MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS NEGOSIASI [Kurikulum Merdeka]

 
Administrasi guru adalah suatu petunjuk kerja atau pedoman belajar yang digunakan guru untuk kegiatan pembelajaran sehingga kegiatan tersebut dapat berlangsung lebih efektif dan efisien. Administrasi guru ini merupakan hal penting yang harus dipersiapkan oleh guru, baik dari tingkat pendidikan SD hingga SMA/SMK.

Dalam Kurikulum Merdeka, memberi kebebasan kepada bapak/ ibu guru untuk merancang dan mendesain kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan murid di kelas. Oleh karena itu postingan ini bisa menjadi referensi anda dalam menyusun dan merancang Modul Pembelajaran lebih khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Modul ajar yang saya bagikan ini berupa modul ajar teks laporan hasil observasi, teks anekdot, teks negosiasi, teks hikayat, teks biografi dan mendalami puisi. Untuk mengunduh dalam bentuk word silahkan Klik di sini. Atau anda bisa meng-copy postingan saya di bawah ini! Semoga bermanfaat!

Modul Ajar Teks Negosiasi

 

MODUL AJAR

BELAJAR MENJADI NEGOSIATOR ULUNG

 

INFORMASI UMUM

 

I.     IDENTITAS MODUL

Nama Penyusun                   :      

Satuan Pendidikan               :    SMA 

Kelas / Fase                           :    X (Sepuluh) - E

Mata Pelajaran                     :    Bahasa dan Sastra Indonesia

Materi                                    :    Teks Negosiasi

Prediksi Alokasi Waktu       :    120 Menit x 6 JP

 

II.   KOMPETENSI AWAL

·       Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, atau pesan dalam teks negosiasi berbentuk dialog secara akurat, kritis, dan reflektif

·       Menilai akurasi dan kualitas data dalam teks negosiasi dengan menggunakan informasi pada teks deskripsi sebagai pembanding

·       Menggunakan sumber pendukung lain untuk menemukan informasi berupa penjelasan makna kata

·       Mengalihwahanakan teks berbentuk dialog ke bentuk naratif secara logis, kreatif, dan menggunakan alur yang runtut

·       Menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, atau pesan dalam bentuk dialog secara runtut, kreatif, dan dengan menggunakan metode yang tepat

 

III.  PROFIL PELAJAR PANCASILA

Beriman, bertakwa kepada Tuhan yag maha Esa, bergotong royong, bernalar kritis, kreatif, inovatif, mandiri, berkebhinekaan global

 

IV.  SARANA DAN PRASARANA

1. Gawai                               4. Buku Teks                            7. Handout materi

2. Laptop/Komputer PC      5. Papan tulis/White Board      8. Infokus/Proyektor/Pointer

3. Akses Internet                  6. Lembar kerja                         9. Referensi lain yang mendukung

 

V.   TARGET PESERTA DIDIK

Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar.

 

VI.  MODEL PEMBELAJARAN

Blended learning melalui model pembelajaran dengan menggunakan Project Based Learning (PBL) terintegrasi pembelajaran berdiferensiasi berbasis Social Emotional Learning (SEL).


 

KOMPONEN INTI

 

I.     TUJUAN PEMBELAJARAN

·       Mengevaluasi informasi berupa gagasan, pikiran, pandangan, atau pesan dalam teks negosiasi berbentuk dialog secara akurat, kritis, dan reflektif

·       Menilai akurasi dan kualitas data dalam teks negosiasi dengan menggunakan informasi pada teks deskripsi sebagai pembanding

·       Menggunakan sumber pendukung lain untuk menemukan informasi berupa penjelasan makna kata

·       Mengalihwahanakan teks berbentuk dialog ke bentuk naratif secara logis, kreatif, dan menggunakan alur yang runtut

·       Menyajikan gagasan, pikiran, pandangan, atau pesan dalam bentuk dialog secara runtut, kreatif, dan dengan menggunakan metode yang tepat

 

II.   PEMAHAMAN BERMAKNA

·       Mampu mengevaluasi informasi, menilai akurasi dan kualitas data, menggunakan sumber pendukung lain, mengalihwahanakan teks, dan menyajikan gagasan, pikiran, pandangan atau pesan secara logis, kritis, runtut, dan kreatif.

