MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS LHO [Kurikulum Merdeka]
Administrasi
guru adalah suatu petunjuk kerja atau pedoman belajar yang digunakan guru untuk
kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung lebih
efektif dan efisien. Administrasi guru ini merupakan hal penting yang harus
dipersiapkan oleh guru, baik dari tingkat pendidikan SD hingga SMA/SMK.
Dalam
Kurikulum Merdeka, memberi kebebasan kepada bapak/ ibu guru untuk merancang dan
mendesain kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan murid di kelas. Oleh karena
itu postingan ini bisa menjadi referensi anda dalam menyusun dan merancang
Modul Pembelajaran lebih khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.
Modul ajar
yang saya bagikan ini berupa modul ajar teks laporan hasil observasi, teks anekdot,
teks negosiasi, teks hikayat, teks biografi dan mendalami puisi. Untuk
mengunduh dalam bentuk word silahkan Klik di sini. Atau anda bisa meng-copy
postingan saya di bawah ini! Semoga bermanfaat!
Modul Ajar Teks Laporan Hasil
Observasi (LHO)
MODUL AJAR
MENGUNGKAP FAKTA ALAM SECARA OBJEKTIF
INFORMASI UMUM |
I. IDENTITAS
MODUL
Nama Penyusun :
Satuan Pendidikan :
Kelas / Fase : X
(Sepuluh) - E
Mata Pelajaran : Bahasa
dan Sastra Indonesia
Materi :
Teks Laporan Hasil Observasi
Prediksi Alokasi Waktu : 4 x Pertemuan (120 Menit x 12 JP)
II. KOMPETENSI
AWAL
· Mengevaluasi
informasi yang tidak akurat dan bias dalam laporan hasil observasi dengan
kritis dan reflektif. Memahami dan menganalisis gagasan dalam laporan hasil observasi
dengan kritis dan refletif.
· Memahami
informasi pada teks laporan dan menilai akurasi serta kualitas data dalam laporan
hasil observasi menggunakan informasi pada teks eksplanasi sebagai pembanding.
· Menulis
informasi dalam bentuk laporan hasil observasi secara logis dan etis.
· Mengubah
laporan hasil observasi ke dalam format kreatif.
· Mempresentasikan
laporan hasil observasi dengan runut dan menggunakan intonasi yang tepat
III. PROFIL
PELAJAR PANCASILA
Beriman,
bertakwa kepada Tuhan yag maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif,
inovatif, mandiri, berkebhinekaan global
IV. SARANA
DAN PRASARANA
1. Gawai 4. Buku Teks 7. Handout materi
2.
Laptop/Komputer PC 5. Papan
tulis/White Board 8.
Infokus/Proyektor/Pointer
3. Akses
Internet 6. Lembar kerja 9. Referensi lain yang
mendukung
V. TARGET
PESERTA DIDIK
Peserta didik reguler/tipikal: umum,
tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.
VI. MODEL
PEMBELAJARAN
Blended learning melalui model
pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL)
terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning
(SEL).
KOMPONEN INTI |
I. TUJUAN
PEMBELAJARAN
· Mengevaluasi
informasi yang tidak akurat dan bias dalam laporan hasil obsevasi dengan kritis
dan reflektif. Memahami dan menganalisis gagasan dalam laporan hasil observasi
dengan kritis dan refletif.
· Memahami
informasi pada teks laporan dan menilai akurasi serta kualitas data dalam
laporan hasil observasi menggunakan informasi pada teks eksplanasi sebagai
pembanding.
· Menulis
informasi dalam bentuk laporan hasil observasi secara logis dan etis.
· Mengubah
laporan hasil observasi ke dalam format kreatif
· Mempresentasikan
laporan hasil observasi dengan runtut dan menggunakan intonasi yang tepat
II. PEMAHAMAN
BERMAKNA
· Mampu
mendokumentasikan observasi yang dilakukan agar lebih bermakna dalam bentuk
laporan hasil observasi yang objektif.
· Memahami
struktur laporan hasil observasi dan kaidah-kaidah bahasa yang digunakan dalam
menyusun laporan hasil observasi.
III. PERTANYAAN
PEMANTIK
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 1
· Seperti
apakah laporan hasil observasi yang objektif?
