TUGAS DIKLAT PKS: Merancang Instrumen Monitoring dan Evaluasi
Tugas 09. Merancang Instrumen Monitoring dan Evaluasi
a. Instrumen Monitoring Pelaksanaan Kegiatan RPS
Tabel 9a. Instrumen Monitoring Pelaksanaan Kegiatan
No |
Kegiatan |
Uraian |
Keterlaksanaan |
Keterangan |
|
Ya |
Tidak |
||||
a |
B |
C |
d |
e |
f |
1 |
Persiapan |
diisi
dengan rincian kegiatan yang dilakukan di persiapan |
|
|
|
1. Rapat dan Sosialisasi kegiatan
RPS |
Ö |
|
|
||
2. Menyusun Tim Kerja |
Ö |
|
|
||
3. Menyusun program dan anggaran
kegiatan |
Ö |
|
|
||
|
|
|
|
|
|
2 |
Pelaksanaan |
diisi
dengan rincian kegiatan yang dilakukan di pelaksanaan |
|
|
|
1. Membuat taman bermain yang
mendukung aktifitas anak untuk berkreasi, berekspresi, dan partisipasi sesuai
dengan tingkat umur dan kematangannya |
Ö |
|
|
||
2. Memberikan kebutuhan siswa dengan
bantuan berupa sandang seperti seragam, sepatu, tas, buku. Dan Pangan seperti
pemberian makanan tambahan anak. |
Ö |
|
|
||
3. Mengadakan media ajar seperti
buku pelajaran dan alat bantu ajar/peraga sehingga membantu daya serap murid |
|
Ö |
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
5 |
1 |
|
|
|
Skor Perolehan “Ya” |
5 |
|
|
|
|
Total Perolehan (skor perolehan
“Ya” : skor maksimal (sejumlah item uraian) x 100) |
5/6 x 100 = 83,3 B |
|
Catatan: dibuat oleh KS dan diisi oleh guru, tendik, atau murid yang terlibat
dalam kegiatan RPS.
Keterangan:
Jawaban Ya = 1
Jawaban Tidak = 0
Kriteria penskoran:
ANGKA (Kuantitatif) |
HURUF (Kualitatif) |
KETERANGAN |
86
– 100 |
A |
sangat
baik/sangat memadai |
71
– 85,99 |
B |
baik/memadai |
56
– 70,99 |
C |
cukup
/cukup memadai |
<
56 |
D |
kurang/
kurang memadai |
b. Instrumen Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Berdasarkan Hasil AKPK
Tabel 9b. Instrumen Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah
Berdasarkan Hasil AKPK
No |
Uraian Indikator |
Ketercapaian |
Keterangan |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|||
a |
b |
c |
d |
|||
A. Kompetensi Kepribadian |
||||||
|
Diisi uraian indikator
yang akan ditingkatkan berdasarkan hasil AKPK 2 skor terendah setiap kompetensi |
|
|
|
|
|
1 |
Perkataan
selaras dengan tindakan yang dilakukan |
Ö |
|
|
|
|
2 |
Cara berbicara,
bersikap, dan berperilaku dapat diteladani oleh warga sekolah dan masyarakat. |
Ö |
|
|
|
|
B.
Kompetensi Manajerial |
||||||
1 |
Minat sekolah dan belajar siswa
meningkat |
Ö |
|
|
|
|
2 |
Kegiatan-kegiatan warga sekolah menuju
pencapaian program, visi, misi, dan tujuan sekolah |
Ö |
|
|
|
|
C.
Kompetensi Kewirausahaan |
||||||
1 |
Terintegrasi dalam Seluruh Mata
Pelajaran |
|
Ö |
|
|
|
2 |
Terpadu dalam Kegiatan Ekstrakurikuler |
|
Ö |
|
|
|
D.
Kompetensi Supervisi |
||||||
1 |
Melakukan pengamatan terhadap
bukti-bukti fisik yang disajikan guru dan tendik |
Ö |
|
|
|
|
2 |
Menyampaikan hasil catatan supervisi dan |
Ö |
|
|
|
|
E.
Kompetensi Sosial |
||||||
1 |
Hubungan baik antar sesama siswa, antar
guru, guru dengan siswa, guru dengan staf, staf dengan siswa. |
Ö |
|
|
|
|
2 |
Hubungan baik antara warga sekolah
dengan komite, orang tua, dan masyarakat |
Ö |
|
|
|
|
|
Jumlah Skor |
32 |
6 |
|
|
|
|
Total Skor Diperoleh |
38 |
|
|||
|
Hasil (Skor diperoleh : 40 (Skor
maksimal) x100) |
95 A |
|
Catatan: dibuat oleh KS dan diisi oleh guru, tendik, dan murid yang terlibat
dalam kegiatan RPS.
Keterangan*)
isi sesuai dengan indikator:
4 = Sering
3 = Cukup
2 = Kadang-kadang
1 =
Tidak Pernah
Petunjuk Pengisian:
1.
Kolom
“a” diisi nomor urut
2.
