MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS LHO [Kurikulum Merdeka]

 

Administrasi guru adalah suatu petunjuk kerja atau pedoman belajar yang digunakan guru untuk kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung lebih efektif dan efisien. Administrasi guru ini merupakan hal penting yang harus dipersiapkan oleh guru, baik dari tingkat pendidikan SD hingga SMA/SMK.

Dalam Kurikulum Merdeka, memberi kebebasan kepada bapak/ ibu guru untuk merancang dan mendesain kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan murid di kelas. Oleh karena itu postingan ini bisa menjadi referensi anda dalam menyusun dan merancang Modul Pembelajaran lebih khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Modul ajar yang saya bagikan ini berupa modul ajar teks laporan hasil observasi, teks anekdot, teks negosiasi, teks hikayat, teks biografi dan mendalami puisi. Untuk mengunduh dalam bentuk word silahkan Klik di sini. Atau anda bisa meng-copy postingan saya di bawah ini! Semoga bermanfaat!

 

Modul Ajar Teks Laporan Hasil Observasi (LHO)

 

MODUL AJAR

MENGUNGKAP FAKTA ALAM SECARA OBJEKTIF

 

INFORMASI UMUM

 

I.     IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun                   :   

Satuan Pendidikan               :   

Kelas / Fase                           :    X (Sepuluh) - E

Mata Pelajaran                     :    Bahasa dan Sastra Indonesia

Materi                                    :    Teks Laporan Hasil Observasi

Prediksi Alokasi Waktu       :    4 x Pertemuan (120 Menit x  12 JP)

 

II.   KOMPETENSI AWAL

·       Mengevaluasi informasi yang tidak akurat dan bias dalam laporan hasil observasi dengan kritis dan reflektif. Memahami dan menganalisis gagasan dalam laporan hasil observasi dengan kritis dan refletif.

·       Memahami informasi pada teks laporan dan menilai akurasi serta kualitas data dalam laporan hasil observasi menggunakan informasi pada teks eksplanasi sebagai pembanding.

·       Menulis informasi dalam bentuk laporan hasil observasi secara logis dan etis.

·       Mengubah laporan hasil observasi ke dalam format kreatif.

·       Mempresentasikan laporan hasil observasi dengan runut dan menggunakan intonasi yang tepat

 

III.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

Beriman, bertakwa kepada Tuhan yag maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif, inovatif, mandiri, berkebhinekaan global

 

IV.  SARANA DAN PRASARANA

1. Gawai                               4. Buku Teks                            7. Handout materi

2. Laptop/Komputer PC      5. Papan tulis/White Board      8. Infokus/Proyektor/Pointer

3. Akses Internet                  6. Lembar kerja                         9. Referensi lain yang mendukung

 

V.   TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 

VI.  MODEL PEMBELAJARAN

Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL).

 

 

 

 


KOMPONEN INTI

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·       Mengevaluasi informasi yang tidak akurat dan bias dalam laporan hasil obsevasi dengan kritis dan reflektif. Memahami dan menganalisis gagasan dalam laporan hasil observasi dengan kritis dan refletif.

·       Memahami informasi pada teks laporan dan menilai akurasi serta kualitas data dalam laporan hasil observasi menggunakan informasi pada teks eksplanasi sebagai pembanding.

·       Menulis informasi dalam bentuk laporan hasil observasi secara logis dan etis.

·       Mengubah laporan hasil observasi ke dalam format kreatif

·       Mempresentasikan laporan hasil observasi dengan runtut dan menggunakan intonasi yang tepat

 

II.   PEMAHAMAN BERMAKNA

·       Mampu mendokumentasikan observasi yang dilakukan agar lebih bermakna dalam bentuk laporan hasil observasi yang objektif.

·       Memahami struktur laporan hasil observasi dan kaidah-kaidah bahasa yang digunakan dalam menyusun laporan hasil observasi.

 

III.  PERTANYAAN PEMANTIK

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 1

·       Seperti apakah laporan hasil observasi yang objektif?

·       Bagaimana menggunakan informasi lain untuk mendukung hasil observasi kalian?

·       Mengapa laporan hasil observasi harus objektif?

