MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS HIKAYAT [Kurikulum Merdeka]

 
Administrasi guru adalah suatu petunjuk kerja atau pedoman belajar yang digunakan guru untuk kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung lebih efektif dan efisien. Administrasi guru ini merupakan hal penting yang harus dipersiapkan oleh guru, baik dari tingkat pendidikan SD hingga SMA/SMK.

Dalam Kurikulum Merdeka, memberi kebebasan kepada bapak/ ibu guru untuk merancang dan mendesain kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan murid di kelas. Oleh karena itu postingan ini bisa menjadi referensi anda dalam menyusun dan merancang Modul Pembelajaran lebih khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Modul ajar yang saya bagikan ini berupa modul ajar teks laporan hasil observasi, teks anekdot, teks negosiasi, teks hikayat, teks biografi dan mendalami puisi. Untuk mengunduh dalam bentuk word silahkan Klik di sini. Atau anda bisa meng-copy postingan saya di bawah ini! Semoga bermanfaat!

Modul Ajar Teks Hikayat

 

MODUL AJAR

MENYUSURI NILAI DALAM CERITA LINTAS ZAMAN

 

INFORMASI UMUM

 

I.     IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun                   :   

Satuan Pendidikan               :    SMA

Kelas / Fase                           :    X (Sepuluh) - E

Mata Pelajaran                     :    Bahasa dan Sastra Indonesia

Materi                                    :   Teks Hikayat

Prediksi Alokasi Waktu       :    3 x Pertemuan (120 Menit x  12 JP)

 

II.   KOMPETENSI AWAL

·       Menyimak hikayat yang dibacakan oleh orang lain untuk memahami dan menganalisis pesan dalam teks narasi berbentuk hikayat.

·       Membaca untuk menilai dan mengkritisi karakterisasi serta plot pada hikayat dan cerpen. Mengaitkannya dengan nilai-nilai kehidupan yang berlaku pada masa lalu dan sekarang.

·       Menggunakan kaidah-kaidah bahasa yang digunakan dalam hikayat dan cerpen.

·       Menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan reflektif dalam bentuk teks fiksi dan mempublikasikannya di media cetak maupun digital

·       Menyajikan teks narasi dalam bentuk monolog secara runut dan kreatif.

 

III.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

Beriman, bertakwa kepada Tuhan yag maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif, inovatif, mandiri, berkebhinekaan global

 

IV.  SARANA DAN PRASARANA

1. Gawai                               4. Buku Teks                            7. Handout materi

2. Laptop/Komputer PC      5. Papan tulis/White Board      8. Infokus/Proyektor/Pointer

3. Akses Internet                  6. Lembar kerja                         9. Referensi lain yang mendukung

 

V.   TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 

VI.  MODEL PEMBELAJARAN

Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL).

 

 

 

 


KOMPONEN INTI

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·       Menyimak hikayat yang dibacakan oleh orang lain untuk memahami dan menganalisis pesan dalam teks narasi berbentuk hikayat.

·       Membaca untuk menilai dan mengkritisi karakterisasi dan plot pada hikayat dan cerpen serta mengaitkannya dengan nilai-nilai kehidupan yang berlaku pada masa lalu dan sekarang.

·       Memahami kaidahkaidah bahasa yang digunakan dalam menulis teks hikayat dan cerpen.

·       Menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan reflektif dalam bentuk teks fiksi dan mempublikasikannya di media cetak maupun digital

·       Menyajikan teks narasi dalam bentuk monolog secara runut dan kreatif.

 

II.   PEMAHAMAN BERMAKNA

·       Mampu mengidentifikasi karakteristik hikayat dan nilai-nilai yang terkandung dalam hikayat.

·       Dapat menggunakan nilai-nilai yang terkandung dalam hikayat untuk membuat cerita pendek.

 

III.  PERTANYAAN PEMANTIK

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 1

·       Apa yang kalian ketahui tentang hikayat?

·       Apa yang dimaksud dengan nilai dalam hikayat?

·       Apa yang membedakan hikayat dengan cerpen?

 

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 2

·       Menanyakan kepada siswa tentang tokoh favorit mereka, baik dalam cerpen, novel, maupun film.

 

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 3

·       Mengajak siswa untuk menceritakan kebiasaan mereka mulai dari bangun tidur hingga sampai di sekolah dengan menggunakan alur mundur

 

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 4

·       Mengajak siswa untuk membuat sebuah cerita lisan berantai dari sebuah foto/gambar/benda yang ada di kelas.

