Ticker

6/recent/ticker-posts

Iklan

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: PUISI [Kurikulum Merdeka]

 

Administrasi guru adalah suatu petunjuk kerja atau pedoman belajar yang digunakan guru untuk kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung lebih efektif dan efisien. Administrasi guru ini merupakan hal penting yang harus dipersiapkan oleh guru, baik dari tingkat pendidikan SD hingga SMA/SMK.

Dalam Kurikulum Merdeka, memberi kebebasan kepada bapak/ ibu guru untuk merancang dan mendesain kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan murid di kelas. Oleh karena itu postingan ini bisa menjadi referensi anda dalam menyusun dan merancang Modul Pembelajaran lebih khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Modul ajar yang saya bagikan ini berupa modul ajar teks laporan hasil observasi, teks anekdot, teks negosiasi, teks hikayat, teks biografi dan mendalami puisi. Untuk mengunduh dalam bentuk word silahkan Klik di sini. Atau anda bisa meng-copy postingan saya di bawah ini! Semoga bermanfaat!

Modul Ajar Mendalami Puisi

 

MODUL AJAR

BERKARYA DAN BEREKSPRESI MELALUI PUISI

 

INFORMASI UMUM

 

I.     IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun                   :   

Satuan Pendidikan               :    SMA

Kelas / Fase                           :    X (Sepuluh) - E

Mata Pelajaran                     :    Bahasa dan Sastra Indonesia

Materi                                    :    Puisi

Prediksi Alokasi Waktu       :    120 Menit x 6 JP

 

II.   KOMPETENSI AWAL

·       Memahami diksi dalam teks puisi yang dibacakan dengan kritis dan reflektif

·       Memahami teks diskusi dan menilai efektivitas pemilihan kata/diksi, pengaturan rima, dan tampilan tipografi dalam mendukung makna dan amanat puisi

·       Mengidentifikasi tema dan suasana untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks puisi

·       Menulis tanggapan terhadap antologi puisi secara logis dan kritis yang dalam bentuk resensi buku

·       Menyajikan pembacaan puisi dengan penghayatan, ekspresi, gesture, suara, dan metode yang sesuai secara kreatif

 

III.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

Beriman, bertakwa kepada Tuhan yag maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif, inovatif, mandiri, berkebhinekaan global

 

IV.  SARANA DAN PRASARANA

1. Gawai                               4. Buku Teks                            7. Handout materi

2. Laptop/Komputer PC      5. Papan tulis/White Board      8. Infokus/Proyektor/Pointer

3. Akses Internet                  6. Lembar kerja                         9. Referensi lain yang mendukung

 

V.   TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 

VI.  MODEL PEMBELAJARAN

Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL).


 

KOMPONEN INTI

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·       Memahami diksi dalam teks puisi yang dibacakan dengan kritis dan Reflektif

·       Memahami teks diskusi dan menilai efektivitas pemilihan kata/diksi, pengaturan rima, dan tampilan tipografi dalam mendukung makna dan amanat puisi

·       Mengidentifikasi tema dan suasana untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks puisi

·       Menulis tanggapan terhadap antologi puisi secara logis dan kritis yang dalam bentuk resensi buku

·       Menyajikan pembacaan puisi dengan penghayatan, ekspresi, gesture, suara, dan metode yang sesuai secara kreatif

 

II.   PEMAHAMAN BERMAKNA

·       Mampu memahami, menganalisis, menilai, menanggapi, dan membacakan puisi dengan baik.

 

III.  PERTANYAAN PEMANTIK

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 1

·       Apa yang kalian ketahui tentang puisi?

·       Apa yang kalian ketahui tentang unsur-unsur pembentuk puisi?

·       Apa ciri-ciri atau karakteristik teks puisi?

 

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 2

·       Guru dapat menanyakan pada siswa apa yang kalian ketahui tentang teks diskusi? Apa saja yang kalian ketahui mengenai diksi, majas, dan tipografi dalam puisi. Apa yang kalian ketahui tentang diksi, rima, dan tipografi dalam puisi?

 

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 3

·       Guru dapat menanyakan kepada siswa mengenai pengertian dan apa yang siswa ketahui tentang tema dan suasana dalam puisi.

