SOAL UAS GENAP BAHASA INDONESIA SMA KELAS X: Pilihan Ganda

Assalamualaikum. Pada postingan kali ini saya memposting soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Genap Bahasa Indonesia SMA kelas X. Soal UAS Bahasa Indonesia ini berisi materi teks laporan hasil

observasi, teks anekdot, teks eksposisi, teks negosiasi, teks hikayat, debat, teks biografi dan puisi. Soal ini berbentuk pilihan ganda sebanyak 25 nomor. Semoga soal yang saya posting ini dapat bermanfaat untuk anda guru serumpun dan dapat dipergunakan sebagai referensi pembuatan soal untuk anak didiknya. Silahkan bertanya di kolom komentar untuk kunci jawaban. Jangan lupa berikan kritik dan saran untuk perbaikan isi blog ini ke depannya.

SOAL BAHASA IND

SOAL PILIHAN GANDA

BAHASA INDONESIA

KELAS X

   Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 - 6!

(1) Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan spesifik kering di Pulau Jawa. (2) Hutan di taman ini terdiri dari type vegetasi savana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. (3) Taman Nasional Baluran memiliki berbagai macam flora dan fauna dan ekosistem. (4) Tumbuhan di taman nasional ini sebanyak 444 jenis. (5) Di antara jenis tumbuhan di sini terdapat tumbuhan asli yang khas dan menarik yaitu widoro bukol (Ziziphus rotundifolia), mimba (Azadirachta indica), dan pilang (Acacia leucophloea).

1.      Kalimat utama paragraf tersebut adalah….

a.       (1)

b.      (2)

c.       (3)

d.      (4)

e.       (5)

2.      Kata tidak baku paragraf tersebut terdapat pada kalimat….

a.       (1)

b.      (2)

c.       (3)

d.      (4)

e.       (5)

3.      Makna istilah flora pada paragraf tersebut adalah….

a.       Seluruh kehidupan hewan di suatu habitat

b.      Keanekaragaman yang ada di alam

c.       Seluruh jenis tumbuh-tumbuhan di suatu habitat

d.      Seluruh hewan dan tumbuh-tumbuhan

e.       Alam yang menyediakan sumber daya

4.      Kalimat definisi terdapat pada kalimat….

a.       (1)

b.      (2)

c.       (3)

d.      (4)

e.       (5)

5.      Kalimat deskripsi pada paragraf tersebut adalah….

a.       (1)

b.      (2)

c.       (3)

d.      (4)

e.       (5)

6.      Kalimat fakta paragraf tersebut adalah….

a.       (1)

b.      (2)

c.       (4)

d.      (5)

e.       Semua jawaban benar

   

    Cermati teks anekdot berikut untuk menjawab soal nomor 7, 8 & 9!

Dosen yang juga menjadi Pejabat

Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono dua orang mahasiswa sedang berbincang-bincang

Tono : “Saya heran dengan dosen ilmu politik, kalau mengajar selalu duduk, tidak pernah mau berdiri.”

Udin : “Ah, begitu saja diperhatikan sih Ton.”

Tono : “Ya, Udin tahu sebabnya.”

Udin : “Barangkali saja, beliau capek atau kakinya tidak kuat berdiri.”

Tono : “Bukan itu sebabnya, Din. Sebab dia juga seorang pejabat.”

Udin : “Loh, apa hubungannya.”

Tono : “Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain.”

Udin : “???”

7.      Masalah yang diceritakan dalam teks anekdot tersebut adalah….

a.       Udin dan Tono sedang berbincang-bincang

b.      Udin ingin menjadi dosen

c.       Udin takut kursinya diduduki orang lain

d.      Dosen yang juga menjadi pejabat

e.       Dosen yang menjadi panutan

8.      Isi cerita dalam teks tersebut terkait masalah….

a.       Udin dan Tono

b.      Di kantin sebuah universitas

c.       Tokoh publik

d.      Kursinya diduduki orang lain

e.       Tokoh masyarakat

9.      Unsur humor pada teks anekdot tersebut terdapat pada dialog….

a.       Udin : “Ah, begitu saja diperhatikan sih Ton.”

b.      Tono : “Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain.”

c.       Udin : “Loh, apa hubungannya.”

d.      Tono : “Ya, Udin tahu sebabnya.”

e.       Jawaban b salah

10.  Cermati paragraf berikut!

          Saat menengok puluhan karya Danu, pengunjung bisa memahami hubungan antara alam dan manusia. Dia memanfaatkan bahan berupa kayu nangka karena pohon itu mudah ditemukan. Selain itu, kayu nangka punya kadar air yang baik sehingga bisa bertahan lama.

Kata dia merujuk pada….

a.       Danu

b.      Pengunjung

c.       Karya Danu

d.      Alam dan manusia

e.       Kayu nangka

11.  Cermati kutipan teks hikayat Indera Bangsawan berikut!

Gendang itu dibukanya dan dipukulnya. Tiba-tiba ia terdengar orang yang melarangnya memukul gendang itu. Lalu diambilnya pisau dan ditorehnya gendang itu, maka Puteri Ratna Sari pun keluarlah dari gendang itu. Puteri Ratna Sari menerangkan bahwa negerinya telah dikalahkan oleh Garuda.

