Assalamualaikum. Pada postingan ini saya ingin membagikan contoh kartu soal Pilihan Ganda Ekonomi Limit (Lintas Minat) sebagai referensi anda dalam menyusun soal atau sebagai bahan belajar menjawab soal mata pelajaran Ekonomi Lintas Minat kelas X. Semoga bermanfaat!
Kartu Soal 1
KartuSoal
(PilihanGanda)
Mata Pelajaran : EKONOMI/ LIMIT
Kelas/Semester : X/ GANJIL
KompetensiDasar : Mendeskripsikan konsep ilmu ekonomi. Indikator
soal : Peserta didik dapat
mendeskripsikan macam-macam kebutuhan Materi : Macam-macam kebutuhan Level Kognitif : C1 |
Soal :
Berikut ini
contoh-contoh kebutuhan manusia ......
1.
Setiap malam jum’at
ayah dan ibu selalu mengikuti pengajian
2.
Setelah selesai
bermain, adik langsung pergi kedapur untuk minum air
3.
Demi menjaga
kesehatan tubuh, biasanya setiap pagi kakek melakukan senam
4.
Icha kehabisan
tinta pulpen, ia pergi ke koperasi untuk membeli pulpen
5.
Saat liburan
kenaikan kelas, keluargaku biasanya pergi kepuncak
Contoh yang
merupakan jenis kebutuhan manusia menurut sifat adalah ......
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (3), dan (4)
E.
(2), (4), dan (5)
Kunci/pedoman penskoran :
C/1
Kartu
Soal 2
KartuSoal
(Pilihan
Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GANJIL
KompetensiDasar : Mendeskripsikan konsepH ilmu ekonomi Indikator soal : : Peserta didk dapat mendeskripsikan kebutuhan manusia, kelangkaan atau masalah pokok ekonomi. Materi Materi :
Kelangkaan Level Kognitif : C1 |
Soal
: Kebutuhan manusia selalu bertambah sedangkan alat pemuas kebutuhan semakin
terbatas,
hal ini menyebabkan ....
A.
Harga
turun
B.
Harga
tetap
C.
Krisis
D.
Kelangkaan
E.
Defisit
Kunci/ Pedoman penskoran:
D/ 1
Kartu
Soal 3
KartuSoal
(Pilihan
Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GANJIL
KompetensiDasar : Menganalisis masalah ekonomi dalam sistem ekonomi. Indikator
soal : Peserta didik dapat menganalisis masalah pokok ekonomi modern Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Perhatikan masalah-masalah yang berkaitan dengan produksi
barang:
1.
Dimana
barang akan diproduksi
2.
Untuk siapa barang
diproduksi
3.
Bagaimana cara
memproduksi barang
4.
Barang/jasa apa
yang harus diproduksi
5.
Berapa biaya yang
harus diproduksi
Berdasarkan masalah-masalah di atas
yang merupakan masalah pokok ekonomi
modern adalah....
A.
1,2, dan 3
B.
1,3, dan 5
C.
2,3, dan 4
D.
2,3, dan 5
E.
3,4, dan 5
Kunci/ Pedoman penskoran:
C/ 1
Kartu
Soal 4
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GANJIL
KompetensiDasar : Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi Indikator
soal : Peserta didik dapat mengidentifikasi peran konsumen dan peran produsen dalam kegiatan ekonomi. Materi : Peran konsumen dan produsen Level Kognitif : C1 |
Soal
:
Beberapa contoh kegiatan produsen
dan konsumen sebagai berikut:
(1)
Ibu Handayani membeli baju seragam untuk anaknya.
(2)
Bapak Agus menyewa sebuah ruko untuk memulai usaha.
(3)
Rehan pulang pergi ke sekolah dengan menggunakan sebuah sepeda.
(4)
Bapak Budi membayar gaji karyawannya setiap akhir bulan.
(5)
Linda selalu selektif dalam memilih barang yang akan dibeli.
(6)
Mita membuka usaha salon diruko dekat rumahnya.
Dari kegiatan tersebut, yang merupakan peran produsen adalah ….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (4)
C. (2), (4), dan (6)
D. (3), (4), dan (5)
E. (4), (5), dan (6)
Kunci/ Pedoman penskoran:
B/ 1
Kartu
Soal 5
Suatu negara menyerahkan kegiatan
ekonomi kepada pemerintah dan produksi, distribusi dan konsumsi diatur oleh
pemerintah tetapi masyarakat tidak mendapat kebebasan dalam melakukan
kegiatan ekonomi. Gambaran di atas menunjukkan bahwa negara tersebut
menggunakan sistem ekonomi…. A. tradisional B. komando C. liberal D. campuran E. demokratis
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GANJIL
KompetensiDasar : Indikator soal : Materi Materi :
Level Kognitif : |
Soal
:
Kunci/ Pedoman penskoran:
B/ 1
Kartu
Soal 6
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GANJIL
KompetensiDasar : Mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar. Indikator soal : Peserta didik dapat mendeskripsikan permintaan
dan penawaran serta menentukan harga keseimbangan Materi
: Harga dan jumlah keseimbangan Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Fungsi
permintaan suatu barang Qd = - 0,5P + 7,5 dan fungsi penawarannya Qs = P – 3.
Jika pemerintah menetapkan pajak Rp3,-/
unit, harga keseimbangan setelah pajak yang tercipta di pasar adalah….
A. (
3, 9 )
B.
( -3, -9 )
C.
( 4,7 )
D. (
7,4)
E.
