Administrasi guru adalah suatu petunjuk kerja atau pedoman belajar yang digunakan guru untuk kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung lebih efektif dan efisien. Administrasi guru ini merupakan hal penting yang harus dipersiapkan oleh guru, baik dari tingkat pendidikan SD hingga SMA/SMK.
Dalam
Kurikulum Merdeka, memberi kebebasan kepada bapak/ ibu guru untuk merancang dan
mendesain kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan murid di kelas. Oleh karena
itu postingan ini bisa menjadi referensi anda dalam menyusun dan merancang
Modul Pembelajaran lebih khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Modul ajar yang saya bagikan ini berupa modul ajar teks laporan hasil observasi, teks anekdot, teks negosiasi, teks hikayat, teks biografi dan mendalami puisi. Untuk mengunduh dalam bentuk word silahkan Klik di sini. Atau anda bisa meng-copy postingan saya di bawah ini! Semoga bermanfaat!
Modul Ajar Mendalami Puisi
MODUL AJAR
BERKARYA DAN BEREKSPRESI MELALUI
PUISI
INFORMASI UMUM |
I. IDENTITAS
MODUL
Nama Penyusun :
Satuan Pendidikan : SMA
Kelas / Fase : X
(Sepuluh) - E
Mata Pelajaran : Bahasa
dan Sastra Indonesia
Materi : Puisi
Prediksi Alokasi Waktu : 120
Menit x 6 JP
II. KOMPETENSI
AWAL
· Memahami diksi dalam teks
puisi yang dibacakan dengan kritis dan reflektif
· Memahami teks diskusi dan
menilai efektivitas pemilihan kata/diksi, pengaturan rima, dan tampilan
tipografi dalam mendukung makna dan amanat puisi
· Mengidentifikasi tema dan
suasana untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks puisi
· Menulis tanggapan terhadap
antologi puisi secara logis dan kritis yang dalam bentuk resensi buku
· Menyajikan pembacaan puisi
dengan penghayatan, ekspresi, gesture, suara, dan metode yang sesuai secara
kreatif
III. PROFIL
PELAJAR PANCASILA
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan yag maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif,
inovatif, mandiri, berkebhinekaan global
IV. SARANA
DAN PRASARANA
1. Gawai 4. Buku Teks 7. Handout materi
2. Laptop/Komputer
PC 5. Papan tulis/White Board 8. Infokus/Proyektor/Pointer
3. Akses Internet 6. Lembar kerja 9. Referensi lain yang
mendukung
V. TARGET
PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum,
tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
VI. MODEL
PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN INTI |
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
· Memahami diksi dalam teks
puisi yang dibacakan dengan kritis dan Reflektif
· Memahami teks diskusi dan
menilai efektivitas pemilihan kata/diksi, pengaturan rima, dan tampilan
tipografi dalam mendukung makna dan amanat puisi
· Mengidentifikasi tema dan
suasana untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat dalam teks puisi
· Menulis tanggapan terhadap
antologi puisi secara logis dan kritis yang dalam bentuk resensi buku
· Menyajikan pembacaan puisi
dengan penghayatan, ekspresi, gesture, suara, dan metode yang sesuai secara
kreatif
II. PEMAHAMAN
BERMAKNA
· Mampu memahami, menganalisis,
menilai, menanggapi, dan membacakan puisi dengan baik.
III. PERTANYAAN
PEMANTIK
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 1
· Apa
yang kalian ketahui
tentang puisi?
· Apa yang kalian ketahui
tentang unsur-unsur pembentuk puisi?
·
Apa ciri-ciri atau karakteristik teks puisi?
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 2
·
Guru dapat menanyakan pada siswa apa yang kalian ketahui tentang teks
diskusi? Apa saja yang kalian ketahui mengenai diksi, majas, dan tipografi
dalam puisi. Apa yang kalian ketahui tentang diksi, rima, dan tipografi
dalam puisi?
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 3
·
Guru dapat menanyakan kepada siswa mengenai pengertian dan apa yang
siswa ketahui tentang tema dan suasana dalam puisi.
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 4
·
Guru dapat menanyakan kepada siswa perihal antologi puisi yang pernah
dibacanya dan apa yang siswa ketahui tentang resensi. Apakah siswa pernah
membaca antologi puisi penyair ternama? Apakah siswa pernah membaca
resensi?
Pertanyaan
Pemantik Pembelajaran 5
·
Guru dapat menanyakan kepada siswa bagaimana cara pembacaan puisi
yang baik? Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pembacaan
puisi. Apa jenis puisi yang cocok untuk dibacakan di depan umum?
