SOAL PILIHAN GANDA: Ekonomi Lintas Minat Kelas X

 Assalamualaikum. Pada postingan ini saya ingin membagikan contoh kartu soal Pilihan Ganda Ekonomi Limit (Lintas Minat) sebagai referensi anda dalam menyusun soal atau sebagai bahan belajar menjawab soal mata pelajaran Ekonomi Lintas Minat kelas X. Semoga bermanfaat!

Kartu Soal 1

 

 


KartuSoal

    (PilihanGanda)

 

Mata Pelajaran         :  EKONOMI/ LIMIT

Kelas/Semester       :  X/ GANJIL                              

 

KompetensiDasar    :  Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi.

Indikator soal           : Peserta didik dapat mendeskripsikan macam-macam kebutuhan

Materi                          :  Macam-macam kebutuhan

 

Level Kognitif            :  C1

 

      Soal      :  

Berikut ini contoh-contoh kebutuhan manusia ......

1.      Setiap malam jum’at ayah dan ibu selalu mengikuti pengajian

2.      Setelah selesai bermain, adik langsung pergi kedapur untuk minum air

3.      Demi menjaga kesehatan tubuh, biasanya setiap pagi kakek melakukan senam

4.      Icha kehabisan tinta pulpen, ia pergi ke koperasi untuk membeli pulpen

5.      Saat liburan kenaikan kelas, keluargaku biasanya pergi kepuncak

Contoh yang merupakan jenis kebutuhan manusia menurut sifat adalah ......

A.    (1), (2), dan (3)

B.     (1), (2), dan (4)

C.     (1), (3), dan (5)

D.    (2), (3), dan (4)

E.     (2), (4), dan (5)

 

 

 

 

 

Kunci/pedoman penskoran  :   

 

C/1

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 2

 

 


            KartuSoal

                  (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GANJIL                      

 

KompetensiDasar    :  Mendeskripsikan konsepH ilmu ekonomi

Indikator soal           : :  Peserta didk dapat mendeskripsikan kebutuhan manusia, kelangkaan atau   masalah pokok ekonomi.

Materi    Materi         :   Kelangkaan

Level Kognitif            :  C1

 

              Soal      :  Kebutuhan manusia selalu bertambah sedangkan alat pemuas kebutuhan semakin terbatas,

                          hal    ini menyebabkan ....

 

A.    Harga turun

B.     Harga tetap

C.     Krisis

D.    Kelangkaan

E.     Defisit

 

 

Kunci/ Pedoman penskoran:

D/ 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal  3

 

 


            KartuSoal

                 (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GANJIL                      

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi.

Indikator soal            : Peserta didik dapat menganalisis masalah pokok ekonomi modern

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

                        Perhatikan masalah-masalah yang berkaitan dengan produksi barang:

1.      Dimana barang akan diproduksi

2.      Untuk siapa barang diproduksi

3.      Bagaimana cara memproduksi barang

4.      Barang/jasa apa yang harus diproduksi

5.      Berapa biaya yang harus diproduksi

                 Berdasarkan masalah-masalah  di atas yang merupakan masalah pokok ekonomi

                 modern      adalah....

A.    1,2, dan 3

B.     1,3, dan 5

C.     2,3, dan 4

D.    2,3, dan 5

E.     3,4, dan 5

 

 

 

 

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

            C/ 1

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 4

 

 


            KartuSoal

                  (Pilihan Ganda)

 

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GANJIL                      

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi 

Indikator soal          : Peserta didik dapat mengidentifikasi peran konsumen dan peran produsen  dalam kegiatan ekonomi.

Materi                         :   Peran konsumen dan produsen

 

Level Kognitif            : C1

 

              Soal      :  

               Beberapa contoh kegiatan produsen dan konsumen sebagai berikut:

(1)    Ibu Handayani membeli baju seragam untuk anaknya.

(2)    Bapak Agus menyewa sebuah ruko untuk memulai usaha.

(3)    Rehan pulang pergi ke sekolah dengan menggunakan sebuah sepeda.

(4)    Bapak Budi membayar gaji karyawannya setiap akhir bulan.

(5)    Linda selalu selektif dalam memilih barang yang akan dibeli.

(6)    Mita membuka usaha salon diruko dekat rumahnya.

 

    Dari kegiatan tersebut, yang merupakan peran produsen adalah ….

A.      (1), (2), dan (3)

B.      (1), (3), dan (4)

C.      (2), (4), dan (6)

D.      (3), (4), dan (5)

E.       (4), (5), dan (6)

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

           B/ 1

 

 

 

                  Kartu Soal 5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Suatu negara menyerahkan kegiatan ekonomi kepada pemerintah dan produksi, distribusi dan konsumsi diatur oleh pemerintah tetapi masyarakat tidak mendapat kebebasan dalam melakukan kegiatan ekonomi. Gambaran di atas menunjukkan bahwa negara tersebut menggunakan sistem ekonomi….

A.      tradisional

B.      komando

C.      liberal

D.      campuran

E.       demokratis

 

 

 

 

 


            KartuSoal

                   (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GANJIL                      

 

KompetensiDasar    : 

Indikator soal            :

Materi    Materi         :  

Level Kognitif            : 

 

              Soal      :  

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

 

           B/ 1

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 6

 

 


            KartuSoal

                       (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GANJIL                      

 

KompetensiDasar    :  Mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar.

Indikator soal            : Peserta didik dapat mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta menentukan harga keseimbangan

Materi                          :   Harga dan jumlah keseimbangan

 

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

             Fungsi permintaan suatu barang Qd = - 0,5P + 7,5 dan fungsi penawarannya Qs = P – 3. Jika    pemerintah menetapkan pajak Rp3,-/ unit, harga keseimbangan setelah pajak yang tercipta di pasar adalah….