( 9,3)
Kunci/ Pedoman penskoran:
A/ 1
Kartu
Soal 7
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GANJIL
KompetensiDasar : Menganalisis peran pelaku ekonomi dalam kegiatan ekonomi Indikator
soal : Peserta didik dapt
mendiskripsikan model
interaksi pelaku ekonomi (circular flow diagram). Materi :
Circular
Flow Diagram Level Kognitif : C4 |
Soal
:
Perhatikan bagan interaksi antara rumah tangga konsumen
dan rumah tangga produsen berikut ini :
input
Rumah Tangga Produsen Rumah Tangga Konsumen
5
Berdasarkan bagan di atas yang merupakan
adanya permintaan faktor produksi seperti tenaga kerja, modal, tanah dan
sebagainya adalah nomor….
A.
2
B.
1
C.
3
D.
4
E.
5
Kunci/ Pedoman penskoran:
A/ 1
Kartu
Soal 8
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GENAP
KompetensiDasar : Mendeskripsikan lembaga jasa
keuangan dalam perekonomian. Indikator
soal : Peserta didik dapat mengidentifikasi peran bank umum . Materi
: Tugas dan kegiatan pada bank umum Level Kognitif : C1 |
Soal
:
Tugas dan kegiatan bank adalah....
1.
Menyalurkan
kredit kepada masyarakat
2.
Mengatasi
dan mengawasi bank
3.
Menghimpun
dana dari masyarakat
4.
Mengatur
dan menjaga sistem pembayaran
5.
Menetapkan
dan melaksanakan kebijaksanaan moneter
Yang merupakan
tugas dari bank umum adalah....
A. 1 dan 2.
B. 4 dan 5.
C. 2 dan 5.
D. 3 dan 4.
E.
1 dan 3.
Kunci/ Pedoman penskoran:
E/ 1
Kartu
Soal 9
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GENAP
KompetensiDasar : Mendeskripsikan perkoperasian dalam perekonomian Indonesia. Indikator soal : Peserta didik dapat mengidentifikasi jenis-jenis koperasi Materi :
Organisasi dan pengelolaan
koperasi Level Kognitif : C1 |
Soal
:
Jenis-jenis usaha koperasi antara lain adalah :
1.
pertokoan
2.
simpan pinjam
3.
produksi
4.
kantin
5.
warnet
Jenis usaha yang cocok
dikembangkan koperasi sekolah adalah........
A.
1, 2 dan 3
B.
1, 4 dan 5
C.
2, 3 dan 4
D.
3, 4 dan 5
E.
2, 3 dan 5
Kunci/ Pedoman penskoran:
B/ 1
Kartu
Soal 10
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GENAP
KompetensiDasar : Mendeskripsikan bank sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran
dalam perekonomian Indonesia. Indikator soal : Peserta didik dapat menganalisis
jenis-jenis pemasukan dan pengeluaran dalam neraca pembayaran. Materi : Neraca pembayaran Level Kognitif : |
Soal
:
Pemasukan devisa melalui jalur wisata dicatat dalam
neraca indonesia pada...
A.
Neraca lalu lintas
moneter sisi debet
B.
Neraca lalu lintas
moneter sisi kredit
C.
Neraca jasa sisi
kredit
D.
Neraca jasa sisi
debet
E.
Neraca lalu lintas
modal sisi debet
Kunci/ Pedoman penskoran:
C/ 1
Kartu
Soal 11
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XI/ GANJIL
KompetensiDasar : Menganalisis konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional. Indikator soal : Peserta didik dapat menghitung pendapatan nasional Materi : PDB, PDRB, PNB, PN Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Data untuk perhitungan
pendapatan nasional Negara Sinerta.
Upah.............................................Rp850
miliar
Bunga modal.................................Rp200 miliar
Laba usaha....................................Rp200
miliar
Sewa tanah ………………….................Rp350 miliar
Pengeluaran rumah tangga............Rp750 miliar
Belanja pemerintah.......................Rp500
miliar
Investasi........................................Rp600
miliar
Impor............................................Rp50
miliar
Berdasarkan data di atas, jika
pendapatan nasional dihitung menggunakan pendekatan pengeluaran ternyata
menghasilkan Rp1.950 miliar, maka nilai ekspor adalah ….
A. Rp50 miliar
B. Rp100 miliar
C. Rp150 miliar
D. Rp350 miliar
E. Rp550 miliar
Kunci/ Pedoman penskoran:
D/ 1
Kartu
Soal 12
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XI/ GANJIL
KompetensiDasar : Menganalisis konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional. Indikator soal : Peserta didik dapat menghitung pendapatan per kapita Materi Materi : Pendapatan per kapita Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Tabel PNB beberapa negara pada tahun tertentu sebagai berikut :
No |
Negara |
S Penduduk
(juta) |
PNB
(juta) |
1 |
Brunei |
150 |
450.000 |
2 |
Malaysia |
280 |
420.000 |
3 |
Indonesia |
360 |
360.000 |
4 |
Singapura |
160 |
320.000 |
5 |
Filipina |
200 |
300.000 |
Berdasarkan
data di atas, negara yang pendapatan per kapitanya paling tinggi adalah negara….
A.
Brunei
B.
Malaysia
C.
Indonesia
D.
Singapura
E.
Filipina
Kunci/ Pedoman penskoran:
A/
1
Kartu
Soal 13
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XI/ GANJIL
KompetensiDasar : Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi Indikator soal : Peserta didik dapat menghitung angka inflasi Materi : Penghitungan inflasi Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Diketahui indeks harga
konsumen bulan Juni 2013 sebesar 125% dan pada bulan Juni 2014 menjadi 130%. Dengan demikian tingkat inflasi yang
terjadi... |
A. 1,04 % |
B. 3,85 % |
C. 4,00 % |
D. 5,00 % |
E. 9,62 % |
Kunci/ Pedoman penskoran:
C/ 1
Kartu
Soal 14
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XI/ GANJIL
KompetensiDasar : Menganalisis kebijakan moneter dan kebijakan fiskal. Indikator
soal : Peserta
didik dapat menjelaskan instrumen kebijakan fiskal Materi : Kebijakan fiskal Level Kognitif : C2 |
Soal
:
Berikut ini yang merupakan
kebijakan fiskal untuk menurunkan impor migas yang membebani keuangan
negara adalah ….