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
KE-1
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
·
Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
·
Memotivasi siswa untuk
tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai
dengan
Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3)
bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam
satuan pendidikan.
Kegiatan
Inti (90 Menit)
·
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran
dan memotivasi siswa untuk belajar.
·
Siswa menyimak arahan guru terkait
langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode pembelajaran Kooperatif.
·
Guru bertanya jawab dengan siswa
terkait majas, citraan, kata konkret, dan kata konotatif dalam puisi.
·
Siswa membentuk kelompok yang
terdiri atas 4–5 anggota.
·
Setiap kelompok siswa menerima tugas
dan lembar kerja.
·
Siswa mencermati tugas dan lembar
kerja yang diberikan kemudian menetapkan pembagian tugas setiap anggota.
·
Salah satu siswa membacakan puisi
karya Amir Hamzah. Siswa lain menyimak secara intensif pembacaan puisi
tersebut.
·
Secara berkelompok siswa membahas
majas, citraan, kata konkret, dan kata konotatif yang terdapat dalam puisi.
·
Guru memantau dan membimbing
pelaksanaan diskusi kelompok.
·
Siswa mempresentasikan hasil diskusi
kelompoknya secara bergantian melalui permainan lempar bola.
·
Secara bergantian, siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
·
Siswa lain memberikan tanggapan,
kritik, dan masukan/saran.
·
Guru mengevaluasi efektivitas
diskusi dan keaktifan masing-masing siswa.
·
Guru memberikan apresiasi pada hasil
presentasi siswa.
Kegiatan
Penutup (10 Menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
·
Refleksi pencapaian siswa/formatif
asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran
dan perbaikan.
·
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa.
PERTEMUAN
KE-2
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
·
Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
·
Memotivasi siswa untuk
tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai
dengan
Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3)
bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam
satuan pendidikan.
Kegiatan
Inti (90 Menit)
·
Guru melakukan apersepsi, memberikan
motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
terkait langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode Grup Investigasi.
·
Siswa membentuk kelompok yang
terdiri atas 4–5 anggota.
·
Kelompok siswa dibagi menjadi
beberapa topik, misalnya topik diskusi, diksi, topik majas, topik citraan,
topik rima, dan topik tipografi,
·
Setiap kelompok mendapat lembar
kerja dan penugasan yang harus dijawab siswa.
·
Setiap kelompok menyusun rencana dan
membagi tugas anggota kelompok dalam rangka mengisi lembar kerja dan
menyelesaikan tugas.
·
Setiap kelompok dapat mengisi lembar
kerja dan menyelesaikan tugas yang diberikan melalui investigasi ke berbagai
sumber informasi, misalnya narasumber di sekolah atau buku-buku di
perpustakaan.
·
Dalam waktu yang sudah ditentukan,
semua kelompok kembali ke kelas dan mempresentasikan hasil investigasinya di
depan kelas secara bergantian.
·
Siswa dapat saling menyampaikan
tanggapan, kritik, dan masukan saran atas presentasi yang dilakukan kelompok
lain.
·
Guru memantau dan membimbing
pelaksanaan presentasi dan diskusi siswa.
·
Guru memberikan apresiasi pada hasil
kerja kelompok siswa.
Kegiatan
Penutup (10 Menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
·
Refleksi pencapaian siswa/formatif
asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran
dan perbaikan.
·
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa.
PERTEMUAN
KE-3
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
·
Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
·
Memotivasi siswa untuk
tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai
dengan
Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3)
bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam
satuan pendidikan.
Kegiatan
Inti (90 Menit)
·
Guru melakukan apersepsi, memberikan
motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
terkait arahan, aturan, dan langkahlangkah pembelajaran sesuai dengan metode
Pameran Berjalan.
·
Siswa membentuk kelompok yang
beranggotakan 4–5 siswa. Setiap kelompok siswa harus bersifat heterogen.
·
Siswa menerima kertas karton/plano
dan lembar kerja siswa terkait tugas yang harus dikerjakan.
·
Siswa melakukan pembagian tugas pada
setiap anggota dalam kelompoknya.
·
Siswa membaca secara intensif teks
puisi dan mendiskusikan tugas yang diberikan guru terkait telaah tema dan
suasana dalam puisi.
·
Siswa menuliskan hasil diskusi dan
jawaban dalam kertas karton/plano yang diberikan guru.
·
Setelah selesai, siswa
memajang/menempel kertas plano/karton di tempat yang strategis.
·
Dua orang anggota setiap kelompok
berdiam menjaga pajangan hasil kerja kelompoknya. Sementara itu, anggota yang
lain ditugasi berkeliling ke pajangan milik kelompok lain.