 

III.  PERTANYAAN PEMANTIK

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 1

·       Apa yang kalian ketahui tentang kegiatan negosiasi?

·       Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam bernegosiasi?

·       Apa ciri-ciri atau karakteristik teks negosiasi?

 

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 2

·       Guru dapat menggali pemahaman siswa dengan menanyakan contoh atau bentuk teks deskripsi dan teks negosiasi yang diketahui siswa. Sebagai contoh, sebutkan contoh teks yang berbentuk deskripsi? Apa perbedaan teks deskripsi dan teks negosiasi? Apakah kalian pernah bernegosiasi dengan menggunakan surat? Apakah kalian pernah membaca teks negosiasi dalam bentuk surat?

 

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 3

·       Guru dapat menanyakan kepada siswa apakah pernah mengetahui dan melakukan permainan tebak kata atau teka-teki silang? Guru dapat mengajak siswa untuk menyusun dan merencanakan permainan tebak kata yang dalam prosesnya menggunakan kamus, tesaurus, maupun ensiklopedia, baik cetak maupun daring.

 

Pertanyaan Pemantik Pembelajaran 4

·       Guru dapat menanyakan kepada siswa mengenai langkah-langkah menulis suatu teks. Guru juga dapat menanyakan apakah siswa pernah mengalami atau mengetahui peristiwa negosiasi yang terjadi di lingkungan sekitar, misalnya ketika membeli suatu barang di pasar/toko atau dalam interaksi di rumah bersama keluarga.

 

 

 

IV.  KEGIATAN PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE-1

No

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan

15 menit

Peserta didik menjawab salam dengan santun dan berdoa.

Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk belajar serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan lingkungan sekitar bangku.

Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang diajukan oleh pendidik.

Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

2

Kegiatan Inti

95 menit

Pemberian Rangsangan (Stimulation)

Peserta didik menyimak teks negosiasi melalui pembacaan teks oleh salah seorang siswa atau melalui video yang ditayangkan oleh pendidik. (Mengamati)

Pernyataan/ Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan dengan isi video negosiasi yang ditonton. (Menanya)

Pengumpulan Data (Data Collection)

Peserta didik duduk secara berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang.

Peserta didik berdiskusi dengan kelompok untuk memecahkan masalah yang ada di LKPD. (Mengumpulkan Informasi)

Pengolahan Data (Data Processing)

Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan dan mengidentifikasi informasi yang didapatkan melalui video dan teks berdasarkan panduan dari LKPD yang diberikan. (Mengolah Informasi)

Peserta didik diminta mencari berbagai informasi yang mendukung dari berbagai sumber, baik cetak, maupun menggali informasi dari narasumber terdekat

Pembuktian (Verification)

Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan dari guru.

Peserta didik saling menyampaikan hasil investigasi, mengumpulkan informasi yang didapatkan, saling menyampaikan pendapat atau tanggapan terhadap jawaban lembar kerja tersebut

Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan)

Menarik Simpulan/ Generalisasi (Generalization)

Peserta didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik.

3

Kegiatan Penutup

10 menit

Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar sesuai arahan pendidik.

Refleksi pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan

Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar.

Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

 

PERTEMUAN KE-2

No

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu

1

Pendahuluan

15 menit

Peserta didik menjawab salam dengan santun dan berdoa.

Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk belajar serta memeriksa kerapian dan kebersihan diri dan lingkungan sekitar bangku.

Peserta didik menyimak penjelasan serta menjawab beberapa pertanyaan pemantik yang diajukan oleh pendidik.

Memotivasi peseta didik untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

2

Kegiatan Inti

95 menit

Pemberian Rangsangan (Stimulation)

Peserta didik menyimak teks negosiasi melalui pembacaan teks oleh salah seorang siswa atau melalui video yang ditayangkan oleh pendidik. (Mengamati)

Pernyataan/ Identifikasi Masalah (Problem Statement)

Peserta didik membuat pertanyaan yang faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetis berkaitan dengan isi video negosiasi yang ditonton. (Menanya)

Pengumpulan Data (Data Collection)

Peserta didik duduk secara berkelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 orang.

