CONTOH: FORMAT PROGRAM SUPERVISI TENDIK
PROGRAM SUPERVISI TENAGA
KEPENDIDIKAN
A. PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Supervisi adalah kegiatan pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya guna meningkatkan mutu dan efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran. seorang supervisor mempunyai kedudukan atau posisi lebih dari orang yang disupervisi, tugasnya adalah melihat, menilik atau mengawasi orang-orang yang disupervisi. Supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah ditujukan untuk memberikan
pelayanan kepada guru dan tenaga kependidikan dalam melakukan pengelolaan kelembagaan secara efektif dan efisien sertamengembangkan mutu kelembagaan pendidikan.Tenaga
kependidikan adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk
menunjang penyelenggaraan pendidikan. (UU No. 20 tahun 2003 psl 1, BAB 1
Ketentuan Umum).
Supervisi
Tenaga Kependidikan adalah supervisi yang di laksanakan oleh kepala sekolah
kepada tenaga kependidikan yang terkait dengan pengelolaan dan administrasi
pendidikan sehingga akan menunjang proses pendidikan di sekolah.
2.
Landasan Hukum
·
Undang-undang nomor 20 tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional
·
Permendiknas
No. 13 tahun 2007 tentang Standar Kepala
Sekolah/Madrasah
·
Permendiknas
No. 24 tahun 2008 tentang Standar kualifikasi dan
kompetensi TAS
·
Permendiknas
No. 25 tahun 2008 tentang Standar Tenaga
Perpustakaan Sekolah/Madrasah
·
Permendiknas
Nomor 26 Tahun 2008 ttg Standar Tenaga
Laboratorium Sekolah dan Madrasah
·
PP No. 13 tahun 2015 tetang Perubahan
Kedua atas PP No. 19 tahun 2005 tentang
Standar Nasional Pendidikan
3.
Tujuan dan Indikator
Keberhasilan
a.
Tujuan
1.1. Untuk
mengetahui secara cermat dan seksama kenyataan yang sebenarnya tentang kekuatan
dan kelemahan tenaga kependidikan
sekolah dalam melaksanakan tugas pokoknya.
1.2. Untuk
mengetahui secara cermat dan seksama pembinaan yang akan dilakukan terhadap
kelemahan tenaga kependidikan sekolah
serta pengembangan kekuatan yang dimiliki oleh tenaga kependidikan
b.
Indikator Keberhasilan
1.1.
Masing-masing tenaga kependidikan memahami tugas dan pokok
yang telah diberikan
1.2.
Masing-masing tenaga kependidikan melaksanakan tugas
sesuai dengan fungsinya
1.3.
Masing-masing tenaga kependidikan memiliki dokumen sesuai
dengan tugasnya
B.
HASIL SUPERVISI TAHUN
SEBELUMNYA
No |
Keterlaksanaan Program
Kegiatan |
Hasil
yang Dicapai Th 2018/2019 |
1. |
Pencapaian kinerja administrasi ketatausahaan |
85% |
2. |
Pencapaian kinerja administrasi kepegawaian |
80% |
3. |
Pencapaian kinerja administrasi keuangan |
90% |
4. |
Pencapaian kinerja administrasi peserta didik |
75% |
5. |
Pencapaian kinerja administrasi kurikulum |
80% |
6. |
Pencapaian kinerja administrasi sarana dan pra sarana |
70% |
7. |
Pencapaian kinerja administrasi Perpustakaan |
65% |
8. |
Pencapaian kinerja administrasi Laboratorium IPA |
70% |
C. MENETAPKAN
SASARAN DAN JADWAL
Sasaran yang harus ditingkatkan
adalah tenaga kependidikan Perpustakaan
JADWAL DAN SASARAN
SUPERVISI TENAGA KEPENDIDIKAN |
|||||||||||||
|
|
DILAKSANAKAN PADA BULAN |
|||||||||||
No |
KEGIATAN SUPERVISI |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
1 |
Melaksanakan supervisi
administrasi ketatausahaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Melaksanakan supervisi
administrasi kepegawaian |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Melaksanakan supervisi
administrasi keuangan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Melaksanakan supervisi
administrasi peserta didik |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Melaksanakan supervisi
administrasi kurikulum |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Melaksanakan supervisi
administrasi sarana dan pra sarana |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Melaksanakan supervisi
administrasi Perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Melaksanakan supervisi
administrasi LaboratoriumIPA |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D. MEMILIH
PENDEKATAN, TEKNIK DAN METODE
1.1. Pendekatan
a.