A. mengeluarkan kebijakan mobil murah yang
irit bahan bakar
B. meningkatkan porsi penggunaan biodiesel
dalam porsi solar
C. menaikkan harga bahan
bakar minyak agar sesuai harga pasar
D. menetapkan pengenaan bea masuk yang tinggi
untuk barang mewah
E. menggali dan
memproduksi migas dari dalam negeri dilakukan di luar negeri
Kunci/ Pedoman penskoran:
D/ 1
Kartu
Soal 15
KartuSoal
(Pilihan
Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XI/ GANJIL
KompetensiDasar : Menganalisis konsep
pertumbuhan ekonomi dan pembangunan
ekonomi serta permasalahan dan
cara mengatasinya. Indikator
soal : Peserta didik dapat menganalisis keberhasilan
dan kegagalan pembangunan ekonomi di Indonesia. Materi : Pertumbuhan dan
pembangunan ekonomi Level Kognitif : C4 |
Soal
:
18.
Di bawah
ini adalah keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi di Indonesia:
1.
Tingkat
inflasi yang masih cukup tinggi sangat dirasakan oleh masyarakat kelas bawah
terutama untuk memenuhi kebutuhan sembilan bahan pokok
2.
Pemerataan
pendapatan nasional masih sangat mencolok antara masyarakat bawah dengan
masyarakat menengah ke atas
3.
Menurunnya tingkat kelahiran yang
merupakan keberhasilan program Keluarga Berencana yang dicanangkan sejak tahun
1970an
4.
Meningkatnya
masyarakat melek huruf akibat suksesnya program wajib belajar 9 tahun pada
akhir-akhir ini.
Gambaran di atas yang merupakan keberhasilan pembangunan ekonomi di
Indonesia adalah ….
A. 1
dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 3
D. 2
dan 4
E.
3 dan 4
Kunci/ Pedoman penskoran:
A/ 1
Kartu
Soal 16
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XI/ GENAP
KompetensiDasar : Menganalisis APBN dan APBD dalam pembangunan ekonomi. Indikator
soal : Peserta didik dapat
mengidentifikasi
sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam
APBN/APBD. Materi
:
Pendapatan negara dan hibah dalam APBN/APBD Level Kognitif : C1 |
Soal
:
Matrik penerimaan pemerintah pusat dan penerimaan
pemerintah daerah:
A |
B |
C |
1. Pajak penghasilan 2. Pajak reklame 3. Pajak tontonan |
1. Pajak
kendaraan 2. PPN 3. Retribusi |
1. Pajak penghasilan
Badan Usaha 2. PBB 3. Pajak orang asing |
Dari matrik di atas
yang termasuk sumber penerimaan pemerintah pusat adalah….
A.
A1, B2, dan C2
B.
A1, B2, dan
B3
C.
A1, A2, dan B2
D.
A2, B1, dan C3
E.
A3, B2, dan C3
Kunci/ Pedoman penskoran:
A/ 1
Kartu
Soal 17
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XI/ GENAP
KompetensiDasar : Menganalisis perpajakan dalam
pembangunan ekonomi. Indikator soal : Peserta didik dapat
menghitung pajak bumi dan bangunan Materi : Menghitung Pajak Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Bapak
Rahmat menempati rumah dengan luas tanah 200 m2 dengan nilai jual Rp
400.000,00/m2,
luas bangunan 100 m2, dengan nilai jual Rp 600.000,00/m2. Nilai
Jual Objek Pajak Tidak Kena Pajak (NJOPTKP) Rp 12.000.000,00. Jika yang
dikenakan pajak sebesar 20% dengan tarif 0,5%, maka besarnya PBB terutang per
tahun adalah ....
A.
Rp 128.000,00
B.
Rp 152.000,00
C.
Rp 256.000,00
D.
Rp 640.000,00
E.
Rp
1.280.000,00
Kunci/ Pedoman penskoran:
B/ 1
Kartu
Soal 18
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GENAP
KompetensiDasar : Mendeskripsikan konsep manajemen Indikator soal : Peserta didik dapat mengidentifikasi fungsi-fungsi manajemen. Materi : Fungsi-fungsi manajemen Level Kognitif : C1 |
Soal
:
Beberapa contoh dalam pengelolaan
badan usaha .............
1.
Pimpinan perusahaan merencanakan mendirikan cabang di
daerah lain
2.
Anggaran yang dikeluarkan perusahaan melebihi yang
direncanakan pada awal tahun
3.
Dalam kegiatan usaha, pimpinan selalu merencanakan desain
produk baru
4.
Pada hari pahlawan membentuk panitia agar kegiatannya
dapat berjalan lancar
5.
Pimpinan perusahaan setiap tahunnnya merencanakan out
bond bersama karyawannya
Yang merupakan fungsi manajemen planning (perencanaan) adalah ......
A. 1, 2 dan 3
B.
1, 3 dan 5
C.
2, 3 dan 4
D.
2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 5
Kunci/ Pedoman penskoran:
B/ 1
Kartu
Soal 19
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GANJIL
KompetensiDasar : Mendeskripsikan kerja sama ekonomi internasional. Indikator soal : Peserta didik dapat menganalisis dampak perdagangan internasional Materi
: Kerjasama Ekonomi Internasional Level Kognitif : |
Soal
:
Setelah Indonesia
menandatangani perjanjian ACFTA, produk elektronik yang berasal dari
negara Cina membanjiri pasar dalam negeri. Perdagangan bebas ini membuat kegiatan
ekspor impor lebih mudah. Dampak perjanjian ACFTA bagi perekonomian
nasional adalah....
