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Modul ajar
yang saya bagikan ini berupa modul ajar teks laporan hasil observasi, teks anekdot,
teks negosiasi, teks hikayat, teks biografi dan mendalami puisi. Untuk
mengunduh dalam bentuk word silahkan Klik di sini. Atau anda bisa meng-copy
postingan saya di bawah ini! Semoga bermanfaat!
Modul Ajar Teks Anekdot
MODUL AJAR
MENGUNGKAPKAN
KRITIK LEWAT SENYUMAN
INFORMASI UMUM |
I. IDENTITAS
MODUL
Nama Penyusun :
Satuan Pendidikan :
Kelas / Fase : X
(Sepuluh) - E
Mata Pelajaran : Bahasa
dan Sastra Indonesia
Materi : Teks Anekdot
Prediksi Alokasi Waktu : 4 x Pertemuan (120 Menit x 12 JP)
II. KOMPETENSI
AWAL
· Mengevaluasi gagasan dan
pesan yang disampaikan dalam teks monolog lawakan tunggal secara kritis dan
reflektif.
· Menginterpretasi informasi
untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati, dan/atau
pendapat pro/kontra dari teks visual yang dipirsa.
· Menulis teks anekdot dengan
informasi yang akurat dan merujuk pada sumber-sumber informasi yang valid dalam
bentuk media kreatif.
· Menampilkan lawakan tunggal
(stand up comedy) sebagai sarana menyampaikan kritik terhadap fenomena yang
terjadi dengan memperhatikan kesantunan dalam berbicara maupun bersikap.
III. PROFIL
PELAJAR PANCASILA
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan yag maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif,
inovatif, mandiri, berkebhinekaan global
IV. SARANA
DAN PRASARANA
1. Gawai 4. Buku Teks 7. Handout materi
2. Laptop/Komputer
PC 5. Papan tulis/White Board 8. Infokus/Proyektor/Pointer
3. Akses
Internet 6. Lembar kerja 9. Referensi lain yang
mendukung
V. TARGET
PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum,
tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
VI. MODEL
PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN INTI |
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
· Menyimak teks anekdot aural
agar dapat mengevaluasi gagasan dan pesan yang disampaikan dalam teks monolog
lawakan tunggal secara kritis dan reflektif.
· Memirsa teks anekdot agar
dapat menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan persaan simpati,
peduli, empati, dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual yang dipirsa.
Menggunakan kaidah-kaidah bahasa yang digunakan dalam menyampaikan kritik
sosial
· Menulis teks eksposisi hasil
penelitian sederhana sebagai sumber penyampaian kritik sosial yang akurat dan
menulis teks anekdot dengan informasi yang akurat dan merujuk pada
sumber-sumber informasi yang valid dalam bentuk media kreatif.
· Menampilkan lawakan tunggal
(stand up comedy) sebagai sarana menyampaikan kritik terhadap fenomena yang
terjadi dengan memperhatikan kesantunan dalam berbicara maupun bersikap.
II. PEMAHAMAN
BERMAKNA
· Memahami
teks anekdot sebagai salah satu cara dalam menyampaikan kritik.
· Dapat membuat teks anekdot
untuk menyampaikan gagasan secara ktiris dan santun berdasarkan fenomena sosial
yang terjadi di sekitar.
III. PERTANYAAN
PEMANTIK
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 1
· Bagaimana memilih sumber yang
dapat dipercaya dalam menyampaikan kritik?
· Apa yang dimaksud berpikir
kritis?
·
Bagaimana menyampaikan kritik secara santun dan bertanggung
jawab?
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 2
·
Meminta perwakilan siswa untuk menceritakan kisah lucu atau lawakan
tunggal dan bersama-sama mengidentifikasi struktur teksnya.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 4
·
Mengajak siswa untuk mengubah komik pada kegiatan pemantik sebelumnya menjadi
cerita berbentuk paragraf.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 5
·
Mengajak siswa untuk mengubah komik pada kegiatan pemantik
sebelumnya menjadi cerita berbentuk paragraf.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 6
·
Menantang siswa untuk menampilkan teks anekdot yang telah dibuat pada
pertemuan sebelumnya.