Peserta didik berdiskusi dengan kelompok untuk memecahkan masalah yang ada di LKPD. (Mengumpulkan Informasi)

Pengolahan Data (Data Processing)

Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menentukan dan mengidentifikasi informasi yang didapatkan melalui video dan teks berdasarkan panduan dari LKPD yang diberikan. (Mengolah Informasi)

Peserta didik diminta mencari berbagai informasi yang mendukung dari berbagai sumber, baik cetak, maupun menggali informasi dari narasumber terdekat

Pembuktian (Verification)

Peserta didik menyimak dengan saksama penjelasan dari guru.

Peserta didik saling menyampaikan hasil investigasi, mengumpulkan informasi yang didapatkan, saling menyampaikan pendapat atau tanggapan terhadap jawaban lembar kerja tersebut

Peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaan kelompoknya dan ditanggapi oleh kelompok lain. (Mengkomunikasikan)

Menarik Simpulan/ Generalisasi (Generalization)

Peserta didik menyimpulkan poin-poin penting dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik bertanya tentang materi atau hal-hal yang belum dipahami dalam kegiatan pembelajaran.

Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pendidik.

3

Kegiatan Penutup

10 menit

Peserta didik merefleksikan hasil pengalaman belajar sesuai arahan pendidik.

Refleksi pencapaian/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan

Peserta didik mendengarkan arahan dari pendidik mengenai pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya dan mendengarkan pesan dan motivasi tetap semangat belajar.

Peserta didik menjawab salam dan berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.

 

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

·      Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran

·      Memotivasi siswa untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

 

Kegiatan Inti (90 Menit)

·      Siswa menyimak penjelasan guru terkait tujuan dan rencana pembelajaran yang akan dilakukan.

·      Siswa menyimak penjelasan guru mengenai langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode Grup Investigasi.

·      Siswa menyimak penjelasan guru tentang mekanisme diskusi kelompok dan tugas yang harus diselesaikan selama proses pembelajaran.

·      Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas 4–5 siswa melalui permainan bagi kelompok.

·      Siswa menerima lembar kerja terkait tugas yang akan dikerjakan.

·      Siswa mencermati tugas yang diberikan guru dan membagi tugas mencari informasi atau jawaban pertanyaan yang diberikan dalam lembar kerja.

·      Siswa dapat mencari berbagai informasi yang mendukung dari berbagai sumber, baik cetak, maupun menggali informasi dari narasumber terdekat.

·      Siswa berkumpul kembali untuk saling menyampaikan hasil investigasi, mengumpulkan informasi yang didapatkan, saling menyampaikan pendapat atau tanggapan terhadap jawaban lembar kerja tersebut.

·      Guru memantau dan membimbing pelaksanaan diskusi kelompok siswa.

·      Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya secara bergantian melalui pengundian.

·      Siswa dari kelompok lain dapat memberikan tanggapan, kritik, dan masukan atau saran.

·      Guru memberikan apresiasi pada hasil kerja kelompok siswa.

 

Kegiatan Penutup (10 Menit)

·      Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

·      Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

·      Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

·      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

PERTEMUAN KE-3

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

·      Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran

·      Memotivasi siswa untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

 

Kegiatan Inti (90 Menit)

·      Guru menyampaikan indikator pembelajaran, memberi penjelasan materi secara garis besar, dan memaparkan aturan main aktivitas pembelajaran sesuai dengan metode Tebak Kata.

·      Siswa dibagi ke dalam beberapa kelompok beranggotakan 4–5 siswa. Setiap kelompok siswa harus bersifat heterogen.

·      Setiap kelompok siswa menerima daftar kata yang harus mereka cari maknanya di kamus, tesaurus, maupun ensiklopedia dalam waktu tertentu.

·      Guru juga dapat membuat media pembelajaran seperti puzzle, teka teki silang, atau permainan tebak kata.

·      Siswa berkelompok mengisi tugas yang diberikan guru, yaitu mencari makna kata dalam kamus, menemukan sinonim, atau penjelasan katakata yang sudah disusun guru dengan menggunakan kamus, tesaurus, atau ensiklopedia.

·      Guru dapat melakukan pertandingan atau perlombaan antarkelompok atau secara keseluruhan.

