TUGAS DIKLAT PKS: Menyusun Matrik Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)
Nama
Kepala Sekolah : Muhamad Tayeb,
S.Pd.
Instansi :SDN Poja
Tugas 08. Menyusun Matrik Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)
Masalah yang dipilih :
Kurangnya minat sekolah siswa di daerah
terpencil
taman bermain
Tujuan |
Indikator Keberhasilan |
Program Kegiatan |
Langkah-langkah Kegiatan |
Sumber Daya |
Students Wellbeing |
A |
b |
c |
D |
e |
f |
1. Meningkatkan minat sekolah siswa |
- Minat
sekolah siswa meningkat - Siswa
memiliki sikap peduli lingkungan - Siswa
memiliki sikap bangga terhadap sekolah - Siswa
memiliki sikap toleransi yang tinggi |
Menyediakan taman bermain anak |
Persiapan: 1. pertemuan awal dengan guru dan
staf serta komite sekolah 2. menyusun program 3. penetapan waktu pelaksanaan Pelaksanaan: 1. Sosialisasi sekolah ramah anak
pada guru dan komite sekolah 2. Membuat taman bermain untuk anak -
Menyediakan sarana prasarana yang mendukung aktifitas anak -
Memberikan ruang kepada anak untuk berkreasi, berekspresi, dan
partisipasi sesuai dengan tingkat umur dan kematangannya. 3. Menyediakan Kebutuhan siswa -
Memberikan bantuan berupa sandang seperti seragam, sepatu, tas, buku
dan lain-lain. Pangan seperti pemberian makanan tambahan anak sekolah
(PMTAS), kesehatan, dan pendidikan yang memadai bagi anak. -
Mengadakan media ajar seperti buku pelajaran dan alat bantu
ajar/peraga sehingga membantu daya serap murid. 4. Mengevaluasi hasil implementasi
sekolah ramah anak Monev: 1. Memastikan pembelajaran telah
aktif, kreatif, efektif, menyenangkan bagi siswa/anak 2. Memastikan fasilitas taman
bermain yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan anak 3. Memastikan guru telah
melaksanakan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. 4. Mengevaluasi guru terkait
efektifitas media ajar/alat bantu pembelajaran yang telah diterapkan Refleksi: 1. Mencatat keberhasilan taman
bermain yang dibuat terhadap minat sekolah anak 2. Mencatat keberhasilan guru dalam
menerapkan sekolah ramah anak 3. Mencatat kekurangan dan
kelebihan terhadap pelaksanaan yang telah dilakukan Tindak lanjut: Memperbaiki
faktor-faktor yang menjadi penghambat implementasi sekolah ramah anak |
Guru, murid, orang tua, dst Foto, video, dokumen lain yang relevan |
Disiplin, peduli, toleransi, jujur, kreatif, dll |
2. Meningkatkan kompetensi Kepala
Sekolah |
Kompetensi Kepribadian: 1.
Memiliki keinginan yang kuat dalam
pengembangan diri 2.
Mampu mengendalikan diri dalam menghadapi
masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah Kompetensi Sosial: 1.
Mampu memberikan konstribusi positif terhadap
lingkungan 2.
Mampu
berkomunikasi, bergaul dan berkerja sama Kompetensi Manajerial: 1.
Mampu menyusun perencanaan sekolah dalam
rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara optimal 2.
Mampu mengelola sarana dan prasarana
sekolah 3.
Mampu mengelola hubungan sekolah dengan masyarakat
dan stakeholder Kompetensi Supervisi: 1.
Mampu merencanakan program supervisi
akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru 2.
Dapat menindaklanjuti hasil supervisi
akademik terhadap terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru Kompetensi Kewirausahaan: 1.
Mampu mewujudkan aspirasi kehidupan mandiri
yang dicirikan dengan kepribadian kuat bermental usaha Kompetensi Sosial: 1.
Mampu berkomunikasi, bergaul, bekerja sama
dan memberi kepada orang lain 2.
Mampu memberikan kosntribusi positif kepada
lingkungan sekitar |
Komentar