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
KE-1
No |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
1 |
Pendahuluan |
15 menit |
|
Peserta didik menjawab
salam dengan santun dan berdoa. |
|||
Peserta didik menyiapkan diri agar
siap untuk belajar
serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan
lingkungan sekitar
bangku. |
|||
Peserta didik menyimak
penjelasan serta menjawab beberapa
pertanyaan pemantik
yang diajukan oleh pendidik. |
|||
Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi
dan karakter yang sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong
royong, dan 6) berkebinekaan global,
yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan. |
|||
2 |
Kegiatan Inti |
95 menit |
|
Pemberian
Rangsangan (Stimulation) |
Peserta didik diarahkan untuk menyimak dan mencermati teks lawakan tunggal “Liburan Kuli
Bangunan”. (Mengamati) |
||
Peserta
didik menetapkan
siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai
pendengar. |
|||
Pernyataan/
Identifikasi Masalah (Problem Statement) |
Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan
dengan kegiatan yang akan dilakukan. (Menanya) |
||
Peserta
didik
bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar jadi pendengar dan
sebaliknya |
|||
Pengumpulan
Data (Data Collection) |
Peserta didik membentuk
kelompok berpasangan. |
||
Peserta didik berpasangan
menganalisis penyampaian pada teks anekdot dengan menjawab
pertanyaan “diskusi lanjutan”. (Mengumpulkan Informasi) |
|||
Pengolahan Data (Data Processing) |
Peserta didik menganalisis
struktur teks yang diperdengarkan dengan menggunakan tabel dalam LKPD yang diberikan.
(Mengolah Informasi) |
||
Pembuktian
(Verification) |
Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan
dari pendidik. |
||
Peserta didik menyampaikan
hasil analisisnya dan yang lain
menanggapi. (Mengkomunikasikan) |
|||
Menarik
Simpulan/ Generalisasi (Generalization) |
Peserta
didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran. |
||
Peserta
didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan
pembelajaran. |
|||
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik. |
|||
3 |
Kegiatan Penutup |
10 menit |
|
Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar. |
|||
Refleksi
pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian
proses pembelajaran dan perbaikan |
|||
Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar. |
|||
Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran. |
PERTEMUAN
KE-2
No |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
1 |
Pendahuluan |
15 menit |
|
Peserta didik menjawab
salam dengan santun dan berdoa. |
|||
Peserta didik menyiapkan diri agar
siap untuk belajar
serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan
lingkungan sekitar
bangku. |
|||
Peserta didik menyimak
penjelasan serta menjawab beberapa
pertanyaan pemantik
yang diajukan oleh pendidik. |
|||
Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi
dan karakter yang sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong
royong, dan 6) berkebinekaan global,
yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan. |
|||
2 |
Kegiatan Inti |
95 menit |
|
Pemberian
Rangsangan (Stimulation) |
Peserta didik diarahkan untuk menyimak dan mencermati video stand up
comedy yang ditayangkan. (Mengamati) |
||
Peserta
didik mencatat poin-poin penting yang disampaikan dalam video. |
|||
Pernyataan/
Identifikasi Masalah (Problem Statement) |
Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan
dengan kegiatan yang akan dilakukan. (Menanya) |
||
Pengumpulan
Data (Data Collection) |
Peserta didik membentuk
kelompok, 1 kelompok terdiri dari 4 orang |
||
Peserta didik menganalisis isi video, apakah mengandung sindiran/ kritikan atau sekedar humor
saja. (Mengumpulkan Informasi) |
|||
Pengolahan Data (Data Processing) |
Peserta didik menganalisis
struktur video yang ditonton dengan menggunakan tabel dalam LKPD yang diberikan.