 

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 4

·       Guru dapat menanyakan kepada siswa perihal antologi puisi yang pernah dibacanya dan apa yang siswa ketahui tentang resensi. Apakah siswa pernah membaca antologi puisi penyair ternama? Apakah siswa pernah membaca resensi?

 

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 5

·       Guru dapat menanyakan kepada siswa bagaimana cara pembacaan puisi yang baik? Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembacaan puisi. Apa jenis puisi yang cocok untuk dibacakan di depan umum?

 

IV.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE-1

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

·      Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran

·      Memotivasi siswa untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

 

Kegiatan Inti (90 Menit)

·      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran dan memotivasi siswa untuk belajar.

·      Siswa menyimak arahan guru terkait langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode pembelajaran Kooperatif.

·      Guru bertanya jawab dengan siswa terkait majas, citraan, kata konkret, dan kata konotatif dalam puisi.

·      Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas 4–5 anggota.

·      Setiap kelompok siswa menerima tugas dan lembar kerja.

·      Siswa mencermati tugas dan lembar kerja yang diberikan kemudian menetapkan pembagian tugas setiap anggota.

·      Salah satu siswa membacakan puisi karya Amir Hamzah. Siswa lain menyimak secara intensif pembacaan puisi tersebut.

·      Secara berkelompok siswa membahas majas, citraan, kata konkret, dan kata konotatif yang terdapat dalam puisi.

·      Guru memantau dan membimbing pelaksanaan diskusi kelompok.

·      Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian melalui permainan lempar bola.

·      Secara bergantian, siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.

·      Siswa lain memberikan tanggapan, kritik, dan masukan/saran.

·      Guru mengevaluasi efektivitas diskusi dan keaktifan masing-masing siswa.

·      Guru memberikan apresiasi pada hasil presentasi siswa.

 

Kegiatan Penutup (10 Menit)

·      Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

·      Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

·      Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

·      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

PERTEMUAN KE-2

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

·      Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran

·      Memotivasi siswa untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

 

Kegiatan Inti (90 Menit)

·      Guru melakukan apersepsi, memberikan motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.

·      Siswa menyimak penjelasan guru terkait langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode Grup Investigasi.

·      Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas 4–5 anggota.

·      Kelompok siswa dibagi menjadi beberapa topik, misalnya topik diskusi, diksi, topik majas, topik citraan, topik rima, dan topik tipografi,

·      Setiap kelompok mendapat lembar kerja dan penugasan yang harus dijawab siswa.

·      Setiap kelompok menyusun rencana dan membagi tugas anggota kelompok dalam rangka mengisi lembar kerja dan menyelesaikan tugas.

·      Setiap kelompok dapat mengisi lembar kerja dan menyelesaikan tugas yang diberikan melalui investigasi ke berbagai sumber informasi, misalnya narasumber di sekolah atau buku-buku di perpustakaan.

·      Dalam waktu yang sudah ditentukan, semua kelompok kembali ke kelas dan mempresentasikan hasil investigasinya di depan kelas secara bergantian.

·      Siswa dapat saling menyampaikan tanggapan, kritik, dan masukan saran atas presentasi yang dilakukan kelompok lain.

·      Guru memantau dan membimbing pelaksanaan presentasi dan diskusi siswa.

·      Guru memberikan apresiasi pada hasil kerja kelompok siswa.

 

Kegiatan Penutup (10 Menit)

·      Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

·      Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

·      Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

·      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

PERTEMUAN KE-3

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

·      Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran

·      Memotivasi siswa untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

 

Kegiatan Inti (90 Menit)

·      Guru melakukan apersepsi, memberikan motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.

·      Siswa menyimak penjelasan guru terkait arahan, aturan, dan langkahlangkah pembelajaran sesuai dengan metode Pameran Berjalan.

·      Siswa membentuk kelompok yang beranggotakan 4–5 siswa. Setiap kelompok siswa harus bersifat heterogen.

·      Siswa menerima kertas karton/plano dan lembar kerja siswa terkait tugas yang harus dikerjakan.

·      Siswa melakukan pembagian tugas pada setiap anggota dalam kelompoknya.

·      Siswa membaca secara intensif teks puisi dan mendiskusikan tugas yang diberikan guru terkait telaah tema dan suasana dalam puisi.

·      Siswa menuliskan hasil diskusi dan jawaban dalam kertas karton/plano yang diberikan guru.

