MODUL : 1.2.a.3. Mulai Dari Diri - Nilai dan Peran Guru Penggerak | Trapesium Usia

Assalamualaikum. Pada postingan ini saya membagikan Tugas Calon Guru Penggerak IV pada Modul 1.2.a.3 Mulai dari diri – Nilai dan Peran Guru Penggerak. Pada modul ini CGP-IV diminta membuat diagram trapesium usia dan menjawab beberapa pertanyaan mengenai diri

sendiri, pertanyaan dijawab dengan sejujur-jujurnya berdasarkan pengalaman masa lalu. Selamat membaca!

1.2.a.3. Mulai dari diri - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Adisan Jaya, S.Pd

CGP-IV Kab. Bima-143-Bima 8

A.      Trapesium Usia

B.      Pertanyaan

 

1.       Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat dirasakan dan mungkin masih dapat memengaruhi diri Anda di masa sekarang?

Pada umur 16 tahun saya mendapat momen positif yaitu menemukan potensi yang saya minati tentang kepenulisan, baik puisi maupun cerpen, yang saya tuangkan lewat blog sampai saat ini. Potensi tersebut saya temukan pada saat itu dalam proses belajar mengajar di bangku SMA oleh guru TIK pak Salahuddin dan guru Bahasa Indonesia ibu Siti Kalsum. Kemudian pada umur 19 tahun saya mengalami momen negatif yaitu ketika semangat runtuh karena gagal wisuda pada Januari tahun 2015. Pada saat itu kesabaran saya diuji, karena hasil penelitian dalam skripsi tidak disetujui oleh dosen pembimbing pak Arif Budi Wurianto, semua harus dimulai dari nol lagi. Saya tidak lagi memiliki semangat untuk menyelesaikan segala apa yang telah dimulai. Namun pada akhir tahun 2015 saya mampu mengalahkan ego diri, memupuk semangat baru, dan Alhamdulillah mampu wisuda pada akhir tahun tersebut.

Kedua moment positif dan negatif tersebut masih dapat dirasakan sampai masa sekarang, hal itu disebabkan karena saya percaya bahwa kenangan masa lalu menentukan kehidupan saat ini. Kebiasaan dan perlakuan yang saya terima secara perlahan ikut menyusun serpihan potensi dan karakter yaitu dengan membiasakan diri tumbuh sebagai pribadi yang disiplin, selalu ingin tahu hal-hal baru serta sabar dan tabah dalam menghadapi segala situasi/kondisi.

2.       Menurut Anda, apa saja peran dari seorang Guru jika dikaitkan dengan trapesium usia?

Berdasarkan trapesium usia di atas, dapat saya pahami bahwa peran guru adalah menuntun proses anak didik di dalam kelas, baik dalam hal psikomotorik, afektif maupun kognitifnya. Hal itu dilakukan untuk menemukan potensi diri anak didik, sehingga dapat membawa kemaslahatan bagi dirinya di masa yang akan datang.

3.       Buatlah 1-2 kalimat yang dapat menggambarkan nilai-nilai yang Anda percayai sebagai seorang Guru, menggunakan kata-kata berikut: Guru, Murid, Belajar, Makna.

"Guru ibarat lampu kendaraan bagi murid sebagai penuntun di tengah kegelapan jalan raya, belajar sepanjang jalan tersebut dalam menemukan potensi diri dan mampu memaknai setiap proses lika-liku jalan yang dilaluinya."

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)