SOAL UAS GENAP BAHASA INDONESIA SMA KELAS X: Pilihan Ganda
Assalamualaikum. Pada postingan kali ini saya memposting soal Ulangan Akhir Semester (UAS) Genap Bahasa Indonesia SMA kelas X. Soal UAS Bahasa Indonesia ini berisi materi teks laporan hasil
SOAL BAHASA IND
SOAL PILIHAN GANDA
BAHASA INDONESIA
KELAS X
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 - 6!
(1)
Taman Nasional Baluran merupakan perwakilan ekosistem hutan
spesifik kering di Pulau Jawa.
(2) Hutan di taman ini terdiri dari type vegetasi
savana, hutan mangrove, hutan
musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan
yang selalu hijau sepanjang tahun. (3) Taman Nasional Baluran memiliki berbagai macam flora dan fauna dan ekosistem. (4) Tumbuhan di taman nasional ini sebanyak 444 jenis. (5) Di antara jenis
tumbuhan di sini terdapat tumbuhan asli yang khas dan menarik yaitu widoro bukol (Ziziphus rotundifolia),
mimba (Azadirachta indica), dan pilang (Acacia leucophloea). |
1.
Kalimat
utama paragraf tersebut adalah….
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
2.
Kata
tidak baku paragraf tersebut terdapat pada kalimat….
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
3.
Makna
istilah flora pada paragraf tersebut
adalah….
a.
Seluruh
kehidupan hewan di suatu habitat
b.
Keanekaragaman
yang ada di alam
c.
Seluruh
jenis tumbuh-tumbuhan di suatu habitat
d.
Seluruh
hewan dan tumbuh-tumbuhan
e.
Alam
yang menyediakan sumber daya
4.
Kalimat
definisi terdapat pada kalimat….
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
5.
Kalimat
deskripsi pada paragraf tersebut adalah….
a.
(1)
b.
(2)
c.
(3)
d.
(4)
e.
(5)
6.
Kalimat
fakta paragraf tersebut adalah….
a.
(1)
b.
(2)
c.
(4)
d.
(5)
e.
Semua
jawaban benar
Cermati teks anekdot berikut untuk menjawab
soal nomor 7, 8 & 9!
Dosen
yang juga menjadi Pejabat Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono dua
orang mahasiswa sedang berbincang-bincang Tono : “Saya heran dengan dosen ilmu politik,
kalau mengajar selalu duduk, tidak pernah mau berdiri.” Udin : “Ah, begitu saja diperhatikan sih Ton.” Tono : “Ya, Udin tahu sebabnya.” Udin : “Barangkali saja, beliau capek atau kakinya
tidak kuat berdiri.” Tono : “Bukan itu sebabnya, Din. Sebab dia juga
seorang pejabat.” Udin : “Loh, apa hubungannya.” Tono : “Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya
diduduki orang lain.” Udin : “???” |
7.
Masalah
yang diceritakan dalam teks anekdot tersebut adalah….
a.
Udin
dan Tono sedang berbincang-bincang
b.
Udin
ingin menjadi dosen
c.
Udin
takut kursinya diduduki orang lain
d.
Dosen
yang juga menjadi pejabat
e.
Dosen
yang menjadi panutan
8.
Isi
cerita dalam teks tersebut terkait masalah….
a.
Udin
dan Tono
b.
Di
kantin sebuah universitas
c.
Tokoh
publik
d.
Kursinya
diduduki orang lain
e.
Tokoh
masyarakat
9.
Unsur
humor pada teks anekdot tersebut terdapat pada dialog….
a.
Udin
: “Ah, begitu saja diperhatikan sih Ton.”
b.
Tono
: “Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain.”
c.
Udin
: “Loh, apa hubungannya.”
d.
Tono
: “Ya, Udin tahu sebabnya.”
e.
Jawaban
b salah
10. Cermati
paragraf berikut!
Saat menengok puluhan karya Danu, pengunjung bisa memahami hubungan
antara alam dan manusia. Dia
memanfaatkan bahan berupa kayu nangka karena pohon itu mudah ditemukan.