· Bagaimana
menggunakan informasi lain untuk mendukung hasil observasi kalian?
·
Mengapa laporan hasil observasi harus
objektif?
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 2
·
Tanyakan kepada siswa pertanyaan berikut: apa yang dapat kalian lakukan
untuk meyakinkan bahwa informasi yang kalian temukan telah sesuai dengan fakta
yang diketahui masyarakat umum? Guru juga dapat mengembangkan pertanyaan
lain.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 3
·
Mengajak siswa untuk bermain permainan
“Siapakah Aku?”. Siswa menebak hewan/benda/tempat yang disebutkan ciri-cirinya
oleh guru. Guru dapat juga meminta perwakilan siswa untuk menyebutkan ciri-ciri
dan siswa lain menebak.
Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 4
·
Menantang siswa untuk melakukan tongue twister atau pembelit lidah
dengan mengucapkan kalimat berikut secara cepat. “Toko-toko di kota kita tutup
ketika kita tetap buka toko kita.” Atau “Kuku-kuku kaki kakekku kaku-kaku
karena tertusuk paku.”
IV. KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN
KE-1
No |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
1 |
Pendahuluan |
15 menit |
|
Peserta didik menjawab
salam dengan santun dan berdoa. |
|||
Peserta didik menyiapkan diri agar
siap untuk belajar
serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan
lingkungan sekitar
bangku. |
|||
Peserta didik menyimak
penjelasan serta menjawab beberapa
pertanyaan pemantik
yang diajukan oleh pendidik. |
|||
Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi
dan karakter yang sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong
royong, dan 6) berkebinekaan global,
yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan. |
|||
2 |
Kegiatan Inti |
95 menit |
|
Pemberian
Rangsangan (Stimulation) |
Peserta didik
mendengarkan arahan pendidik untuk melakukan kegiatan pra-membaca sebagai
berikut. ·
Tuliskan judul teks yang akan dibaca. ·
Tuliskan pertanyaan “Adik Simba” (Apa, di
Mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana) yang muncul saat kalian membaca
judul Teks |
||
Peserta didik menyimak video Belalang Anggrek yang ditayangkan oleh
pendidik melalui proyektor LCD. (Mengamati) |
|||
Peserta didik membandingkan video dengan teks Belalang Anggrek |
|||
Pernyataan/
Identifikasi Masalah (Problem Statement) |
Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan
dengan isi teks observasi yang telah dibaca. (Menanya) |
||
Setelah
membaca, peserta didik melakukan aktivitas sebagai berikut. · Peserta didik
menukar pertanyaan dibuat dengan pertanyaan siswa lain. · Peserta didik
saling menjawab pertanyaan. · Peserta didik
menuliskan informasi penting dari jawaban tersebut. ·
Peserta didik membuat ringkasan dari
informasi yang didapat |
|||
Pengumpulan Data (Data Collection) |
Peserta didik duduk secara berkelompok, setiap
kelompok terdiri dari 4 orang. |
||
Peserta didik berdiskusi dengan
kelompok untuk memecahkan
masalah yang
ada di LKPD. (Mengumpulkan
Informasi) |
|||
Pengolahan Data (Data Processing) |
Peserta didik berdiskusi dalam
kelompok untuk menentukan dan mengidentifikasi informasi yang didapatkan melalui
video dan teks berdasarkan panduan dari LKPD yang diberikan. (Mengolah Informasi) |
||
Pembuktian
(Verification) |
Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan
dari guru. |
||
Peserta didik memeriksa kembali
dengan cermat hasil analisis teks obsevasi dengan
berdiskusi kelompok. |
|||
Peserta didik mempresentasikan
hasil pekerjaan kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan) |
|||
Menarik
Simpulan/ Generalisasi (Generalization) |
Peserta
didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran. |
||
Peserta
didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan
pembelajaran. |
|||
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik. |
|||
3 |
Kegiatan Penutup |
10 menit |
|
Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar sesuai arahan
pendidik. |
|||
Refleksi
pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian
proses pembelajaran dan perbaikan |
|||
Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar. |
|||
Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran. |