A. memperluas lapangan kerja dalam
negeri khususnya produk ekspor
B. membangkitkan minat berinvestasi bagi para
pemilik modal melalui sektor perdagangan
C. meningkatkan harga bahan baku industri
elektronik untuk masyarakat
D. melemahkan daya saing produk dalam negeri
sehingga menurunkan angka produksi agregat
E. memunculkan berbagai inovasi produk
gadget baru di berbagai perusahaan elektronik
Kunci/ Pedoman penskoran:
D/ 1
Kartu
Soal 20
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GENAP
KompetensiDasar : Mendeskripsikan konsep badan usaha dalam perekonomian Indonesia. Indikator soal : Peserta didik
dapat mengidentifikasi berbagai bentuk badan usaha. Materi : Berbagai bentuk badan usaha Level Kognitif : C1 |
Soal
:
Perusahaan
didirikan dengan beberapa tujuan ......
1.
menyediakan
barang dan jasa kepada masyarakat
2.
pemenuhan
hajat hidup bermasyarakat
3.
mencari
keuntungan
4.
melayani
kepentingan umum sekaligus mencari laba
5.
menyediakan
lapangan kerja
Dari pernyataan tersebut diatas tujuan BUMN yang berbentuk persero
adalah....
A.
1
B.
2
C.
3
D.
5
E.
4
Kunci/ Pedoman penskoran:
E/ 1
Kartu
Soal 21
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII/ GANJIL
KompetensiDasar : Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem
informasi Indikator
soal : Peserta didik dapat.membedakan pihak-pihak yang menggunakan informasi
akuntansi. Materi :
Pemakai informasi akuntansi Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Berikut Pihak eksternal dan internal pemakai akuntansi adalah.......
1. perusahaan
2. Kreditor
3. Badan-badan
Pimpinan perusahaan
4. Pemilik perusahaan
5. Manajemen
pemerintah
Yang termasuk
pihak external pemakai akuntansi adalah .....
- 1, 3 dan 5
- 2, 3 dan 4
- 2, 4 dan 5
- 3, 4 dan 5
- 1, 3 dan 5
Kunci/ Pedoman penskoran:
C/ 1
Kartu
Soal 22
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII/ GANJIL
KompetensiDasar : Mendeskripsikan konsep persamaan dasar akuntansi. Indikator soal : Peserta didik dapat menganalisis persamaan dasar akuntansi Materi : Persamaan
dasar akuntansi Level Kognitif : C4 |
Soal
:
Pembelian peralatan
kantor seharga Rp 3.000.000,00 dibayar tunai Rp 1.500.000,00 dan sisanya
dibayar kemudian, dari transaksi diatas dalam persamaan akuntansinya adalah....
- peralatan kantor ( - ) Rp 3.000.000,00
Utang ( + ) Rp 1.500.000,00 Kas ( - ) Rp
1.500.000,00
- peralatan kantor ( + ) Rp 3.000.000,00 Kas
( - ) Rp 3.000.000,00
- peralatan kantor ( + ) Rp 3.000.000,00 Kas
( + ) Rp 1.500.000,00 Utang ( + )Rp 1.500.000,00
- peralatan kantor ( + ) Rp 3.000.000,00 Kas
( - ) Rp 1.500.000,00 Utang ( + ) Rp 1.500.00,00
- peralatan kantor ( + ) Rp 3.000.000,00 Kas
( - ) Rp 1.500.000,00 Utang ( - ) Rp 1.500.000,00
Kunci/ Pedoman penskoran:
D/1
Kartu
Soal 23
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII/ GANJIL
KompetensiDasar : Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan jasa. Indikator
soal : Peserta didik dapat menganalisis transaksi kedalam jurnal umum. Materi :
Jurnal Umum Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Service
Elektronik ”JAYA” telah menyelesaikan servis TV milik Pak Rahmat dengan biaya
servis Rp450.000,00 dari jumlah tersebut baru diterima Rp. 300.000,00 dan
sisanya akan dibayar bulan depan.
Kejadian di atas akan dicatat dalam jurnal umum oleh servis elektronik ”JAYA”
adalah….
A. Kas Rp.
300.000,00 - Utang usaha Rp.
150.000,00 - Pendapatan jasa service - Rp. 450.000,00
B. Kas Rp.
300.000,00 -
Pendapatan jasa service Rp.
150.000,00 -
Utang Usaha - Rp. 450.000,00
C. Pendapatan jasa Rp.
450.000,00 -
Kas - Rp. 300.000,00
Utang usaha - Rp. 150.000,00
D. Pendapatan jasa Rp.
450.000,00 -
Kas - Rp. 300.000,00
Piutang usaha - Rp. 150.000,00
E. Kas Rp.
300.000,00 -
Piutang usaha Rp.
150.000,00 -
Pendapatan jasa service - Rp. 450.000,00
Kunci/
Pedoman penskoran:
E/ 1
Kartu
Soal 24
KartuSoal
(Pilihan
Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII/ GANJIL
KompetensiDasar : Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan jasa. Indikator soal : Peserta didik
dapat menganalisis transaksi untuk membuat jurnal penyesuaian. Materi : Jurnal Penyesuaian Level Kognitif : C4 |
Soal
:
Pada tanggal 2 Januari 2011 perlengkapan sebesar Rp. 3.000.000,00 Pada akhir 31 Desember 2011 setelah diadakan
stock opname, perlengkapan yang masih ada sisa senilai Rp750.000,00 Ayat jurnal penyesuaian per 31 Desember 2011
adalah….
A.
Perlengkapan Rp2.250.000,00 | Beban
perlengkapan Rp2.250.000,00
B.
Beban perlengkapan Rp2.250.000,00 | Perlengkapan Rp2.250.000,00
C.