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 2

·       Tanyakan kepada siswa pertanyaan berikut: apa yang dapat kalian lakukan untuk meyakinkan bahwa informasi yang kalian temukan telah sesuai dengan fakta yang diketahui masyarakat umum? Guru juga dapat mengembangkan pertanyaan lain.

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 3

·       Mengajak siswa untuk bermain permainan “Siapakah Aku?”. Siswa menebak hewan/benda/tempat yang disebutkan ciri-cirinya oleh guru. Guru dapat juga meminta perwakilan siswa untuk menyebutkan ciri-ciri dan siswa lain menebak.

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 4

·       Menantang siswa untuk melakukan tongue twister atau pembelit lidah dengan mengucapkan kalimat berikut secara cepat. “Toko-toko di kota kita tutup ketika kita tetap buka toko kita.” Atau “Kuku-kuku kaki kakekku kaku-kaku karena tertusuk paku.”

 

IV.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE-1

No

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan

15 menit

Peserta didik menjawab salam dengan santun dan berdoa.

Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk belajar serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan lingkungan sekitar bangku.

Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang diajukan oleh pendidik.

Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

2

Kegiatan Inti

95 menit

Pemberian Rangsangan (Stimulation)

Peserta didik mendengarkan arahan pendidik untuk melakukan kegiatan pra-membaca sebagai berikut.

·         Tuliskan judul teks yang akan dibaca.

·         Tuliskan pertanyaan “Adik Simba” (Apa, di Mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana) yang muncul saat kalian membaca judul Teks

Peserta didik menyimak video Belalang Anggrek yang ditayangkan oleh pendidik melalui proyektor LCD. (Mengamati)

Peserta didik membandingkan video dengan teks Belalang Anggrek

Pernyataan/ Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan dengan isi teks observasi yang telah dibaca. (Menanya)

Setelah membaca, peserta didik melakukan aktivitas sebagai berikut.

·      Peserta didik menukar pertanyaan dibuat dengan pertanyaan siswa lain.

·      Peserta didik saling menjawab pertanyaan.

·      Peserta didik menuliskan informasi penting dari jawaban tersebut.

·      Peserta didik membuat ringkasan dari informasi yang didapat

Pengumpulan Data (Data Collection)

Peserta didik duduk secara berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang.

Peserta didik berdiskusi dengan kelompok untuk memecahkan masalah yang ada di LKPD. (Mengumpulkan Informasi)

Pengolahan Data (Data Processing)

Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan dan mengidentifikasi informasi yang didapatkan melalui video dan teks berdasarkan panduan dari LKPD yang diberikan. (Mengolah Informasi)

Pembuktian (Verification)

Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan dari guru.

Peserta didik memeriksa kembali dengan cermat hasil analisis teks obsevasi dengan berdiskusi kelompok.

Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan)

Menarik Simpulan/ Generalisasi (Generalization)

Peserta didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik.

3

Kegiatan Penutup

10 menit

Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar sesuai arahan pendidik.

Refleksi pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan

Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar.

Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

 

PERTEMUAN KE-2

No

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan

15 menit

Peserta didik menjawab salam dengan santun dan berdoa.

Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk belajar serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan lingkungan sekitar bangku.

Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang diajukan oleh pendidik.

Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

 

 

2

Kegiatan Inti

95 menit

Pemberian Rangsangan (Stimulation)

Guru menggunakan metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam kegiatan membaca;

·      Survey: Siswa menuliskan judul teks yang akan dibahas.

·      Question: Siswa membuat pertanyaan “Adiksimba” (Apa, Di Mana, Kapan, Siapa, Mengapa, dan Bagaimana) dari judul teks.

·      Read: Siswa membaca teks “Mencari Kunang-Kunang di Situ Gunung” dan mencari jawaban dari pertanyaan yang dibuat.

·      Recite: Siswa menuliskan informasi dan frasa penting dari jawaban pertanyaan.

·      Review: Siswa membuat ringkasan dari setiap paragraf/bagian teks.

Peserta didik mengamati dan mengidentifikasi informasi dalam teks yang diberikan. (Mengamati)

Pernyataan/ Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan dengan isi teks observasi yang telah dibaca. (Menanya)

Peserta didik mempelajari cara-cara memahami arti atau makna kata ilmiah yang jarang diketahui.