·
Setiap siswa yang berkunjung ke
pajangan kelompok lain dapat menyampaikan pertanyaan, tanggapan, komentar, dan
saran. Anggota kelompok yang dikunjungi harus memberikan penjelasan.
·
Setelah selesai, seluruh siswa
kembali ke kelompoknya masingmasing untuk melaporkan temuan dan informasi dari
kelompok lain dan mencocokan hasil kerjanya.
·
Beberapa kelompok siswa diminta
menyampaikan hasil kerja kelompoknya. Siswa lain dapat menambahkan masukan dan
saran atau memperbaiki jika ada kesalahan pemahaman.
Kegiatan
Penutup (10 Menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
·
Refleksi pencapaian siswa/formatif
asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran
dan perbaikan.
·
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa.
PERTEMUAN
KE-4
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
·
Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
·
Memotivasi siswa untuk
tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai
dengan
Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3)
bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam
satuan pendidikan.
Kegiatan
Inti (90 Menit)
·
Guru melakukan apersepsi, motivasi,
dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
terkait langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode Pembelajaran Berbasis
Proyek.
·
Siswa menerima tugas dari guru untuk
membuat resensi antologi puisi.
·
Siswa menyusun perencanaan untuk
proyek penulisan resensi.
·
Siswa menyusun jadwal, tahapan
penyelesaian, dan sumber/media yang diperlukan.
·
Guru membimbing dan memantau siswa
saat menyusun rencana menulis resensi.
·
Siswa menyelesaikan tahapan-tahapan
menulis resensi sesuai dengan jadwal yang direncanakan.
·
Guru menilai produk resensi hasil kerja
siswa.
·
Siswa diminta melaporkan pengalaman
berupa proses dan kesan selama menyelesaikan penulisan resensi. Siswa juga
dapat menyampaikan berbagai kendala yang dialami dan bagaimana cara
mengatasinya.
·
Siswa lain dapat memberikan masukan,
saran, dan tanggapan.
·
Guru memberikan apresiasi pada hasil
kerja siswa.
Kegiatan
Penutup (10 Menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
·
Refleksi pencapaian siswa/formatif
asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran
dan perbaikan.
·
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa.
PERTEMUAN
KE-5
Kegiatan
Pendahuluan (10 Menit)
·
Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran
·
Memotivasi siswa untuk
tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai
dengan
Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3)
bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam
satuan pendidikan.
Kegiatan
Inti (90 Menit)
·
Guru melakukan apersepsi, motivasi,
dan menyampaikan tujuan pembelajaran.
·
Siswa menyimak penjelasan guru
terkait langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode Demonstrasi.
·
Guru menyusun rencana demonstrasi
pembacaan puisi kepada siswa.
·
Guru dapat menjadi model atau
memanggil orang lain yang memiliki keterampilan pembacaan puisi yang baik. Guru
juga dapat menayangkan video pembacaan puisi dari laman internet.
·
Siswa menyaksikan demonstrasi
pembacaan puisi dengan saksama.
·
Siswa mencatat hal-hal yang perlu
dilakukan agar dapat membacakan puisi dengan baik.
·
Siswa diminta menyampaikan hasil
catatannya terkait pembacaan puisi yang baik.
·
Guru menugaskan siswa untuk
melakukan pembacaan puisi.
·
Siswa memilih salah satu puisi dan
melakukan latihan pembacaan puisi.
·
Siswa secara bergantian melakukan
pembacaan puisi.
·
Siswa dapat melakukan penilaian
antarteman dan memberikan apresiasi, saran, atau masukan.
Kegiatan
Penutup (10 Menit)
·
Siswa dan guru menyimpulkan
pembelajaran hari ini.
·
Refleksi pencapaian siswa/formatif
asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran
dan perbaikan.
·
Menginformasikan kegiatan
pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.
·
Guru mengakhiri kegiatan belajar
dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan
berdoa.
V. ASESMEN
a) Penilaian Sikap / Profil Pelajar Pancasila
Selama proses mengajar berlangsung guru
mengamati profil pelajar Pancasila pada siswa dalam pembelajaran yang meliputi
Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kebhinekaan Global, Mandiri,
Bernalar Kritis, Gotong Royong dan Kreatif (Instrumen Terlampir)
b) Penilaian Pengetahuan
Penilaian pengetahuan yang dilakukan
pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di
capai adalah dengan tes tertulis (Instrumen Terlampir)
c) Penilaian Keterampilan
Penilaian keterampilan yang dilakukan
pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di
capai adalah dengan tes unjuk kerja / praktek (Instrumen Terlampir)
VI. PENGAYAAN
DAN REMEDIAL
Pengayaan
·
Siswa dapat melakukan latihan
menelaah diksi, majas, citraan, kata konkret, dan kata konotatif dalam berbagai
puisi lainnya. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan kelompok.