(Mengolah Informasi) |
||
Pembuktian
(Verification) |
Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan
dari pendidik. |
||
Peserta didik menyampaikan
hasil analisisnya dan yang lain
menanggapi. (Mengkomunikasikan) |
|||
Menarik
Simpulan/ Generalisasi (Generalization) |
Peserta
didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran. |
||
Peserta
didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan
pembelajaran. |
|||
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik. |
|||
3 |
Kegiatan Penutup |
10 menit |
|
Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar. |
|||
Refleksi
pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian
proses pembelajaran dan perbaikan |
|||
Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar. |
|||
Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran. |
PERTEMUAN
KE-3
No |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
1 |
Pendahuluan |
15 menit |
|
Peserta didik menjawab
salam dengan santun dan berdoa. |
|||
Peserta didik menyiapkan diri agar
siap untuk belajar
serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan
lingkungan sekitar
bangku. |
|||
Peserta didik menyimak
penjelasan serta menjawab beberapa
pertanyaan pemantik
yang diajukan oleh pendidik. |
|||
Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi
dan karakter yang sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong
royong, dan 6) berkebinekaan global,
yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan. |
|||
2 |
Kegiatan Inti |
95 menit |
|
Pemberian
Rangsangan (Stimulation) |
Peserta didik diajak untuk menjawab pertanyan
esensial terkait tema yang diberikan guru. |
||
Peserta
didik menyimak penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan. (Mengamati) |
|||
Pernyataan/
Identifikasi Masalah (Problem Statement) |
Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan
dengan kegiatan yang akan dilakukan. (Menanya) |
||
Peserta didik diarahkan
untuk memilih topik yang ada di sekitar kehidupan mereka |
|||
Pengumpulan
Data (Data Collection) |
Peserta didik membentuk
kelompok, 1 kelompok terdiri dari 4 orang |
||
Peserta didik menyusun
rancangan rencana proyek dengan
mengingat kembali kisah lucu yang pernah mereka alami. (Mengumpulkan Informasi) |
|||
Pengolahan Data (Data Processing) |
Peserta didik berdiskusi bersama kelompok mengenai cerita yang
disusun, apakah sudah sesuai dengan tema yang diberikan atau tidak. (Mengolah Informasi) |
||
Pembuktian
(Verification) |
Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan
dari pendidik. |
||
Peserta didik memajang hasil
tulisannya di meja agar siswa lain dapat memberi masukkan atau komentar. (Mengkomunikasikan) |
|||
Menarik
Simpulan/ Generalisasi (Generalization) |
Peserta
didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran. |
||
Peserta
didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan
pembelajaran. |
|||
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik. |
|||
3 |
Kegiatan Penutup |
10 menit |
|
Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar. |
|||
Refleksi
pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian
proses pembelajaran dan perbaikan |
|||
Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar. |
|||
Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran. |
PERTEMUAN
KE-4
No |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
1 |
Pendahuluan |
15 menit |
|
Peserta didik menjawab
salam dengan santun dan berdoa. |
|||
Peserta didik menyiapkan diri agar
siap untuk belajar
serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan
lingkungan sekitar
bangku. |
|||
Peserta didik menyimak
penjelasan serta menjawab beberapa
pertanyaan pemantik
yang diajukan oleh pendidik. |
|||
Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi
dan karakter yang sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong
royong, dan 6) berkebinekaan global,
yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.
|
|||
2 |
Kegiatan Inti |
95 menit |
|
Pemberian
Rangsangan (Stimulation) |
Peserta didik diberi rambu-rambu terkait video
lawakan tunggal yang pantas untuk dibuat |
||
Peserta
didik diarahkan
untuk mencari referensi contoh-contoh video lawakan tunggal dari berbagai
sumber. (Mengamati) |
|||
Pernyataan/
Identifikasi Masalah (Problem Statement) |
Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan
dengan kegiatan yang akan dilakukan. (Menanya) |
||
Pengumpulan Data
(Data Collection) |
Peserta didik membentuk
kelompok, 1 kelompok terdiri dari 4 orang |
||
Siswa
diminta menyusun naskah lawakan tunggal berdasarkan cerita yang sudah disusun pada pertemuan sebelumnya. (Mengumpulkan Informasi) |
|||
Pengolahan Data (Data Processing) |
Peserta didik berdiskusi bersama kelompok mengenai cerita yang
disusun, apakah sudah sesuai dengan rambu-rambu yang diberikan atau tidak. (Mengolah Informasi) |
||
Peserta
didik menampilkan
lawakan tunggal yang dibuat ke dalam bentuk
video yang dipublikasikan. |
|||
Pembuktian
(Verification) |
Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan
dari pendidik. |
||
Peserta didik mempresentasikan hasil karya videonya dan ditanggapi
oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan) |
|||
Menarik
Simpulan/ Generalisasi (Generalization) |
Peserta
didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran. |
||
Peserta
didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan
pembelajaran. |
|||
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik. |
|||
3 |
Kegiatan Penutup |
10 menit |
|
Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar. |
|||
Refleksi
pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian
proses pembelajaran dan perbaikan |
|||
Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar. |
|||
Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran. |
V. ASESMEN
a) Penilaian Sikap / Profil Pelajar Pancasila
Selama proses mengajar berlangsung guru
mengamati profil pelajar Pancasila pada siswa dalam pembelajaran yang meliputi
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kebhinekaan Global, Mandiri,
Bernalar Kritis, Gotong Royong dan Kreatif (Instrumen Terlampir)
b) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan yang dilakukan
pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di
capai adalah dengan tes tertulis (Instrumen Terlampir)
c) Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan yang dilakukan
pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di
capai adalah dengan tes unjuk kerja / praktek (Instrumen Terlampir)
VI. PENGAYAAN
DAN REMEDIAL
Pengayaan
·
Siswa dapat mencari video lawakan
tunggal lain untuk dianalisis. Sebelumnya, guru mengarahkan mereka cara mencari
video yang tepat dengan memberikan rambu-rambu berikut:
a. carilah video
dengan memasukkan kata kunci yang spesifik pada laman pencarian (contoh: “video
stand up comedy tema pendidikan” atau “stand up comedy anak sekolah”),
b. pastikan video
tidak mengandung unsur SARA, dan
c. pastikan video
tidak menampilkan adegan kekerasan ataupun pornoaksi.
