Postingan

Kegiatan-kegiatan Pendalaman Keyakinan Kelas

Gambar
Salah satu kegiatan lain yang dapat dilakukan untuk memperdalam keyakinan kelas, adalah mempelajari tanggung jawab setiap warga kelas. Keyakinan bertanggung jawab serta hak

3 Motivasi Perilaku Manusia

Gambar
Diane Gossen dalam bukunya Restructuring School Discipline, menyatakan ada 3 alasan motivasi perilaku manusia: 1. Untuk menghindari ketidaknyamanan atau hukuman Ini adalah tingkat terendah dari motivasi perilaku manusia. Biasanya orang yang motivasi

Makna Kata Disiplin

Gambar
  Ketika mendengar kata “disiplin”, apa yang terbayang di benak Anda? Apa yang terlintas di pikiran Anda? Kebanyakan orang akan menghubungkan kata disiplin dengan tata tertib, teratur, dan kepatuhan pada peraturan.  Kata “disiplin” juga sering dihubungkan dengan hukuman, padahal itu sungguh berbeda, karena belajar tentang disiplin positif tidak harus dengan memberi hukuman, justru itu adalah salah satu alternatif terakhir dan kalau perlu tidak digunakan sama sekali.  Dalam budaya kita, makna kata ‘disiplin’ dimaknai menjadi sesuatu yang dilakukan

METODE GURU: Dihukum oleh Penghargaan

Gambar
Alfie Kohn (Punished by Rewards, 1993, Wawancara ASCD Annual Conference, Maret 1995) mengemukakan baik penghargaan maupun hukuman, adalah cara-cara mengontrol perilaku seseorang yang menghancurkan potensi untuk pembelajaran yang sesungguhnya. Menurut

Prosedur Pembentukan Keyakinan Kelas

Gambar
  Prosedur Pembentukan Keyakinan Kelas: Mempersilakan murid-murid di kelas untuk bercurah pendapat tentang peraturan yang perlu disepakati di kelas.

KEYAKINAN KELAS | Guru Penggerak

Gambar
Setiap tindakan atau perilaku yang kita lakukan di dalam kelas dapat menentukan terciptanya sebuah lingkungan positif. Perilaku warga kelas tersebut menjadi sebuah kebiasaan, yang akhirnya membentuk sebuah budaya positif. Untuk terbentuknya budaya positif pertama-

Modul 1.3.a.9. Visi Guru Penggerak - Rancangan Strategi Perubahan

Gambar
Selamat Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak sekalian, ini adalah tahapan terakhir sebelum tahapan eksekusi. Sebagai CGP, Anda ditantang untuk membuat rencana perubahan nyata untuk

2.2: Konsep Disiplin Positif dan Motivasi | Calon Guru Penggerak

Gambar
PENGANTAR Selanjutnya, untuk lebih memperdalam pemahaman Bapak/Ibu CGP mengenai Konsep Disiplin Positif dan Motivasi CGP diminta untuk mengikuti aktivitas berikut ini. Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat memahami konsep disiplin positif dihubungkan dengan teori motivasi perilaku manusia. CGP dapat memahami konsep teori motivasi manusia dihubungkan dengan konsep motivasi internal dan eksternal. CGP dapat bersikap reflektif, kritis, kreatif, dan terbuka dalam menganalisis motivasi yang dimiliki oleh CGP sendiri menurut teori motivasi perilaku manusia.  

Perubahan Paradigma - Stimulus Respon lawan Teori Kontrol | Calon Guru Penggerak

Gambar
  PENGANTAR Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat memahami miskonsepsi tentang kontrol dari paparan Teori Kontrol Dr. William Glasser. CGP dapat memahami dan menerapkan perubahan paradigma stimulus-respon menjadi teori kontrol. CGP dapat bersikap kritis, reflektif, dan terbuka dalam menganalisis perubahan paradigma stimulus respon kepada teori kontrol.

Modul 1.4.a.4. Eksplorasi Konsep - Budaya Positif | Calon Guru Penggerak

Gambar
Bapak/Ibu CGP, Eksplorasi konsep untuk Budaya positif terdiri dari beberapa bagian yaitu. 2.1. Perubahan Paradigma -Stimulus Respon lawan  Teori Kontrol CGP dapat memahami miskonsepsi tentang kontrol dan selanjutnya mengadakan