Postingan
Refleksi Terbimbing - Modul 2.1 | 2.1.a.6
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Oleh
Adisan Jaya
Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda? Menurut hemat saya, materi yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas yaitu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan mengidentifikasi terlebih dahulu perbedaan tingkat kesiapan, minat dan profil belajar murid. Mengidentifikasi apa kebutuhan murid saya mulai dengan menyusun pertanyaan untuk diri sendiri, seperti bagaimanakah karakteristik setiap anak di kelas saya? Tahukah saya b agaimana gaya belajar mereka? Setelah mendapat jawaban dari serangkaian pertanyaan tersebut saya akan menerapkan dan merubah perangkat pembelajaran yang sudah saya susun sebelumnya menjadi RPP Berdiferensiasi, tujuannya adalah untuk memastikan setiap murid di kelas yang saya ajarkan sukses dalam proses pembelajarannya. Strategi yang akan lakukan selanjutnya yaitu dengan menerap
Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1 Pendidikan Guru Penggerak | Adisan Jaya
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Oleh
Adisan Jaya
Diagfram Frayer | Adisan Jaya - CGP-IV Kab. Bima
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Oleh
Adisan Jaya
3 Aspek Pemetaan Kebutuhan Belajar Murid | Carol Ann Tomlinson Ed. D
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Oleh
Adisan Jaya
(Sumber: premierespeakers.com) Tomlinson (2001) dalam bukunya yang berjudul How to Differentiate Instruction in Mixed Ability Classroom menyampaikan bahwa kita dapat mengkategorikan kebutuhan belajar murid, paling tidak berdasarkan 3 aspek. Ketiga aspek tersebut adalah: Kesiapan belajar ( readiness ) murid Minat murid Profil belajar murid Sebagai guru, kita semua tentu tahu bahwa murid akan menunjukkan kinerja yang lebih baik jika tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan keterampilan dan pemahaman yang mereka miliki sebelumnya (kesiapan belajar). Lalu jika tugas-
Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Oleh
Adisan Jaya
BUKU GURU: BAHASA INDONESIA KELAS X
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Oleh
Adisan Jaya
BUKU SISWA: BAHASA INDONESIA KELAS X
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Oleh
Adisan Jaya
Pendidikan Kodrat Alam dan Kodrat Zaman
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Oleh
Adisan Jaya
Ki Hadjar Dewantara menjelaskan bahwa dasar Pendidikan anak berhubungan dengan kodrat alam dan kodrat zaman . Kodrat alam berkaitan dengan “sifat” dan “bentuk” lingkungan di mana anak berada, sedangkan kodrat zaman berkaitan dengan “isi” dan “irama” KHD mengelaborasi Pendidikan terkait kodrat alam dan kodrat zaman sebagai berikut
KONEKSI ANTAR MATERI: Budaya Positif | Modul 1.4.A.9
- Dapatkan link
- Aplikasi Lainnya
Oleh
Adisan Jaya
Tujuan dari pendidikan adalah memerdekakan. Merdeka berarti setiap orang bisa memilih menjadi apa saja. Dalam mewujudkan sekolah sebagaimana pemikiran Ki Hadjar Dewantara sebagai tempat belajar yang menyenangkan dan berpihak pada murid. Dalam menuntun laku dan pertumbuhan kodrat anak, KHD mengibaratkan peran pendidik seperti seorang petani atau tukang kebun. Anak-anak itu seperti biji tumbuhan yang disemai dan ditanam oleh pak tani atau pak tukang kebun di lahan yang telah disediakan. Anak-anak itu bagaikan bulir-bulir jagung yang ditanam. Bila biji jagung ditempatkan di tanah yang subur dengan mendapatkan sinar matahari dan