A.       ( 3, 9 )

B.        ( -3, -9 )

C.        ( 4,7 )

D.       ( 7,4)

E.        ( 9,3)

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

            A/ 1

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 7

 

 


            KartuSoal

                  (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GANJIL                      

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi 

Indikator soal           : Peserta didik dapt mendiskripsikan model interaksi pelaku ekonomi (circular flow diagram).

Materi                           :   Circular Flow Diagram

Level Kognitif            :  C4

 

              Soal      :  

        Perhatikan bagan interaksi antara rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen berikut ini :

         

                  input                                              1

                                                                                               2                 

 


Rumah Tangga Produsen

Rumah Tangga Konsumen

                                                                                               3

                                                                              

                                                                                               4

                                                                                              

                                                                                                5

               output

 

Berdasarkan bagan di atas yang merupakan adanya permintaan faktor produksi seperti tenaga kerja, modal, tanah dan sebagainya adalah nomor….

A.    2

B.    1

C.     3

D.    4

E.     5

 

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

            A/ 1

 

 

Kartu Soal 8

 

 


            KartuSoal

                  (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GENAP                      

 

KompetensiDasar    :  Mendeskripsikan  lembaga jasa keuangan dalam perekonomian.

Indikator soal           : Peserta didik dapat mengidentifikasi peran bank umum .

Materi                          :   Tugas dan kegiatan pada bank umum

Level Kognitif            :  C1

 

              Soal      :  

                Tugas dan kegiatan bank adalah....

1.       Menyalurkan kredit kepada masyarakat

2.       Mengatasi dan mengawasi bank

3.       Menghimpun dana dari masyarakat

4.       Mengatur dan menjaga sistem pembayaran

5.       Menetapkan dan melaksanakan kebijaksanaan moneter

Yang merupakan tugas dari bank umum adalah....

A.     1 dan 2.                                               

B.     4 dan 5.                                               

C.     2 dan 5.

D.     3 dan 4.

E.     1 dan 3.

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

            E/ 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 9

 

 


            KartuSoal

                       (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GENAP                      

 

KompetensiDasar    :  Mendeskripsikan perkoperasian dalam perekonomian Indonesia.

Indikator soal            : Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis koperasi

Materi                          : Organisasi dan pengelolaan koperasi

Level Kognitif            :  C1

 

              Soal      :  

              Jenis-jenis usaha koperasi antara lain adalah :

1.      pertokoan

2.      simpan pinjam

3.      produksi

4.      kantin

5.      warnet

     Jenis usaha yang cocok dikembangkan koperasi sekolah adalah........

A.    1, 2 dan 3

B.     1, 4 dan 5

C.     2, 3 dan 4

D.    3, 4 dan 5

E.     2, 3 dan 5

 

 

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

           B/ 1

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 10

 

 


            KartuSoal

                  (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GENAP      

 

KompetensiDasar    :  Mendeskripsikan bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia.

Indikator soal            : Peserta didik dapat menganalisis jenis-jenis pemasukan dan pengeluaran dalam neraca pembayaran.

Materi                          :   Neraca pembayaran

Level Kognitif            : 

 

              Soal      :  

         Pemasukan devisa melalui jalur wisata dicatat dalam neraca indonesia pada...

A.    Neraca lalu lintas moneter sisi debet

B.     Neraca lalu lintas moneter sisi kredit

C.     Neraca jasa sisi kredit

D.    Neraca jasa sisi debet

E.     Neraca lalu lintas modal sisi debet

 

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

          C/ 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 11

 

 


            KartuSoal

                       (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XI/ GANJIL                    

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional.

Indikator soal            : Peserta didik dapat menghitung pendapatan nasional

Materi                          : PDB, PDRB, PNB, PN

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

            Data untuk perhitungan pendapatan  nasional Negara Sinerta.

            Upah.............................................Rp850 miliar

            Bunga modal.................................Rp200 miliar

            Laba usaha....................................Rp200 miliar

            Sewa tanah ………………….................Rp350 miliar

            Pengeluaran rumah tangga............Rp750 miliar

            Belanja pemerintah.......................Rp500 miliar

            Investasi........................................Rp600 miliar

            Impor............................................Rp50 miliar

           

            Berdasarkan data di atas, jika pendapatan nasional dihitung menggunakan pendekatan pengeluaran ternyata menghasilkan Rp1.950 miliar, maka nilai ekspor adalah ….

A.      Rp50 miliar

B.      Rp100 miliar

C.      Rp150 miliar

D.      Rp350 miliar

E.       Rp550 miliar

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

 

            D/ 1

 

 

Kartu Soal 12

 

 


            KartuSoal

                 (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XI/ GANJIL                    

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional.

Indikator soal            :  Peserta didik dapat menghitung pendapatan per kapita

Materi    Materi         : Pendapatan per kapita

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

               Tabel PNB beberapa negara pada tahun tertentu sebagai berikut :

 

No

Negara

S Penduduk (juta)

PNB (juta)

1

Brunei

150

450.000

2

Malaysia         

280

420.000

3

Indonesia

360

360.000

4

Singapura

160

320.000

5

Filipina

200

300.000

 

Berdasarkan data di atas, negara yang pendapatan per kapitanya paling tinggi adalah  negara….

A.      Brunei                                                                  

B.      Malaysia                                                                             

C.      Indonesia

D.      Singapura

E.       Filipina

 

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

              A/ 1

 

 

 

 

Kartu Soal 13

 

 


            KartuSoal

                  (Pilihan Ganda)

Mata  Pelajaran          :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XI/ GANJIL                    

 

KompetensiDasar    :  Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi

Indikator soal            : Peserta didik dapat menghitung angka inflasi

Materi                          :  Penghitungan inflasi

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

 

            Diketahui indeks harga konsumen bulan Juni 2013 sebesar 125% dan pada bulan Juni 2014 menjadi 130%.

            Dengan demikian tingkat inflasi yang terjadi...

