Modul 1.2.A.7 Demonstrasi Kontekstual - Nilai dan Peran Guru Penggerak
Sebagaimana judul unitnya, maka setelah Anda berproses merefleksikan diri Anda pada bagian pembelajaran sebelumnya, kini Anda diminta untuk berbagi dengan
menyajikannya dalam bentuk sebuah karya.Bayangkan diri Anda,
setelah mengikuti proses pendidikan Guru Penggerak selama 9 bulan. Pada saat
tersebut, Anda tentunya sudah selesai mengikuti program pendidikan ini. Mari
kita ciptakan visi kita di masa depan. Anda akan diminta untuk membuat sebuah
karya 2 dimensi diri Anda sebagai Guru Penggerak setelah selesai mengikuti
pendidikan Guru Penggerak.
Tujuan
Pembelajaran Khusus: CGP dapat menciptakan gambaran dirinya
di masa depan, setelah mengikuti rangkaian program pendidikan Guru Penggerak
Di
bawah ini saya berikan contoh penugasan modul dalam LMS Pendidikan Guru
Penggerak yaitu modul 1.2.a.7
tentang Demonstrasi Kontekstual - Nilai dan Peran Guru Penggerak. Selamat
membaca dan semoga terinspirasi.
1.
Guru
seperti apakah saya?
Saya adalah guru penggerak. Sebagai guru penggerak yang tak patah semangat
dan motivasi tinggi dalam mewujudkan
merdeka belajar di sekolah, serta
secara sadar menguatkan Profil Pelajar Pancasila dalam diri saya sendiri demi
menumbuhkan Profil Pelajar Pancasila pada murid. Sebagai guru penggerak, saya berpartisipasi aktif dalam menggerakkan
komunitas praktisi untuk rekan guru,
menjadi coach dan mentor bagi rekan guru lain, dan saling bertukar pengalaman terkait pengembangan
pembelajaran di sekolah.
Di dalam kelas, usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses
pembelajaran agar peserta didik
secara aktif mengembangkan potensi dirinya, memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, serta keterampilan yang diperlukan dirinya,
masyarakat, bangsa dan negara. Ibarat menaiki tangga eskalator yang bergerak
turun, dalam proses mewujudkannya tentu harus
sabar, ikhlas, serta ada pembiasaan yang konsisten juga sistemik.
Dan tidak bisa bekerja sendiri, segenap stakeholder sekolah harus berkolaborasi membentuk well-being
yang berpusat pada murid, sehingga terciptanya murid bahagia untuk belajar.
2. Nilai-nilai apa yang saya kuasai di
masa depan?
Nilai yang saya
kuasai di masa depan ada 5 yaitu MANDIRI, REFLEKTIF, KOLABORATIF, INOVATIF, dan
BERPIHAK PADA MURID.
3.
Mengapa
nilai-nilai tersebut penting untuk saya?
Mengapa nilai tersebut penting? Karena yang pertama,
Mandiri yaitu motivasi dan
inovasi diri, maksudnya dimana seorang guru harus mampu mendorong dirinya
sendiri untuk melakukan perubahan, untuk memulai sesuatu, untuk mengerjakan
sesuatu terkait dengan perubahan apa yang diinginkan untuk terjadi, baik untuk
lingkungan sekitarnya ataupun pada dirinya sendiri.
Kedua, Nilai Reflektif yaitu seorang guru harus mampu memaknai dan
mengevaluasi kembali pengalaman-pengalaman, baik itu positif maupun negatif,
sehingga bisa menjadi pembelajaran dan panduan untuk menjalankan perannya di
masa mendatang.
Ketiga, Kolaboratif yaitu mampu merangkul semua pihak yang ada di
lingkungan sekolah maupun di luar sekolah untuk mendukung pencapaian profil
pelajar Pancasila dalam mewujudkan merdeka belajar.
Keempat, Inovatif artinya gagasan baru dan tepat guna yang dapat
bermanfaat bagi orang lain. Dan yang terakhir, Berpihak pada murid
artinya pemberian peran pada murid dalam aktivitas pembelajaran.
Komentar