Selain itu, kayu nangka punya kadar air yang baik sehingga bisa bertahan
lama. |
Kata dia merujuk pada….
a.
Danu
b.
Pengunjung
c.
Karya
Danu
d.
Alam
dan manusia
e.
Kayu
nangka
11. Cermati
kutipan teks hikayat Indera Bangsawan berikut!
Gendang itu dibukanya dan dipukulnya. Tiba-tiba ia
terdengar orang yang melarangnya memukul gendang itu. Lalu diambilnya pisau
dan ditorehnya gendang itu, maka Puteri Ratna Sari pun keluarlah dari gendang
itu. Puteri Ratna Sari menerangkan bahwa negerinya telah dikalahkan oleh
Garuda. |
Kemustahilan pada kutipan teks
hikayat tersebut adalah….
a.
Gendang
itu dibukanya dan dipukulnya
b.
Tiba-tiba
ia terdengar orang yang melarangnya memukul gendang itu
c.
Lalu
diambilnya pisau dan ditorehnya gendang itu
d.
Maka
Puteri Ratna Sari pun keluarlah dari gendang itu
e.
Puteri
Ratna Sari menerangkan bahwa negerinya telah dikalahkan oleh Garuda.
12. Hikayat memiliki ciri-ciri yang
membedakannya dengan teks yang lain. Di bawah ini yang bukan ciri-ciri sebuah hikayat adalah….
a.
Kesaktian
tokoh
b.
Istana
sentris
c.
Terdapat
kemustahilan
d.
Terdapat
fakta dan opini
e.
Tidak
diketahui nama pengarang/penulisnya
13. Cermati kutipan teks hikayat
berikut!
Maka anakanda baginda yang dua orang itu pun
sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian.
Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga
saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya. |
Nilai kehidupan kutipan tersebut
adalah….
a.
Nilai
sosial
b.
Nilai
budaya
c.
Nilai
moral
d.
Nilai
agama
e.
Nilai
edukasi/pendidikan
Cermati
teks negosiasi berikut untuk menjawab soal nomor 14 & 15!
1.
Pembeli
: “Berapa harga sekilo mangga ini, Bang?” 2.
Penjual
: “Tiga puluh ribu, Bu. Murah.” 3.
Pembeli
: “Boleh kurang kan, bang?” 4.
Penjual
: “Belum boleh, Bu. Barangnya bagus lho, Bu. Ini bukan karbitan. Matang
pohon.” 5.
Pembeli
: “Iya, Bang, tapi harganya boleh kurang kan? Kan lagi musim, Bang. Dua puluh
ribu saja ya?” 6.
Penjual
: “Belum boleh, Bu. Dua puluh delapan ribu, ya, Bu. Biar saya dapat untung,
Bu.” 7.
Pembeli
: “Baiklah, tapi saya boleh milih sendiri, kan Bang?” 8.
Penjual
: “Asal jangan pilih yang besar-besar, Bu. Nanti saya bisa rugi.” 9.
Pembeli
: “Iya, Bang. Yang penting saya dapat mangga yang bagus dan tidak busuk.” 10. Penjual : “Saya jamin, Bu.
Kalau ada yang busuk boleh ditukarkan.” 11. Pembeli : “Baiklah, saya ambil
3 kilo ya Pak.” 12. Akhirnya, penjual mempersilakan
pembeli untuk memilih dan menimbang sendiri mangga yang dibelinya. |
14. Proses tawar-menawar penjual dan
pembeli sehingga terjadi kesepakatan terdapat pada dialog….
a.
(1)
dan (2)
b.
(3)
dan (4)
c.
(5)
dan (6)
d.
(7) dan (8)
e.
(9)
dan (10)
15. Cara penjual meyakinkan pembeli
untuk mencapai kesepakatan terdapat pada dialog….
a.
(2)
b.
(4)
c.
(6)
d.
(8)
e.