            A. 1,04 %

            B. 3,85 %

            C. 4,00 %

            D. 5,00 %

            E.  9,62 %

 

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

            C/ 1

          

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 14

 

 


            KartuSoal

                  (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XI/ GANJIL                    

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis kebijakan moneter dan kebijakan fiskal.

Indikator soal          :  Peserta didik dapat menjelaskan instrumen kebijakan fiskal

Materi                        :   Kebijakan fiskal

Level Kognitif            :  C2

 

              Soal      :  

               Berikut ini yang merupakan kebijakan fiskal untuk menurunkan impor migas yang membebani keuangan     

               negara       adalah ….

A.      mengeluarkan kebijakan mobil murah yang irit bahan bakar

B.      meningkatkan porsi penggunaan biodiesel dalam porsi solar

C.      menaikkan harga bahan bakar minyak agar sesuai harga pasar

D.      menetapkan pengenaan bea masuk yang tinggi untuk barang mewah

E.       menggali dan memproduksi migas dari dalam negeri dilakukan di luar negeri

 

 

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

           D/ 1

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 15

 

 


            KartuSoal

                  (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XI/ GANJIL                    

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis  konsep pertumbuhan  ekonomi dan pembangunan ekonomi   serta permasalahan dan cara mengatasinya.

Indikator soal           : Peserta didik dapat menganalisis  keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi di Indonesia.

Materi                          :   Pertumbuhan dan pembangunan ekonomi

Level Kognitif            :  C4

 

              Soal      :  

18.                                                                                 Di bawah ini adalah keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi di Indonesia:

1.      Tingkat inflasi yang masih cukup tinggi sangat dirasakan oleh masyarakat kelas bawah terutama untuk memenuhi kebutuhan sembilan bahan pokok

2.       Pemerataan pendapatan nasional masih sangat mencolok antara masyarakat bawah dengan masyarakat menengah ke atas

3.       Menurunnya tingkat kelahiran yang merupakan keberhasilan program Keluarga Berencana yang dicanangkan sejak tahun 1970an

4.       Meningkatnya masyarakat melek huruf akibat suksesnya program wajib belajar 9 tahun pada akhir-akhir ini.

Gambaran di atas yang merupakan keberhasilan pembangunan ekonomi di Indonesia   adalah ….

A.       1 dan 2

B.        1 dan 3

C.        2 dan 3

D.       2 dan 4

E.        3 dan 4

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

           A/ 1

 

 

 

 

Kartu Soal 16

 

 


            KartuSoal

                 (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XI/ GENAP                    

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis APBN dan APBD dalam pembangunan ekonomi.

Indikator soal           : Peserta didik dapat mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam APBN/APBD.

Materi                         :   Pendapatan negara dan hibah dalam APBN/APBD

 

Level Kognitif            :  C1

 

              Soal      :  

      

  Matrik penerimaan pemerintah pusat dan penerimaan pemerintah daerah:

 

                    A

                      B

                       C

1. Pajak penghasilan

2. Pajak reklame

3. Pajak tontonan

1.   Pajak kendaraan

2.   PPN

3.   Retribusi

1.  Pajak penghasilan Badan Usaha

2.  PBB

3.  Pajak orang asing

 

Dari matrik di atas yang termasuk sumber penerimaan pemerintah pusat adalah….

A.    A1, B2, dan C2                                   

B.     A1, B2, dan B3                                   

C.     A1, A2, dan B2

D.    A2, B1, dan C3

E.     A3, B2, dan C3

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

           A/ 1

 

 

 

 

Kartu Soal 17

 

 


            KartuSoal

                       (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XI/ GENAP                    

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis  perpajakan dalam pembangunan ekonomi.

Indikator soal            : Peserta didik dapat menghitung pajak bumi dan bangunan

Materi                           : Menghitung Pajak

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

        Bapak Rahmat menempati rumah dengan luas tanah 200 m2 dengan nilai jual Rp 400.000,00/m2, luas bangunan 100 m2, dengan nilai jual Rp 600.000,00/m2. Nilai Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NJOPTKP) Rp 12.000.000,00. Jika yang dikenakan pajak sebesar 20% dengan tarif 0,5%, maka besarnya PBB terutang per tahun adalah ....

A.         Rp 128.000,00

B.         Rp 152.000,00

C.         Rp 256.000,00

D.         Rp 640.000,00

E.          Rp 1.280.000,00

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

        B/ 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 18

 

 


            KartuSoal

                       (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GENAP                      

 

 KompetensiDasar    :  Mendeskripsikan konsep manajemen

Indikator soal           : Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi-fungsi manajemen.

Materi                         :  Fungsi-fungsi manajemen

Level Kognitif           :  C1

 

 

              Soal      :  

       Beberapa contoh dalam pengelolaan badan usaha  .............

1.      Pimpinan perusahaan merencanakan mendirikan cabang di daerah lain

2.      Anggaran yang dikeluarkan perusahaan melebihi yang direncanakan pada awal tahun

3.      Dalam kegiatan usaha, pimpinan selalu merencanakan desain produk baru

4.      Pada hari pahlawan membentuk panitia agar kegiatannya dapat berjalan lancar

5.      Pimpinan perusahaan setiap tahunnnya merencanakan out bond bersama karyawannya

Yang merupakan fungsi manajemen planning (perencanaan) adalah ......

A.    1, 2 dan 3                   

B.     1, 3 dan 5

C.     2, 3 dan 4              

D.    2, 4 dan 5                        

E.     3, 4 dan 5

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

           B/ 1

 

 

 

 

Kartu Soal 19

 

 

 


            KartuSoal

                   (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GANJIL                      

 

KompetensiDasar    :  Mendeskripsikan kerja sama ekonomi internasional.

