TUGAS DIKLAT PKS: Menyusun Matrik Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)

 


Nama Kepala Sekolah         : Muhamad Tayeb, S.Pd.

Instansi                                 :SDN Poja

 

 

Tugas 08. Menyusun Matrik Rencana Pengembangan Sekolah (RPS)

 

Masalah yang dipilih                  :  Kurangnya minat sekolah siswa di daerah terpencil

 Pemecahan Masalah                  : Menyediakan taman bermain untuk anak

 Judul RPS                                   : Peningkatan minat sekolah siswa melalui penyediaan

                                                      taman bermain

 

Tujuan

Indikator Keberhasilan

Program Kegiatan

Langkah-langkah Kegiatan

Sumber Daya

Students Wellbeing

A

b

c

D

e

f

1.   Meningkatkan minat sekolah siswa

- Minat sekolah siswa meningkat

- Siswa memiliki sikap peduli lingkungan

- Siswa memiliki sikap bangga terhadap sekolah

- Siswa memiliki sikap toleransi yang tinggi

Menyediakan taman bermain anak

Persiapan:

1.    pertemuan awal dengan guru dan staf serta komite sekolah

2.    menyusun program

3.    penetapan waktu pelaksanaan

 

Pelaksanaan:

1.    Sosialisasi sekolah ramah anak pada guru dan komite sekolah

2.    Membuat taman bermain untuk anak

-      Menyediakan sarana prasarana yang mendukung aktifitas anak

-      Memberikan ruang kepada anak untuk berkreasi, berekspresi, dan partisipasi sesuai dengan tingkat umur dan kematangannya.

3.    Menyediakan Kebutuhan siswa

-      Memberikan bantuan berupa sandang seperti seragam, sepatu, tas, buku dan lain-lain. Pangan seperti pemberian makanan tambahan anak sekolah (PMTAS), kesehatan, dan pendidikan yang memadai bagi anak.

-      Mengadakan media ajar seperti buku pelajaran dan alat bantu ajar/peraga sehingga membantu daya serap murid.

4.    Mengevaluasi hasil implementasi sekolah ramah anak

 

Monev:

1.    Memastikan pembelajaran telah aktif, kreatif, efektif, menyenangkan bagi siswa/anak

2.    Memastikan fasilitas taman bermain yang nyaman dan sesuai dengan kebutuhan anak

3.    Memastikan guru telah melaksanakan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

4.    Mengevaluasi guru terkait efektifitas media ajar/alat bantu pembelajaran yang telah diterapkan

 

Refleksi:

1.    Mencatat keberhasilan taman bermain yang dibuat terhadap minat sekolah anak

2.    Mencatat keberhasilan guru dalam menerapkan sekolah ramah anak

3.    Mencatat kekurangan dan kelebihan terhadap pelaksanaan yang telah dilakukan

 

Tindak lanjut:

Memperbaiki faktor-faktor yang menjadi penghambat implementasi sekolah ramah anak

Guru, murid, orang tua, dst

 

Foto, video, dokumen lain yang relevan

Disiplin, peduli, toleransi, jujur, kreatif, dll

2.    Meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah

Kompetensi Kepribadian:

1.    Memiliki keinginan yang kuat dalam pengembangan diri

2.    Mampu mengendalikan diri dalam menghadapi masalah dalam pekerjaan sebagai kepala sekolah

 

Kompetensi Sosial:

1.    Mampu memberikan konstribusi positif terhadap lingkungan

2.     Mampu berkomunikasi, bergaul dan berkerja sama

 

Kompetensi Manajerial:

1.    Mampu menyusun perencanaan sekolah dalam rangka pendayagunaan sumber daya sekolah secara optimal

2.    Mampu mengelola sarana dan prasarana sekolah

3.    Mampu mengelola hubungan sekolah dengan masyarakat dan stakeholder

 

Kompetensi Supervisi:

1.    Mampu merencanakan program supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru

2.    Dapat menindaklanjuti hasil supervisi akademik terhadap terhadap guru dalam rangka peningkatan profesionalisme guru

 

Kompetensi Kewirausahaan:

1.    Mampu mewujudkan aspirasi kehidupan mandiri yang dicirikan dengan kepribadian kuat bermental usaha

 

Kompetensi Sosial:

1.    Mampu berkomunikasi, bergaul, bekerja sama dan memberi kepada orang lain

2.    Mampu memberikan kosntribusi positif kepada lingkungan sekitar

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH: FORMAT PROGRAM SUPERVISI TENDIK

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS ANEKDOT [Kurikulum Merdeka]

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS LHO [Kurikulum Merdeka]

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)