Pendekatan
Direktif (langsung)
Pendekatan
direktif adalah cara pendekatan terhadap masalah yang bersifat langsung. Supervisor memberikan arahan langsung, dengan
tujuan agar guru yang mengalami problem perlu diberi rangsangan langsung agar
ia bisa bereaksi
Adapun langkah-langkah
pendekatan direktif yaitu : menjelaskan, menyajikan, mengarahkan,
memberi contoh, menetapkan tolok ukur, dan menguatkan.
b.
Pendekatan
Non-direktif (Tidak Langsung).
Pendekatan
non-direktif yaitu cara pendekatan terhadap permasalahan yang bersifat tidak
langsung. Supervisor tidak secara langsung menunjukkan permasalahan, tapi
terlebih dahulu mendengarkan secara aktif apa yang dikemukakan tenaga
kependidikan.
Adapun langkah-langkah
pendekatan non-direktif yaitu : mendengarkan, memberikan penguatan,
menjelaskan, menyajikan dan memecahkan masalah
c.
Pendekatan Kolaboratif.
Pendekatan
kolaboratif adalah cara pendekatan yang memadukan cara pendekatan direktif dan
non-direktif. Pada pendekatan ini Supervisor dan guru bersama-sama, bersepakat
untuk menetapkan struktur, proses dan kriteria dalam melaksanakan proses
percakapan terhadap masalah yang dihadapi, pendekatan kolaboratif ini
mengunakan kumunikasi dua arah, dari atas ke bawah dan dari bawah ke
atas.
Adapun langkah-langkah
pendekatan non-direktif yaitu
: menyajikan, menjelaskan, mendengarkan, memecahkan masalah dan negosiasi
1.2. Teknik
a.
Teknik Individu
1.1.Observasi
1.2.Percakapan Pribadi
b.
Teknik Kelompok
1.1. Lokakarya
1.2.Mengikuti kursus / diklat
1.3. Metode
Metode yang digunakan dalam supervisi tenaga
kependidikan adalah monitoring/ pengawasan
E. MEMILIH DAN
MENETAPKAN INSTRUMEN
Agar dalam melaksanaan supervise
terhadap tenaga kependidikan dapat dilaksanakan dengan mudah dan sesuai maka
harus dibuat Instrumen dari masing-masing tenaga kependidikan. Berikut ini
disajikan Instrumen penilaiannya:
INSTRUMEN
SUPERVISI
ADMINISTRASI KURIKULUM
1.
Satuan
Pendidikan :
2.
Hari/tanggal :…………………………
No |
Komponen |
Jawaban |
Skor
/ nilai |
Keterangan |
||||
Ada |
Tidak |
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1 |
Dokumen 1
KTSP |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Dokumen 2
KTSP |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
SK Pembagian
Tugas Mengajar Guru |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Program
Peningkatan Pencapaian Nilai UN |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
File Nilai UN
tahun pelajaran sebelumnya |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
File Nilai
Ijazah/STTB siswa tahun sebelumnya |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
File foto
kopi SKHUN dan Ijazah tahun sebelumnya |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Buku daftar
kelas / buku leger |
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Buku induk
siswa |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
rata-rata = Jlh. skor perolehan : 9 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai akhir =
nilai rata-rata : 4 X 100 % |
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: 86 % - 100 % = bai sekali
71 % - 85 %
= baik
55 % - 70 %
= cukup
< 55 % = kurang
Kesimpulan:
…………………………………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………….
Pengelola Adm, Kepala Sekolah,
…………………….. …………………………
NIP. NIP.
INSTRUMEN
SUPERVISI
ADMINISTRASI KESISWAAN
1.
Satuan
Pendidikan :
2.