Beban perlengkapan Rp750.000,00 | Perlengkapan Rp750.000,00
D.
Perlengkapan Rp750.000,00 | Beban
perlengkapan Rp750.000,00
E.
beban perlengkapan Rp3.750.000,00 | Perlengkapan Rp3.750.000,00
Kunci/ Pedoman penskoran:
B/ 1
Kartu
Soal 25
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII/ GANJIL
KompetensiDasar : Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan jasa. Indikator soal : Peserta didik dapat menyusun laporan perubahan modal
berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja. Materi :
Laporan
keuangan pada perusahaan jasa Level Kognitif : C6 |
Soal
:
Data keuangan dua perusahaan jasa pada
periode 31 Desember 2017 sebagai berikut :
No. |
Servis Mobil King |
Servis Mobil Raja |
||
1. |
Modal akhir |
Rp59.000.000,00 |
Modal akhir |
Rp62.000.000,00 |
2. |
Modal awal |
Rp42.000.000,00 |
Modal awal |
Rp50.500.000,00 |
3. |
Prive |
Rp15.000.000,00 |
Prive |
Rp16.000.000,00 |
4. |
Pendapatan |
Rp23.000.000,00 |
Pendapatan |
Rp22.000.000,00 |
Berdasarkan
data di atas, kesimpulan yang benar adalah …
A. Laba Servis Mobil King lebih
besar Rp32.500.000,00 daripada Servis Mobil Raja Rp32.000.000,00.
B. Laba Servis Mobil King lebih
kecil Rp26.000.000,00 daripada Servis Mobil Raja Rp27.500.000,00.
C. Beban Servis Mobil King lebih
kecil Rp5.500.000,00 daripada Servis Mobil Raja Rp8.500.000,00.
D. Beban Servis Mobil King lebih
besar Rp9.000.000,00 daripada Servis Mobil Raja Rp5.500.000,00.
E. Modal akhir Servis Mobil Raja lebih besar
daripada Servis Mobil King sehingga beban lebih besar.
Kunci/ Pedoman penskoran:
D/1
Kartu
Soal 26
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII/ GENAP
KompetensiDasar : Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang. Indikator soal : Peserta didik dapat mengelompokkan transaksi ke dalam
jurnal penerimaan kas Materi
: Jurnal khusus Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Transaksi
pada PD Sejat isebagai berikut
:
- Dijual barang dagang kepada Toko Buana Rp.
1.000.000,- tunai
- Diterima pelunasan dari PD. Maju atas
pembelian bulan lalu sebesar Rp.
2.000.000,-
- Diterima cek dari Toko Berkah sebagai
pembayaran kekurangan utangnya sebesar Rp. 1.000.000,-
- Dibeli perlengkapan toko tunai Rp.
3.000.000,-
- Dijual barang dagang kepada Tuan Amir
sebesar Rp. 2.500.000,- dengan syarat 2/10, n/30
Transaksi
yang dicatat pada jurnal penerimaan kas adalah .....
A.
3,4 dan 5
B.
1,3 dan 4
C.
2,3 dan 4
D.
2,4 dan 5
E.
1,2 dan 3
Kunci/ Pedoman penskoran:
E/ 1
Kartu
Soal 27
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII/ GENAP
KompetensiDasar : Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang. Indikator soal : Peserta didik dapat menyusun jurnal penyesuaian persediaan barang
dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi Materi
:
Jurnal penyesuaian perusahaan dagang Level Kognitif : C6 |
Soal
:
Neraca saldo (sebagian) PD.
Mahkota per 31 Desember 2016:
No. Akun |
Nama Akun |
D |
K |
113 411 421 422 511 |
Persediaan barang dagang Penjualan Pembelian Retur pembelian Beban gaji |
Rp51.000.000,00 – Rp33.000.000,00 – Rp30.000.000,00 |
– Rp29.000.000,00 – Rp12.000.000,00 – |
Persediaan barang
dagang per 31 Desember 2016 sebesar Rp48.000.000,00.
Jurnal
penyesuaian dengan pendekatan Ikhtisar Laba/Rugi yang benar adalah ....
A. |
Persediaan barang dagang |
Rp51.000.000,00 |
– |
|
Ikhtisar Laba/Rugi |
– |
Rp51.000.000,00 |
B. |
Ikhtisar Laba/Rugi |
Rp48.000.000,00 |
– |
|
Persediaan barang dagang |
– |
Rp48.000.000,00 |
C. |
Persediaan barang dagang |
Rp48.000.000,00 |
– |
|
Ikhtisar Laba/Rugi |
– |
Rp48.000.000,00 |
D. |
Persediaan barang dagang |
Rp33.000.000,00 |
– |
|
Pembelian |
– |
Rp33.000.000,00 |
E. |
Ikhtisar Laba/Rugi |
Rp33.000.000,00 |
– |
|
Pembelian |
– |
Rp33.000.000,00 |
Kunci/ Pedoman penskoran:
C/ 1
Kartu
Soal 28
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII/ GENAP
KompetensiDasar : Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang. Indikator soal : Peserta didik dapat menyusun laporan laba-rugi Materi :
Laporan Laba/
Rugi Level Kognitif : C6 |
Soal
:
Data PD “Krisna” tanggal 31 Desember 2016 sebagai berikut:
(1) |
Persediaan 1 Januari 2016 |
: Rp42.000.000,00 |
(2) |
Persedian 31 Desember 2016 |
: Rp36.000.000,00 |
(3) |
Pembelian |
: Rp61.000.000,00 |
(4) |
Beban angkut pembelian |
: Rp2.000.000,00 |
(5) |
Potongan pembelian |
: Rp1.000.000,00 |
(6) |
Penjualan |
: Rp76.000.000,00 |
(7) |
Retur penjualan |
: Rp2.000.000,00 |
(8) |
HPP |
: Rp72.000.000,00 |
Berdasarkan
data di atas, besar retur pembelian adalah ….