·      Setelah seluruh kelompok tuntas menyelesaikan tugasnya, guru memberikan penilaian siapa kelompok yang tercepat atau yang jawabannya paling tepat.

·      Guru memberikan apresiasi kepada siswa.

 

Kegiatan Penutup (10 Menit)

·      Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

·      Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

·      Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

·      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

PERTEMUAN KE-4

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

·      Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran

·      Memotivasi siswa untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

 

Kegiatan Inti (90 Menit)

·      Guru melakukan apersepsi, memberi motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.

·      Siswa menyimak penjelasan guru mengenai langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode Pembelajaran Berbasis Proyek.

·      Siswa menyimak penjelasan guru terkait dengan arahan dan penjelasan tentang proyek penyusunan teks negosiasi.

·      Guru dan siswa bersama-sama menyusun perencanaan untuk penyelesaian penulisan teks negosiasi.

·      Siswa membuat jadwal dan tahapan penyelesaian serta sumber/media yang diperlukan.

·      Guru membimbing siswa dalam penyusunan rencana menulis teks negosiasi.

·      Guru memantau siswa dalam proses penyelesaian dan kemajuan proyek menulis teks negosiasi.

·      Siswa menyelesaikan tahapan-tahapan sesuai dengan yang direncanakan.

·      Guru menilai produk teks negosiasi hasil kerja siswa.

·      Siswa diminta melaporkan pengalaman berupa proses, kesan, atau kendala selama penyelesaian proyek dan bagaimana solusinya.

·      Siswa dari kelompok lain dapat memberikan masukan, saran, dan tanggapan.

·      Guru memberikan apresiasi pada hasil kerja siswa.

 

Kegiatan Penutup (10 Menit)

·      Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

·      Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

·      Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

·      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

PERTEMUAN KE-5

Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)

·      Doa; absensi; menyampaikan tujuan pembelajaran; dan menyampaikan penilaian hasil pembelajaran

·      Memotivasi siswa untuk tercapainya kompetensi dan karakter yang sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila; yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bernalar kritis, 4) kreatif, 5) bergotong royong, dan 6) berkebinekaan global, yang merupakan salah satu kriteria standar kelulusan dalam satuan pendidikan.

 

Kegiatan Inti (90 Menit)

·      Guru melakukan apersepsi, memberikan motivasi, dan menyampaikan tujuan pembelajaran.

·      Siswa menyimak penjelasan guru terkait rencana dan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan metode Bermain Peran.

·      Siswa membentuk kelompok minimal 2 dan maksimal 4 siswa.

·      Siswa memilih teks negosiasi dari berbagai sumber yang cocok digunakan sebagai naskah bermain peran.

·      Siswa membagi dan menentukan peran anggota kelompoknya masing-masing.

·      Siswa menyusun tahap-tahap pemeranan dan melakukan latihan.

·      Siswa melakukan pemeranan teks negosiasi di depan teman-temannya.

·      Siswa dapat melakukan penilaian antarteman dan memberikan apresiasi, saran, atau masukan.

·      Guru dan siswa berdiskusi terkait kegiatan negosiasi yang diperankan siswa.

·      Guru mengevaluasi hasil pemeranan siswa.

 

Kegiatan Penutup (10 Menit)

·      Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

·      Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

·      Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

·      Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

 

V.   ASESMEN

a)    Penilaian Sikap / Profil Pelajar Pancasila

Selama proses mengajar berlangsung guru mengamati profil pelajar Pancasila pada siswa dalam pembelajaran yang meliputi Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Kebhinekaan Global, Mandiri, Bernalar Kritis, Gotong Royong dan Kreatif (Instrumen Terlampir)

b)    Penilaian Pengetahuan

Penilaian pengetahuan yang dilakukan pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai adalah dengan tes tertulis (Instrumen Terlampir)

c)    Penilaian Keterampilan

Penilaian keterampilan yang dilakukan pada Capaian Pembelajaran ini sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin di capai adalah dengan tes unjuk kerja / praktek (Instrumen Terlampir)

 

VI.  PENGAYAAN DAN REMEDIAL

Pengayaan

·      Siswa dapat lebih memahami teks negosiasi melalui kegiatan menyimak teks negosiasi lainnya dengan menjawab pertanyaan yang sama. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan berkelompok. Hasil diskusi dapat dipresentasikan di depan kelas atau dipublikasikan di berbagai media lain.