Indikator soal            : Peserta didik dapat menganalisis dampak perdagangan internasional

Materi                          :   Kerjasama Ekonomi Internasional

Level Kognitif            : 

 

              Soal      :  

             Setelah Indonesia menandatangani perjanjian ACFTA, produk elektronik yang berasal dari negara Cina membanjiri pasar dalam negeri. Perdagangan bebas ini membuat kegiatan ekspor impor lebih mudah. Dampak perjanjian ACFTA bagi perekonomian nasional adalah....

A.      memperluas lapangan kerja dalam negeri khususnya produk ekspor

B.      membangkitkan minat berinvestasi bagi para pemilik modal melalui sektor perdagangan

C.      meningkatkan harga bahan baku industri elektronik untuk masyarakat

D.      melemahkan daya saing produk dalam negeri sehingga menurunkan angka produksi agregat

E.       memunculkan berbagai inovasi produk gadget baru di berbagai perusahaan elektronik

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

            D/ 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 20

 

 


            KartuSoal

                       (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GENAP      

 

KompetensiDasar    :  Mendeskripsikan konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia.

Indikator soal           : Peserta didik dapat  mengidentifikasi berbagai bentuk badan usaha.

Materi                          : Berbagai bentuk badan usaha

  Level Kognitif            :  C1

 

              Soal      :  

        Perusahaan didirikan dengan beberapa tujuan  ......

1.       menyediakan barang dan jasa kepada masyarakat

2.       pemenuhan hajat hidup bermasyarakat

3.       mencari keuntungan

4.       melayani kepentingan umum sekaligus mencari laba

5.       menyediakan lapangan kerja

Dari pernyataan tersebut diatas tujuan BUMN yang berbentuk persero adalah....

A.    1                  

B.     2

C.     3

D.    5

E.     4

 

 

 

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

 

            E/ 1

 

 

 

Kartu Soal 21

 

 


            KartuSoal

                 (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XII/ GANJIL                   

 

KompetensiDasar    :  Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi

Indikator soal          : Peserta didik dapat.membedakan pihak-pihak yang menggunakan informasi akuntansi.

Materi                          :   Pemakai informasi akuntansi

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

 

       Berikut Pihak eksternal dan internal pemakai akuntansi adalah.......

1.       perusahaan

2.       Kreditor

3.       Badan-badan Pimpinan perusahaan

4.       Pemilik perusahaan

5.       Manajemen pemerintah

Yang termasuk pihak external pemakai akuntansi adalah .....

  1. 1, 3 dan 5
  2. 2, 3 dan 4
  3. 2, 4 dan 5
  4. 3, 4 dan 5
  5. 1, 3 dan 5

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

 

            C/ 1

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 22

 

 


            KartuSoal

                (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XII/ GANJIL                   

 

KompetensiDasar    :  Mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi.

Indikator soal            : Peserta didik dapat menganalisis persamaan dasar akuntansi

Materi                          : Persamaan dasar akuntansi

Level Kognitif            :  C4

 

              Soal      :  

 

Pembelian peralatan kantor seharga Rp 3.000.000,00 dibayar tunai Rp 1.500.000,00 dan sisanya dibayar kemudian, dari transaksi diatas dalam persamaan akuntansinya adalah....

  1. peralatan kantor ( - ) Rp 3.000.000,00 Utang ( + ) Rp 1.500.000,00 Kas ( - ) Rp   1.500.000,00
  2. peralatan kantor ( + ) Rp 3.000.000,00 Kas ( - ) Rp 3.000.000,00
  3. peralatan kantor ( + ) Rp 3.000.000,00 Kas ( + ) Rp 1.500.000,00 Utang ( + )Rp 1.500.000,00
  4. peralatan kantor ( + ) Rp 3.000.000,00 Kas ( - ) Rp 1.500.000,00 Utang ( + ) Rp 1.500.00,00
  5. peralatan kantor ( + ) Rp 3.000.000,00 Kas ( - ) Rp 1.500.000,00 Utang ( - ) Rp 1.500.000,00

 

  

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

             D/1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 23

 

 


            KartuSoal

                  (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XII/ GANJIL                   

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan jasa.

Indikator soal           : Peserta didik dapat menganalisis transaksi kedalam jurnal umum.

Materi                          :   Jurnal Umum

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

               Service Elektronik ”JAYA” telah menyelesaikan servis TV milik Pak Rahmat dengan biaya servis Rp450.000,00 dari jumlah tersebut baru diterima Rp. 300.000,00 dan sisanya akan dibayar bulan depan.  Kejadian di atas akan dicatat dalam jurnal umum oleh servis elektronik ”JAYA” adalah….

A.   Kas                                                                            Rp. 300.000,00                   - Utang usaha                                                    Rp. 150.000,00           - Pendapatan jasa service                                            -              Rp. 450.000,00

B.    Kas                                                                           Rp. 300.000,00   -

Pendapatan jasa service                                 Rp. 150.000,00   -

             Utang Usaha                                                         -              Rp. 450.000,00

C. Pendapatan jasa                                                   Rp. 450.000,00   -

     Kas                                                                              -              Rp. 300.000,00

           Utang usaha                                                            -              Rp. 150.000,00

 

D. Pendapatan jasa                                                   Rp. 450.000,00   -

     Kas                                                                              -              Rp. 300.000,00

           Piutang usaha                                                         -              Rp. 150.000,00

E. Kas                                                                              Rp. 300.000,00   -

    Piutang usaha                                                          Rp. 150.000,00   -

    Pendapatan jasa service                                     -              Rp. 450.000,00

 

          Kunci/ Pedoman penskoran:

           E/ 1

 

Kartu Soal 24

 

 


            KartuSoal

                  (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XII/ GANJIL                   

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan jasa.

Indikator soal            : Peserta didik dapat  menganalisis transaksi untuk membuat jurnal penyesuaian.