A. Rp2.000.000,00
B. Rp4.000.000,00
C. Rp5.000.000,00
D. Rp11.000.000,00
E. Rp16.000.000,00
Kunci/ Pedoman penskoran:
B/1
Kartu
Soal 29
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII/ GANJIL
KompetensiDasar : Menyusun laporan keuangan
perusahaan jasa Indikator
soal : Peserta didik dapat menentukan modal akhir berdasarkan saldo akun
dalam kertas kerja. Materi :
Laporan
perubahan modal Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Perusahaan Bimo Jaya mempunyai data sbb :
- Modal awal Rp30.000.000,00
- Laba usaha Rp 8.000.000,00
- Prive
Rp 2.000.000,00
Maka modal modal akhir perusahaan Bimo Jaya adalah….
A.
Rp. 30.000.000,00
B.
Rp. 32.000.000,00
C.
Rp. 38.000.000,00
D.
Rp. 36.000.000,00
E.
Rp. 36.500.000,00
Kunci/ Pedoman penskoran:
D/1
Kartu
Soal 30
KartuSoal
(Pilihan
Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII/ GENAP
KompetensiDasar : Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang Indikator
soal : Disajikan data suatu perusahaan, peserta didik diharapkan dapat
menentukan laba bersih sebelum pajak Materi
: Laporan Rugi/ Laba Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Data
keuangan sebagian dari PD
“MAMAN” sebagai berikut:
Ø Penjualan
Rp20.000.000,00
Ø Retur penjualan Rp2.000.000,00
Ø Potongan penjualan Rp150.000,00
Ø Persediaan per 1 Januari 2011 Rp2.000.000,00
Ø Persediaan per 31 Desember 2011
Rp1.750.000,00
Ø Pembelian bersih Rp10.000.000,00
Ø Retur pembelian Rp1.500.000,00
Ø Potongan pembelian Rp500.000,00
Ø Beban Gaji Rp1.000.000,00
Ø Beban lain-lain Rp600.000,00
Ø Pajak 10 %
Dari data di atas besarnya laba bersih setelah pajak PD Maman
adalah ….
A. Rp2.700.000,00
B. Rp3.300,000,00
C. Rp5.400.000,00
D. Rp5.000.000,00
E. Rp5.500.000,00
Kunci/ Pedoman penskoran:
C/1
Kartu
Soal 31
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GANJIL
KompetensiDasar : Mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar. Indikator soal : Peserta didik dapat mengidentifikasi instrumen pasar keuangan Materi
: Pasar keuangan Level Kognitif : C1 |
Soal
:
Instrumen
– instrumen pasar uang dan pasar modal sebagai berikut:
1.
Saham
2.
Call Money
3.
Surat Utang
Negara
4.
Sertifikat
Bank Indonesia
5.
Obligasi
Yang termasuk instrumen pasar uang adalah nomor ....
A.
1, 2 dan 3
B.
1, 3 dan 4
C.
1, 4 dan 5
D. 2,
3 dan 4
E.
2, 4 dan 5
Kunci/ Pedoman penskoran:
D/ 1
Kartu
Soal 32
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XI/ GANJIL
KompetensiDasar : Menganalisis permasalahan ketenagakerjaan dalam pembangunan ekonomi. Indikator soal : peserta didik dapat menggolongkan jenis-jenis pengangguran Materi : Ketenagakerjaan Level Kognitif : C3 |
Soal
:
32. Pak Ahmad dikeluarkan dari
perusahaannya karena perusahaan tersebut mengalami kapasitas produksi (over produksi)
karena permintaan pasar terus-menerus menurun.Maka pak Ahmad tadi tergolong..
A. Pengangguran musiman
B. Pengangguran friksional
C. Pengangguran struktural
D.
Pengangguran siklis
E.
Pengangguran tak
kentara
Kunci/ Pedoman penskoran:
D/1
Kartu
Soal 33
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII/ GENAP
KompetensiDasar : Menganalisis tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan
dagang. Indikator soal : Peserta didik dapat menganalisis jurnal penyesuaian Materi : Jurnal penyesuaian Level Kognitif : C4 |
Soal
:
30.
Data
neraca saldo Perusahaan Jasa “TEGUH” per 31 Desember 2009:
No |
Perkiraan |
Debet |
Kredit |
101 |
Kas |
Rp5.000.000,00 |
|
103 |
Perlengkapan |
Rp1.000.000,00 |
|
105 |
Sewa
dibayar dimuka |
Rp6.000.000,00 |
|
Data
penyesuaian 31 Desember 2009 menyatakan:
1. Sewa dibayar untuk 3 bulan
mulai tanggal 1 Desember 2009
2. Perlengkapan yang terpakai
Rp 300.000,00
Jurnal penyesuaian yang benar adalah ….
A. Beban perlengkapan Rp300.000,00 -
Perlengkapan - Rp300.000,00
B. Perlengkapan Rp300.000,00 -
Beban perlengkapan - Rp300.000,00
C. Perlengkapan Rp700.000,00 -
Beban perlengkapan - Rp700.000,00
D. Sewa dibayar dimuka Rp4.000.000,00 -
Beban sewa - Rp4.000.000,00
E. Beban sewa Rp4.000.000,00 -
Sewa dibayar
dimuka - Rp4.000.000,00
Kunci/ Pedoman penskoran:
A/ 1
Kartu
Soal 34
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XI/ GANJIL
KompetensiDasar : Menganalisis konsep
pertumbuhan ekonomi dan pembangunan
ekonomi serta permasalahan dan cara mengatasinya. Indikator soal : Peserta didik dapat menghitug
tingkat pertumbuhan ekonomi Materi :
Pertumbuhan
ekonomi Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Suatu
negara pada tahun 2013 memiliki GNP sebesar 250 trilyun, sedangkan GNP tahun
2014
sebesar 260 trilyun, pertumbuhan ekonomi negara tersebut adalah…
A.
