Postingan

RPP BERDIFERENSIASI | Bahasa Indonesia SMA Kelas X

Refleksi Terbimbing - Modul 2.1 | 2.1.a.6

Gambar
  Dari apa yang sudah Anda pelajari, materi apa yang menurut Anda dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas Anda? Menurut hemat saya, materi yang dapat menjadi solusi bagi permasalahan yang terkait dengan pembelajaran di kelas yaitu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan   mengidentifikasi terlebih dahulu perbedaan tingkat kesiapan, minat dan profil belajar murid. Mengidentifikasi apa kebutuhan murid saya mulai dengan menyusun pertanyaan untuk diri sendiri, seperti bagaimanakah karakteristik setiap anak di kelas saya? Tahukah saya b agaimana gaya belajar mereka? Setelah mendapat jawaban dari serangkaian pertanyaan tersebut saya akan menerapkan dan merubah perangkat pembelajaran yang sudah saya susun sebelumnya menjadi RPP Berdiferensiasi,  tujuannya adalah untuk memastikan setiap murid di kelas yang saya ajarkan sukses dalam proses pembelajarannya. Strategi yang akan lakukan selanjutnya yaitu dengan menerap

Forum Diskusi - Eksplorasi Konsep Modul 2.1 Pendidikan Guru Penggerak | Adisan Jaya

Gambar
Adisan Jaya, S.Pd (CGP-IV Kab. Bima)

Diagfram Frayer | Adisan Jaya - CGP-IV Kab. Bima

Gambar
 

3 Aspek Pemetaan Kebutuhan Belajar Murid | Carol Ann Tomlinson Ed. D

Gambar
(Sumber: premierespeakers.com) Tomlinson (2001) dalam bukunya yang berjudul  How to Differentiate Instruction in Mixed Ability Classroom   menyampaikan bahwa kita dapat mengkategorikan kebutuhan belajar murid, paling tidak berdasarkan 3 aspek.  Ketiga aspek tersebut adalah: Kesiapan belajar ( readiness ) murid Minat murid Profil belajar murid Sebagai guru, kita semua tentu tahu bahwa murid akan menunjukkan kinerja yang lebih baik jika tugas-tugas yang diberikan sesuai dengan keterampilan dan pemahaman yang mereka miliki sebelumnya (kesiapan belajar). Lalu jika tugas-

Pengertian Pembelajaran Berdiferensiasi

Gambar
Pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian keputusan masuk akal ( common sense ) yang dibuat oleh guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Keputusan-keputusan

BUKU GURU: BAHASA INDONESIA KELAS X

BUKU SISWA: BAHASA INDONESIA KELAS X

Pendidikan Kodrat Alam dan Kodrat Zaman

Gambar
Ki Hadjar Dewantara menjelaskan bahwa dasar Pendidikan anak berhubungan dengan  kodrat alam  dan  kodrat zaman . Kodrat alam berkaitan dengan “sifat” dan “bentuk” lingkungan di mana anak berada, sedangkan kodrat zaman berkaitan dengan “isi” dan “irama” KHD mengelaborasi Pendidikan terkait kodrat alam dan kodrat zaman sebagai berikut

KONEKSI ANTAR MATERI: Budaya Positif | Modul 1.4.A.9

Gambar
  Tujuan dari pendidikan adalah memerdekakan. Merdeka berarti setiap orang bisa memilih menjadi apa saja. Dalam mewujudkan sekolah sebagaimana pemikiran Ki Hadjar Dewantara sebagai tempat belajar yang menyenangkan dan berpihak pada murid. Dalam menuntun laku dan pertumbuhan kodrat anak, KHD mengibaratkan peran pendidik seperti seorang petani atau tukang kebun. Anak-anak itu seperti biji tumbuhan yang disemai dan ditanam oleh pak tani atau pak tukang kebun di lahan yang telah disediakan. Anak-anak itu bagaikan bulir-bulir jagung yang ditanam. Bila biji jagung ditempatkan di tanah yang subur dengan mendapatkan sinar matahari dan