Materi                           :   Jurnal Penyesuaian

Level Kognitif             :  C4

 

              Soal      :  

          Pada tanggal 2 Januari 2011 perlengkapan  sebesar Rp. 3.000.000,00  Pada akhir 31 Desember 2011 setelah diadakan stock opname, perlengkapan yang masih ada sisa senilai Rp750.000,00  Ayat jurnal penyesuaian per 31 Desember 2011 adalah….

A.     Perlengkapan Rp2.250.000,00 | Beban perlengkapan Rp2.250.000,00

B.     Beban perlengkapan Rp2.250.000,00 | Perlengkapan Rp2.250.000,00

C.     Beban perlengkapan Rp750.000,00 | Perlengkapan Rp750.000,00

D.     Perlengkapan Rp750.000,00 | Beban perlengkapan Rp750.000,00

E.      beban perlengkapan Rp3.750.000,00 | Perlengkapan Rp3.750.000,00

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

            B/ 1

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 25

 

 


            KartuSoal

                   (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XII/ GANJIL                   

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan jasa.

Indikator soal            : Peserta didik dapat menyusun laporan perubahan modal berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.

Materi                          :   Laporan keuangan pada perusahaan jasa

Level Kognitif            :  C6

 

              Soal      :  

        Data keuangan dua perusahaan jasa pada periode 31 Desember 2017 sebagai berikut :

No.

Servis Mobil King

Servis Mobil Raja

1.

Modal akhir

Rp59.000.000,00

Modal akhir

Rp62.000.000,00

2.

Modal awal

Rp42.000.000,00

Modal awal

Rp50.500.000,00

3.

Prive

Rp15.000.000,00

Prive

Rp16.000.000,00

4.

Pendapatan

Rp23.000.000,00

Pendapatan

Rp22.000.000,00

 

                Berdasarkan data di atas, kesimpulan yang benar adalah …

A.      Laba Servis Mobil King lebih besar Rp32.500.000,00 daripada Servis Mobil Raja Rp32.000.000,00.

B.      Laba Servis Mobil King lebih kecil Rp26.000.000,00 daripada Servis Mobil Raja Rp27.500.000,00.

C.      Beban Servis Mobil King lebih kecil Rp5.500.000,00 daripada Servis Mobil Raja Rp8.500.000,00.

D.      Beban Servis Mobil King lebih besar Rp9.000.000,00 daripada Servis Mobil Raja Rp5.500.000,00.

                        E.    Modal akhir Servis Mobil Raja lebih besar daripada Servis Mobil King sehingga beban lebih besar.

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

 

D/1

 

 

 

Kartu Soal 26

 

 


            KartuSoal

                  (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XII/ GENAP                   

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang.

Indikator soal            : Peserta didik dapat mengelompokkan transaksi ke dalam jurnal penerimaan kas

Materi                          :   Jurnal khusus

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

      Transaksi pada PD Sejat isebagai berikut :

  1. Dijual barang dagang kepada Toko Buana Rp. 1.000.000,- tunai
  2. Diterima pelunasan dari PD. Maju atas pembelian bulan lalu sebesar  Rp. 2.000.000,-
  3. Diterima cek dari Toko Berkah sebagai pembayaran kekurangan utangnya sebesar Rp. 1.000.000,-
  4. Dibeli perlengkapan toko tunai Rp. 3.000.000,-
  5. Dijual barang dagang kepada Tuan Amir sebesar Rp. 2.500.000,- dengan syarat 2/10, n/30

Transaksi yang dicatat pada jurnal penerimaan kas adalah .....

A.        3,4 dan 5

B.        1,3 dan 4

C.        2,3 dan 4

D.        2,4 dan 5

E.         1,2 dan 3

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

            E/ 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 27

 


            KartuSoal

                   (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XII/ GENAP                   

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang.

Indikator soal            : Peserta didik dapat menyusun jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi

Materi                          :  Jurnal penyesuaian perusahaan dagang

Level Kognitif            :  C6

 

              Soal      :  

        Neraca saldo (sebagian) PD. Mahkota per 31 Desember 2016:

No. Akun

Nama Akun

D

K

113

411

421

422

511

Persediaan barang dagang

Penjualan

Pembelian

Retur pembelian

Beban gaji

Rp51.000.000,00

Rp33.000.000,00

Rp30.000.000,00

Rp29.000.000,00

Rp12.000.000,00

 

            Persediaan barang dagang per 31 Desember 2016 sebesar Rp48.000.000,00.

            Jurnal penyesuaian dengan pendekatan Ikhtisar Laba/Rugi yang benar adalah ....

A.

Persediaan barang dagang

Rp51.000.000,00

 

Ikhtisar Laba/Rugi

Rp51.000.000,00

B.

Ikhtisar Laba/Rugi

Rp48.000.000,00

 

Persediaan barang dagang

Rp48.000.000,00

C.

Persediaan barang dagang

Rp48.000.000,00

 

Ikhtisar Laba/Rugi

Rp48.000.000,00

D.

Persediaan barang dagang

Rp33.000.000,00

 

Pembelian

Rp33.000.000,00

E.

Ikhtisar Laba/Rugi

Rp33.000.000,00

 

Pembelian

Rp33.000.000,00

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

            C/ 1

Kartu Soal 28

 

 


            KartuSoal

                   (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XII/ GENAP                   

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang.

Indikator soal            : Peserta didik dapat menyusun laporan laba-rugi

Materi                          :   Laporan Laba/ Rugi

Level Kognitif            :  C6

 

              Soal      :  

        

         Data PD “Krisna” tanggal 31 Desember 2016 sebagai berikut:

(1)

Persediaan 1 Januari 2016

: Rp42.000.000,00

(2)

Persedian 31 Desember 2016

: Rp36.000.000,00

(3)

Pembelian

: Rp61.000.000,00

(4)

Beban angkut pembelian

: Rp2.000.000,00

(5)

Potongan pembelian

: Rp1.000.000,00

(6)

Penjualan

: Rp76.000.000,00

(7)

Retur penjualan

: Rp2.000.000,00

(8)

HPP

: Rp72.000.000,00

                          

Berdasarkan data di atas, besar retur pembelian adalah ….

