FORMAT: INSTRUMEN SUPERVISI TENAGA PERSURATAN DAN PENGARSIPAN
A. Instrumen penilaian
TENAGA
PERSURATAN DAN PENGARSIPAN
Semester………..
TahunPelajaran……..
1.
NamaSekolah :
2.
NamaTenaga
Kebersihan :
3.
Hari/Tanggal :
4.
Kinerja : Baik
5.
Indikator : dapat
melakukan kegiatan kebersihan
dilingkungan sekolah
No |
Indikator/Aspek yang
diamati |
Skor |
Ket |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
|
|
||
1 |
Memiliki agenda surat masuk dan keluar serta
dikerjakan sesuai ketentuan |
|
|
|
√ |
|
|
2 |
Memfailkan surat masuk dan keluar dengan baik |
|
|
|
√ |
|
|
3 |
Membuat surat keputusan kepala sekolah dan
difailkan dengan baik dan benar |
|
|
√ |
|
|
|
4 |
Memiliki buku ekspedisi yang selalu digunakan
secara rutin |
|
√ |
|
|
|
|
5 |
Memiliki
buku notulen rapat pembinaan personil |
|
|
|
√ |
|
|
6 |
Memiliki buku tamu dinas, umum, dan khusus |
|
|
|
√ |
|
|
7 |
Memiliki daftar hadir guru dan karyawan |
|
|
|
√ |
|
|
8 |
Memiliki buku piket guru dan karyawan |
|
|
√ |
|
|
|
9 |
Memiliki agenda khusus surat edaran kepala
sekolah |
|
|
√ |
|
|
|
10 |
Memfailkan khusus surat edaran |
|
|
√ |
|
|
|
11 |
Memiliki buku catatan kasus dan penyelesaiannya |
|
|
|
√ |
|
|
12 |
Memiliki program tahunan |
|
|
|
√ |
|
|
13 |
Memiliki program 4 tahunan |
|
|
|
√ |
|
|
14 |
Memiliki program peningkatan mutu |
|
|
√ |
|
|
|
15 |
Memiliki program pengembangan PTK |
|
√ |
|
|
|
|
16 |
Memiliki program supervisi dan tindak lanjut |
|
|
√ |
|
|
|
|
Jumlah |
|
4 |
18 |
32 |
|
|
|
Skor Perolehan |
84,37 |
|
|
Skorakhir : Jumlahskorperolehan x 100
=……..
64
Kesimpulan……………………………………………………………………………………
Saran………………………………………………………………………………………….
Yang
disupervisi ……………….
KepalaSekolah
………………… ………………….
Mengetahui
Pengawas Sekolah
…………………
Keterangan:
Skor 4 apabila semuadokumenada,
lengkapdanbaiksesuairambu-rambu
Skor 3
apabilasebagianbesardokumenadasesuairambu-rambu
Skor 2
apabilasebagiankecildokumenadasesuairambu-rambu
Skor 1 apabilatidakadadokumen
yang sesuaidenganrambu-rambu
B. Instrumen Supervisi Kepala Tenaga Admininstrasi
Sekolah
6.
NamaSekolah : SD Negeri 1 Sape
7.
NamaTenaga
Kebersihan : Nurdin
8.
Hari/Tanggal : Jumat, 12 Juli
2019
9.
Kinerja : Baik
10.
Indikator : dapat
melakukan kegiatan kebersihan
dilingkungan sekolah
No |
Aspek yang dinilai |
Nilai |
Bukti Fisik |
||
0 |
1 |
2 |
|||
1 |
Memahami pokok-pokok
peraturan kepegawaian berdasarkan standar pendidik dan tenaga kependidikan |
|
√ |
|
|
2 |
Melaksanakan
adminstrasi kepegawaian |
|
√ |
|
|
3 |
Melaksanakan
administrasi keuangan |
|
√ |
|
|
4 |
Melaksanakan
administrasi sarana dan prasarana |
|
√ |
|
|
5 |
Melaksanakan admintarsi
hubungan sekolah dengan masyarakat |
|
|
√ |
|
6 |
Melaksanakan
administrasi persuratan dan pengarsipan |
|
|
√ |
|
7 |
Melaksanakan administrasi
kesiswaan |
|
|
√ |
|
8 |
Melaksanakan
aministrasi kurikulum |
|
|
√ |
|
9 |
Melasanakan
administrasi layanan khusus |
|
√ |
|
|
10 |
Menerapkan teknologi
informasi dan komunikasi (TIK) |
|
√ |
|
|
11 |
Mendukung pengelolaan
standar pendidikan |
|
√ |
|
|
12 |
Menyusun program kerja |
|
|
√ |
|
13 |
Mengorganisasikan staf |
|
√ |
|
|
14 |
Mengembangkan dan
membina staf |
|
√ |
|
|
15 |
Mengambil keputusan
internal |
|
√ |
|
|
16 |
Menciptakan iklim
kondusif |
|
|
√ |
|
17 |
Mengoptimalkan
pemanfaatan sumber daya |
|
√ |
|
|
18 |
Menyusun laporan |
|
|
√ |
|
|
Jumlah Nilai |
|
|
|
|
|
Skor Akhir = |
|
|
|
|
Rubrik
:
0 :Tidakada
1 : Ada tidaklengkap
2 : Ada lengkap
…………………,
……………2019
Kepala Tenaga Administrasi, ………………………….. NIP. |
Kepala Sekolah, …………………………… NIP. |
C. Contoh Istrumen Penelian Kinerja Tendik yang
menggambarkan profil kinerja Kependidikan di sekoalah :
INSTRUMENSUPERVISI TENAGA KEBERSIHAN
11.