 

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 5

·       Menampilkan video gerak henti atau drama yang diangkat dari cerpen.

 

 

 

 

 

IV.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE-1

No

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan

15 menit

Peserta didik menjawab salam dengan santun dan berdoa.

Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk belajar serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan lingkungan sekitar bangku.

Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang diajukan oleh pendidik.

Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

2

Kegiatan Inti

95 menit

Pemberian Rangsangan (Stimulation)

Peserta didik mendapatkan pengantar materi terkait karakterisasi dan plot dalam hikayat serta cerpen dari guru atau sumber lainnya

Peserta didik menyimak video hikayat yang ditayangkan oleh pendidik melalui proyektor LCD. (Mengamati)

Pernyataan/ Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan dengan isi video hikayat yang ditonton. (Menanya)

Peserta didik mengidentifikasi ide dan makna kata yang terdapat dalam video dan teks hikayat.

Pengumpulan Data (Data Collection)

Peserta didik duduk secara berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang.

Peserta didik berdiskusi dengan kelompok untuk memecahkan masalah yang ada di LKPD. (Mengumpulkan Informasi)

Pengolahan Data (Data Processing)

Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan dan mengidentifikasi informasi yang didapatkan melalui video dan teks berdasarkan panduan dari LKPD yang diberikan. (Mengolah Informasi)

Peserta didik diminta menemukan  isi pokok, nilai-nilai dan makna kata dalam hikayat berdasarkan teks hikayat yang dibaca.

Pembuktian (Verification)

Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan dari guru.

Peserta didik memeriksa kembali dengan cermat hasil analisis teks hikayat dengan berdiskusi kelompok.

Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan)

Menarik Simpulan/ Generalisasi (Generalization)

Peserta didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik.

3

Kegiatan Penutup

10 menit

Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar sesuai arahan pendidik.

Refleksi pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan

Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar.

Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

 

PERTEMUAN KE-2

No

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan

15 menit

Peserta didik menjawab salam dengan santun dan berdoa.

Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk belajar serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan lingkungan sekitar bangku.

Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang diajukan oleh pendidik.

Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

2

Kegiatan Inti

95 menit

Pemberian Rangsangan (Stimulation)

Peserta didik mendapatkan pengantar materi terkait karakterisasi dan plot dalam hikayat serta cerpen dari guru atau sumber lainnya

Peserta didik menyimak video hikayat yang ditayangkan oleh pendidik melalui proyektor LCD. (Mengamati)

Pernyataan/ Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan dengan isi teks hikayat yang telah dibaca. (Menanya)

Peserta didik mengidentifikasi kaidah bahasa yang terdapat dalam video dan teks hikayat.

Pengumpulan Data (Data Collection)

Peserta didik duduk secara berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang.

Peserta didik berdiskusi dengan kelompok untuk memecahkan masalah yang ada di LKPD. (Mengumpulkan Informasi)

Pengolahan Data (Data Processing)

Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan dan mengidentifikasi informasi yang didapatkan melalui video dan teks berdasarkan panduan dari LKPD yang diberikan. (Mengolah Informasi)

Peserta didik diminta menemukan  kaidah bahasa hikayat berdasarkan teks hikayat yang dibaca

Pembuktian (Verification)

Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan dari guru.

Peserta didik memeriksa kembali dengan cermat hasil analisis teks hikayat dengan berdiskusi kelompok.

Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan)

Menarik Simpulan/ Generalisasi (Generalization)

Peserta didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik.

3

Kegiatan Penutup

10 menit

Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar sesuai arahan pendidik.

Refleksi pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan

Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar.

Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

 

PERTEMUAN KE-3

No

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan

15 menit

Peserta didik menjawab salam dengan santun dan berdoa.

Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk belajar serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan lingkungan sekitar bangku.

Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang diajukan oleh pendidik.

Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

2

Kegiatan Inti

95 menit

Pemberian Rangsangan (Stimulation)

Peserta didik diarahkan untuk memilih dan menentukan cerita hikayat yang ada di daerahnya berdasarkan informasi dari berbagai sumber.

Peserta didik mengamati dan mengidentifikasi informasi yang diberikan. (Mengamati)

Pernyataan/ Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan. (Menanya)

Peserta didik membuat rencana penulisan hikayat dengan teknik Adiksimba.

Pengumpulan Data (Data Collection)

Peserta didik duduk secara berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang.