Hasil diskusi dapat dipresentasikan di depan kelas atau dipublikasikan di
berbagai media lain.
·
Guru dapat memberikan berbagai
contoh puisi lainnya sebagai kegiatan tindak lanjut menelaah diksi, pengaturan
rima, dan tipografi. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan
berkelompok. Hasil diskusi dapat dipresentasikan di depan kelas atau
dipublikasikan di berbagai media lain.
·
Siswa dapat dibimbing untuk menelaah
tema dan suasana pada berbagai teks puisi lainnya. Kegiatan tersebut dapat
dilakukan melalui kegiatan berkelompok. Hasil telaah dapat disusun menjadi
sebuah artikel sederhana yang membahas tema dan suasana dalam puisi. Hasil
karya siswa dapat dipresentasikan di depan kelas atau dipublikasikan di
berbagai media lain.
·
Sebagai kegiatan tindak lanjut,
siswa dapat mengubah teks resensi yang ditulisnya menjadi sebuah video singkat
atau infografik yang kreatif. Siswa dapat memajang atau menampilkan hasil
kreasinya pada media sosial yang dimilikinya atau pada laman milik sekolah.
·
Siswa diminta untuk mengamati video
pembacaan puisi berbagai sastrawan ternama atau juara lomba membaca puisi di
Youtube. Selanjutnya, siswa memilih berbagai puisi lain yang sesuai dan cocok
untuk dibacakan. Siswa dapat melakukan pembacaan puisi di luar kelas dan
merekam pembacaan puisinya. Siswa dapat mengunggah video pembacaan puisinya di
berbagai media sosial untuk mendapat tanggapan, kritik, dan saran dari berbagai
pihak. Selain itu, siswa juga dapat diminta melakukan penilaian antarteman untuk
memilih pembaca puisi terbaik.
Remedial
·
Siswa diminta untuk menjawab secara
lisan mengenai kegiatan pembelajaran hari ini. Guru dapat memberikan skala
0–100 yang dapat dipilih siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap
materi maupun aktivitas yang telah dilakukan.
VII. REFLEKSI
GURU DAN PESERTA DIDIK
Refleksi
Guru:
1. Apakah kegiatan
pembelajaran berlangsung dengan baik?
2. Apa momen paling
berkesan saat proses kegiatan pembelajaran?
3. Apa tantangan yang
dihadapi saat proses kegiatan pembelajaran?
4. Bagaimana cara
mengatasi tantangan tersebut?
Refleksi Peserta Didik:
Tandai
kegiatan yang sudah dilakukan atau pengetahuan yang sudah dipahami dengan tanda
centang (√).
Tabel Refleksi Pembelajaran
Pada Bab 6 ini |
Sudah dapat |
Masih perlu belajar lagi |
Rencana tindak lanjut |
Peserta
didik memahami pengertian dan karakteristik teks puisi. |
|
|
|
Peserta
didik mampu memahami diksi dalam teks puisi secara kritis dan reflektif. |
|
|
|
Peserta
didik mampu memahami teks diskusi dan menilai efektivitas diksi, rima, dan tipografi
dalam mendukung makna dan amanat puisi. |
|
|
|
Peserta
didik paham dan mampu mengidentifikasi tema dan suasana puisi untuk menemukan
makna yang tersurat dan tersirat. |
|
|
|
Peserta
didik paham dan mampu menyajikan musikalisasi puisi secara kreatif sesuai makna
dan perasaan yang terkandung dalam puisi. |
|
|
|
Peserta
didik paham dan mampu menulis tanggapan terhadap antologi puisi secara logis
dan kritis dalam bentuk resensi buku. |
|
|
|
Peserta
didik mampu menyajikan pembacaan puisi dengan penghayatan, ekspresi, gesture,
dan metode yang sesuai secara kreatif. |
|
|
|
Peserta
didik mampu mengapresiasi antologi puisi penyair terbaik Indonesia. |
|
|
|
Hitunglah
persentase penguasaan materi kalian dengan rumus berikut:
(Jumlah materi yang kalian kuasai/jumlah seluruh materi) 100%
1. Jika 70—100% materi
di atas sudah dikuasai, peserta
didik diberi aktivitas pengayaan.
2. Jika materi yang
dikuasai masih di bawah 70%, peserta didik mendiskusikan
kegiatan remedial yang dapat dilakukan dengan guru.
Mengetahui, ……, ………………… 202
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
……………… ……………….
NIP. ………… NIP.
……
0 Komentar