4 %
B.
5 %
C.
5,5 %
D.
6 %
E.
6,5 %
Kunci/ Pedoman penskoran:
A/ 1
Kartu
Soal 35
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GANJIL
KompetensiDasar : Mengidentifikasi konsep ilmu ekonomi Indikator
soal : Peserta didik dapat menguraikan pemyebab
kelangkaan Materi Materi :
Kelangkaan. Level Kognitif : C2 |
Soal
:
Konversi minyak tanah ke gas yang
serentak diberbagai daerah setempat menyebabkan kelangkaan gas yang
mengakibatkan naiknya harga gas elpiji.
Berikut adalah hal-hal yang dapat
menyebabkan kelangkaan, kecuali ......
A.
Perang
B.
Bencana
alam
C.
Sumber
daya alam yang terbatas
D.
Keterbatasan
kemampuan manusia
E.
Tingginya
tingkat teknologi sehingga dapat memproduksi yang banyak
Kunci/ Pedoman penskoran:
E/ 1
Kartu
Soal 36
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XI/ GANJIL
KompetensiDasar : Indikator soal : Materi Materi :
Level Kognitif : |
Soal
:
Pak Budiiman berusaha memanfaatkan plastik-plastik bekas untuk didaur
ulang menjadi
beraneka macam kerajinan. Bahan baku yang tersedia
melimpah dan harganya murah.
Setelah diproses dan dijual kepada konsumen ternyata
memberikan keuntungan.
Hal ini menunjukkan bahwa Pak Budiman memiliki
ciri-ciri wirausaha, yaitu…
A.
Inovatif
B.
Mampu berkomunikasi
C.
Jujur dan percaya diri
D.
berani mengambil risiko
E.
ulet dan pantang menyerah
Kunci/ Pedoman penskoran:
A/ 1
Kartu
Soal 37
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XI/ GANJIL
KompetensiDasar : Indikator soal : Materi Materi :
kebijakan
moneter dan fiskal Level Kognitif : |
Soal
:
Beberapa kebijakan ekonomi
:
1.
Kebijakan penetapan persediaan kas
2. Kebijakan pasar terbuka
3. Kebijakan menaikkan tarif pajak
4. Kebijakan menaikkan tarif produksi
5. Kebijakan menghemat pengeluaran pemerintah
Dari
pernyataan tersebut yang termasuk kebijakan moneter adalah .....
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 3
D.
2 dan 5
E.
4 dan 5
Kunci/ Pedoman penskoran:
A/ 1
Kartu
Soal 38
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GENAP
KompetensiDasar : Indikator soal : Materi Materi :
Konsumsi dan
Tabungan Level Kognitif : |
Soal
:
Bpk. Mardan memiliki pendapatan awal sebesar Rp1.000.000,00 dengan
fungsi konsumsi
C = 150.000 + 0,70Y.
Pada saat pendapatannya naik menjadi Rp3.500.000,00 maka besarnya tabungan yang
dimiliki Bpk. Mardan adalah ….
A. Rp150.000,00
B. Rp750.000,00
C. Rp850.000,00
D. Rp900.000,00
E. Rp2.600.000,00
Kunci/ Pedoman penskoran:
D/ 1
Kartu
Soal 39
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII/ GANJIL
KompetensiDasar : Menyusun laporan keuangan
perusahaan jasa Indikator soal : Peseta didik dapatmenyusun laporan keuangan
perusahaan jasa Materi Materi :
Kertas kerja Level Kognitif : C6 |
Soal
:
Kertas
kerja sebagian Perusahaan Jasa Tirta per 31 Desember 2011.
No |
Nama Akun |
Neraca Sisa |
Penyesuaian |
NS Disesuaikan |
Laba / Rugi |
Neraca |
|||||
|
|
D |
K |
D |
K |
D |
K |
D |
K |
D |
K |
1 |
Kendaraan |
100.000 |
- |
- |
|
100.000 |
- |
- |
- |
100.000 |
- |
2 |
Akum.Peny.Kendaraan |
- |
20.000 |
- |
10.000 |
- |
30.000 |
- |
- |
- |
30.000 |
3 |
Prive
Jaka |
2.000 |
- |
- |
- |
2.000 |
- |
|
- |
2.000 |
- |
4 |
Beban
Asuransi |
6.000 |
- |
- |
2.000 |
4.000 |
- |
4.000 |
- |
- |
- |
5 |
B.Peny.Kendaraan |
- |
- |
10.000 |
- |
10.000 |
- |
- |
- |
10.000 |
- |
6 |
Asuransi dibyr di muka |
- |
- |
2.000 |
- |
2.000 |
- |
2.000 |
- |
|
- |
Penyelesaian kertas kerja sebagian di atas
yang benar adalah....
A.
1, 2, dan 3
B.
1, 2, dan 4
C. 2,
4, dan 5
D. 2, 4, dan 6
E. 3, 5, dan 6
Kunci/ Pedoman penskoran:
B/ 1
Kartu
Soal 40
KartuSoal
(Pilihan Ganda)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII/ GENAP
KompetensiDasar : Menganalisis tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan
dagang. Indikator soal : Peserta didik dapatmenganalisis tahapan penutupan siklus akuntansi pada perusahaan dagang Materi Materi :
Jurnal penutup Level Kognitif : C4 |
Soal
:
Di bawah ini adalah data sebagian kertas kerja
pada kolom R/ L “ PD Maju”
No |
Nama
Akun |
Rugi
/ Laba |
|
Debet |
Kredit |
||
|
Pendapatan bunga Pembelian Beban Angkut
pembelian Beban gaji |
- 9.500.000 300.000 10.000.000 |
1.500.000 |
Berdasarkan sebagian data kertas kerja
diatas maka jurnal penutup yang dibuat perusahaan dagang Maju :
1.
