Postingan

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS LHO [Kurikulum Merdeka]

Gambar
  Administrasi guru adalah suatu petunjuk kerja atau pedoman belajar yang digunakan guru untuk kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung lebih efektif dan efisien. Administrasi guru ini merupakan hal penting yang harus dipersiapkan oleh guru, baik dari tingkat pendidikan SD hingga SMA/SMK. Dalam Kurikulum Merdeka, memberi kebebasan kepada bapak/ ibu guru untuk merancang dan mendesain kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan murid di kelas. Oleh karena itu postingan ini bisa menjadi referensi anda dalam menyusun dan merancang Modul Pembelajaran lebih khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Modul ajar yang saya bagikan ini berupa modul ajar teks laporan hasil observasi, teks anekdot, teks negosiasi, teks hikayat, teks biografi dan mendalami puisi. Untuk mengunduh dalam bentuk word silahkan Klik di sini . Atau anda bisa meng- copy postingan saya di bawah ini! Semoga bermanfaat!  

MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA: Bahasa Indonesia

Gambar
Sudahkah Bapak/Ibu guru mengetahui apa saja administrasi (modul ajar) guru yang harus dipersiapkan dalam Kurikulum Merdeka? Jika belum, Bapak/Ibu guru perlu mengetahui dan memahaminya karena administrasi guru termasuk salah satu hal yang dapat mempengaruhi tercapai atau tidaknya tujuan pembelajaran di kelas. 

Aksi Nyata: Strategi penerapan merdeka belajar

 Pada postingan ini saya membagikan aksi nyata yang saya lakukan dalam Pelatihan Mandir i  di Platform Merdeka Mengajar (PMM) kemendikbud dengan judul Aksi nyata: Strategi Penerapan Merdeka Belajar. Semoga hasil aksi nyata ini dapat menjadi motivasi dan referensi bapak/ibu rekan

STRATEGI PENERAPAN MERDEKA BELAJAR

Konsep Merdeka Belajar mengedepankan kemandirian siswa dalam proses pembelajaran, memungkinkan mereka untuk aktif terlibat dalam merancang dan mengelola pembelajaran mereka sendiri. Merdeka belajar memberikan siswa kontrol lebih besar atas proses pembelajaran. Ini dapat meningkatkan motivasi intrinsik, yang lebih kuat daripada motivasi eksternal. Ketika siswa merasa

CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE F KELAS XI/XII BAHASA INDONESIA

  Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademisi, dan dunia kerja. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. Peserta didik mampu mengkreasi gagasan dan pendapat untuk berbagai tujuan. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam kegiatan berbahasa yang melibatkan banyak orang. Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk merefleksi dan mengaktualisasi diri untuk selalu berkarya dengan mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia di berbagai media untuk memajukan peradaban bangsa.

CAPAIAN PEMBELAJARAN FASE E KELAS X BAHASA INDONESIA

Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademisi, dan dunia kerja. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi dari berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. Peserta didik mampu menyintesis gagasan dan pendapat dari berbagai sumber. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dan debat. Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk menyampaikan pendapat dan menunjukkan serta menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi secara kritis dan etis.

SUBDISIPLIN LINGUISTIK

  Linguistik bertujuan untuk memahami sistem dan struktur bahasa serta bagaimana manusia menggunakan dan memahami bahasa dalam berbagai konteks. Pada postingan ini saya membagikan berbagai macam subdisiplin linguistik. Tetapi sebelum membahas secara rinci, kita harus paham dulu apa itu linguistik. Linguistik adalah ilmu yang mempelajari bahasa sebagai sistem komunikasi manusia. Ia mencakup analisis dan pemahaman tentang struktur, penggunaan, dan perubahan bahasa dalam berbagai aspek, termasuk bunyi (fonetik dan fonologi), kata (morfologi), kalimat (sintaksis), makna (semantik), konteks komunikatif (pragmatik), serta sejarah dan variasi. bahasa.

PRINSIP EVALUASI DALAM PEMBELAJARAN

Dalam merancang dan menggunakan alat evaluasi, penting untuk memperhatikan prinsip-prinsip ini agar hasil evaluasi dapat memberikan informasi yang valid, reliabel, objektif, dan dapat digunakan secara efektif untuk pengambilan keputusan dan pengembangan individu atau kelompok yang dievaluasi.

CONTOH LAPORAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER: Pramuka

Gambar
  A.     Latar Belakang Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah. Kegiatan dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan disekolah. Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat dilakukan pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila, pendidikan pendahuluan bela Negara, kepribadian dan budi pekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan, kesegaran jasmani dan daya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasi seni.

SOAL KIMIA PEMINATAN KELAS XI (ESAI)

  Assalamualaikum. Pada postingan kali ini saya memposting Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) Genap Mata pelajaran Kimia Peminatan SMA kelas XI atau kelas 2.  Semoga soal yang saya posting ini dapat bermanfaat untuk anda guru serumpun dan dapat dipergunakan sebagai referensi pembuatan soal untuk anak didiknya. Silahkan bertanya di kolom komentar untuk kunci jawaban. Jangan lupa berikan kritik dan saran untuk perbaikan isi blog ini ke depannya.