A.      Rp2.000.000,00

B.      Rp4.000.000,00

C.      Rp5.000.000,00

D.      Rp11.000.000,00

E.       Rp16.000.000,00

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

 

B/1

 

 

Kartu Soal 29

 

 


            KartuSoal

                       (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XII/ GANJIL                   

 

KompetensiDasar    :  Menyusun laporan  keuangan perusahaan jasa

Indikator soal            : Peserta didik dapat menentukan modal akhir berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.

Materi                         :   Laporan perubahan modal

Level Kognitif           :  C3

 

              Soal      :  

       Perusahaan Bimo Jaya mempunyai data sbb :

  • Modal awal                                     Rp30.000.000,00
  • Laba usaha                                     Rp  8.000.000,00
  • Prive                                          Rp  2.000.000,00

Maka modal modal akhir  perusahaan Bimo Jaya adalah….

 

A.     Rp. 30.000.000,00                                            

B.     Rp. 32.000.000,00

C.     Rp. 38.000.000,00

D.     Rp. 36.000.000,00

E.      Rp. 36.500.000,00

 

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

D/1

 

 

 

 

Kartu Soal 30

 


            KartuSoal

                   (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XII/ GENAP   

 

KompetensiDasar    :  Menyusun laporan  keuangan perusahaan dagang

Indikator soal            : Disajikan data suatu perusahaan, peserta didik diharapkan dapat

                                        menentukan laba bersih sebelum pajak

Materi                          :   Laporan Rugi/ Laba

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

Data  keuangan sebagian dari PD  “MAMAN”  sebagai berikut:

Ø  Penjualan                                                 Rp20.000.000,00

Ø  Retur  penjualan                                     Rp2.000.000,00

Ø  Potongan penjualan                                 Rp150.000,00

Ø  Persediaan per 1 Januari 2011              Rp2.000.000,00

Ø  Persediaan per 31 Desember 2011    Rp1.750.000,00

Ø  Pembelian bersih                                       Rp10.000.000,00

Ø  Retur pembelian                                         Rp1.500.000,00

Ø  Potongan pembelian                                 Rp500.000,00

Ø  Beban Gaji                                                     Rp1.000.000,00

Ø  Beban lain-lain                                             Rp600.000,00

Ø  Pajak 10 %

Dari data di atas besarnya laba bersih setelah pajak  PD Maman  adalah ….

A.    Rp2.700.000,00                                         

B.    Rp3.300,000,00                                         

C.    Rp5.400.000,00

D.    Rp5.000.000,00

E.    Rp5.500.000,00

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

C/1

 

Kartu Soal 31

 

 


            KartuSoal

                  (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GANJIL                      

 

KompetensiDasar    :  Mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar.

Indikator soal            : Peserta didik dapat mengidentifikasi instrumen pasar keuangan

Materi                           :   Pasar keuangan

Level Kognitif            :  C1

 

              Soal      :  

        Instrumen – instrumen pasar uang dan pasar modal sebagai berikut:

1.          Saham

2.          Call Money

3.          Surat Utang Negara

4.          Sertifikat Bank Indonesia

5.          Obligasi

Yang termasuk instrumen pasar uang adalah nomor ....

A.       1, 2 dan 3

B.        1, 3 dan 4

C.        1, 4 dan 5

D.       2, 3 dan 4

E.        2, 4 dan 5

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

          D/ 1

 

 

 

 

 

Kartu Soal 32

 

 


            KartuSoal

                       (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XI/ GANJIL                    

 

KompetensiDasar   :  Menganalisis permasalahan ketenagakerjaan dalam pembangunan ekonomi.

Indikator soal           : peserta didik dapat menggolongkan jenis-jenis pengangguran

Materi                         :  Ketenagakerjaan

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

 

32.       Pak Ahmad dikeluarkan dari perusahaannya karena perusahaan tersebut mengalami kapasitas produksi (over produksi) karena permintaan pasar terus-menerus menurun.Maka pak Ahmad tadi tergolong..

A.     Pengangguran musiman                                              

B.     Pengangguran friksional                                              

C.     Pengangguran struktural

D.    Pengangguran siklis

E.     Pengangguran tak kentara

 

 

 

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

 

D/1

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 33

 

 


            KartuSoal

                  (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XII/ GENAP   

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan dagang.

Indikator soal            : Peserta didik dapat menganalisis jurnal penyesuaian

Materi                          :  Jurnal penyesuaian

Level Kognitif            :  C4

 

              Soal      :  

        

30.  Data neraca saldo Perusahaan Jasa “TEGUH” per 31 Desember 2009: 

 

No

Perkiraan

Debet

Kredit

101

Kas

Rp5.000.000,00

 

103

Perlengkapan

Rp1.000.000,00

 

105

Sewa dibayar dimuka

Rp6.000.000,00

 

               

Data penyesuaian 31 Desember 2009 menyatakan:

1.    Sewa dibayar untuk 3 bulan mulai tanggal 1 Desember 2009

2.    Perlengkapan yang terpakai Rp 300.000,00

Jurnal penyesuaian yang benar adalah ….

A.    Beban perlengkapan      Rp300.000,00     -

        Perlengkapan                    -                              Rp300.000,00

B.    Perlengkapan                    Rp300.000,00     -

        Beban perlengkapan      -                              Rp300.000,00

C.    Perlengkapan                    Rp700.000,00     -

        Beban perlengkapan      -                              Rp700.000,00    

D.    Sewa dibayar dimuka     Rp4.000.000,00  -

        Beban sewa                       -                              Rp4.000.000,00 

E.    Beban sewa                       Rp4.000.000,00  -

              Sewa dibayar dimuka       -                              Rp4.000.000,00

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

           A/ 1

 

Kartu Soal 34

 

 


            KartuSoal

                  (Pilihan Ganda)

 

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XI/ GANJIL                    

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis  konsep pertumbuhan  ekonomi dan pembangunan ekonomi serta permasalahan dan cara mengatasinya.