Pendapan bunga Rp.
1,500.000,- -
Ikhtisar laba/rugi Rp. 1.500.000,-
2.
Ikhtisar labba/ rugi Rp. 300.000,-
Beban angkut pembelian Rp. 300.000,-
3.
Pembelian Rp. 9.500.000,-
Ikhtisar laba/rugi Rp. 9.500.000,-
4.
Beban gaji Rp. 10.000.000,-
Ikhtisar laba/rugi Rp. 10.000.000,-
Jurnal
penutup yang benar adalah...
- 1 dan 2
- 1 dan 3
- 2 dan 3
- 2 dan 4
- 3 dan 4
Kunci/ Pedoman penskoran:
A/ 1
Kartu
Soal 1
KartuSoal
(Uraian)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XII/ GENAP
KompetensiDasar : Menganalisis penyusunan siklus akuntansi pada perusahaan dagang. Indikator soal : Peserta didik dapat mxenghitung Harga Pokok Penjualan Materi :
Harga Pokok
Penjualan Level Kognitif : C3 |
Soal
:
1. Berikut sebagian data dari suatu
perusahaan dagang.
-
Persediaan
barang dagang ( 1/1 ) ……………….Rp
2.100.000,00
-
Pembelian………………………………………..Rp
24.000.000,00
-
Beban
angkut pembelian ………………………..Rp
300.000,00
-
Beban
angkut penjualan…………………………Rp
200.000,00
-
Retur
pembelian ………………………………...Rp
150.000,00
-
Potongan
pembelian …………………………….Rp 250.000,00
-
Retur
penjualan………………………………….Rp 100.000,00
-
Potongan
penjualan …………………………......Rp
300.000,00
-
Persediaan
barang ( 31/12 ) ……………………..Rp
2.500.000,00
- Penjualan ………………………………………..Rp36.000.000,00
Berdasarkan data tersebut di atas
hitunglah besarnya Harga Pokok Penjualan (HPP)!
Kunci/ Pedoman penskoran:
Kartu
Soal 2
KartuSoal
(Uraian)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GENAP
KompetensiDasar : Mendeskripsikan bank
sentral, sistem pembayaran, dan alat pembayaran dalam perekonomian Indonesia. Indikator soal : Peserta didik dapat menghitung kurs mata uang berdasarkan system
pembayaran internasional Materi :
Sistem pembayaran internasixonal Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Perhatikan tabel harga valuta asing berikut !
Mata
Uang |
Kurs
Beli |
Kurs
Jual |
£ |
Rp17.150,00 |
Rp17.400,00 |
¥ |
Rp650,00 |
Rp780,00 |
€ |
Rp13.350,00 |
Rp13.500,00 |
Kirana
sedang menempuh pendidikan di University of Tokyo dan hendak berlibur ke
Finlandia dengan dengan membawa uang ¥79.000. Di perjalanan ia transit di kota
London untuk membeli berbagai ensiklopedia terbaru seharga £500. Setelah itu ia
melanjutkan liburannya ke Finlandia dan selama liburan itu ia telah
menghabiskan uang €3.000. Berapa besar sisa uang rupiah yang masih
dimiliki Kirana setelah pulang kembali ke Indonesia? (Kerjakan beserta langkah
penyelesaiannya)
Kunci/ Pedoman penskoran:
Kartu
Soal 3
KartuSoal
(Uraian)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GANJIL
KompetensiDasar : Mendeskripsikan terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar. Indikator soal : Peserta didik mampu menentukan harga keseimbangan setelah pajak. Materi :
Harga keseimbangan Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Fungsi permintaan suatu barang Qd = -
0,5P + 7,5 dan fungsi penawarannya Qs = P – 3. Jika pemerintah menetapkan pajak
Rp3,-/ unit, harga keseimbangan setelah pajak yang tercipta di pasar adalah….
Kunci/ Pedoman penskoran:
Kartu
Soal 4
KartuSoal
(Uraian)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : XI/ GANJIL
KompetensiDasar : Menganalisis konsep dan metode penghitungan pendapatan nasional Indikator soal : Peserta didik dapat menghitung pendapatan nasional Materi :
Pendapatan
Nasional Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Data untuk perhitungan
pendapatan nasional Negara Sinerta.
Upah.............................................
Rp850 miliar
Bunga modal................................
Rp200 miliar
Laba
usaha.................................... Rp200 miliar
Sewa
tanah …………………................Rp350 miliar
Pengeluaran
rumah tangga............Rp750 miliar
Belanja
pemerintah........................Rp500 miliar
Investasi.........................................
Rp600 miliar
Ekspor………………………………………….Rp. 40 miliar
Impor...............................................
Rp50 miliar
Berdasarkan
data di atas, hitunglah pendapatan
nasional Negara Sinerta dengan menggunakan metode pendakatan pengeluaran!
Kunci/ Pedoman penskoran:
Kartu
Soal 5
KartuSoal
(Uraian)
Mata Pelajaran : EKONOMI
Kelas/Semester : X/ GANJIL
KompetensiDasar : Mendeskripsikan
terbentuknya keseimbangan pasar dan struktur pasar. Indikator soal : Peserta didik dapat menentukan elastisitas permintaan Materi :
Permintaan dan
penawaran Level Kognitif : C3 |
Soal
:
Perhatikan berikut ini!
Harga |
Permintaan |
Rp4.000,00 |
500 |
Rp6.000,00 |
400 |
Berdasarkan
tabel tersebut, hitung besarnya elastisitas permintaan!
Kunci/ Pedoman penskoran:
0 Komentar