(10)
16. Pihak yang mendukung atau setuju
terhadap mosi yang diperdebatkan adalah….
a.
Tim
afirmatif
b.
Tim
oposisi
c.
Tim
netral
d.
Moderator
e.
Notulen/penulis
Cermati argumen debat berikut untuk
mengerjakan soal nomor 17 & 18!
Dengan
masuknya kosa kata bahasa asing ke dalam bahasa Indonesia semakin banyak
orang yang mampu berkomunikasi dengan baik sehingga proses transfer ilmu
pengetahuan berjalan dengan cepat. Bukti bahwa bahasa Indonesia tidak berdaya
untuk berinteraksi antar bahasa dapat kita lihat pada penggunaan kata
vitamin, yang diserap dari kosa kata bahasa asing yang jika dijelaskan dengan
bahasa Indonesia belum tentu para pelaku bahasa mengerti. Namun dengan adanya
kosa kata serapan dari bahasa asing hal tersebut mempermudah kita dalam
pelafalan, pemahaman sekaligus menjadikan interaksi antar bahasa menjadi
lebih mudah. Tanpa bantuan bahasa asing yang masuk ke dalam bahasa Indonesia,
bahasa Indonesia belum mampu menunjukkan eksistensinya dalam interaksi antar
bahasa. Banyak kosa kata serapan dari bahasa
asing sehingga peran bahasa Indonesia masih diragukan. Banyak orang yang
lebih familiar dengan kosa kata serapan dari bahasa asing dibandingkan dengan
bahasa Indonesia. Sehingga saya tetap setuju bahwa penyerapan kosa kata
bahasa asing yang masuk kedalam bahasa Indonesia membuktikan ketidakberdayaan
bahsa Indonesia dalan interaksi antar bahasa |
17. Mosi yang tepat untuk argumen
tersebut adalah….
a.
Penyerapan
Kosa Kata Bahasa Asing Bukti Ketidakberdayaan Bahasa Indonesia dalam Interaksi
dengan Bahasa Lain
b.
Dengan
Masuknya Kosa Kata Bahasa Asing Ke dalam Bahasa Indonesia Semakin Banyak Orang
yang Mampu Berkomunikasi dengan Baik
c.
Dengan
Adanya Kosa Kata Serapan dari Bahasa Asing Hal Tersebut Mempermudah Kita dalam
Pelafalan
d.
Tanpa
Bantuan Bahasa Asing yang Masuk Ke Dalam Bahasa Indonesia, Bahasa Indonesia
Belum Mampu Menunjukkan Eksistensinya
e.
Banyak
Orang yang Lebih Familiar dengan Kosa Kata Serapan dari Bahasa Asing
Dibandingkan dengan Bahasa Indonesia
18. Pihak manakah yang tepat untuk
menyampaikan argument debat tersebut….
a.
Tim
netral
b.
Tim
oposisi
c.
Tim
afirmatif
d.
Moderator
e.
Notulen/penulis
Cermati kedua teks penggalan cerpen
berikut untuk menjawab soal nomor 19 & 20!
Teks
Cerpen 1 |
Teks
Cerpen 2 |
Teman-temannya senang mengolok-ngolok Andi. Mentang-mentang dia cuma
anak pesuruh sekolah yang rumahnya di gang sempit. Sudah sepuluh tahun ibunya
bekerja sebagai pembantu di sekolah ini. Untuk membantu ibunya, Andi harus
membersihkan kelas setiap pagi satu jam sebelum pintu-pintu gerbang sekolah
dibuka. |
Kalau beberapa tahun yang lalu Tuan datang ke kota kelahiranku dengan
menumpang bis, Tuan akan berhenti di dekat pasar. Melangkahlah menyusuri
jalan raya kearah barat, maka kira-kira sekilometer dari pasar akan sampailah
Tuan di jalan kampungku. Pada simpang kecil ke kanan, beloklah ke jalan
sempit itu. Dan di ujung jalan itu nanti Tuan temukan sebuah surau tua. Di
depannya ada kolam ikan yang airnya mengalir melalui empat buah pancuran
mandi. |
19. Kesamaan kedua teks cerpen
tersebut yaitu unsur instrinsik yang berhubungan dengan….
a.
