MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS ANEKDOT [Kurikulum Merdeka]


 Administrasi guru adalah suatu petunjuk kerja atau pedoman belajar yang digunakan guru untuk kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung lebih efektif dan efisien. Administrasi guru ini merupakan hal penting yang harus dipersiapkan oleh guru, baik dari tingkat pendidikan SD hingga SMA/SMK.

Dalam Kurikulum Merdeka, memberi kebebasan kepada bapak/ ibu guru untuk merancang dan mendesain kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan murid di kelas. Oleh karena itu postingan ini bisa menjadi referensi anda dalam menyusun dan merancang Modul Pembelajaran lebih khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Modul ajar yang saya bagikan ini berupa modul ajar teks laporan hasil observasi, teks anekdot, teks negosiasi, teks hikayat, teks biografi dan mendalami puisi. Untuk mengunduh dalam bentuk word silahkan Klik di sini. Atau anda bisa meng-copy postingan saya di bawah ini! Semoga bermanfaat!

Modul Ajar Teks Anekdot

 

MODUL AJAR

MENGUNGKAPKAN KRITIK LEWAT SENYUMAN

 

INFORMASI UMUM

 

I.     IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun                   :    

Satuan Pendidikan               :    

Kelas / Fase                           :    X (Sepuluh) - E

Mata Pelajaran                     :    Bahasa dan Sastra Indonesia

Materi                                    :   Teks Anekdot

Prediksi Alokasi Waktu       :    4 x Pertemuan (120 Menit x  12 JP)

 

II.   KOMPETENSI AWAL

·       Mengevaluasi gagasan dan pesan yang disampaikan dalam teks monolog lawakan tunggal secara kritis dan reflektif.

·       Menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan perasaan simpati, peduli, empati, dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual yang dipirsa.

·       Menulis teks anekdot dengan informasi yang akurat dan merujuk pada sumber-sumber informasi yang valid dalam bentuk media kreatif.

·       Menampilkan lawakan tunggal (stand up comedy) sebagai sarana menyampaikan kritik terhadap fenomena yang terjadi dengan memperhatikan kesantunan dalam berbicara maupun bersikap.

 

III.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

Beriman, bertakwa kepada Tuhan yag maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif, inovatif, mandiri, berkebhinekaan global

 

IV.  SARANA DAN PRASARANA

1. Gawai                               4. Buku Teks                            7. Handout materi

2. Laptop/Komputer PC      5. Papan tulis/White Board      8. Infokus/Proyektor/Pointer

3. Akses Internet                  6. Lembar kerja                         9. Referensi lain yang mendukung

 

V.   TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 

VI.  MODEL PEMBELAJARAN

Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL).


KOMPONEN INTI

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·       Menyimak teks anekdot aural agar dapat mengevaluasi gagasan dan pesan yang disampaikan dalam teks monolog lawakan tunggal secara kritis dan reflektif.

·       Memirsa teks anekdot agar dapat menginterpretasi informasi untuk mengungkapkan gagasan dan persaan simpati, peduli, empati, dan/atau pendapat pro/kontra dari teks visual yang dipirsa. Menggunakan kaidah-kaidah bahasa yang digunakan dalam menyampaikan kritik sosial

·       Menulis teks eksposisi hasil penelitian sederhana sebagai sumber penyampaian kritik sosial yang akurat dan menulis teks anekdot dengan informasi yang akurat dan merujuk pada sumber-sumber informasi yang valid dalam bentuk media kreatif.

·       Menampilkan lawakan tunggal (stand up comedy) sebagai sarana menyampaikan kritik terhadap fenomena yang terjadi dengan memperhatikan kesantunan dalam berbicara maupun bersikap.

 

 

II.   PEMAHAMAN BERMAKNA

·       Memahami teks anekdot sebagai salah satu cara dalam menyampaikan kritik.

