RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS X: Teks Biografi
Assalamualaikum. Pada postingan ini saya membagikan kepada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X, materi tentang Teks Biografi. RPP ini saya buat sendiri dan saya terapkan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar di kelas. Semoga bermanfaat bagi anda sesama guru bahasa Indonesia, dan selamat membaca!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama satuan pendidikan : SMA Negeri 1 Sape
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/II
Materi Pokok : Teks Biografi
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (4 x 45
menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
1.
Mengidentifikasi peristiwa (antara
lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam
biografi tokoh yang dapat
diteladani.
2.
Menggali hal yang dapat diteladani dari teks biografi.
3.
Menafsirkan hal yang dapat diteladani dari teks
biografi.
4.
Memproyeksikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks
biografi yang dibaca secara tertulis.
5.
Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari peristiwa yang
tertuang dalam dalam teks biografi.
6.
Memberikan
komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
||
3.14
|
Menilai hal yang dapat diteladani dari teks biografi.
|
3.14.1
3.14.2
3.14.3
|
Mengidentifikasi peristiwa (antara lain: perjalanan pendidikan, karier,
perjuangan) dalam biografi tokoh yang dapat diteladani.
Menggali hal yang dapat
diteladani dari teks biografi.
Menafsirkan hal yang dapat
diteladani dari teks biografi.
|
4.14
|
Mengungkapkan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks
biografi yang dibaca secara tertulis.
|
4.14.1
4.14.2
4.14.3
|
Memproyeksikan kembali hal-hal yang dapat
diteladani dari tokoh yang terdapat
dalam teks biografi yang dibaca secara
tertulis.
Menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari
peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi .
Memberikan komentar secara lisan atau tulis terhadap hasil kerja
teman atau kelompok lain.
|
C.
Materi Pembelajaran
1.
Pola
penyajian cerita ulang (biografi).
2.
Hal-hal
yang patut diteladani dari tokoh dalam biografi.
D.
Metode Pembelajaran
1.
Konsep Dasar (Basic
Concept)
2.
Pendefinisian
Masalah (Defining the Problem)
3.
Pembelajaran
Mandiri (Self Learning)
4.
Pertukaran Pengetahuan
(Exchange Knowledge)
5.
Penilaian (Assessment)
E.
Media Pembelajaran
1.
Media/ alat : Lembar Kerja Siswa (LKS), Power Point/
LCD
2.
Bahan :
F.
Sumber Belajar
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
2.
Kosasih,
Engkoh. 2013. Kreatif Berbahasa
Indonesia. Jakarta: Erlangga
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a.
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.
Memberi motivasi belajar
peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan
jenjang peserta didik;
c.
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari;
d.
Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e. Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus; dan
f.
Membentuk siswa menjadi
5 kelompok atau lebih.
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
Mengamati
a.
Siswa diminta
mencermati hal yang dapat diteladani dari teks biografi.
Menanya
a.
Siswa
diminta bertanya tentang kriteria yang dapat diteladani dari teks biografi.
Mengeksplorasi
a.
Siswa diminta mengidentifikasi peristiwa (antara
lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh yang dapat
diteladani.
b.
Siswa diminta menggali hal yang dapat
diteladani dari teks biografi.
c.
Siswa diminta menafsirkan hal yang dapat
diteladani dari teks biografi.
Mengasosiasi
a.
Siswa
diminta mendiskusikan bersama kelompok mengenai hal-hal yang dapat diteladani
dari teks biografi.
Mengomunikasikan
a.
Mempresentasikan
hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
|
70 menit
|
3
|
Penutup
|
Dalam kegiatan penutup,
guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan
refleksi untuk mengevaluasi:
a. Seluruh
rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b. memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c. melakukan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual
maupun kelompok; dan
d.
menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua (2 x 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a.
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.
Memberi motivasi belajar
peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan
jenjang peserta didik;
c.
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari;
d.
Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan
uraian kegiatan sesuai silabus; dan
f. Membentuk siswa menjadi 5 kelompok atau lebih.
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
Mengamati
a.
Siswa diminta
mencermati permasalahan/ isu, sudut pandang dan
argumen beberapa pihak yang akan
dibahas dalam debat.
Menanya
a.
Siswa
diminta bertanya mengenai permasalahan/
isu, sudut pandang dan argumen beberapa
pihak yang akan dibahas dalam debat.
Mengeksplorasi
a.
Siswa diminta memproyeksikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks
biografi yang dibaca secara tertulis.
b.
Siswa diminta menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari
peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi.
Mengasosiasi
a.
Siswa
diminta mendiskusikan bersama kelompok mengenai hal-hal yang dapat diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks
biografi yang dibaca secara tertulis.
Mengomunikasikan
a.
Siswa diminta menyampaikan kembali hal-hal yang dapat diteladani dari
peristiwa yang tertuang dalam dalam teks biografi.
b.
Siswa diminta memberikan komentar secara lisan
atau tulis terhadap hasil kerja teman atau kelompok lain.
|
70 menit
|
3
|
Penutup
|
Dalam kegiatan penutup,
guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan
refleksi untuk mengevaluasi:
a.
Seluruh rangkaian aktivitas
pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama
menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang
telah berlangsung;
b.
memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.
melakukan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok;
dan
d.
menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
H.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian dilakukan dengan memadukan tiga
aspek:
1.
Pengetahuan (knowledge)
2.
Kecakapan (skill)
3.