PERTEMUAN
KE-2
No |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
1 |
Pendahuluan |
15 menit |
|
Peserta didik menjawab
salam dengan santun dan berdoa. |
|||
Peserta didik menyiapkan diri agar
siap untuk belajar
serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan
lingkungan sekitar
bangku. |
|||
Peserta didik menyimak
penjelasan serta menjawab beberapa
pertanyaan pemantik
yang diajukan oleh pendidik. |
|||
Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi
dan karakter yang sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong
royong, dan 6) berkebinekaan global,
yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan. |
|||
2 |
Kegiatan Inti |
95 menit |
|
Pemberian
Rangsangan (Stimulation) |
Guru
menggunakan metode SQ3R (Survey,
Question, Read, Recite, Review) dalam kegiatan membaca; · Survey: Siswa menuliskan judul teks yang
akan dibahas. · Question: Siswa membuat pertanyaan “Adiksimba”
(Apa, Di Mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana) dari judul teks. · Read: Siswa membaca teks “Mencari
Kunang-Kunang di Situ Gunung” dan mencari jawaban dari pertanyaan yang
dibuat. · Recite: Siswa menuliskan informasi dan frasa
penting dari jawaban pertanyaan. · Review: Siswa membuat ringkasan dari setiap
paragraf/bagian teks. |
||
Peserta didik mengamati dan mengidentifikasi informasi dalam teks yang
diberikan. (Mengamati) |
|||
Pernyataan/
Identifikasi Masalah (Problem Statement) |
Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan
dengan isi teks observasi yang telah dibaca. (Menanya) |
||
Peserta didik mempelajari
cara-cara memahami arti atau makna kata ilmiah yang jarang diketahui. |
|||
Peserta didik mencari
arti/makna kata dari beberapa istilah ilmiah yang terdapat dalam teks yang
diberikan dengan berbagai cara yang sudah dipelajari. |
|||
Pengumpulan
Data (Data Collection) |
Peserta didik duduk secara berkelompok, setiap
kelompok terdiri dari 4 orang. |
||
Peserta didik berdiskusi dengan
kelompok untuk memecahkan
masalah yang
ada di LKPD. (Mengumpulkan
Informasi) |
|||
Pengolahan Data (Data Processing) |
Peserta didik berdiskusi dalam
kelompok untuk menentukan dan mengidentifikasi informasi yang didapatkan dalam
teks berdasarkan panduan dari LKPD yang diberikan. (Mengolah Informasi) |
||
Pembuktian
(Verification) |
Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan
dari guru. |
||
Peserta didik memeriksa kembali
dengan cermat hasil analisis teks observasi dengan
berdiskusi kelompok. |
|||
Peserta didik mempresentasikan
hasil pekerjaan kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan) |
|||
Menarik
Simpulan/ Generalisasi (Generalization) |
Peserta
didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran. |
||
Peserta
didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan
pembelajaran. |
|||
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik. |
|||
3 |
Kegiatan Penutup |
10 menit |
|
Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar sesuai arahan
pendidik. |
|||
Refleksi
pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian
proses pembelajaran dan perbaikan |
|||
Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar. |
|||
Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran. |
PERTEMUAN
KE-3
No |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
1 |
Pendahuluan |
15 menit |
|
Peserta didik menjawab
salam dengan santun dan berdoa. |
|||
Peserta didik menyiapkan diri agar
siap untuk belajar
serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan
lingkungan sekitar
bangku. |
|||
Peserta didik menyimak
penjelasan serta menjawab beberapa
pertanyaan pemantik
yang diajukan oleh pendidik. |
|||
Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi
dan karakter yang sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong
royong, dan 6) berkebinekaan global,
yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan. |
|||
2 |
Kegiatan Inti |
95 menit |
|
Pemberian
Rangsangan (Stimulation) |
Peserta didik diarahkan untuk memilih dan
menentukan objek observasi yang ada di sekolah. |
||
Peserta didik mengamati dan mengidentifikasi informasi yang diberikan.
