TUGAS DIKLAT PKS: Memecahkan Masalah Pembelajaran
Tugas 06. Memecahkan Masalah Pembelajaran
No |
Masalah Utama Pembelajaran |
Gagasan Pemecahan Masalah Pembelajaran (Solusi)*) |
Solusi /Tindakan Terbaik |
Langkah-langkah Rencana Tindak |
a |
b |
c |
d |
e |
1. |
Minat belajar siswa
kurang |
1.
Menggunakan
metode yang beragam dalam proses KBM 2.
Menggunakan
multimedia dalam proses KBM 3.
Menggunakan
strategi pembelajaran PAIKEM dalam proses KBM |
Menggunakan
strategi pembelajaran PAIKEM dalam proses KBM |
1.
Membuat
scenario pembelajaran yang bervariasi, inovatif, dan kreatif dengan
menggunakan media yang berbasis IT 2.
Mengadakan
worksoop di tingkat gugus |
*)diisi lebih dari 2 (dua)
Petunjuk pengisian instrumen pemecahan
masalah pembelajaran:
1. Kolom
“a” diisi dengan nomor urut;
2. Kolom
“b” diisi dengan masalah utama pembelajaran yang diisi lebih dari 2 (dua)
dengan mengacu pada hasil isian pada instrumen identifikasi masalah (tugas 02);
3. Kolom
“c” diisi gagasan pemecahan masalah pembelajaran untuk memecahkan masalah pada
kolom “b”;
4. Kolom
“d” diisi dengan solusi/tindakan terbaik dalam rangka mengatasi masalah;
5. Kolom
“e” diisi dengan langkah-langkah rencana tindak dalam menyelesaikan masalah.
Rubrik Penilaian
Nilai |
Indikator |
|
91 - 100 |
Seluruh
indikator terpenuhi |
1.
Masalah utama yang dituliskan merupakan masalah yang
menjadi prioritas mendesak diselesaikan mengacu kepada instrumen identifikasi
masalah pada OJT 1 2.
Gagasan pemecahan masalah terdiri dari beberapa
alternatif (minimal dua) yang dapat menyelesaikan masalah utama 3.
Solusi/tindakan terbaik tepat menyelesaikan masalah 4.
Langkah-langkah rencana tindak bersifat aplikatif,
logis, dan taktis |
81 – 90,99 |
Minimal
tiga indikator terpenuhi |
|
71 – 80,99 |
Dua
indikator terpenuhi |
|
< 70,99 |
Satu
indikator terpenuhi |
Komentar