Lingkungan yang Menumbuhkembangkan Kepemimpinan Murid
Kami yakin Bapak/Ibu telah mulai dapat lebih memahami apa yang dimaksud dengan kepemimpinan murid dan pentingnya mempertimbangkan aspek suara, pilihan, dan kepemilikan murid dalam menumbuhkembangkan kepemimpinan murid.
Sekarang,
kami ingin Bapak/Ibu meluangkan waktu untuk membaca materi
tentang ‘Lingkungan yang Menumbuhkankembangkan Kepemimpinan Murid’ di
bawah ini.
Sebagaimana
padi yang hanya akan tumbuh subur pada lingkungan yang sesuai, maka
program/kegiatan sekolah yang berdampak pada murid dan menumbuhkembangkan
kepemimpinan murid pun akan tumbuh dengan lebih subur jika sekolah dapat
menyediakan lingkungan yang cocok.
Lingkungan
yang menumbuhkembangkan kepemimpinan murid memiliki beberapa
karakteristik, diantaranya adalah:
1.
Lingkungan yang menyediakan kesempatan untuk
murid menggunakan pola pikir positif dan merasakan emosi yang positif,
hingga berkemampuan dan berkeinginan untuk memberikan pengaruh positif kepada
kehidupan orang lain dan sekelilingnya.
2.
Lingkungan yang mengembangkan keterampilan
berinteraksi sosial secara positif, arif dan bijaksana.
3.
Lingkungan yang melatih keterampilan yang
dibutuhkan murid dalam proses pencapaian tujuan akademik maupun
non-akademiknya.
4.
Lingkungan yang melatih murid untuk menerima
dan memahami kekuatan diri, sesama, serta masyarakat dan lingkungan di
sekitarnya.
5.
Lingkungan yang membuka wawasan murid agar
dapat menentukan dan menindaklanjuti tujuan, harapan atau mimpi yang
manfaat dan kebaikannya melampaui pemenuhan kepentingan individu,
kelompok, maupun golongan.
6.
Lingkungan tersebut berkomitmen untuk menempatkan
murid sedemikian rupa sehingga aktif menentukan proses belajarnya sendiri.
7.
Lingkungan tersebut menumbuhkan daya
lenting dan sikap tangguh murid untuk terus bangkit di tengah kesempitan
dan kesulitan.
(di sadur dari Noble Noble, T. & H. McGrath, 2016)
Komentar