(Mengamati) |
|||
Pernyataan/
Identifikasi Masalah (Problem Statement) |
Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan
dengan kegiatan yang akan dilakukan. (Menanya) |
||
Peserta didik membuat
rencana rincian hal-hal yang akan diamati dari objek observasi dengan
Adiksimba. |
|||
Peserta
didik
diberi waktu untuk melakukan observasi di sekitar lingkungan sekolah dan mendokumentasikan
kegiatan dan objek observasi jika memiliki alat dokumentasi. |
|||
Pengumpulan
Data (Data Collection) |
Peserta didik duduk secara berkelompok, setiap
kelompok terdiri dari 4 orang. |
||
Peserta didik berdiskusi dengan
kelompok untuk mengembangkan informasi yang didapat
selama observasi menjadi sebuah teks laporan hasil observasi. (Mengumpulkan Informasi) |
|||
Pengolahan Data (Data Processing) |
Peserta didik diarahkan
untuk membandingkan informasi yang didapat di lapangan dengan informasi dari
sumber lain yang relevan. (Mengolah
Informasi) |
||
Pembuktian
(Verification) |
Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan
dari pendidik. |
||
Peserta didik memeriksa kembali
dengan cermat hasil rancangan observasi dengan
berdiskusi kelompok. |
|||
Peserta didik mempresentasikan
hasil pekerjaan kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan) |
|||
Menarik
Simpulan/ Generalisasi (Generalization) |
Peserta
didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran. |
||
Peserta
didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan
pembelajaran. |
|||
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik. |
|||
3 |
Kegiatan Penutup |
10 menit |
|
Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar. |
|||
Refleksi
pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian
proses pembelajaran dan perbaikan |
|||
Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar. |
|||
Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran. |
PERTEMUAN
KE-4
No |
Kegiatan
Pembelajaran |
Alokasi Waktu |
|
1 |
Pendahuluan |
15 menit |
|
Peserta didik menjawab
salam dengan santun dan berdoa. |
|||
Peserta didik menyiapkan diri agar
siap untuk belajar
serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan
lingkungan sekitar
bangku. |
|||
Peserta didik menyimak
penjelasan serta menjawab beberapa
pertanyaan pemantik
yang diajukan oleh pendidik. |
|||
Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi
dan karakter yang sesuai dengan Profil
Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong
royong, dan 6) berkebinekaan global,
yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan. |
|||
2 |
Kegiatan Inti |
95 menit |
|
Pemberian
Rangsangan (Stimulation) |
Peserta didik diarahkan untuk menuangkan hasil
menyusun teks laporan hasil observasi ke dalam scrapbook (buku kliping) |
||
Peserta didik mendengarkan dan mengamati poin-poin yang harus ada
dalam scrapbook. (Mengamati) |
|||
Pernyataan/
Identifikasi Masalah (Problem Statement) |
Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke
pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan
dengan kegiatan yang akan dilakukan. (Menanya) |
||
Peserta
didik
diberi waktu untuk membuat scrapbook. |
|||
Pengumpulan
Data (Data Collection) |
Peserta didik duduk secara berkelompok, setiap
kelompok terdiri dari 4 orang. |
||
Peserta didik berdiskusi dengan
kelompok untuk membuat scrapbook teks laporan hasil observasi yang telah disusun. (Mengumpulkan Informasi) |
|||
Pengolahan Data (Data Processing) |
Peserta didik diarahkan
untuk membandingkan informasi yang didapat di lapangan dengan informasi dari
sumber lain yang relevan. (Mengolah
Informasi) |
||
Pembuktian
(Verification) |
Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan
dari pendidik. |
||
Peserta didik memeriksa kembali
dengan cermat hasil membuat scrabook hasil observasi dengan
berdiskusi kelompok. |
|||
Peserta didik mempresentasikan
hasil pekerjaan kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan) |
|||
Menarik
Simpulan/ Generalisasi (Generalization) |
Peserta
didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran. |
||
Peserta
didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan
pembelajaran. |
|||
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik. |
|||
3 |
Kegiatan Penutup |
10 menit |
|
Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar. |
|||
Refleksi
pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian
proses pembelajaran dan perbaikan |
|||
Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran
yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar. |
|||
Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran. |
V. ASESMEN/PENILAIAN
Penilaian Pembelajaran 1
Tabel
1.1 Rubrik penilaian identifikasi struktur teks LHO
No |
Aspek Penilaian |
Nilai dan Kriteria |
|||
Nilai 4 |
Nilai 3 |
Nilai 2 |
Nilai 1 |
||
1 |
Pemahaman
isi teks |
Siswa
mampu mengidentifikasi seluruh struktur teks dengan benar. |
Siswa
salah mengidentifikasi satu struktur teks. |
Siswa
salah mengidentifikasi dua struktur teks. |
Siswa
salah mengidentifikasi seluruh struktur teks. |
2 |
Kemampuan
menyampaikan alasan |
Siswa
mampu menyampaikan seluruh alasan yang disampaikan dengan logis. |
Siswa
mampu menyampaikan sebagian alasan yang disampaikan dengan logis. |
Siswa
menyampaikan alasan, tetapi tidak logis. |
Siswa
tidak menyampaikan alasan |
Penilaian Pembelajaran 2
a. Jenis:
Tes
b. Bentuk:
Tes Tulis
c. Instrumen:
Uraian
Bandingkan
informasi yang terdapat pada teks “Kunang-Kunang” dengan informasi pada teks
“Kunang-Kunang yang Perlahan Menghilang”. Isilah hasil identifikasimu pada
tabel 1.4!