·      Siswa dapat lebih memahami ciri-ciri, struktur, atau bagian-bagian teks negosiasi dengan melakukan analisis perbandingan dengan teks lainnya. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan berkelompok. Hasil diskusi dapat dipresentasikan di depan kelas atau dipublikasikan di berbagai media lain.

·      Siswa dapat lebih memahami penggunaan kamus, tesaurus, dan ensiklopedia melalui kegiatan pengayaan. Siswa secara berkelompok diminta mengisi tugas teka teki silang atau puzzle tertentu yang sudah disiapkan guru. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui kegiatan berkelompok. Hasil diskusi kelompok dapat dipresentasikan di depan kelas atau dipublikasikan di berbagai media lain.

·      Siswa dapat mengubah teks negosiasi dialog yang ditulisnya menjadi sebuah teks negosiasi naratif atau berbentuk cerita. Siswa dapat memajang atau menampilkan hasil kreasinya pada media sosial yang dimilikinya atau pada laman milik sekolah.

·      Siswa dapat diminta untuk mengamati presentasi, video, atau media presentasi lain. Siswa diminta agar melakukan penilaian antarteman untuk memilih penampil terbaik. Selain itu, siswa juga dapat dimotivasi untuk merekam pemeranannya dan memublikasikannya di media sosial.

 

Remedial

·       Siswa diminta untuk menjawab secara lisan mengenai kegiatan pembelajaran hari ini. Guru dapat memberikan skala 0–100 yang dapat dipilih siswa untuk menunjukkan pemahaman mereka terhadap materi maupun aktivitas yang telah dilakukan.

 

VII.     REFLEKSI GURU DAN PESERTA DIDIK

Refleksi Guru:

1. Apakah kegiatan pembelajaran berlangsung dengan baik?

2. Apa momen paling berkesan saat proses kegiatan pembelajaran?

3. Apa tantangan yang dihadapi saat proses kegiatan pembelajaran?

4. Bagaimana cara mengatasi tantangan tersebut?

 

Refleksi Peserta Didik:

Tandai kegiatan yang sudah dilakukan atau pengetahuan yang sudah dipahami dengan tanda centang (√).

Tabel Refleksi Pembelajaran

Pada Bab 4 ini

Sudah dapat

Masih perlu belajar lagi

Rencana tindak lanjut

Peserta didik memahami pengertian, manfaat, dan ciri teks negosiasi.

 

 

 

Peserta didik mampu menyimak teks negosiasi secara akurat, kritis, dan reflektif.

 

 

 

Peserta didik mampu menilai informasi dan membandingkan isi teks deskripsi dan teks negosiasi secara akurat.

 

 

 

Peserta didik mampu menemukan informasi berupa penjelasan makna kata dari sumber pendukung, seperti kamus, ensiklopedia, dan tesaurus.

 

 

 

Peserta didik mampu memahami aspek kebahasaan dalam teks negosiasi.

 

 

 

Peserta didik mampu menulis teks negosiasi berbentuk naratif secara logis, kreatif, dengan menggunakan alur yang runtut.

 

 

 

Peserta didik mampu mempresentasikan teks negosiasi dalam bentuk dialog secara runtut, kreatif, dan dengan metode yang tepat.

 

 

 

Hitunglah persentase penguasaan materi kalian dengan rumus berikut:

(Jumlah materi yang kalian kuasai/jumlah seluruh materi) 100%

1. Jika 70—100% materi di atas sudah dikuasai, peserta didik diberi aktivitas pengayaan.

2. Jika materi yang dikuasai masih di bawah 70%, peserta didik mendiskusikan kegiatan remedial yang dapat dilakukan dengan guru.

 

 

 

Mengetahui,                                                                                        ……, ………………… 202

Kepala Sekolah                                                                                   Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

………………                                                                                    ……………….

NIP. …………                                                                                   NIP. ……

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH: FORMAT PROGRAM SUPERVISI TENDIK

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS ANEKDOT [Kurikulum Merdeka]

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS LHO [Kurikulum Merdeka]

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)