Indikator soal            :  Peserta didik dapat menghitug tingkat pertumbuhan ekonomi

Materi                          :  Pertumbuhan ekonomi

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

             Suatu negara pada tahun 2013 memiliki GNP sebesar 250 trilyun, sedangkan GNP tahun 2014

            sebesar    260 trilyun, pertumbuhan ekonomi negara tersebut adalah

A.    4  %                                       

B.    5  %                                       

C.    5,5 %

D.    6  %

E.     6,5 %

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

            A/ 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 35

 

 


            KartuSoal

                       (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GANJIL                      

 

KompetensiDasar    :  Mengidentifikasi konsep ilmu ekonomi

Indikator soal            : Peserta didik dapat menguraikan pemyebab kelangkaan

Materi    Materi         :   Kelangkaan.

Level Kognitif            :  C2

 

              Soal      :  

Konversi minyak tanah ke gas yang serentak diberbagai daerah setempat menyebabkan kelangkaan gas yang mengakibatkan naiknya harga gas elpiji.

Berikut adalah hal-hal yang dapat menyebabkan kelangkaan, kecuali ......

A.    Perang

B.     Bencana alam

C.     Sumber daya alam yang terbatas

D.    Keterbatasan kemampuan manusia

E.     Tingginya tingkat teknologi sehingga dapat memproduksi yang banyak

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

          E/ 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 36

 

 


            KartuSoal

                       (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XI/ GANJIL                    

 

KompetensiDasar    : 

Indikator soal            :

Materi    Materi         :  

Level Kognitif            : 

 

              Soal      :  

             Pak Budiiman berusaha memanfaatkan plastik-plastik bekas untuk didaur ulang menjadi

            beraneka macam kerajinan. Bahan baku yang tersedia melimpah dan harganya murah.

            Setelah diproses dan dijual kepada konsumen ternyata memberikan keuntungan.

            Hal ini menunjukkan bahwa Pak Budiman memiliki ciri-ciri wirausaha, yaitu…

A.      Inovatif

B.    Mampu berkomunikasi

C.    Jujur dan percaya diri

D.   berani mengambil risiko

E.    ulet dan pantang menyerah

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

          A/ 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 37

 

 


            KartuSoal

                       (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XI/ GANJIL                    

 

KompetensiDasar    : 

Indikator soal            :

Materi    Materi         :   kebijakan moneter dan fiskal

Level Kognitif            : 

 

              Soal      :  

 Beberapa kebijakan ekonomi :

1.     Kebijakan penetapan persediaan kas

2.     Kebijakan pasar terbuka

3.     Kebijakan menaikkan tarif pajak

4.     Kebijakan menaikkan tarif produksi

5.     Kebijakan menghemat pengeluaran pemerintah

       Dari pernyataan tersebut yang termasuk kebijakan moneter adalah .....

A.    1 dan 2

B.    1 dan 3

C.    2 dan 3

D.    2 dan 5

E.     4 dan 5

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

          A/ 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 38

 

 


            KartuSoal

                       (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GENAP                      

 

KompetensiDasar    : 

Indikator soal            :

Materi    Materi         :   Konsumsi dan Tabungan

Level Kognitif            : 

 

              Soal      :  

   Bpk. Mardan memiliki pendapatan awal sebesar Rp1.000.000,00 dengan fungsi konsumsi    

     C = 150.000 + 0,70Y. Pada saat pendapatannya naik menjadi Rp3.500.000,00 maka besarnya tabungan yang dimiliki Bpk. Mardan adalah ….

A.  Rp150.000,00

B.   Rp750.000,00

C.   Rp850.000,00

D.  Rp900.000,00

E.   Rp2.600.000,00

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

          D/ 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 39

 

 


            KartuSoal

                       (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XII/ GANJIL                   

 

KompetensiDasar    :  Menyusun laporan  keuangan perusahaan jasa

Indikator soal            :  Peseta didik dapatmenyusun laporan  keuangan perusahaan jasa

Materi    Materi         :   Kertas kerja

Level Kognitif            :  C6

 

              Soal      :  

  Kertas kerja sebagian Perusahaan Jasa Tirta per 31 Desember 2011.

 

No

Nama Akun

Neraca Sisa

Penyesuaian

NS Disesuaikan

Laba / Rugi

Neraca

 

 

D

K

D

K

D

K

D

K

D

K

1

Kendaraan

100.000

-

-

 

100.000

-

-

-

100.000

-

2

Akum.Peny.Kendaraan

-

20.000

-

10.000

-

30.000

-

-

-

30.000

3

Prive Jaka

2.000

-

-

-

2.000

-

 

-

2.000

-

4

Beban Asuransi

6.000

-

-

2.000

4.000

-

4.000

-

-

-

5

B.Peny.Kendaraan

-

-

10.000

-

10.000

-

-

-

10.000

-

6

Asuransi dibyr di muka

-

-

2.000

-

2.000

-

2.000

-

 

-

 

     Penyelesaian kertas kerja sebagian di atas yang benar adalah....

      A.  1, 2, dan 3

      B.  1, 2, dan 4

      C.  2, 4, dan 5

      D.  2, 4, dan 6

      E.  3, 5, dan 6

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

          B/ 1

Kartu Soal 40

 

 


            KartuSoal

                       (Pilihan Ganda)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XII/ GENAP   

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan dagang.

