LEKSIKOGRAFI: KENDALA PENGEMBANGAN KAMUS DI INDONESIA
Dalam penyusunan
kamus, melalui berbagai tahap sehingga menjadi sebuah kamus yang
berfungsi sebagaimana mestinya. Dalam tahap-tahap tersebut mengalami
berbagai kendala atau masalah yang muncul yakni sebagai berikut :
1.
Kendala
dari segi Tujuan Kamus
Kamus disusun bukan
untuk bahan bacaan semata, melainkan untuk menambah pengetahuan yang
sebelumnya belum pernah diketahui. Kamus ini ditujukan pada siapa dan
seberapa besar ruang lingkupnya. Ruang lingkup tersebut terdiri dari
lema-lema yang dimuat, dan makna atau definisi yang terdapat dalam
kamus. Sedangkan masalah yang dihadapi pada tahap ini adalah
kerumitan dalam penyusunan kamus yang tidak terkonsep.
2.
Kendala
dari segi Korpus Data
Korpus data
menyangkut masalah substansi bahasa sumber, bahasa sasaran, dan ruang
lingkup. Apabila bahasa sumbernya belum mempunya ragam bahasa tulis,
dapat dilakukan dengan cara merekam bahasa tersebut dari pertuturan
yang dilakukan oleh para penutur bahasa. Setelah perekaman tersebut
selesai, maka langkah selanjutnya
adalah mentranskipsikan kedalam
bentuk bahasa tulis. Kesalahan dalam mengambil korpus data akan
menyebabkan kamus yang disusun tidak mencapai sasaran, atau tidak
berguna.
3.Kendala dari segi
Pengumpulan Data
Masalah dalam
pengumpulan data, seperti penyusunan kamus ekabahasa bahasa
Indonesia. Maka data yang diambil berupa kata dasar, kata berimbuhan,
kata ulang, dan lain-lain. Selain masalah yang tersebut di atas
terdapat juga masalah yakni adanya bentuk-bentuk berkenaan dengan
variasi ucapan dan perbedaan ejaan.
4.Kendala dari segi
Lema dan Sublema
Lema atau entri
dalam bahasa indonesia berupa morfem dasar, baik yang bebas ataupn
yang terikat. Sedangkan sublema atau subentri berupa bentuk turunan,
baik yang berimbuhan, yang berulang, maupun yang berkomposisi.
Masalah lema dan sublema ini akan muncul jika akan disusun atau
didaftarkan di dalam kamus.
5.Kendala dari segi
Masalah Makna
Dalam pemberian
makna banyak masalah yang timbul seperti :
a.Patokan yang
menyatakan bahwa sebuah kata telah diberi makna atau definisi dengan
jelas.
b.Sukar memberi
makna untuk kata krja
c.Banyak kata yang
maknanya di satu tempat tidak sama dengan tmpat yang lain.
d.Banyak kata yang
maknanya telah berubah, baik meluas maupun menyempit.
6.Kendala dari segi
Label-label Informasi
a.Menentukan kelas
kata sebuah kata bahasa indonesia tidak mudah
b.Kata-kata yang
masih terasa asing dalam bahasa ilmiah perlu diberi keterangan
mengenai asal-usul.
c.Pemakaian
kata-kata istilah harus jelas.
Sumber:
http://asasin-casas.blogspot.com/2012_04_01_archive.html
Komentar