Hari/tanggal :…………………………
No |
komponen |
Jawaban |
Skor / nilai |
Ket |
||||
Ada |
Tidak |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
1 |
Program penerimaan siswa baru (PSB) |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Laporan PSB |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Buku
klapper |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Buku induk siswa |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Buku mutasi siswa |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Daftar siswa per kelas |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Papan absen siswa di setiap kelas |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Tatatertib siswa |
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Struktur organisasi OSIS |
|
|
|
|
|
|
|
10 |
Uraian tugas organisasi OSIS |
|
|
|
|
|
|
|
11 |
SK penetapan pengurus OSIS |
|
|
|
|
|
|
|
12 |
Program kerja OSIS |
|
|
|
|
|
|
|
13 |
Laporan/dokumentasi kegiatan OSIS |
|
|
|
|
|
|
|
14 |
Program pengembangan diri siswa
(Kegiatan Ekstra kurikuler) |
|
|
|
|
|
|
|
15 |
Program pengembangan diri siswa
(kegiatan layanan konseling) |
|
|
|
|
|
|
|
16 |
Buku catatan prestasi siswa |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata = Jlh. skor perolehan : 16 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai akhir = nilai rata-rata : 4
X 100 % |
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: 86 % - 100 % = bai sekali
71 % - 85 % = baik
55 % - 70 %
= cukup
< 55 % = kurang
Kesimpulan:
…………………………………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………….
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………. ………………………
Pengelola Adm, Kepala Sekolah,
……………………..
NIP. NIP.
INSTRUMEN
SUPERVISI
ADMINISTRASI KEPEGAWAIAN
1.
Satuan
Pendidikan :
2.
Hari/tanggal :…………………………
No |
Komponen |
Jawaban |
Skor / nilai |
Ket. |
||||
Ada |
Tidak |
1 |
2 |
3 |
4 |
|
||
|
a.
Kepala
Sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
1 |
Bio data /
curriculum vitae |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Program kerja
jangka menengah |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Program kerja
tahunan |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Program dan
jadwal supervisi kelas |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Bukti
pelaksanaan supervisi kelas |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Daftar Urutan
Kepangkatan |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Catatan
pengembangan professional guru |
|
|
|
|
|
|
|
|
b.
Guru |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Bio data |
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Daftar
absensi guru |
|
|
|
|
|
|
|
10 |
Data kesesuan
tugas guru dengan SK |
|
|
|
|
|
|
|
11 |
Barzetting
formasi guru |
|
|
|
|
|
|
|
|
c.
Pegawai Tata
Usaha |
|
|
|
|
|
|
|
12 |
Bio data |
|
|
|
|
|
|
|
13 |
Daftar
absensi guru |
|
|
|
|
|
|
|
14 |
Struktur dan
uraian tugas organisasi TU |
|
|
|
|
|
|
|
15 |
Catatan hasil
pekerjaan/jurnal |
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
File |
|
|
|
|
|
|
|
16 |
Kepala
sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
17 |
Guru
|
|
|
|
|
|
|
|
18 |
Pegawai
Tata Usaha |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
rata-rata = Jlh. skor perolehan : 18 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai akhir =
nilai rata-rata : 4 X 100 % |
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
86 % - 100 % = bai sekali
71 % - 85 % = baik
55 % - 70 %
= cukup
< 55 % = kurang
Ksimpulan : ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
………………
Pegawai TU Kepala
Sekolah,
…………………….. …………………………
NIP. NIP.
INSTRUMEN
SUPERVISI
ADMINISTRASI SARANA DAN PRASARANA
1.
Satuan
Pendidikan :…………………………
2.
Hari/tanggal :…………………………
No |
Komponen |
Jawaban |
Skor / nilai |
Keterangan |
||||
Ada |
Tidak |
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1 |
Sertifikat
kepemilikan tanah |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
SK pendirian
sekolah |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Buku induk
barang inventaris |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Buku golongan
barang inventaris |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Buku
pembelian barang |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Buku
penerimaan barang |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Daftar
inventaris ruang |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Buku stok
barang |
|
|
|
|
|
|
|
9 |
Kartu
pemeliharaan barang |
|
|
|
|
|
|
|
10 |
Catatan
penghapusan barang |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
= Jlh. skor perolehan : 10 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai akhir =
nilai rata-rata : 4 X 100 % |
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: 86 % - 100 % = bai sekali
71 % - 85 %
= baik
55 % - 70 %
= cukup
< 55 % = kurang
Ksimpulan : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………
Pegawai TU Kepala
Sekolah,
…………………….. ……………………….
NIP. NIP.
INSTRUMEN
SUPERVISI
ADMINISTRASI KEUANGAN
1.
Satuan
Pendidikan :
2.
