3 (TIGA) MODEL PEMBELAJARAN
Implementasi Kurikulum 2013 menurut Permendikbud No. 22 Tahun
2016 tentang Standar
Proses menggunakan 3 (tiga) model pembelajaran yang diharapkan dapat
membentuk perilaku saintifik, sosial
serta mengembangkan rasa keingintahuan. Ketiga model tersebut adalah (1) model Pembelajaran Melalui
Penyingkapan/Penemuan (Discovery/Inquiry Learning), (2) model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning/PBL), (3) model Pembelajaran Berbasis Projek (Project- based Learning/PJBL). Selain 3
model yang tercantum dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, guru juga diperbolehkan mengembangkan pembelajaran di kelas dengan menggunakan model
pembelajaran yang lain, seperti
Cooperative Learning yang mempunyai berbagai metode
seperti: Jigsaw, Numbered Head
Together (NHT), Make a Match, Think-Pair-Share (TPS), Example not Example,
Picture and Picture, dan lainnya.
Selanjutnya dalam artikel ini akan dibahas 3 model pembelajaran Discovery/inquiry Learning, Problem Based Learning dan Project Based Learning.
1. Model Discovery/Inquiry Learning
Model pembelajaran penyingkapan/penemuan (Discovery/inquiry Learning) adalah memahami konsep, arti, dan hubungan melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan. Discovery terjadi bila individu terlibat terutama dalam penggunaan proses mentalnya untuk menemukan beberapa konsep dan prinsip. Discovery dilakukan melalui observasi, klasifikasi, pengukuran, prediksi, penentuan dan inferensi. Proses tersebut disebut cognitive process sedangkan discovery itu sendiri adalah the mental process of assimilating concepts and principles in the mind (Robert A. Sund dalam Malik, 2001:219).
2. Model Pembelajaran Problem-based Learning (PBL)
Model pembelajaran berbasis masalah merupakan pembelajaran
yang menggunakan berbagai kemampuan
berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok serta lingkungan nyata untuk mengatasi
permasalahan sehingga bermakna, relevan, dan kontekstual (Tan Onn Seng, 2000).
Tujuan PBL adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam menerapkan konsep- konsep pada permasalahan baru/nyata, pengintegrasian
konsep Higher Order Thinking Skills
(HOT’s), keinginan dalam belajar, mengarahkan belajar diri sendiri
dan keterampilan (Norman
and Schmidt).
Karakteristik yang tercakup
dalam PBL menurut
Tan (dalam Amir,
2009) antara lain: (1) masalah digunakan sebagai awal
pembelajaran; (2) biasanya masalah yang digunakan merupakan masalah dunia nyata yang disajikan secara
mengambang (ill-structured);
(3) masalah biasanya
menuntut perspektif majemuk
(multiple-perspective); (4) masalah
membuat pembelajar tertantang untuk mendapatkan pembelajaran di ranah pembelajaran yang baru; (5) sangat
mengutamakan belajar mandiri;
(6) memanfaatkan sumber
pengetahuan yang bervariasi, tidak dari satu sumber saja, dan (7) pembelajarannya
kolaboratif, komunikatif dan kooperatif. Karakteristik ini menuntut peserta didik untuk dapat menggunakan
kemampuan berpikir tingkat tinggi, terutama
kemampuan pemecahan masalah.
Pada PBL guru berperan sebagai guide on the side daripada sage on the stage. Hal ini menegaskan pentingnya bantuan belajar pada tahap awal pembelajaran. Peserta didik mengidentifikasi apa yang mereka ketahui maupun yang belum berdasarkan informasi dari buku teks atau sumber informasi lainnya.
Baca: Sintaks Problem Based Learning
3. Model Pembelajaran Project-Based Learning
Model Project-based
Learning adalah model pembelajaran yang melibatkan keaktifan peserta didik dalam memecahkan masalah,
dilakukan secara berkelompok/mandiri melalui tahapan
ilmiah dengan batasan
waktu tertentu yang dituangkan dalam sebuah produk
untuk selanjutnya dipresentasikan kepada orang lain.
Karakteristik PjBL antara lain:
a. Penyelesaian tugas dilakukan secara mandiri dimulai
dari tahap perencanaan, penyusunan, hingga pemaparan produk
b.
Peserta didik bertanggung jawab penuh terhadap proyek yang akan dihasilkan
c.
Proyek melibatkan peran teman sebaya, guru, orang tua, bahkan masyarakat
d.
Melatih kemampuan berpikir kreatif
e. Situasi kelas sangat
toleran dengan kekurangan dan perkembangan
gagasan
Komentar