Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan, konteks sosial, akademisi, dan dunia kerja. Peserta didik mampu memahami, mengolah, menginterpretasi, dan mengevaluasi informasi dari berbagai tipe teks tentang topik yang beragam. Peserta didik mampu menyintesis gagasan dan pendapat dari berbagai sumber. Peserta didik mampu berpartisipasi aktif dalam diskusi dan debat. Peserta didik mampu menulis berbagai teks untuk menyampaikan pendapat dan menunjukkan serta menanggapi informasi nonfiksi dan fiksi secara kritis dan etis.
Capaian per elemen dirincikan sebagai
berikut:
1.
Menyimak
Peserta
didik mampu mengevaluasi dan mengkreasi informasi berupa gagasan, pikiran,
perasaan, pandangan, arah atau pesan yang akurat dari menyimak berbagai jenis
teks (nonfiksi dan fiksi) dalam bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara.
2.
Membaca
dan memirsa
Peserta
didik mampu mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, arahan
atau pesan dari berbagai jenis teks, misalnya deskripsi, laporan, narasi,
rekon, eksplanasi, eksposisi dan diskusi, dari teks visual dan audiovisual
untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat. Peserta didik
menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati,
peduli, empati dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual dan audiovisual
secara kreatif. Peserta didik menggunakan sumber lain untuk menilai penilaian
dan kualitas data serta membandingkan isi teks.
3.
Berbicara
dan mempresentasikan
Peserta
didik mampu mengolah dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, arah atau
pesan untuk tujuan pengajuan usul, perumusan masalah, dan solusi dalam bentuk
monolog, dialog, dan gelar wicara secara logis, runtut, kritis, dan kreatif. Peserta
didik mampu mengkreasi ungkapan sesuai dengan norma kesopanan dalam
berkomunikasi. Peserta didik berkontribusi lebih aktif dalam diskusi dengan
mempersiapkan diskusi materi, melaksanakan tugas dan fungsi dalam diskusi. Peserta
didik mampu mengungkapkan simpati, empati, peduli, perasaan, dan penghargaan
secara kreatif dalam bentuk teks fiksi dan nonfiksi multimodal.
4.
Menulis
Peserta
didik mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis
untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan kreatif dalam bentuk teks
informasional dan/atau fiksi. Peserta didik mampu menulis teks eksposisi hasil
penelitian dan teks fungsional dunia kerja. Peserta didik mampu
mengalihwahanakan satu teks ke teks lainnya untuk tujuan ekonomi kreatif. Peserta
didik mampu menerbitkan hasil tulisan di media cetak maupun digital.
0 Komentar