Hari/tanggal :…………………………
No |
Komponen |
Jawaban |
Skor / nilai |
Keterangan |
||||
Ada |
Tidak |
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1 |
RKAS |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Rincian
penggunaan dana perjenis anggaran |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Buku Kas Umum |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Buku
Pembantu Kas Tunai |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Buku Pembantu
Bank |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Buku Pembantu
Pajak |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Laporan
penerimaan dan pengeluaran uang |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Surat setoran
pajak (SSP) |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
rata-rata = Jlh. skor perolehan : 8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai akhir =
nilai rata-rata : 4 X 100 % |
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: 86 % - 100 % = bai sekali
71 % - 85 %
= baik
55 % - 70 %
= cukup
< 55 % = kurang
Ksimpulan : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
…………………
Bendahara, Kepala
Sekolah,
…………………….. ………………………….
NIP. NIP.
INSTRUMEN
SUPERVISI
ADMINISTRASI PERPUSTAKAAN
1.
Satuan
Pendidikan :
2.
Hari/tanggal :…………………………
No |
Komponen |
Jawaban |
Skor
/ nilai |
Keterangan |
||||
Ada |
Tidak |
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1 |
Struktur
pengelolaan perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Program pemanfaatan
perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Buku induk
buku perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Kartu buku
perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Daftar
klasifikasi buku |
|
|
|
|
|
|
|
6 |
Buku
peminjaman |
|
|
|
|
|
|
|
7 |
Catatan /data
kunjungan perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
|
8 |
Tata tertib
perpustakaan |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai rata-rata
= Jlh. skor perolehan : 8 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai akhir =
nilai rata-rata : 4 X 100 % |
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: 86 % - 100 % = bai sekali
71 % - 85 %
= baik
55 % - 70 %
= cukup
< 55 % = kurang
Kesimpulan : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
,
…………………
Kepala/Petugas Pustaka, Kepala
Sekolah,
…………………….. …………………………..
NIP. NIP.
INSTRUMEN
SUPERVISI
ADMINISTRASI PENGELOLAAN
LABORATORIUM
IPA
1.
Satuan
Pendidikan :
2.
Hari/tanggal :…………………………
No |
Komponen |
Jawaban |
Skor
/ nilai |
Keterangan |
||||
Ada |
Tidak |
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1 |
Struktur
pengelolaan labor |
|
|
|
|
|
|
|
2 |
Jadwal
pemakaian labor |
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Tata tertib
pemakaian labor |
|
|
|
|
|
|
|
4 |
Buku catatan
alat pada labor |
|
|
|
|
|
|
|
5 |
Buku catatan
bahan pada labor |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai
rata-rata = Jlh. skor perolehan : 5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai akhir =
nilai rata-rata : 4 X 100 % |
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
: 86 % - 100 % = bai sekali
71 % - 85 %
= baik
55 % - 70 %
= cukup
< 55 % = kurang
Ksimpulan : ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
,
…………………
Kepala/Petugas Labor, Kepala
Sekolah,
…………………….. ………………………
NIP. NIP.
Petunjuk mengerjakan:
1.
Susunlah program supervisi
tendik secara kelompok
2.
Dalam menyusun program
supervisi tendik, Saudara diminta menguatkan nilai karakter nasionalisme pada
sub nilai taat azaz sesuai dengan sistematika yang telah ditentukan dengan
mengacu kepada peraturan hukum yang berlaku.
Pertanyaan:
Buatlah program
supervisi Tenaga kependidikan dengan sistematika sebagai berikut:
1.
Latar belakang, landasan
hukum, merumuskan tujuan dan indikator keberhasilan
2.
Hasil supervisi tahun
sebelumnya
3.
Menetapkan sasaran dan
jadwal
4.
Memilih pendekatan, teknik,
dan metode
5.
Memilih dan menetapkan
instrumen
Rubrik
Penilaian:
Skor
86-100 : Apabila peserta diklat mampu
menyusun Program Supervisi tendik dengan sistematis dengan mencantumkan lima
bagian yang ada dalam penugasan
Skor
76-85,99 : Apabila peserta diklat mampu
menyusun Program Supervisi tendik dengan sistematis dengan mencantumkan empat
bagian yang ada dalam program kerja
Skor
66-75,99 : Apabila peserta diklat mampu
menyusun Program Supervisi tendik dengan sistematis dengan mencantumkan tiga
bagian yang ada dalam program kerja
Skor
0-65,99 : Apabila peserta diklat mampu
menyusun Program Supervisi tendik dengan sistematis dengan mencantumkan satu
sampai dua bagian yang ada dalam program kerja
Komentar