PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
1.
Pengertian
PTK merupakan suatu proses di mana melalui proses ini guru
dan siswa menginginkan terjadinya perbaikan, peningkatan, dan perubahan
pembelajaran yang lebih baik, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara
optimal.
2.
Karakteristik
PTK
a.
An Inquiri on
Practice from within
PTK didasarkan pada masalah
keseharian yang dirasakan dan dihayati dalam pembelajaran.
b.
A collaborative
effort and or participative
Mengisyaratkan bahwa tindakan
dan upaya perbaikan dilakukan bersama-sama siswa secara kolaboratif dan
partisipatif.
c.
A relative practice mode public
Menghendaki agar keseluruhan
proses implementasi tindakan dipantau dengan mempergunakan metode dan alat yang
dapat dipertanggung jawabkan.
3.
Secara singkat PTK dapat disebutkan:
a.
Situasional:
Yaitu berkaitan langsung
dengan permasalahan konkret yang dihadapi guru dan siswa di kelas.
b.
Kontekstual:
Merupakan upaya pemecahan
masalah yang berupa model dan prosedur tindakan kelas yang tidak lepas dari
konteksnya.
c.
Kolaboratif:
Yaitu partisipasi antara guru
dan siswa dan mungkin asisten ataupun teknisi yang terkait membantu proses
pembelajaran.
4.
Empat tahapan siklus PTK
a.
Perencanaan
b.
Pelaksanaan
c.
Pengamatan
d.
Refleksi
Berikut penjelasan mengenai tahapan siklus PTK yaitu
sebagai berikut:
a.
Tahap Perencanaan
Tindakan
1)
Mendeksripsikan
hal-hal apa yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah.
2)
Merumuskan hipotesis
tindakan (jika diperlukan untuk penegasan).
3)
Menyusun RPP (Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran) berbasis pilihan tindakan yang telah ditetapkan.
4)
Penyiapan lembar-lembar
instrument untuk mengamati dan mencatat segala aktivitas.
b.
Tahap Pelaksanaan
Tindakan
1)
Penerapan berbagai hal
yang telah direncanakan sebelumnya.
2)
Pada PTK individual,
yakni desain PTK dilaksanakan secara mandiri oleh seorang guru di kelas yang
dia bina.
3)
PTK kolaboratif dan
desain PTK yang dilaksanakan secara bersama-sama dengan guru lain.
c.
Tahap Pengamatan
Tindakan
1)
Data-data dikumpulkan
melalui instrument yang dipersiapkan.
2)
Data tersebut
meliputi; (a) seluruh pernyataan verbal dan aktivitas non verbal (b) proses KBM
(c) dampak yang muncul selama KBM (d) hasil pembelajaran berupa evaluasi (e)
wawancara guru dan siswa
d.
Tahap Refleksi
Tindakan
1)
Kegiatan meliputi
menganalisis, memaknai, menjelaskan, dan mengumpulkan data yang diperoleh dari
hasil pengamatan.
2)
Secara umum, kegiatan
ini dimulai dengan menelaah data yang tersedia dari berbagai sumber.
Komentar