Kemustahilan pada kutipan teks hikayat tersebut adalah….

a.       Gendang itu dibukanya dan dipukulnya

b.      Tiba-tiba ia terdengar orang yang melarangnya memukul gendang itu

c.       Lalu diambilnya pisau dan ditorehnya gendang itu

d.      Maka Puteri Ratna Sari pun keluarlah dari gendang itu

e.       Puteri Ratna Sari menerangkan bahwa negerinya telah dikalahkan oleh Garuda.

12.  Hikayat memiliki ciri-ciri yang membedakannya dengan teks yang lain. Di bawah ini yang bukan ciri-ciri sebuah hikayat adalah….

a.       Kesaktian tokoh

b.      Istana sentris

c.       Terdapat kemustahilan

d.      Terdapat fakta dan opini

e.       Tidak diketahui nama pengarang/penulisnya

13.  Cermati kutipan teks hikayat berikut!

Maka anakanda baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya.

Nilai kehidupan kutipan tersebut adalah….

a.       Nilai sosial

b.      Nilai budaya

c.       Nilai moral

d.      Nilai agama

e.       Nilai edukasi/pendidikan

    Cermati teks negosiasi berikut untuk menjawab soal nomor 14 & 15!

1.      Pembeli : “Berapa harga sekilo mangga ini, Bang?”

2.      Penjual : “Tiga puluh ribu, Bu. Murah.”

3.      Pembeli : “Boleh kurang kan, bang?”

4.      Penjual : “Belum boleh, Bu. Barangnya bagus lho, Bu. Ini bukan karbitan. Matang pohon.”

5.      Pembeli : “Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim, Bang. Dua puluh ribu  saja ya?”

6.      Penjual : “Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya dapat untung, Bu.”

7.      Pembeli : “Baiklah, tapi saya boleh milih sendiri, kan Bang?”

8.      Penjual : “Asal jangan pilih yang besar-besar, Bu. Nanti saya bisa rugi.”

9.      Pembeli : “Iya, Bang. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak busuk.”

10.  Penjual : “Saya jamin, Bu. Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan.”

11.  Pembeli : “Baiklah, saya ambil 3 kilo ya Pak.”

12.  Akhirnya, penjual mempersilakan pembeli untuk memilih dan menimbang sendiri mangga yang dibelinya.

14.  Proses tawar-menawar penjual dan pembeli sehingga terjadi kesepakatan terdapat pada dialog….

a.       (1) dan (2)

b.      (3) dan (4)

c.       (5) dan (6)

d.      (7)  dan (8)

e.       (9) dan (10)

15.  Cara penjual meyakinkan pembeli untuk mencapai kesepakatan terdapat pada dialog….

a.       (2)

b.      (4)

c.       (6)

d.      (8)

e.       (10)

16.  Pihak yang mendukung atau setuju terhadap mosi yang diperdebatkan adalah….

a.       Tim afirmatif

b.      Tim oposisi

c.       Tim netral

d.      Moderator

e.       Notulen/penulis

     Cermati argumen debat berikut untuk mengerjakan soal nomor 17 & 18!

           Dengan masuknya kosa kata bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia semakin banyak orang yang mampu berkomunikasi dengan baik sehingga proses transfer ilmu pengetahuan berjalan dengan cepat. Bukti bahwa bahasa Indonesia tidak berdaya untuk berinteraksi antar bahasa dapat kita lihat pada penggunaan kata vitamin, yang diserap dari kosa kata bahasa asing yang jika dijelaskan dengan bahasa Indonesia belum tentu para pelaku bahasa mengerti. Namun dengan adanya kosa kata serapan dari bahasa asing hal tersebut mempermudah kita dalam pelafalan, pemahaman sekaligus menjadikan interaksi antar bahasa menjadi lebih mudah. Tanpa bantuan bahasa asing yang masuk ke dalam bahasa Indonesia, bahasa Indonesia belum mampu menunjukkan eksistensinya dalam interaksi antar bahasa.

           Banyak kosa kata serapan dari bahasa asing sehingga peran bahasa Indonesia masih diragukan. Banyak orang yang lebih familiar dengan kosa kata serapan dari bahasa asing dibandingkan dengan bahasa Indonesia. Sehingga saya tetap setuju bahwa penyerapan kosa kata bahasa asing yang masuk kedalam bahasa Indonesia membuktikan ketidakberdayaan bahsa Indonesia dalan interaksi antar bahasa