Peserta didik mencari arti/makna kata dari beberapa istilah ilmiah yang terdapat dalam teks yang diberikan dengan berbagai cara yang sudah dipelajari.

Pengumpulan Data (Data Collection)

Peserta didik duduk secara berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang.

Peserta didik berdiskusi dengan kelompok untuk memecahkan masalah yang ada di LKPD. (Mengumpulkan Informasi)

Pengolahan Data (Data Processing)

Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan dan mengidentifikasi informasi yang didapatkan dalam teks berdasarkan panduan dari LKPD yang diberikan. (Mengolah Informasi)

Pembuktian (Verification)

Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan dari guru.

Peserta didik memeriksa kembali dengan cermat hasil analisis teks observasi dengan berdiskusi kelompok.

Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan)

Menarik Simpulan/ Generalisasi (Generalization)

Peserta didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik.

3

Kegiatan Penutup

10 menit

Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar sesuai arahan pendidik.

Refleksi pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan

Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar.

Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

 

PERTEMUAN KE-3

No

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan

15 menit

Peserta didik menjawab salam dengan santun dan berdoa.

Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk belajar serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan lingkungan sekitar bangku.

Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang diajukan oleh pendidik.

Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

2

Kegiatan Inti

95 menit

Pemberian Rangsangan (Stimulation)

Peserta didik diarahkan untuk memilih dan menentukan objek observasi yang ada di sekolah.

Peserta didik mengamati dan mengidentifikasi informasi yang diberikan. (Mengamati)

Pernyataan/ Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan. (Menanya)

Peserta didik membuat rencana rincian hal-hal yang akan diamati dari objek observasi dengan Adiksimba.

Peserta didik diberi waktu untuk melakukan observasi di sekitar lingkungan sekolah dan mendokumentasikan kegiatan dan objek observasi jika memiliki alat dokumentasi.

Pengumpulan Data (Data Collection)

Peserta didik duduk secara berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang.

Peserta didik berdiskusi dengan kelompok untuk mengembangkan informasi yang didapat selama observasi menjadi sebuah teks laporan hasil observasi. (Mengumpulkan Informasi)

Pengolahan Data (Data Processing)

Peserta didik diarahkan untuk membandingkan informasi yang didapat di lapangan dengan informasi dari sumber lain yang relevan. (Mengolah Informasi)

Pembuktian (Verification)

Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan dari pendidik.

Peserta didik memeriksa kembali dengan cermat hasil rancangan observasi dengan berdiskusi kelompok.

Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan)

Menarik Simpulan/ Generalisasi (Generalization)

Peserta didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik.

3

Kegiatan Penutup

10 menit

Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar.

Refleksi pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan

Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar.

Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

 

PERTEMUAN KE-4

No

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan

15 menit

Peserta didik menjawab salam dengan santun dan berdoa.

Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk belajar serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan lingkungan sekitar bangku.

Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang diajukan oleh pendidik.

Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

2

Kegiatan Inti

95 menit

Pemberian Rangsangan (Stimulation)

Peserta didik diarahkan untuk menuangkan hasil menyusun teks laporan hasil observasi ke dalam scrapbook (buku kliping)

Peserta didik mendengarkan dan mengamati poin-poin yang harus ada dalam scrapbook. (Mengamati)

Pernyataan/ Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan. (Menanya)

Peserta didik diberi waktu untuk membuat scrapbook.

Pengumpulan Data (Data Collection)

Peserta didik duduk secara berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang.

Peserta didik berdiskusi dengan kelompok untuk membuat scrapbook teks laporan hasil observasi yang telah disusun. (Mengumpulkan Informasi)

Pengolahan Data (Data Processing)

Peserta didik diarahkan untuk membandingkan informasi yang didapat di lapangan dengan informasi dari sumber lain yang relevan. (Mengolah Informasi)

Pembuktian (Verification)

Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan dari pendidik.

Peserta didik memeriksa kembali dengan cermat hasil membuat scrabook hasil observasi dengan berdiskusi kelompok.

Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan)

Menarik Simpulan/ Generalisasi (Generalization)

Peserta didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik.

3

Kegiatan Penutup

10 menit

Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar.

Refleksi pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan

Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar.

Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

 

V.   ASESMEN/PENILAIAN

Penilaian Pembelajaran 1

Tabel 1.1 Rubrik penilaian identifikasi struktur teks LHO

No

Aspek

Penilaian

Nilai dan Kriteria

Nilai 4

Nilai 3

Nilai 2

Nilai 1

1

Pemahaman isi teks

Siswa mampu mengidentifikasi seluruh struktur teks dengan benar.

Siswa salah mengidentifikasi satu struktur teks.

Siswa salah mengidentifikasi dua struktur teks.

Siswa salah mengidentifikasi seluruh struktur teks.

2

Kemampuan menyampaikan alasan

Siswa mampu menyampaikan seluruh alasan yang disampaikan dengan logis.

Siswa mampu menyampaikan sebagian alasan yang disampaikan dengan logis.

Siswa menyampaikan alasan, tetapi tidak logis.

Siswa tidak menyampaikan alasan

 

Penilaian Pembelajaran 2

a. Jenis: Tes

b. Bentuk: Tes Tulis

c. Instrumen: Uraian

Bandingkan informasi yang terdapat pada teks “Kunang-Kunang” dengan informasi pada teks “Kunang-Kunang yang Perlahan Menghilang”. Isilah hasil identifikasimu pada tabel 1.4!

d. Rubrik

No

Aspek

Penilaian

Nilai dan Kriteria

Nilai 4

Nilai 3

Nilai 2

Nilai 1

1

Pemahaman isi teks

Siswa mampu mengidentifikasi seluruh struktur teks dengan benar.

Siswa salah mengidentifikasi satu struktur teks.

Siswa salah mengidentifikasi dua struktur teks.

Siswa salah mengidentifikasi seluruh struktur teks.

2

Kemampuan menyampaikan alasan

Siswa mampu menyampaikan seluruh alasan yang disampaikan dengan logis.

Siswa mampu menyampaikan sebagian alasan yang disampaikan dengan logis.

Siswa menyampaikan alasan, tetapi tidak logis.

Siswa tidak menyampaikan alasan

Nilai = ([Jumlah nilai yang didapat]/[Nilai maksimal: 8]) 100

 

Penilaian Pembelajaran 4

Tabel 1.6 Rubrik penilaian menulis LHO

Pernyataan

Ya

Tidak

Penulisan judul diawali dengan huruf kapital, kecuali pada kata depan

1

0

Judul tidak diakhiri dengan tanda titik

1

0

Laporan memuat definisi umum

1

0

Laporan memuat deskripsi per bagian

1

0

Laporan memuat deskripsi manfaat

1

0

Informasi yang disampaikan bersifat objektif

1

0

Penulisan kata berimbuhan di- dengan kata depan di sudah tepat

1

0

Terdapat kalimat definisi dan kalimat deskripsi

1

0

Jika menggunakan referensi dari sumber lain, penulisan kutipan dan sumber kutipan sudah ditulis dengan tepat

1

0

Total

9

0

Nilai = ([Jumlah nilai yang didapat]/[Nilai maksimal: 9]) 100

 

Penilaian Pembelajaran 6

Tabel 1.7 Rubrik penilaian presentasi

No

Aspek

Penilaian

Nilai dan Kriteria

Nilai 4

Nilai 3

Nilai 2

Nilai 1

1

Sistematika presentasi

Materi presentasi disajikan secara runtut.

Materi Presentasi disajikan secara runtut, tetapi kurang sistematis.

Materi Presentasi disajikan secara kurang runtut, tetapi tidak sistematis.

Materi Presentasi disajikan secara tidak runtut, tetapi dan tidak sistematis.

2

Penggunaan bahasa

Bahasa yang digunakan sangat mudah dipahami.

Bahasa yang digunakan cukup mudah dipahami.

Bahasa yang digunakan agak sulit dipahami.

Bahasa yang digunakan sangat sulit dipahami.

3

Ketepatan intonasi dan kejelasan artikulasi

Intonasi tepat dan artikulasi jelas.

Intonasi kurang tepat, tetapi artikulasi jelas.

Intonasi kurang tepat dan artikulasi kurang jelas.

Intonasi tidak tepat dan artikulasi tidak jelas.