·      Setelah selesai, siswa memajang/menempel kertas plano/karton di tempat yang strategis.

·      Dua orang anggota setiap kelompok berdiam menjaga pajangan hasil kerja kelompoknya. Sementara itu, anggota yang lain ditugasi berkeliling ke pajangan milik kelompok lain.

·      Setiap siswa yang berkunjung ke pajangan kelompok lain dapat menyampaikan pertanyaan, tanggapan, komentar, dan saran. Anggota kelompok yang dikunjungi harus memberikan penjelasan.

·      Setelah selesai, seluruh siswa kembali ke kelompoknya masingmasing untuk melaporkan temuan dan informasi dari kelompok lain dan mencocokan hasil kerjanya.

·      Beberapa kelompok siswa diminta menyampaikan hasil kerja kelompoknya. Siswa lain dapat menambahkan masukan dan saran atau memperbaiki jika ada kesalahan pemahaman.

 

Kegiatan Penutup (10 Menit)

·      Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

·      Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

·      Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

·      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

PERTEMUAN KE-4

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

·      Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran

·      Memotivasi siswa untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

 

Kegiatan Inti (90 Menit)

·      Guru melakukan apersepsi, motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.

·      Siswa menyimak penjelasan guru terkait langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode Pembelajaran Berbasis Proyek.

·      Siswa menerima tugas dari guru untuk membuat resensi antologi puisi.

·      Siswa menyusun perencanaan untuk proyek penulisan resensi.

·      Siswa menyusun jadwal, tahapan penyelesaian, dan sumber/media yang diperlukan.

·      Guru membimbing dan memantau siswa saat menyusun rencana menulis resensi.

·      Siswa menyelesaikan tahapan-tahapan menulis resensi sesuai dengan jadwal yang direncanakan.

·      Guru menilai produk resensi hasil kerja siswa.

·      Siswa diminta melaporkan pengalaman berupa proses dan kesan selama menyelesaikan penulisan resensi. Siswa juga dapat menyampaikan berbagai kendala yang dialami dan bagaimana cara mengatasinya.

·      Siswa lain dapat memberikan masukan, saran, dan tanggapan.

·      Guru memberikan apresiasi pada hasil kerja siswa.

 

Kegiatan Penutup (10 Menit)

·      Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

·      Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

·      Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

·      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

PERTEMUAN KE-5

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

·      Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran

·      Memotivasi siswa untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

 

Kegiatan Inti (90 Menit)

·      Guru melakukan apersepsi, motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.

·      Siswa menyimak penjelasan guru terkait langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode Demonstrasi.

·      Guru menyusun rencana demonstrasi pembacaan puisi kepada siswa.

·      Guru dapat menjadi model atau memanggil orang lain yang memiliki keterampilan pembacaan puisi yang baik. Guru juga dapat menayangkan video pembacaan puisi dari laman internet.

·      Siswa menyaksikan demonstrasi pembacaan puisi dengan saksama.

·      Siswa mencatat hal-hal yang perlu dilakukan agar dapat membacakan puisi dengan baik.

·      Siswa diminta menyampaikan hasil catatannya terkait pembacaan puisi yang baik.

·      Guru menugaskan siswa untuk melakukan pembacaan puisi.

·      Siswa memilih salah satu puisi dan melakukan latihan pembacaan puisi.

·      Siswa secara bergantian melakukan pembacaan puisi.

·      Siswa dapat melakukan penilaian antarteman dan memberikan apresiasi, saran, atau masukan.

 

Kegiatan Penutup (10 Menit)

·      Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

·      Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

·      Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

·      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

V.   ASESMEN

a)    Penilaian Sikap / Profil Pelajar Pancasila

Selama proses mengajar berlangsung guru mengamati profil pelajar Pancasila pada siswa dalam pembelajaran yang meliputi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kebhinekaan Global, Mandiri, Bernalar Kritis, Gotong Royong dan Kreatif (Instrumen Terlampir)

b)    Penilaian Pengetahuan

Penilaian pengetahuan yang dilakukan pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai adalah dengan tes tertulis (Instrumen Terlampir)

c)    Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan yang dilakukan pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai adalah dengan tes unjuk kerja / praktek (Instrumen Terlampir)

 

VI.  PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pengayaan

·      Siswa dapat melakukan latihan menelaah diksi, majas, citraan, kata konkret, dan kata konotatif dalam berbagai puisi lainnya. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan kelompok. Hasil diskusi dapat dipresentasikan di depan kelas atau dipublikasikan di berbagai media lain.

