CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan
Pendidikan : SMP
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : VII/ I
Materi
Pokok : Pengenalan Teks
Deskripsi
Tema : Pengenalan
Budaya Indonesia
Sub
Tema : Tari Saman
Alokasi
Waktu : 1 Pertemuan (1 x
25 menit)
A.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapain Kompetensi
|
1.4
|
Mengidentifikasi teks hasil observasi berdasarkan
kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan.
|
1.4.1
Menyusun teks deskripsi dengan kata-kata sendiri
sesuai dengan tahapan yang benar.
1.4.2
Menyajikan teks tanggapan deskriptif tentang karya
budaya masyarakat Indonesia yang benar dengan bantuan media (gambar dan teks).
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Setelah
membaca teks deskriptif mengenai “Tari Saman” dan mendiskusikannya, peserta
didik mampu menyusun kembali teks deskripsi dengan kata-kata sendiri sesuai
dengan tahapan yang benar dengan mendeskripsikan gambar tari Saman dengan baik.
2.
Setelah
berdiskusi dan menyusun teks deskriptif, peserta didik mampu menyajikan teks
tanggapan deskriptif tentang karya budaya masyarakat Indonesia yang benar
dengan bantuan media (gambar dan teks) dengan mendeskripsikan gambar tari Saman
dengan baik.
D.
Materi
Pembelajaran
E.
Pendekatan,
metode, dan Model Pembelajaran
1.
Pendekatan : Saintifik
2.
Metode : Tanya jawab dan Diskusi
3.
Model :
Problem Based Learning
F.
Sumber Belajar
Kemendikbud.
2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana
Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemendikbud.
2013. Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan.
G.
Media
Pembelajaran
1.
Model :
Teks Tari Saman
2.
Gambar : Gambar penari Tari Saman
3.
Realita
: Budaya
H.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan
Pendahuluan (5 menit)
Orientasi
a)
Peserta
didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, dan tujuan pembelajaran.
b)
Peserta
didik merespon pertanyaan guru yang berkaitan dengan pembelajaran pada
pertemuan yang sebelumnya.
Apersepsi
a)
Peserta
didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Motivasi
a)
Peserta
didik mendengarkan manfaat mengenai mempelajari Tari Saman yang disampaikan
oleh guru.
Pemberian
Acuan
a)
Peserta
didik mendengarkan mekanisme pelaksanaan pembelajaran yang disampaikan guru.
2.
Kegiatan Inti (15
menit)
Mengamati
a)
Peserta
didik mengamati gambar tentang Tari Saman dengan cermat.
Menanya
a)
Peserta
didik menanyakan tentang hal-hal yang belum dipahami dari materi yang telah
disampaikan guru melalui tanya jawab yang diorganisasi oleh guru.
Mengeksplorasi
a)
Peserta didik
menjawab pertanyaan untuk
membuka pemahaman tentang budaya Indonesia.
b)
Peserta
didik mendiskusikan Tari Saman berdasarkan gambar.
Mengasosiasi
a)
Peserta didik
membandingkan hasil tulisan teks tanggapan deskripsi Tari
Saman dengan teman/kelompok untuk memperkuat pemahaman tentang
teks deskripsi.
Mengkomunikasikan
a)
Peserta didik
mempresentasikan hasil tulisan
tentang teks deskripsi dengan bahasa yang lugas.
3.
Kegiatan Penutup
(5 menit)
a)
Peserta
didik menjawab pertanyaan tentang teks tanggapan deskripsi Tari Saman untuk
merefleksi hasil pemahaman yang diperoleh.
b)
Peserta
didik menyimak informasi rencana tindak lanjut berupa pengayaan dan remedial
yang disampaikan guru.
c)
Bersama
guru peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
I.
Penilaian
1.
Penilaian
Proses
2.
Penilaian
Hasil
Komentar