Sikap (attitude)
Diketahui oleh:
Kepala Sekolah,
Nurjanah, S.Pd
NIP. 19641231 198803 2 176
|
Sape,
Guru Mata Pelajaran,
Adisan Jaya, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama satuan pendidikan : SMA Negeri 1 Sape
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/II
Materi Pokok : Teks Biografii
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (4 x 45
menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa
dapat:
1.
Menemukan pokok-pokok isi biografi dan ciri kebahasaan dalam teks biografi.
2.
Mendata pokok-pokok isi biografi dan
ciri kebahasaan dalam teks biografi.
3.
Menceritakan kembali isi teks biografi yang dibaca dengan bahasa sendiri.
4.
Menganilsis tokoh yang dijadikan sebagai bahan dalam menyusun teks
biografi.
5.
Menulis
teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalanan pendidikan, karier,
perjuangan).
6.
Menyimpulkan aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
||
3.15
|
Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
|
3.15.1
3.15.2
3.15.3
|
Menemukan pokok-pokok isi biografi dan ciri kebahasaan
dalam teks biografi.
Mendata pokok-pokok isi
biografi dan ciri kebahasaan
dalam teks biografi.
Menyimpulkan aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
|
4.15
|
Menyusun teks biografi tokoh
|
4.15.1
4.15.2
4.15.3
|
Menganilsis tokoh yang dijadikan sebagai bahan dalam
menyusun teks biografi.
Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara
lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan).
Memberikan tanggapan secara lisan terhadap isi teks (biografi)
yang ditulis teman.
|
C.
Materi
Pembelajaran
1.
Unsur-unsur biografi:
-
Orientasi:
(identitas singkat tokoh);
-
Rangkaian
peristiwa dan masalah yang dialami; dan
-
Reorientasi
2.
Kebahasaan biografi:
-
Pronominal;
-
Pengacu
dan yang diacu; dan Konjungsi.
D.
Metode Pembelajaran
1.
Konsep Dasar (Basic
Concept)
2.
Pendefinisian
Masalah (Defining the Problem)
3.
Pembelajaran
Mandiri (Self Learning)
4.
Pertukaran
Pengetahuan (Exchange Knowledge)
5.
Penilaian (Assessment)
E.
Media Pembelajaran
1.
Media/ alat : Lembar Kerja Siswa (LKS), Power Point/
LCD
2.
Bahan : Teks Biografi “B. J. Habibie” dan
“George Saa, Si Jenius dari Papua”
F.
Sumber Belajar
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
2.
Kosasih,
Engkoh. 2013. Kreatif Berbahasa
Indonesia. Jakarta: Erlangga
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a.
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.
Memberi motivasi belajar
peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan
jenjang peserta didik;
c.
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari;
d.
Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e. Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus; dan
f.
Membentuk siswa menjadi
5 kelompok atau lebih.
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
Mengamati
a.
Siswa
membaca teks biografi yang diberikan.
b.
Siswa
diminta mengidentifikasi pokok isi dan kebahasaan teks biografi.
Menanya
a.
Siswa
diminta bertanya tentang pokok isi dan kebahasaan teks biografi.
Mengeksplorasi
a.
Siswa
diminta mendata pokok-pokok isi
biografi dan ciri kebahasaan
dalam teks biografi.
b.
Siswa
diminta menyimpulkan aspek makna dan
kebahasaan dalam teks biografi.
Mengasosiasi
a.
Siswa
diminta mendiskusikan bersama kelompok mengenai aspek
makna dan kebahasaan dalam teks biografi.
Mengomunikasikan
a.
Mempresentasikan
hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
|
70 menit
|
3
|
Penutup
|
Dalam kegiatan penutup,
guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan
refleksi untuk mengevaluasi:
a. Seluruh
rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b. memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c. melakukan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual
maupun kelompok; dan
d.
menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua (2 x 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a.
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.
Memberi motivasi belajar
peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan
jenjang peserta didik;
c.
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari;
d.
Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan
uraian kegiatan sesuai silabus; dan
f. Membentuk siswa menjadi 5 kelompok atau lebih.
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
Mengamati
a.
Siswa
membaca teks negosiasi yang diberikan.
b.
Siswa
diminta menjabarkan isi teks
biografi yang diberikan.
Menanya
a.
Siswa
diminta bertanya tentang cara menemukan pokok isi dalam menyusun teks
biografi.
Mengeksplorasi
a. Siswa diminta menemukan tokoh-tokoh
yang dijadikan sebagai bahan dalam menyusun teks biografi.
b. Menulis teks biografi tokoh dengan
memerhatikan isi (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan).
Mengasosiasi
a.
Siswa
diminta mendiskusikan bersama kelompok mengenai penyusunan teks biografi.
Mengomunikasikan
a. Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh
kelompok lain.
|
70 menit
|
3
|
Penutup
|
Dalam kegiatan penutup,
guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan
refleksi untuk mengevaluasi:
a.
Seluruh rangkaian aktivitas
pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama
menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang
telah berlangsung;
b.
memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.
melakukan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok;
dan
d.
menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
H.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian dilakukan dengan memadukan tiga
aspek:
1.
Pengetahuan (knowledge)
2.
Kecakapan (skill)
3.
Sikap (attitude)
Diketahui oleh:
Kepala Sekolah,
Nurjanah, S.Pd
NIP. 19641231 198803 2 176
|
Sape,
Guru Mata Pelajaran,
Adisan Jaya, S.Pd
|
Komentar