·      Guru dapat memberikan berbagai contoh puisi lainnya sebagai kegiatan tindak lanjut menelaah diksi, pengaturan rima, dan tipografi. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan berkelompok. Hasil diskusi dapat dipresentasikan di depan kelas atau dipublikasikan di berbagai media lain.

·      Siswa dapat dibimbing untuk menelaah tema dan suasana pada berbagai teks puisi lainnya. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan berkelompok. Hasil telaah dapat disusun menjadi sebuah artikel sederhana yang membahas tema dan suasana dalam puisi. Hasil karya siswa dapat dipresentasikan di depan kelas atau dipublikasikan di berbagai media lain.

·      Sebagai kegiatan tindak lanjut, siswa dapat mengubah teks resensi yang ditulisnya menjadi sebuah video singkat atau infografik yang kreatif. Siswa dapat memajang atau menampilkan hasil kreasinya pada media sosial yang dimilikinya atau pada laman milik sekolah.

·      Siswa diminta untuk mengamati video pembacaan puisi berbagai sastrawan ternama atau juara lomba membaca puisi di Youtube. Selanjutnya, siswa memilih berbagai puisi lain yang sesuai dan cocok untuk dibacakan. Siswa dapat melakukan pembacaan puisi di luar kelas dan merekam pembacaan puisinya. Siswa dapat mengunggah video pembacaan puisinya di berbagai media sosial untuk mendapat tanggapan, kritik, dan saran dari berbagai pihak. Selain itu, siswa juga dapat diminta melakukan penilaian antarteman untuk memilih pembaca puisi terbaik.

 

Remedial

·      Siswa diminta untuk menjawab secara lisan mengenai kegiatan pembelajaran hari ini. Guru dapat memberikan skala 0–100 yang dapat dipilih siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap materi maupun aktivitas yang telah dilakukan.

 

VII.     REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK

Refleksi Guru:

1. Apakah kegiatan pembelajaran berlangsung dengan baik?

2. Apa momen paling berkesan saat proses kegiatan pembelajaran?

3. Apa tantangan yang dihadapi saat proses kegiatan pembelajaran?

4. Bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut?

 

Refleksi Peserta Didik:

Tandai kegiatan yang sudah dilakukan atau pengetahuan yang sudah dipahami dengan tanda centang (√).

Tabel Refleksi Pembelajaran

Pada Bab 6 ini

Sudah dapat

Masih perlu belajar lagi

Rencana tindak lanjut

Peserta didik memahami pengertian dan karakteristik teks puisi.

 

 

 

Peserta didik mampu memahami diksi dalam teks puisi secara kritis dan reflektif.

 

 

 

Peserta didik mampu memahami teks diskusi dan menilai efektivitas diksi, rima, dan tipografi dalam mendukung makna dan amanat puisi.

 

 

 

Peserta didik paham dan mampu mengidentifikasi tema dan suasana puisi untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.

 

 

 

Peserta didik paham dan mampu menyajikan musikalisasi puisi secara kreatif sesuai makna dan perasaan yang terkandung dalam puisi.

 

 

 

Peserta didik paham dan mampu menulis tanggapan terhadap antologi puisi secara logis dan kritis dalam bentuk resensi buku.

 

 

 

Peserta didik mampu menyajikan pembacaan puisi dengan penghayatan, ekspresi, gesture, dan metode yang sesuai secara kreatif.

 

 

 

Peserta didik mampu mengapresiasi antologi puisi penyair terbaik Indonesia.

 

 

 

 

Hitunglah persentase penguasaan materi kalian dengan rumus berikut:

(Jumlah materi yang kalian kuasai/jumlah seluruh materi) 100%

1. Jika 70—100% materi di atas sudah dikuasai, peserta didik diberi aktivitas pengayaan.

2. Jika materi yang dikuasai masih di bawah 70%, peserta didik mendiskusikan kegiatan remedial yang dapat dilakukan dengan guru.

 

 

Mengetahui,                                                                                        ……, ………………… 202

Kepala Sekolah                                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

………………                                                                                    ……………….

NIP. …………                                                                                   NIP. ……

 

Posting Komentar

0 Komentar