·       Dapat membuat teks anekdot untuk menyampaikan gagasan secara ktiris dan santun berdasarkan fenomena sosial yang terjadi di sekitar.

 

III.  PERTANYAAN PEMANTIK

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 1

·       Bagaimana memilih sumber yang dapat dipercaya dalam menyampaikan kritik?

·       Apa yang dimaksud berpikir kritis?

·       Bagaimana menyampaikan kritik secara santun dan bertanggung jawab?

 

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 2

·       Meminta perwakilan siswa untuk menceritakan kisah lucu atau lawakan tunggal dan bersama-sama mengidentifikasi struktur teksnya.

 

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 4

·       Mengajak siswa untuk mengubah komik pada kegiatan pemantik sebelumnya menjadi cerita berbentuk paragraf.

 

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 5

·       Mengajak siswa untuk mengubah komik pada kegiatan pemantik sebelumnya menjadi cerita berbentuk paragraf.

 

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 6

·       Menantang siswa untuk menampilkan teks anekdot yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya.

 

IV.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE-1

No

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan

15 menit

Peserta didik menjawab salam dengan santun dan berdoa.

Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk belajar serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan lingkungan sekitar bangku.

Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang diajukan oleh pendidik.

Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

2

Kegiatan Inti

95 menit

Pemberian Rangsangan (Stimulation)

Peserta didik diarahkan untuk menyimak dan mencermati teks lawakan tunggal “Liburan Kuli Bangunan”. (Mengamati)

Peserta didik menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar.

Pernyataan/ Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan. (Menanya)

Peserta didik bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar jadi pendengar dan sebaliknya

Pengumpulan Data (Data Collection)

Peserta didik membentuk kelompok berpasangan.

Peserta didik berpasangan menganalisis penyampaian pada teks anekdot dengan menjawab pertanyaan “diskusi lanjutan”. (Mengumpulkan Informasi)

Pengolahan Data (Data Processing)

Peserta didik menganalisis struktur teks yang diperdengarkan dengan menggunakan tabel dalam LKPD yang diberikan. (Mengolah Informasi)

Pembuktian (Verification)

Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan dari pendidik.

Peserta didik menyampaikan hasil analisisnya dan yang lain menanggapi. (Mengkomunikasikan)

Menarik Simpulan/ Generalisasi (Generalization)

Peserta didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik.

3

Kegiatan Penutup

10 menit

Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar.

Refleksi pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan

Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar.

Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

 

PERTEMUAN KE-2

No

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan

15 menit

Peserta didik menjawab salam dengan santun dan berdoa.

Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk belajar serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan lingkungan sekitar bangku.

Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang diajukan oleh pendidik.

Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

2

Kegiatan Inti

95 menit

Pemberian Rangsangan (Stimulation)

Peserta didik diarahkan untuk menyimak dan mencermati video stand up comedy yang ditayangkan. (Mengamati)

Peserta didik mencatat poin-poin penting yang disampaikan dalam video.

Pernyataan/ Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan. (Menanya)

Pengumpulan Data (Data Collection)

Peserta didik membentuk kelompok, 1 kelompok terdiri dari 4 orang

Peserta didik menganalisis isi video, apakah mengandung sindiran/ kritikan atau sekedar humor saja. (Mengumpulkan Informasi)

Pengolahan Data (Data Processing)

Peserta didik menganalisis struktur  video yang ditonton dengan menggunakan tabel dalam LKPD yang diberikan. (Mengolah Informasi)

Pembuktian (Verification)

Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan dari pendidik.

Peserta didik menyampaikan hasil analisisnya dan yang lain menanggapi. (Mengkomunikasikan)

Menarik Simpulan/ Generalisasi (Generalization)

Peserta didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik.

3

Kegiatan Penutup

10 menit

Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar.

Refleksi pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan

Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar.

Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

 

PERTEMUAN KE-3

No

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan

15 menit

Peserta didik menjawab salam dengan santun dan berdoa.

Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk belajar serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan lingkungan sekitar bangku.

Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang diajukan oleh pendidik.

Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

2

Kegiatan Inti

95 menit

Pemberian Rangsangan (Stimulation)

Peserta didik diajak untuk menjawab pertanyan esensial terkait tema yang diberikan guru.

Peserta didik menyimak penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan. (Mengamati)

Pernyataan/ Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan. (Menanya)

Peserta didik diarahkan untuk memilih topik yang ada di sekitar kehidupan mereka

Pengumpulan Data (Data Collection)

Peserta didik membentuk kelompok, 1 kelompok terdiri dari 4 orang

Peserta didik menyusun rancangan rencana proyek dengan mengingat kembali kisah lucu yang pernah mereka alami.  (Mengumpulkan Informasi)

Pengolahan Data (Data Processing)

Peserta didik berdiskusi bersama kelompok mengenai cerita yang disusun, apakah sudah sesuai dengan tema yang diberikan atau tidak. (Mengolah Informasi)

Pembuktian (Verification)

Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan dari pendidik.

Peserta didik memajang hasil tulisannya di meja agar siswa lain dapat memberi masukkan atau komentar. (Mengkomunikasikan)

Menarik Simpulan/ Generalisasi (Generalization)

Peserta didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik.

3

Kegiatan Penutup

10 menit

Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar.

Refleksi pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan

Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar.

Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

 

PERTEMUAN KE-4

No

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan

15 menit

Peserta didik menjawab salam dengan santun dan berdoa.

Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk belajar serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan lingkungan sekitar bangku.

Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang diajukan oleh pendidik.

Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

 

 

2

Kegiatan Inti

95 menit

Pemberian Rangsangan (Stimulation)

Peserta didik diberi rambu-rambu terkait video lawakan tunggal yang pantas untuk dibuat

Peserta didik diarahkan untuk mencari referensi contoh-contoh video lawakan tunggal dari berbagai sumber. (Mengamati)

Pernyataan/ Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan dengan kegiatan yang akan dilakukan. (Menanya)

Pengumpulan Data (Data Collection)

Peserta didik membentuk kelompok, 1 kelompok terdiri dari 4 orang

Siswa diminta menyusun naskah lawakan tunggal berdasarkan cerita yang sudah disusun pada pertemuan sebelumnya.  (Mengumpulkan Informasi)

Pengolahan Data (Data Processing)

Peserta didik berdiskusi bersama kelompok mengenai cerita yang disusun, apakah sudah sesuai dengan rambu-rambu yang diberikan atau tidak. (Mengolah Informasi)

Peserta didik menampilkan lawakan tunggal yang dibuat ke dalam bentuk video yang dipublikasikan.

Pembuktian (Verification)

Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan dari pendidik.

Peserta didik mempresentasikan hasil karya videonya dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan)

Menarik Simpulan/ Generalisasi (Generalization)

Peserta didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik.

3

Kegiatan Penutup

10 menit

Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar.

Refleksi pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan

Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar.

Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

 

 

V.   ASESMEN

a)    Penilaian Sikap / Profil Pelajar Pancasila

Selama proses mengajar berlangsung guru mengamati profil pelajar Pancasila pada siswa dalam pembelajaran yang meliputi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kebhinekaan Global, Mandiri, Bernalar Kritis, Gotong Royong dan Kreatif (Instrumen Terlampir)

b)    Penilaian Pengetahuan

Penilaian pengetahuan yang dilakukan pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai adalah dengan tes tertulis (Instrumen Terlampir)

c)    Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan yang dilakukan pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai adalah dengan tes unjuk kerja / praktek (Instrumen Terlampir)

VI.  PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pengayaan

·      Siswa dapat mencari video lawakan tunggal lain untuk dianalisis. Sebelumnya, guru mengarahkan mereka cara mencari video yang tepat dengan memberikan rambu-rambu berikut:

a. carilah video dengan memasukkan kata kunci yang spesifik pada laman pencarian (contoh: “video stand up comedy tema pendidikan” atau “stand up comedy anak sekolah”),

b. pastikan video tidak mengandung unsur SARA, dan

c. pastikan video tidak menampilkan adegan kekerasan ataupun pornoaksi.

