Kunci Jawaban: Latihan Pemahaman Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT)

 Pada postingan ini saya akan memaparkan kunci jawaban untuk soal berupa Latihan Pemahaman dan Cerita Reflektif Menerapkan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada Pembelajaran, PPG Daljab. Semoga bermanfaat!

 

1.    Pembelajaran dengan pendekatan CRT dirancang dengan mengacu pada…

Jawaban: Latar belakang budaya peserta didik

2.    Pembelajaran dengan pendekatan CRT mempertimbangkan komponen berikut sebagai alat pembelajaran yang lebih baik, kecuali….

Jawaban: Prestasi

3.    Komponen pembelajaran yang dapat melewatkan pertimbangan latar belakang budaya peserta didik adalah…

Jawaban: Tujuan pembelajaran

4.    Guru perlu memiliki kesadaran multikultural yang kritis untuk…

Jawaban: Semua benar

5.    Manfaat dari pembelajaran dengan pendekatan CRT adalah, kecuali….

Jawaban: Meningkatkan kehadiran peserta didik di sekolah

6.    Salah satu tahapan pembelajaran dengan pendekatan CRT adalah identitas pendidik. Pada tahapan ini diharapkan….

Jawaban: peserta didik diajak untuk mengenal identitas budayanya sendiri yang berkaitan dengan materi yang akan disampaikan

7.    Pada suatu pertemuan, peserta didik Pak Widi sangat antusias ketika membandingkan hasil diskusi terkait budaya dengan topik yang sedang mereka pelajari. Namun, Pak Widi pun menyadari bahwa beliau perlu mengambil peranan dalam diskusi tersebut agar pembelajaran tetap pada jalurnya. Dalam hal ini Pak Widi dapat berperan sebagai….

Jawaban: Fasilitator

8.    Pak Rafi sedang melakukan pembelajaran dengan pendekatan CRT di kelasnya. Peserta didiknya kebingungan mencari benang merah antara materi yang sedang dipelajarinya dengan budayanya. Hal yang dapat dilakukan Pak Rafi adalah….

Jawaban: Meminta para peserta didik untuk saling berkolaborasi dan mencari informasi dari berbagai sumber

9.    Daffa adalah seorang peserta didik asal Kalimantan. Dia mengikuti orang tuanya pindah rumah ke Bandung. Teman-teman di sekolahnya mayoritas bersuku Sunda. Daffa merasakan kesulitan untuk beradaptasi karena perbedaan budaya. Berikut ini hal yang dapat diprioritaskan guru untuk membantu Daffa, kecuali…

Jawaban: memberikan kelas tambahan bahasa daerah secara gratis agar ia dapat meningkatkan kemampuan akademiknya

 

10. Ibu Asri adalah guru Bahasa Inggris. Hari ini Ibu Asri ingin peserta didiknya bercerita tentang makanan tradisional dengan menggunakan Bahasa Inggris. Kegiatan yang dapat dilakukan oleh Bu Asri, kecuali…

Jawaban: Mengajak peserta didik membuat makanan tradisional sebagai bahan untuk membuat cerita

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH: FORMAT PROGRAM SUPERVISI TENDIK

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS ANEKDOT [Kurikulum Merdeka]

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS LHO [Kurikulum Merdeka]

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS HIKAYAT [Kurikulum Merdeka]