Kunci Jawaban: Latihan Pemahaman Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)
Pada postingan ini saya akan memaparkan kunci jawaban untuk soal berupa Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Menerapkan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Pembelajaran, PPG Daljab. Semoga bermanfaat!
1.
Pembelajaran dengan pendekatan CRT dirancang dengan
mengacu pada…
Jawaban: Latar belakang
budaya peserta didik
2. Pembelajaran dengan pendekatan CRT mempertimbangkan komponen berikut sebagai alat pembelajaran yang lebih baik, kecuali….
Jawaban: Prestasi
3.
Komponen pembelajaran yang dapat melewatkan
pertimbangan latar belakang budaya peserta didik adalah…
Jawaban: Tujuan pembelajaran
4.
Guru perlu memiliki kesadaran multikultural yang
kritis untuk…
Jawaban: Semua benar
5.
Manfaat dari pembelajaran dengan pendekatan CRT
adalah, kecuali….
Jawaban: Meningkatkan
kehadiran peserta didik di sekolah
6.
Salah satu tahapan pembelajaran dengan pendekatan
CRT adalah identitas pendidik. Pada tahapan ini diharapkan….
Jawaban: peserta didik diajak untuk mengenal
identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan
7.
Pada suatu pertemuan, peserta didik Pak Widi sangat
antusias ketika membandingkan hasil diskusi terkait budaya dengan topik yang
sedang mereka pelajari. Namun, Pak Widi pun menyadari bahwa beliau perlu
mengambil peranan dalam diskusi tersebut agar pembelajaran tetap pada jalurnya.
Dalam hal ini Pak Widi dapat berperan sebagai….
Jawaban: Fasilitator
8.
Pak Rafi sedang melakukan pembelajaran dengan
pendekatan CRT di kelasnya. Peserta didiknya kebingungan mencari benang merah
antara materi yang sedang dipelajarinya dengan budayanya. Hal yang dapat
dilakukan Pak Rafi adalah….
Jawaban: Meminta para peserta didik untuk
saling berkolaborasi dan mencari informasi dari berbagai sumber
9.
Daffa adalah seorang peserta didik asal Kalimantan.
Dia mengikuti orang tuanya pindah rumah ke Bandung. Teman-teman di sekolahnya
mayoritas bersuku Sunda. Daffa merasakan kesulitan untuk beradaptasi karena
perbedaan budaya. Berikut ini hal yang dapat diprioritaskan guru untuk membantu
Daffa, kecuali…
Jawaban: memberikan kelas tambahan bahasa
daerah secara gratis agar ia dapat meningkatkan kemampuan akademiknya
10. Ibu Asri
adalah guru Bahasa Inggris. Hari ini Ibu Asri ingin peserta didiknya bercerita
tentang makanan tradisional dengan menggunakan Bahasa Inggris. Kegiatan yang dapat
dilakukan oleh Bu Asri, kecuali…
Jawaban: Mengajak peserta didik membuat
makanan tradisional sebagai bahan untuk membuat cerita
Komentar