d. Rubrik
No |
Aspek Penilaian |
Nilai dan Kriteria |
|||
Nilai 4 |
Nilai 3 |
Nilai 2 |
Nilai 1 |
||
1 |
Pemahaman
isi teks |
Siswa
mampu mengidentifikasi seluruh struktur teks dengan benar. |
Siswa
salah mengidentifikasi satu struktur teks. |
Siswa
salah mengidentifikasi dua struktur teks. |
Siswa
salah mengidentifikasi seluruh struktur teks. |
2 |
Kemampuan
menyampaikan alasan |
Siswa
mampu menyampaikan seluruh alasan yang disampaikan dengan logis. |
Siswa
mampu menyampaikan sebagian alasan yang disampaikan dengan logis. |
Siswa
menyampaikan alasan, tetapi tidak logis. |
Siswa
tidak menyampaikan alasan |
Nilai
= ([Jumlah nilai yang didapat]/[Nilai maksimal: 8]) 100 |
Penilaian Pembelajaran 4
Tabel
1.6 Rubrik penilaian menulis LHO
Pernyataan |
Ya |
Tidak |
Penulisan
judul diawali dengan huruf kapital, kecuali pada kata depan |
1 |
0 |
Judul
tidak diakhiri dengan tanda titik |
1 |
0 |
Laporan
memuat definisi umum |
1 |
0 |
Laporan
memuat deskripsi per bagian |
1 |
0 |
Laporan
memuat deskripsi manfaat |
1 |
0 |
Informasi
yang disampaikan bersifat objektif |
1 |
0 |
Penulisan
kata berimbuhan di- dengan kata depan di sudah tepat |
1 |
0 |
Terdapat
kalimat definisi dan kalimat deskripsi |
1 |
0 |
Jika
menggunakan referensi dari sumber lain, penulisan kutipan dan sumber kutipan
sudah ditulis dengan tepat |
1 |
0 |
Total |
9 |
0 |
Nilai = ([Jumlah nilai yang
didapat]/[Nilai maksimal: 9]) 100 |
Penilaian Pembelajaran 6
Tabel
1.7 Rubrik penilaian presentasi
No |
Aspek Penilaian |
Nilai dan Kriteria |
|||
Nilai 4 |
Nilai 3 |
Nilai 2 |
Nilai 1 |
||
1 |
Sistematika
presentasi |
Materi
presentasi disajikan secara runtut. |
Materi
Presentasi disajikan secara runtut, tetapi kurang sistematis. |
Materi
Presentasi disajikan secara kurang runtut, tetapi tidak sistematis. |
Materi
Presentasi disajikan secara tidak runtut, tetapi dan tidak sistematis. |
2 |
Penggunaan
bahasa |
Bahasa
yang digunakan sangat mudah dipahami. |
Bahasa
yang digunakan cukup mudah dipahami. |
Bahasa
yang digunakan agak sulit dipahami. |
Bahasa
yang digunakan sangat sulit dipahami. |
3 |
Ketepatan
intonasi dan kejelasan artikulasi |
Intonasi
tepat dan artikulasi jelas. |
Intonasi
kurang tepat, tetapi artikulasi jelas. |
Intonasi
kurang tepat dan artikulasi kurang jelas. |
Intonasi
tidak tepat dan artikulasi tidak jelas. |
Nilai
= ([Jumlah nilai yang didapat]/[Nilai maksimal: 12]) 100 |
VI. PENGAYAAN
DAN REMEDIAL
Pengayaan
·
Siswa dapat mencari video atau
sumber informasi lain di internet tentang tonggeret. Siswa pun dapat
membandingkan informasi pada buku teks dengan informasi dari sumber lain
tersebut. Sebelumnya, bimbinglah siswa agar dapat memilih video atau informasi
yang tepat untuk diakses. Panduan berikut dapat menjadi acuan awal
a. Masukkan kata kunci
yang spesifik berkaitan dengan tema yang dibahas.