Amanat
b.
Tokoh
c.
Penokohan
d.
Alur
e.
Latar
20. Hal dalam teks (1) yang dapat
ditemukan dalam kehidupan saat ini adalah….
a.
Durhaka
kepada orang tua karena tidak mampu
b.
Menyayangi
orang tua walaupun tidak mampu
c.
Bekerja
untuk biaya melanjutkan sekolah
d.
Bekerja
untu membantu adik-adik sekolah
21. Cermati
kata berimbuhan (afiksasi) berikut!
(1)
Menulis
(2)
Menggigit
(3)
Diperparah
(4)
Gigitan
(5)
Digetarkan
Kata berimbuhan yang termasuk ke
dalam jenis kata verba (kata kerja) adalah….
a.
(1)
dan (2)
b.
(1)
dan (3)
c.
(3)
dan (4)
d.
(2)
dan (3)
e.
(2)
dan (4)
Cermati
penggalan teks biografi berikut untuk mengerjakan soal nomor!
B.J.
Habibie adalah salah seorang tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak
orang di Indonesia. Beliau adalah Presiden ketiga Republik Indonesia. Nama
dan gelar lengkapnya Prof. DR (HC). Ing. Dr. Sc. Mult. Bacharuddin Jusuf
Habibie. Beliau dilahirkan di Pare-Pare, Sulawesi Selatan, pada tanggal 25
Juni 1936. Beliau merupakan anak keempat dari delapan bersaudara, pasangan
Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A.Tuti Marini Puspowardojo. Habibie menikah
dengan Hasri Ainun Habibie pada tanggal 12 Mei 1962 dan dikaruniai dua orang
putra yaitu Ilham Akbar dan Thareq Kemal. Masa
kecil Habibie dilalui bersama saudara-saudaranya di Pare-Pare, Sulawesi
Selatan. Suka membaca, memiliki sifat tegas dan selalu memegang prinsip yang
diyakini telah ditunjukkan Habibie sejak kanak-kanak. Habibie yangn juga
punya kegemaran menunggang kuda ini dikenal sangat cerdas sejak masih duduk
di bangku Sekolah Dasar. |
22. Tokoh yang dibahas dalam biografi
tersebut adalah….
a.
Alwi
Abdul Jalil Habibie
b.
Bacharuddin
Jusuf Habibie
c.
Hasri
Ainun Habibie
d.
R.A.
Tuti Marini Puspowardojo
e.
Thareq
Kemal
23. Keteladanan yang patut ditiru
dalam biografi tersebut yaitu….
a.
Seorang
tokoh panutan dan menjadi kebanggaan bagi banyak orang di Indonesia
b.
Suka
membaca, memiliki sifat tegas dan selalu memegang prinsip
c.
B.J.
Habibie adalah Presiden ketiga Republik Indonesia
d.
Habibie
yang punya kegemaran menunggang kuda
e.
Dikenal
sangat cerdas sejak masih duduk di bangku Sekolah Dasar
24. Orang yang mempin dan memandu
jalannya debat disebut sebagai….
a.
Moderator
b.
Notulen
c.
Tim
Oposisi
d.
Pemimpin
e.
Tim
Afirmatif
25. Cermati
puisi berikut!
Doa
Karya: Chairil Anwar
Tuhanku
Dalam termangu
Aku masih menyebut nama-Mu
Biar susah sungguh
Mengingat Kau penuh seluruh
CayaMu panas suci
Tinggal kerlip lilin di kelam
sunyi
…………………………….
Diksi yang digunakan dalam puisi
di atas semakin indah ketika dibacakan karena….
a.
Terdapat
persamaan bunyi atau rima
b.
Terdapat
lambang atau simbol
c.
Terdapat
makna kias (konotatif)
d.
Judulnya
menarik
e.
Penggunaan
kata ‘Tuhanku’
Komentar