Indikator soal            :  Peserta didik dapatmenganalisis tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan dagang

Materi    Materi         :   Jurnal penutup

Level Kognitif            :  C4

 

              Soal      :  

 Di bawah ini adalah data sebagian kertas kerja pada kolom  R/ L “ PD Maju”

 

No

Nama Akun

Rugi / Laba

Debet

Kredit

 

 

Pendapatan bunga

Pembelian

Beban Angkut pembelian

Beban gaji

-

 9.500.000

    300.000

10.000.000

1.500.000

 

 

 

Berdasarkan sebagian data kertas kerja diatas maka jurnal penutup yang dibuat perusahaan dagang Maju :

1.       Pendapan bunga                              Rp. 1,500.000,-       -

           Ikhtisar laba/rugi                                     Rp. 1.500.000,-

2.       Ikhtisar labba/ rugi                          Rp.  300.000,-

          Beban angkut pembelian                    Rp.  300.000,-

3.       Pembelian                                          Rp. 9.500.000,-

          Ikhtisar laba/rugi                                      Rp. 9.500.000,-

4.       Beban gaji                           Rp. 10.000.000,-

           Ikhtisar laba/rugi                                     Rp. 10.000.000,-

Jurnal penutup yang benar adalah...

  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 3
  4. 2 dan 4
  5. 3 dan 4

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

          A/ 1

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 1

 

 


            KartuSoal

                       (Uraian)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XII/ GENAP                   

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang.

Indikator soal            : Peserta didik dapat mxenghitung Harga Pokok Penjualan

Materi                          :  Harga Pokok Penjualan

Level Kognitif            : C3 

 

              Soal      :  

1.              Berikut sebagian data dari suatu perusahaan dagang.

-          Persediaan barang dagang ( 1/1 ) ……………….Rp   2.100.000,00

-          Pembelian………………………………………..Rp 24.000.000,00

-          Beban angkut pembelian ………………………..Rp     300.000,00

-          Beban angkut penjualan…………………………Rp     200.000,00

-          Retur pembelian ………………………………...Rp     150.000,00

-          Potongan pembelian …………………………….Rp     250.000,00

-          Retur penjualan………………………………….Rp     100.000,00

-          Potongan penjualan …………………………......Rp     300.000,00

-          Persediaan barang ( 31/12 ) ……………………..Rp  2.500.000,00

-     Penjualan ………………………………………..Rp36.000.000,00

 

Berdasarkan data tersebut di atas hitunglah besarnya Harga Pokok Penjualan (HPP)!

 

 

 

 

 

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

 

 

 

Kartu Soal 2

 

 


            KartuSoal

                       (Uraian)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GENAP                      

 

KompetensiDasar  : Mendeskripsikan bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia.

Indikator soal            : Peserta didik dapat menghitung kurs mata uang berdasarkan system pembayaran internasional

Materi                          :  Sistem pembayaran internasixonal

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

         Perhatikan tabel harga valuta asing berikut !

Mata Uang

Kurs Beli

Kurs Jual

£

Rp17.150,00

Rp17.400,00

¥

Rp650,00

Rp780,00

Rp13.350,00

Rp13.500,00

       

            Kirana sedang menempuh pendidikan di University of Tokyo dan hendak berlibur ke Finlandia dengan dengan membawa uang ¥79.000. Di perjalanan ia transit di kota London untuk membeli berbagai ensiklopedia terbaru seharga £500. Setelah itu ia melanjutkan liburannya ke Finlandia dan selama liburan itu ia telah menghabiskan uang €3.000. Berapa besar sisa uang rupiah yang masih dimiliki Kirana setelah pulang kembali ke Indonesia? (Kerjakan beserta langkah penyelesaiannya)

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 3

 

 


            KartuSoal

                       (Uraian)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GANJIL                      

 

KompetensiDasar    :  Mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar.

Indikator soal            : Peserta didik mampu menentukan harga keseimbangan setelah pajak.

Materi                          :  Harga keseimbangan

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

 Fungsi permintaan suatu barang Qd = - 0,5P + 7,5 dan fungsi penawarannya Qs = P – 3. Jika pemerintah menetapkan pajak Rp3,-/ unit, harga keseimbangan setelah pajak yang tercipta di pasar adalah….

 

 

 

 

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 4

 

 


            KartuSoal

                       (Uraian)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  XI/ GANJIL                    

 

KompetensiDasar    :  Menganalisis konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional

Indikator soal            : Peserta didik dapat menghitung pendapatan nasional

Materi                           :  Pendapatan Nasional

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

           Data untuk perhitungan pendapatan  nasional Negara Sinerta.

 

            Upah............................................. Rp850 miliar

            Bunga modal................................ Rp200 miliar

            Laba usaha.................................... Rp200 miliar

            Sewa tanah …………………................Rp350 miliar

            Pengeluaran rumah tangga............Rp750 miliar

            Belanja pemerintah........................Rp500 miliar

            Investasi......................................... Rp600 miliar

           Ekspor………………………………………….Rp. 40 miliar

            Impor............................................... Rp50 miliar

           

            Berdasarkan data di atas, hitunglah pendapatan nasional Negara Sinerta dengan menggunakan metode pendakatan pengeluaran!

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kartu Soal 5

 

 


            KartuSoal

                       (Uraian)

Mata Pelajaran           :  EKONOMI      

Kelas/Semester         :  X/ GANJIL                      

 

KompetensiDasar    : Mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar.

Indikator soal            : Peserta didik dapat menentukan elastisitas permintaan

Materi                          : Permintaan dan penawaran

Level Kognitif            :  C3

 

              Soal      :  

 

 Perhatikan berikut ini!

Harga

Permintaan

Rp4.000,00

500

Rp6.000,00

400

               

              Berdasarkan tabel tersebut, hitung besarnya elastisitas permintaan!

 

 

 

           Kunci/ Pedoman penskoran:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH: FORMAT PROGRAM SUPERVISI TENDIK

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS ANEKDOT [Kurikulum Merdeka]

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS LHO [Kurikulum Merdeka]

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)