17.  Mosi yang tepat untuk argumen tersebut adalah….

a.       Penyerapan Kosa Kata Bahasa Asing Bukti Ketidakberdayaan Bahasa Indonesia dalam Interaksi dengan Bahasa Lain

b.      Dengan Masuknya Kosa Kata Bahasa Asing Ke dalam Bahasa Indonesia Semakin Banyak Orang yang Mampu Berkomunikasi dengan Baik

c.       Dengan Adanya Kosa Kata Serapan dari Bahasa Asing Hal Tersebut Mempermudah Kita dalam Pelafalan

d.      Tanpa Bantuan Bahasa Asing yang Masuk Ke Dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Indonesia Belum Mampu Menunjukkan Eksistensinya

e.       Banyak Orang yang Lebih Familiar dengan Kosa Kata Serapan dari Bahasa Asing Dibandingkan dengan Bahasa Indonesia

18.  Pihak manakah yang tepat untuk menyampaikan argument debat tersebut….

a.       Tim netral

b.      Tim oposisi

c.       Tim afirmatif

d.      Moderator

e.       Notulen/penulis

 

       Cermati kedua teks penggalan cerpen berikut untuk menjawab soal nomor 19 & 20!

Teks Cerpen 1

Teks Cerpen 2

          Teman-temannya senang mengolok-ngolok Andi. Mentang-mentang dia cuma anak pesuruh sekolah yang rumahnya di gang sempit. Sudah sepuluh tahun ibunya bekerja sebagai pembantu di sekolah ini. Untuk membantu ibunya, Andi harus membersihkan kelas setiap pagi satu jam sebelum pintu-pintu gerbang sekolah dibuka.

             Kalau beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota kelahiranku dengan menumpang bis, Tuan akan berhenti di dekat pasar. Melangkahlah menyusuri jalan raya kearah barat, maka kira-kira sekilometer dari pasar akan sampailah Tuan di jalan kampungku. Pada simpang kecil ke kanan, beloklah ke jalan sempit itu. Dan di ujung jalan itu nanti Tuan temukan sebuah surau tua. Di depannya ada kolam ikan yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran mandi.

19.  Kesamaan kedua teks cerpen tersebut yaitu unsur instrinsik yang berhubungan dengan….

a.       Amanat

b.      Tokoh

c.       Penokohan

d.      Alur

e.       Latar

20.  Hal dalam teks (1) yang dapat ditemukan dalam kehidupan saat ini adalah….

a.       Durhaka kepada orang tua karena tidak mampu

b.      Menyayangi orang tua walaupun tidak mampu

c.       Bekerja untuk biaya melanjutkan sekolah

d.      Bekerja untu membantu adik-adik sekolah

21.  Cermati kata berimbuhan (afiksasi) berikut!

(1)   Menulis

(2)   Menggigit

(3)   Diperparah

(4)   Gigitan

(5)   Digetarkan

Kata berimbuhan yang termasuk ke dalam jenis kata verba (kata kerja) adalah….

a.       (1) dan (2)

b.      (1) dan (3)

c.       (3) dan (4)

d.      (2) dan (3)

e.       (2) dan (4)

 

       Cermati penggalan teks biografi berikut untuk mengerjakan soal nomor!

           B.J. Habibie adalah salah seorang tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia. Beliau adalah Presiden ketiga Republik Indonesia. Nama dan gelar lengkapnya Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie. Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25 Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A.Tuti Marini Puspowardojo. Habibie menikah dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal.

            Masa kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi Selatan. Suka membaca, memiliki sifat tegas dan selalu memegang prinsip yang diyakini telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yangn juga punya kegemaran menunggang kuda ini dikenal sangat cerdas sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar.

22.  Tokoh yang dibahas dalam biografi tersebut adalah….

a.       Alwi Abdul Jalil Habibie

b.      Bacharuddin Jusuf Habibie

c.       Hasri Ainun Habibie

d.      R.A. Tuti Marini Puspowardojo

e.       Thareq Kemal

23.  Keteladanan yang patut ditiru dalam biografi tersebut yaitu….

a.       Seorang tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia

b.      Suka membaca, memiliki sifat tegas dan selalu memegang prinsip

c.       B.J. Habibie adalah Presiden ketiga Republik Indonesia

d.      Habibie yang punya kegemaran menunggang kuda

e.       Dikenal sangat cerdas sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar

24.  Orang yang mempin dan memandu jalannya debat disebut sebagai….

a.       Moderator

b.      Notulen

c.       Tim Oposisi

d.      Pemimpin

e.       Tim Afirmatif

25.  Cermati puisi berikut!

 

Doa

Karya: Chairil Anwar

 

Tuhanku

Dalam termangu

Aku masih menyebut nama-Mu

Biar susah sungguh

Mengingat Kau penuh seluruh

CayaMu panas suci

Tinggal kerlip lilin di kelam sunyi

…………………………….

Diksi yang digunakan dalam puisi di atas semakin indah ketika dibacakan karena….

a.       Terdapat persamaan bunyi atau rima

b.      Terdapat lambang atau simbol

c.       Terdapat makna kias (konotatif)

d.      Judulnya menarik

e.       Penggunaan kata ‘Tuhanku’

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: PUISI [Kurikulum Merdeka]

CONTOH: FORMAT PROGRAM SUPERVISI TENDIK

BAHASA INDONESIA SMA KELAS X: Materi Hikayat