Modul 1.2.A.7 Demonstrasi Kontekstual - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Sebagaimana judul unitnya, maka setelah Anda berproses merefleksikan diri Anda pada bagian pembelajaran sebelumnya, kini Anda diminta untuk berbagi dengan

menyajikannya dalam bentuk sebuah karya. 

Bayangkan diri Anda, setelah mengikuti proses pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan. Pada saat tersebut, Anda tentunya sudah selesai mengikuti program pendidikan ini. Mari kita ciptakan visi kita di masa depan. Anda akan diminta untuk membuat sebuah karya 2 dimensi diri Anda sebagai Guru Penggerak setelah selesai mengikuti pendidikan Guru Penggerak.

 

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat menciptakan gambaran dirinya di masa depan, setelah mengikuti rangkaian program pendidikan Guru Penggerak

 

Di bawah ini saya berikan contoh penugasan modul dalam LMS Pendidikan Guru Penggerak yaitu modul 1.2.a.7 tentang Demonstrasi Kontekstual - Nilai dan Peran Guru Penggerak. Selamat membaca dan semoga terinspirasi.

 

1.   Guru seperti apakah saya?

Saya adalah guru penggerak. Sebagai guru penggerak yang tak patah semangat dan motivasi tinggi dalam mewujudkan merdeka belajar di sekolah, serta secara sadar menguatkan Profil Pelajar Pancasila dalam diri saya sendiri demi menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila pada murid. Sebagai guru penggerak, saya berpartisipasi aktif dalam menggerakkan komunitas praktisi untuk rekan guru, menjadi coach dan mentor bagi rekan guru lain, dan saling bertukar pengalaman terkait pengembangan pembelajaran di sekolah.

Di dalam kelas, usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya, memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Ibarat menaiki tangga eskalator yang bergerak turun, dalam proses mewujudkannya tentu harus sabar, ikhlas, serta ada pembiasaan yang konsisten juga sistemik. Dan tidak bisa bekerja sendiri, segenap stakeholder sekolah harus berkolaborasi membentuk well-being yang berpusat pada murid, sehingga terciptanya murid bahagia untuk belajar.

 

2.   Nilai-nilai apa yang saya kuasai di masa depan?

Nilai yang saya kuasai di masa depan ada 5 yaitu MANDIRI, REFLEKTIF, KOLABORATIF, INOVATIF, dan BERPIHAK PADA MURID.

 

3.   Mengapa nilai-nilai tersebut penting untuk saya?

Mengapa nilai tersebut penting? Karena yang pertama, Mandiri yaitu motivasi dan inovasi diri, maksudnya dimana seorang guru harus mampu mendorong dirinya sendiri untuk melakukan perubahan, untuk memulai sesuatu, untuk mengerjakan sesuatu terkait dengan perubahan apa yang diinginkan untuk terjadi, baik untuk lingkungan sekitarnya ataupun pada dirinya sendiri.

Kedua, Nilai Reflektif yaitu seorang guru harus mampu memaknai dan mengevaluasi kembali pengalaman-pengalaman, baik itu positif maupun negatif, sehingga bisa menjadi pembelajaran dan panduan untuk menjalankan perannya di masa mendatang.

Ketiga, Kolaboratif yaitu mampu merangkul semua pihak yang ada di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah untuk mendukung pencapaian profil pelajar Pancasila dalam mewujudkan merdeka belajar.

Keempat, Inovatif artinya gagasan baru dan tepat guna yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Dan yang terakhir, Berpihak pada murid artinya pemberian peran pada murid dalam aktivitas pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH: FORMAT PROGRAM SUPERVISI TENDIK

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS ANEKDOT [Kurikulum Merdeka]

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS LHO [Kurikulum Merdeka]

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)