Postingan

Modul 1.3.A.5 Gallery Walk - Pemetaan Kekuatan Pencapaian Visi | GURU PENGGERAK | CGP-IV

Gambar
Galery Walk oleh Adisan Jaya, S.Pd. Untuk memenuhi tugas LMS pada Modul 1.3.A. Visi Guru Penggerak - Gallery Walk tentang Pemetaan Kekuatan dalam Pencapaian Visi Merdeka Belajar.

ASAS DAN DASAR PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA

Gambar
A.       ASAS PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA Ki Hadjar Dewantara (KHD) membedakan kata Pendidikan dan Pengajaran dalam memahami arti dan tujuan Pendidikan. Menurut KHD, pengajaran (onderwijs) adalah bagian dari Pendidikan. Pengajaran merupakan proses Pendidikan dalam memberi ilmu atau berfaedah untuk

1.3.a.4. Eksplorasi Konsep - Visi Guru Penggerak: Mengelola Perubahan yang Positif

Gambar
  Menjadikan sekolah sebagai rumah yang aman, nyaman dan bermakna bagi murid sepertinya sudah menjadi hal yang umum diinginkan semua pihak. Mungkin saja, sebagian dari Bapak/Ibu juga menuliskan mimpi itu pada gambaran visinya. Namun, dalam prakteknya, kalimat tersebut bukan

Modul 1.3.a.3. Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak: Mengartikulasikan Visi (Karya 3)

Gambar
KARYA 3 Mengartikulasikan visi kita tentang murid dan sekolah yang kita impikan dalam satu kalimat   “Mewujudkan Merdeka Belajar dengan mengamalkan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila pada murid dan berkolaborasi untuk merefleksi serta mengevaluasi demi perbaikan mutu Pendidikan di Sekolah”

Modul 1.3.a.3. Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak: Melanjutkan Kalimat Rumpang (Karya 2)

Gambar
KARYA 2 Merangkai mimpi lewat kata-kata: Melanjutkan tiap kalimat rumpang hingga menjadi satu kalimat atau satu paragraf utuh   Saya memimpikan murid-murid yang mengamalkan dan mengimplementasikan

Modul 1.3.a.3. Mulai dari Diri - Visi Guru Penggerak: Imajiku Tentang Murid di Masa Depan (Karya 1)

Gambar
Untuk membantu saya dalam memaknai bagaimana pentingnya visi tentang murid, saya  membuat  “ lukisan ” dalam bentuk Puisi. Puisi ini berjudul “ Imajiku tentang Muridku

Modul 1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Gambar
  1.    Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak? Yang saya pahami mengenai nilai dan peran guru penggerak yaitu bahwa sebagai guru penggerak harus menggerakkan diri sendiri sebelum menggerakkan orang lain. Maksudnya peran aktif mewujudkan merdeka belajar di sekolah dan

Modul 1.A.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 1 | Calon Guru Penggerak

Gambar
Oleh Adisan Jaya, S.Pd CGP-IV Kab. Bima   S etelah satu minggu kegiatan guru penggerak, membaca modul dan mengerjakan tugas dalam LMS, saya mulai memahami apa maksud dari Merdeka Belajar. Pada minggu ini saya mengajarkan Berdebat dengan Indah, pada materi kelas X mata pelajaran Bahasa

Modul 1.2.A.7 Demonstrasi Kontekstual - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Gambar
Sebagaimana judul unitnya, maka setelah Anda berproses merefleksikan diri Anda pada bagian pembelajaran sebelumnya, kini Anda diminta untuk berbagi dengan

5 Nilai Guru Penggerak yang Saya Terapkan | Tugas Modul 1.2.A.5.2 | Guru Penggerak

Gambar
 Assalamu'alaikum. Pada postingan ini saya membagikan 5 nilai guru penggerak yang pernah saya lakukan. Pengalaman ini sekaligus sebagai bahan refleksi profesi saya sebagai seorang guru. Selamat