Peserta didik berdiskusi dengan kelompok untuk mengembangkan informasi yang didapat selama observasi menjadi sebuah teks laporan hasil observasi. (Mengumpulkan Informasi)

Pengolahan Data (Data Processing)

Peserta didik diarahkan untuk membandingkan informasi yang didapat di lapangan dengan informasi dari sumber lain yang relevan. (Mengolah Informasi)

Pembuktian (Verification)

Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan dari pendidik.

Peserta didik memeriksa kembali dengan cermat hasil rancangan teks hikayat dengan berdiskusi kelompok.

Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan)

Peserta didik membuat media presentasi cerita hikayat dengan menggunakan media canva.

Menarik Simpulan/ Generalisasi (Generalization)

Peserta didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik.

3

Kegiatan Penutup

10 menit

Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar.

Refleksi pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan

Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar.

Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

 

V.   ASESMEN

a)    Penilaian Sikap / Profil Pelajar Pancasila

Selama proses mengajar berlangsung guru mengamati profil pelajar Pancasila pada siswa dalam pembelajaran yang meliputi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kebhinekaan Global, Mandiri, Bernalar Kritis, Gotong Royong dan Kreatif (Instrumen Terlampir)

b)    Penilaian Pengetahuan

Penilaian pengetahuan yang dilakukan pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai adalah dengan tes tertulis (Instrumen Terlampir)

c)    Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan yang dilakukan pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai adalah dengan tes unjuk kerja / praktek (Instrumen Terlampir)

 

VI.  PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pengayaan

·      Siswa dapat membaca teks hikayat lainnya

·      Siswa dapat diminta untuk mengubah bagian teks hikayat lainnya.

·      Siswa dapat mengubah cerpen yang dibuat menjadi film gerak henti seperti yang terdapat pada kegiatan “kreativitas” di buku siswa sebagai pekerjaan rumah. Jika fasilitas tidak memungkinkan dapat juga mengubah cerpen menjadi naskah drama pendek.

·      Siswa dapat diminta untuk mengamati cara presentasi para tokoh publik maupun para pembawa acara melalui media yang ada. Siswa dapat diminta agar melakukan penilaian antarteman untuk memilih penyaji terbaik.

 

Remedial

·       Siswa diminta untuk menjawab secara lisan mengenai kegiatan pembelajaran hari ini. Guru dapat memberikan skala 0–100 yang dapat dipilih siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap materi maupun aktivitas yang telah dilakukan.

 

VII.     REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK

Refleksi Guru:

1. Apakah kegiatan pembelajaran berlangsung dengan baik?

2. Apa momen paling berkesan saat proses kegiatan pembelajaran?

3. Apa tantangan yang dihadapi saat proses kegiatan pembelajaran?

4. Bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut?

 

Refleksi Peserta Didik:

Tandai kegiatan yang sudah dilakukan atau pengetahuan yang sudah dipahami dengan tanda centang (√).

Tabel Refleksi Pembelajaran

Pada Bab 3 ini

Sudah dapat

Masih perlu belajar lagi

Rencana tindak lanjut

Peserta didik mampu memahami dan menganalisis informasi dalam hikayat yang dibacakan.

 

 

 

Peserta didik mampu menganalisis pesan dalam teks hikayat yang dibacakan

 

 

 

Peserta didik mampu menilai dan mengkritisi karakterisasi dan plot pada teks hikayat.

 

 

 

Peserta didik mampu menulis cerpen berdasarkan nilai yang terkandung dalam hikayat dan mempublikasikannya di media cetak maupun digital.

 

 

 

Peserta didik mampu memahami kaidah-kaidah bahasa yang digunakan dalam hikayat dan cerpen.

 

 

 

Peserta didik mampu mempresentasikan cerita pendek dengan menggunakan media yang tepat sesuai dengan perhatian dan minat pendengarnya.

 

 

 

Peserta didik mampu menulis resensi buku.

 

 

 

 

Hitunglah persentase penguasaan materi kalian dengan rumus berikut:

(Jumlah materi yang kalian kuasai/jumlah seluruh materi) 100%

1. Jika 70—100% materi di atas sudah dikuasai, peserta didik diberi aktivitas pengayaan.

2. Jika materi yang dikuasai masih di bawah 70%, peserta didik mendiskusikan kegiatan remedial yang dapat dilakukan dengan guru.

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                                        ……, ………………… 202

Kepala Sekolah                                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

………………                                                                                    ……………….

NIP. …………                                                                                   NIP. ……

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH: FORMAT PROGRAM SUPERVISI TENDIK

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS ANEKDOT [Kurikulum Merdeka]

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS LHO [Kurikulum Merdeka]

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)