Nilai = ([Jumlah nilai yang didapat]/[Nilai maksimal: 12]) 100

 

VI.  PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pengayaan

·      Siswa dapat mencari video atau sumber informasi lain di internet tentang tonggeret. Siswa pun dapat membandingkan informasi pada buku teks dengan informasi dari sumber lain tersebut. Sebelumnya, bimbinglah siswa agar dapat memilih video atau informasi yang tepat untuk diakses. Panduan berikut dapat menjadi acuan awal

a. Masukkan kata kunci yang spesifik berkaitan dengan tema yang dibahas.

b. Pilihlah situs atau laman yang dibuat oleh lembaga pemerintah atau lembaga lain yang tepercaya. Situs dengan lembaga pemerintah biasanya diakhiri dengan “.go.id”. Adapun situs yang dikeluarkan oleh pihak sekolah atau kampus biasanya diakhiri dengan domain (ranah) “sch.id” atau “ac.id”

c. Hindari “meng-klik” iklan atau pemberitahuan yang muncul secara tiba-tiba (pop-up).

d.         Segera tutup laman jika menampilkan gambar ataupun video yang kurang pantas.

 

·      Siswa dapat mengidentifikasi kalimat definisi dan kalimat deskripsi, mencari kesalahan penulisan imbuhan di-, dan menganalisis cara pengutipan pada teks lain.

·      Siswa dapat mengubah teks laporan hasil observasi yang telah dibuat menjadi scrap book atau buku tempel yang terdapat pada aktivitas “kreativitas” di buku siswa. Siswa yang memiliki laptop/komputer dapat membuat buku tempel dalam bentuk digital menggunakan power point, sway, ataupun aplikasi lainnya.

·      Siswa dapat diminta untuk mengamati cara presentasi para tokoh publik maupun para pembawa acara melalui media yang ada.

 

Remedial

·      Siswa diminta untuk menjawab secara lisan mengenai kegiatan pembelajaran hari ini. Guru dapat memberikan skala 0–100 yang dapat dipilih siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap materi maupun aktivitas yang telah dilakukan.

 

VII.     REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK

Refleksi Guru:

1. Apakah kegiatan pembelajaran berlangsung dengan baik?

2. Apa momen paling berkesan saat proses kegiatan pembelajaran?

3. Apa tantangan yang dihadapi saat proses kegiatan pembelajaran?

4. Bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut?

 

Refleksi Peserta Didik:

Tandai kegiatan yang sudah dilakukan atau pengetahuan yang sudah dipahami dengan tanda centang (√).

Tabel Refleksi Pembelajaran

Pada Bab 1 ini

Sudah dapat

Masih perlu belajar lagi

Rencana tindak lanjut

Peserta didik paham cara mendokumentasikan kegiatan observasi

 

 

 

Peserta didik paham dan mampu mengenali pengertian dan tujuan teks laporan hasil observasi.

 

 

 

Peserta didik paham dan mampu mengenali struktur laporan hasil observasi.

 

 

 

Peserta didik paham dan mampu mengakses informasi dalam teks laporan hasil observasi tulis maupun lisan.

 

 

 

Peserta didik paham dan mampu membedakan cara penulisan kata berimbuhan di- dengan kata depan di.

 

 

 

Peserta didik mampu mempresentasikan laporan hasil observasi.

 

 

 

Peserta didik mampu menuliskan laporan hasil observasi.

 

 

 

Peserta didik mampu mengidentifikasi fakta dan opini dalam novel.

 

 

 

 

Hitunglah persentase penguasaan materi kalian dengan rumus berikut:

(Jumlah materi yang kalian kuasai/jumlah seluruh materi) 100%

1. Jika 70—100% materi di atas sudah dikuasai, peserta didik diberi aktivitas pengayaan.

2. Jika materi yang dikuasai masih di bawah 70%, peserta didik mendiskusikan kegiatan remedial yang dapat dilakukan dengan guru.

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                                        ........, ………………… 202

Kepala Sekolah                                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

………………                                                                                    ……………….

NIP. …………                                                                                   NIP. ……

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH: FORMAT PROGRAM SUPERVISI TENDIK

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS ANEKDOT [Kurikulum Merdeka]

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)