·
Siswa dapat diminta untuk
membandingkan informasi pada komik “Yang Penting Keren” dengan informasi pada
sumber akurat berupa berita yang mendukung.
·
Siswa dapat diminta untuk mengubah
kalimat langsung menjadi tidak langsung atau sebaliknya. Siswa juga dapat
mengisi teks rumpang dengan keterangan waktu yang tepat.
·
Siswa dapat mengubah teks eksposisi
hasil penelitian ke dalam bentuk infografik atau wahana lainnya.
·
Siswa dapat mengirimkan hasil
karyanya ke berbagai media baik cetak maupun elektronik. Siswa juga dapat
menerbitkan komiknya dalam bentuk anotologi komik kelas atau sekolah sehingga
dapat bernilai ekonomis.
·
Siswa dapat diminta untuk mengamati
cara presentasi para tokoh publik maupun para pembawa acara melalui media yang
ada. Siswa dapat diminta melakukan penilaian antarteman untuk memilih penyaji
terbaik.
Remedial
·
Siswa diminta untuk menjawab secara
lisan mengenai kegiatan pembelajaran hari ini. Guru dapat memberikan skala
0–100 yang dapat dipilih siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap
materi maupun aktivitas yang telah dilakukan.
VII. REFLEKSI
GURU DAN PESERTA DIDIK
Refleksi
Guru:
1. Apakah kegiatan
pembelajaran berlangsung dengan baik?
2. Apa momen paling
berkesan saat proses kegiatan pembelajaran?
3. Apa tantangan yang
dihadapi saat proses kegiatan pembelajaran?
4. Bagaimana cara mengatasi
tantangan tersebut?
Refleksi Peserta Didik:
Tandai
kegiatan yang sudah dilakukan atau pengetahuan yang sudah dipahami dengan tanda
centang (√).
Tabel Refleksi Pembelajaran
Pada Bab 2 ini |
Sudah dapat |
Masih perlu belajar lagi |
Rencana tindak lanjut |
Peserta
didik mampu menyimak teks monolog agar dapat menjelaskan kembali gagasan dan pesan
yang disampaikan |
|
|
|
Peserta
didik mampu menilai akurasi dan kualitas data dalam teks anekdot yang dibaca berdasarkan
berbagai sumber informasi dalam bentuk berita di media cetak maupun
elektronik. |
|
|
|
Peserta
didik mampu memahami kaidahkaidah bahasa yang digunakan untuk menyampaikan
kritik |
|
|
|
Peserta
didik mampu menyusun teks eksposisi laporan yang dapat digunakan sebagai sumber
yang akurat dalam menyampaikan kritik sosial |
|
|
|
Peserta
didik mampu menyajikan teks anekdot dalam media kreatif berupa komik potongan
(comic strip). |
|
|
|
Peserta
didik mampu menampilkan lawakan tunggal
(stand up comedy) sebagai sarana menyampaikan kritik terhadap fenomena
yang terjadi dengan memperhatikan kesantunan dalam berbicara maupun bersikap. |
|
|
|
Peserta
didik mampu mengidentifikasi hubungan latar belakang penulis terhadap isi
cerita sebuah novel. |
|
|
|
Hitunglah
persentase penguasaan materi kalian dengan rumus berikut:
(Jumlah materi yang kalian kuasai/jumlah seluruh materi) 100%
1. Jika 70—100% materi
di atas sudah dikuasai, peserta
didik diberi aktivitas pengayaan.
2. Jika materi yang
dikuasai masih di bawah 70%, peserta didik mendiskusikan
kegiatan remedial yang dapat dilakukan dengan guru.
Mengetahui, ……, ………………… 202
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
……………… ……………….
NIP. ………… NIP.
……
0 Komentar