b. Pilihlah situs atau
laman yang dibuat oleh lembaga pemerintah atau lembaga lain yang tepercaya.
Situs dengan lembaga pemerintah biasanya diakhiri dengan “.go.id”. Adapun situs
yang dikeluarkan oleh pihak sekolah atau kampus biasanya diakhiri dengan domain
(ranah) “sch.id” atau “ac.id”
c. Hindari “meng-klik”
iklan atau pemberitahuan yang muncul secara tiba-tiba (pop-up).
d. Segera tutup
laman jika menampilkan gambar ataupun video yang kurang pantas.
·
Siswa dapat mengidentifikasi kalimat
definisi dan kalimat deskripsi, mencari kesalahan penulisan imbuhan di-, dan
menganalisis cara pengutipan pada teks lain.
·
Siswa dapat mengubah teks laporan
hasil observasi yang telah dibuat menjadi scrap book atau buku tempel yang
terdapat pada aktivitas “kreativitas” di buku siswa. Siswa yang memiliki
laptop/komputer dapat membuat buku tempel dalam bentuk digital menggunakan
power point, sway, ataupun aplikasi lainnya.
·
Siswa dapat diminta untuk mengamati
cara presentasi para tokoh publik maupun para pembawa acara melalui media yang
ada.
Remedial
·
Siswa diminta untuk menjawab secara
lisan mengenai kegiatan pembelajaran hari ini. Guru dapat memberikan skala
0–100 yang dapat dipilih siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap
materi maupun aktivitas yang telah dilakukan.
VII. REFLEKSI
GURU DAN PESERTA DIDIK
Refleksi
Guru:
1. Apakah kegiatan
pembelajaran berlangsung dengan baik?
2. Apa momen paling
berkesan saat proses kegiatan pembelajaran?
3. Apa tantangan yang
dihadapi saat proses kegiatan pembelajaran?
4. Bagaimana cara
mengatasi tantangan tersebut?
Refleksi Peserta Didik:
Tandai
kegiatan yang sudah dilakukan atau pengetahuan yang sudah dipahami dengan tanda
centang (√).
Tabel Refleksi Pembelajaran
Pada Bab 1 ini |
Sudah dapat |
Masih perlu belajar lagi |
Rencana tindak lanjut |
Peserta
didik paham cara mendokumentasikan kegiatan observasi |
|
|
|
Peserta
didik paham dan mampu mengenali pengertian dan tujuan teks laporan hasil
observasi. |
|
|
|
Peserta
didik paham dan mampu mengenali struktur laporan hasil observasi. |
|
|
|
Peserta
didik paham dan mampu mengakses informasi dalam teks laporan hasil observasi
tulis maupun lisan. |
|
|
|
Peserta
didik paham dan mampu membedakan cara penulisan kata berimbuhan di- dengan
kata depan di. |
|
|
|
Peserta
didik mampu mempresentasikan laporan hasil observasi. |
|
|
|
Peserta
didik mampu menuliskan laporan hasil observasi. |
|
|
|
Peserta
didik mampu mengidentifikasi fakta dan opini dalam novel. |
|
|
|
Hitunglah
persentase penguasaan materi kalian dengan rumus berikut:
(Jumlah materi yang kalian kuasai/jumlah seluruh materi) 100%
1. Jika 70—100% materi
di atas sudah dikuasai, peserta
didik diberi aktivitas pengayaan.
2. Jika materi yang
dikuasai masih di bawah 70%, peserta didik mendiskusikan
kegiatan remedial yang dapat dilakukan dengan guru.
Mengetahui, ........, ………………… 202
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
……………… ……………….
NIP. ………… NIP.
……
Komentar