Modul 1.2.a.9. Koneksi Antar Materi - Nilai dan Peran Guru Penggerak

 



1.   Apa yang Anda pahami mengenai nilai dan peran Guru Penggerak?

Yang saya pahami mengenai nilai dan peran guru penggerak yaitu bahwa sebagai guru penggerak harus menggerakkan diri sendiri sebelum menggerakkan orang lain. Maksudnya peran aktif mewujudkan merdeka belajar di sekolah dan

secara aktif mengembangkan potensi diri dan orang lain. Sesuai dengan peran yang dituangkan dalam modul yang sudah dipelajari sebelumnya, sebagai guru penggerak harus kreatif dan inovatif dalam memimpin pembelajaran, menggerakkan komunitas praktisi, menjadi coach guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, dan mewujudkan kepemimpinan murid. Ini merupakan sebuah bentuk usaha ikhlas agar terwujudnya profil pelajar Pancasila pada murid.

2.   Apakah ada keterkaitan antara nilai dan peran Guru Penggerak dengan Filosofi Ki Hadjar Dewantara? jelaskan!

Ada 5 nilai dan peran guru penggerak yang harus dikuasai dan diimplementasikan oleh seorang guru penggerak yaitu seperti yang di jelaskan di atas. Hal ini berkaitan erat dengan filosofi Ki Hadjar Dewantara yaitu memberi contoh, memberi semangat dan memotivasi anak didik dalam pembelajaran. Selain itu, seorang guru penggerak harus mewujudkan profil pelajar Pancasila di setiap aktivitas kelas ataupun sekolah, maka sebagai pendidik mau tidak mau kita harus menilik kembali apakah nilai-nilai diri kita telah selaras dengan tuntutan zaman dan alam anak didik kita.

3.   Ingat kembali refleksi diri Anda pada bagian Refleksi Terbimbing serta ilustrasi yang sudah Anda buat pada Demonstrasi Kontekstual (sebagai gambaran Anda). Apa strategi yang bisa Anda lakukan untuk mencapai nilai tersebut? 

Strategi yang akan saya lakukan untuk mencapai nilai tersebut yaitu yang pertama memahami konsep merdeka belajar itu sendiri, kedua membangun keberlanjutan, ketiga memilih tantangan, keempat memberdayakan konteks dan yang terakhir memanusiakan hubungan.

4.   Siapa saja pihak yang dapat membantu Anda dalam mencapai gambaran diri Anda di demonstrasi kontekstual tersebut? Seperti apa perannya?

Ada beberapa pihak yang dapat membantu saya dalam mencapai gambaran diri di masa depan berserta perannya yaitu sebagai berikut:

a.    Kepala Sekolah

Sebagai penanggung jawab dan fasilitator dalam setiap inovasi yang akan saya lakukan di sekolah. Kepala sekolah memiliki peran sebagai pemimpin di sekolahnya dan bertanggung jawab dalam memimpin proses Pendidikan di sekolah, baik yang berkaitan dengan peningkatan mutu profesionalisme guru, karyawan dan semua yang berhubungan dengan sekolah.

b.    Rekan Guru

Sebagai pembuka ruang diskusi positif dan kolaborasi antara guru dan
pemangku kepentingan di dalam dan di luar sekolah untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran. Pada peran ini, seorang Guru
Penggerak diharapkan mampu memetakan para pemangku
kepentingan di sekolah (serta luar sekolah), serta membangun dialog
antar para pemangku kepentingan tersebut.

c.    Komite Sekolah

Mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat terlebih khususnya orang tua/wali murid terhadap penyelenggaraan Pendidikan yang bermutu.

d.    Orang tua/wali murid

Orang tua adalah orang terdepan dan pertama sebagai pendidik anak di lingkungannya. Partasipasi orang tua secara aktif dalam mendukung dan mengusahakan peningkatan kualitas Pendidikan anak baik formal maupun informal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: PUISI [Kurikulum Merdeka]

CONTOH: FORMAT PROGRAM SUPERVISI TENDIK

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS NEGOSIASI [Kurikulum Merdeka]