NamaSekolah :
SD Negeri 1 Sape
12.
NamaTenaga
Kebersihan : Nurdin
13.
Hari/Tanggal :
Jumat, 12 Juli 2019
14.
Kinerja : Baik
15.
Indikator : dapat melakukan kegiatan
kebersihan
dilingkungan sekolah
NO |
ASPEK YANG DISUPERVISI |
SKOR PEROLEHAN |
KET. |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
|||
1 |
Membuat program kerja |
|
|
√ |
|
|
2 |
Memberikan ruang kelas |
|
|
√ |
|
|
3 |
Membersihkan halaman sekolah |
|
|
|
√ |
|
4 |
Membersihkan ruang kantor |
|
|
|
√ |
|
5 |
Membersihkankamarmandi |
|
|
|
√ |
|
6 |
Membersihkanselokan |
|
|
√ |
|
|
7 |
Mengepel lantai |
|
|
|
√ |
|
8 |
Mencabut rumput |
|
|
√ |
|
|
9 |
Membakar sampah |
|
√ |
|
|
|
10 |
Membersihkan peralatan dapur |
|
|
|
√ |
|
11 |
MembersihkanTempar Pakir |
|
|
|
√ |
|
12 |
Melaporkan kepada kepala sekolah
tentang kerusakan barang sekolah ( kebutuhan alat kebersihan) |
|
|
√ |
|
|
13 |
Membersihkan laboratorium |
|
|
|
√ |
|
14 |
Melayani
Kebutuhan guru , pegawai , siswa dan tamu sekolah. |
|
|
|
√ |
|
15 |
Mempersiapkan ruang
rapat. |
|
|
|
√ |
|
16 |
Merawat keindahan taman sekolah |
|
|
|
√ |
|
17 |
Membersihkan
taman , halaman , ruang rakill, ruang guru dan taman |
|
|
√ |
|
|
18 |
Memperbaiki kerusakan ringan sarana sekolah |
|
|
√ |
|
|
|
Total
Scor |
87,5 |
|
|||
|
Kualifikasi |
Sangat
Baik |
|
Saran-saran :....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Penilaian : NilaiPerolehanskor x 100
Skormaksima
1 = tidakada
2 = < 25%
3 = 50%
4 = 100%
D.
INSTRUMEN SUPERVISI TENAGA PERPUSTAKAAN
1.
NamaSekolah : SD Negeri 1 Sape
2.
NamaTenaga
Kebersihan : Nurdin
3.
Hari/Tanggal : Jumat, 12 Juli
2019
4.
Kinerja : Baik
5.
Indikator : dapat
melakukan kegiatan kebersihan dilingkungan sekolah
NO |
ASPEK
YANG DINILAI |
Skor |
||
1 |
2 |
3 |
||
A |
Kompetensi Manajerial, meliputi: |
|
|
|
|
1. Melaksanakan
kebijakan |
|
|
√ |
|
2. Melakukan
perawatan koleksi buku |
|
√ |
|
|
3. Melakukan
pengelolaan anggaran dan keuangan |
|
√ |
|
B |
Kompetensi Pengelolaan Informasi meliputi: |
|
|
|
|
1. Mengembangkan
koleksi perpustakaan sekolah/madrasah |
|
√ |
|
|
2. Melakukan
pengorganisasian informasi |
|
√ |
|
|
3. Memberikan jasa
dan sumber informasi |
|
|
√ |
|
4. Menerapkan
teknologi informasi dan komunikasi |
|
√ |
|
C |
Kompetensi Kependidikan meliputi: |
|
|
|
|
1. Memiliki wawasan
kependidikan |
|
√ |
|
|
2. Mengembangkan
keterampilan memanfaatkan informasi |
|
√ |
|
|
3. Melakukan promosi
perpustakaan |
|
√ |
|
|
4. Memberikan
bimbingan literasi informasi |
|
√ |
|
D |
Kompetensi Kepribadian meliputi: |
|
|
|
|
1. Memiliki
integritas yang tinggi |
|
|
√ |
|
2. Memiliki etos
kerja yang tinggi |
|
√ |
|
E |
Kompetensi Sosial meliputi: |
|
|
|
|
1. Membangun Hubungan
sosial |
|
|
√ |
|
2. Membangun
Komunikasi |
|
|
√ |
F |
Kompetensi Pengembangan Profesi meliputi: |
|
|
|
|
1. Mengembangkan ilmu
|
|
√ |
|
|
2. Menghayati etika
profesi |
|
√ |
|
|
3. Menunjukkan
kebiasaan membaca |
|
|
√ |
|
JUMLAH |
|
12 |
6 |
|
JUMLAH SKOR |
40 |
||
|
NILAI |
74,07 |
Diambil
dari Permendiknas No.25/2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah
Kriteria Penilaian:
0 :Tidak dikerjakan
1 :Dikerjakan Sebagaian
2 :Dikerjakan Semuanya
Nilai = SkorPerolehan x 100
54
Kebumen,
.....................2019
Yang disupervisi Supervisor/Kepala Sekolah
Komentar