·      Siswa dapat diminta untuk membandingkan informasi pada komik “Yang Penting Keren” dengan informasi pada sumber akurat berupa berita yang mendukung.

·      Siswa dapat diminta untuk mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung atau sebaliknya. Siswa juga dapat mengisi teks rumpang dengan keterangan waktu yang tepat.

·      Siswa dapat mengubah teks eksposisi hasil penelitian ke dalam bentuk infografik atau wahana lainnya.

·      Siswa dapat mengirimkan hasil karyanya ke berbagai media baik cetak maupun elektronik. Siswa juga dapat menerbitkan komiknya dalam bentuk anotologi komik kelas atau sekolah sehingga dapat bernilai ekonomis.

·      Siswa dapat diminta untuk mengamati cara presentasi para tokoh publik maupun para pembawa acara melalui media yang ada. Siswa dapat diminta melakukan penilaian antarteman untuk memilih penyaji terbaik.

 

Remedial

·      Siswa diminta untuk menjawab secara lisan mengenai kegiatan pembelajaran hari ini. Guru dapat memberikan skala 0–100 yang dapat dipilih siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap materi maupun aktivitas yang telah dilakukan.

 

VII.     REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK

Refleksi Guru:

1. Apakah kegiatan pembelajaran berlangsung dengan baik?

2. Apa momen paling berkesan saat proses kegiatan pembelajaran?

3. Apa tantangan yang dihadapi saat proses kegiatan pembelajaran?

4. Bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut?

 

Refleksi Peserta Didik:

Tandai kegiatan yang sudah dilakukan atau pengetahuan yang sudah dipahami dengan tanda centang (√).

Tabel Refleksi Pembelajaran

Pada Bab 2 ini

Sudah dapat

Masih perlu belajar lagi

Rencana tindak lanjut

Peserta didik mampu menyimak teks monolog agar dapat menjelaskan kembali gagasan dan pesan yang disampaikan

 

 

 

Peserta didik mampu menilai akurasi dan kualitas data dalam teks anekdot yang dibaca berdasarkan berbagai sumber informasi dalam bentuk berita di media cetak maupun elektronik.

 

 

 

Peserta didik mampu memahami kaidahkaidah bahasa yang digunakan untuk menyampaikan kritik

 

 

 

Peserta didik mampu menyusun teks eksposisi laporan yang dapat digunakan sebagai sumber yang akurat dalam menyampaikan kritik sosial

 

 

 

Peserta didik mampu menyajikan teks anekdot dalam media kreatif berupa komik potongan (comic strip).

 

 

 

Peserta didik mampu menampilkan lawakan

tunggal (stand up comedy) sebagai sarana menyampaikan kritik terhadap fenomena yang terjadi dengan memperhatikan kesantunan dalam berbicara maupun bersikap.

 

 

 

Peserta didik mampu mengidentifikasi hubungan latar belakang penulis terhadap isi cerita sebuah novel.

 

 

 

 

Hitunglah persentase penguasaan materi kalian dengan rumus berikut:

(Jumlah materi yang kalian kuasai/jumlah seluruh materi) 100%

1. Jika 70—100% materi di atas sudah dikuasai, peserta didik diberi aktivitas pengayaan.

2. Jika materi yang dikuasai masih di bawah 70%, peserta didik mendiskusikan kegiatan remedial yang dapat dilakukan dengan guru.

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,                                                                                        ……, ………………… 202

Kepala Sekolah                                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

………………                                                                                    ……………….

NIP. …………                                                                                   NIP. ……

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH: FORMAT PROGRAM SUPERVISI TENDIK

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS LHO [Kurikulum Merdeka]

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)