Kolom
“b” diisi dengan indikator pada instrumen AKPK yang menunjukkan hasil terendah
(skor 3/2/1) pada setiap kompetensi. Saudara dapat mengambil 2 (dua) saja untuk
setiap kompetensi. Apabila hasil AKPK Saudara pada kompetensi tertentu telah
menunjukkan angka 4 pada setiap indikator, maka Saudara dapat melakukan
refleksi diri pada indikator mana yang menurut Saudara masih harus ditingkatkan
melalui kegiatan RPS.
3.
Kolom
“c” diisi oleh responden mengenai ketercapaian dari indikator yang dituliskan
pada kolom “b”
4.
Kolom
“d” diisi jika ada pernyataan yang dapat memperjelas secara deskriptif dari
setiap indikator
Kriteria
penskoran:
ANGKA (Kuantitatif) |
HURUF (Kualitatif) |
KETERANGAN |
86
- 100 |
A |
sangat
baik/sangat memadai |
71
– 85,99 |
B |
baik/memadai |
56
– 70,99 |
C |
cukup
/cukup memadai |
<
56 |
D |
kurang/
kurang memadai |
c. Instrumen Evaluasi Hasil Kegiatan
Tabel 9c. Contoh Instrumen
Evaluasi Hasil Kegiatan
No |
Indikator Keberhasilan |
Ketercapaian |
Keterangan |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
|||
|
Diisi
uraian indikator keberhasilan dari RPS pada tujuan yang pertama |
|
|
|
|
|
1. |
Minat sekolah siswa meningkat |
Ö |
|
|
|
|
2. |
Memiliki sikap anti kekerasan, toleransi yang
tinggi, peduli lingkungan dan bangga terhadap sekolah |
Ö |
|
|
|
|
3. |
Senang mengikuti
pelajaran, tidak ada rasa takut, cemas dan was-was, tidak merasa rendah diri
karena bersaing dengan teman lain. |
Ö |
|
|
|
|
4 |
Media ajar seperti buku pelajaran dan alat bantu
ajar/peraga efektif membantu daya serap murid |
Ö |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah Skor |
16 |
|
|
|
|
|
Total Skor Diperoleh |
16 |
|
|||
|
Hasil (Skor diperoleh : Skor
maksimal) x100) |
100 A |
|
Catatan: dibuat oleh KS dan diisi oleh KS, guru, dan tendik yang terlibat dalam
kegiatan RPS.
Keterangan*)
isi sesuai dengan indikator:
4 = sangat baik (Selalu muncul)
3 = baik (sering muncul)
2 = cukup (kadang-kadang muncul)
1 = kurang (tidak pernah muncul)
Kriteria
penskoran:
ANGKA (Kuantitatif) |
HURUF (Kualitatif) |
KETERANGAN |
86 - 100 |
A |
sangat baik/sangat memadai |
71 – 85,99 |
B |
baik/memadai |
56 – 70,99 |
C |
cukup /cukup
memadai |
< 56 |
D |
kurang/ kurang
memadai |
d.
Instrumen
Pencapaian Students Wellbeing
(Kebahagiaan Murid)
Tabel
9d. Contoh Instrumen Pencapaian Students
Wellbeing (Kebahagiaan Murid)
No |
Indikator |
Ketercapaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. |
Program
sekolah ramah anak meningkatkan minat saya untuk bersekolah |
|
|
|
Ö |
2. |
Pembuatan taman bermain membuat saya nyaman dan senang berada di
sekolah |
|
|
|
Ö |
3. |
Pemberian
bantuan berupa sandang seperti seragam, sepatu, tas, buku dan lain-lain
meningkatkan minat saya untuk bersekolah |
|
|
|
Ö |
4. |
Perlakuan adil bagi
murid laki-laki dan perempuan, cerdas lemah, kaya miskin, normal cacat dan
anak pejabat dan buruh membuat saya lebih percaya diri berada di sekolah |
|
|
|
Ö |
5. |
Kasih
sayang guru dan perhatian guru, membuat saya merasa aman berada di sekolah |
|
|
|
Ö |
6. |
Guru terlibat
langsung dalam menjaga kebersihan lingkungan membuat saya mampu untuk meniru
dan menerapkan di kehidupan sehari-hari (di sekolah maupun di rumah) |
|
|
Ö |
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
- |
- |
3 |
20 |
|
Total
Skor Diperoleh |
23 |
||||
Skor Perolehan NA
= X
100 Skor
Maksimal (4 x sejumlah item indikator) |
23/24 = 95,8 A |
Catatan: diisi oleh murid secara
sampling.
Keterangan:
4 = sangat baik (Selalu muncul)
3 = baik (sering muncul)
2 = cukup (kadang-kadang muncul)
1 = kurang (tidak pernah muncul)
Kriteria
penskoran:
ANGKA (Kuantitatif) |
HURUF (Kualitatif) |
KETERANGAN |
86 - 100 |
A |
sangat baik/sangat memadai |
71 – 85,99 |
B |
baik/memadai |
56 – 70,99 |
C |
cukup /cukup
memadai |
< 56 |
D |
kurang/ kurang
memadai |
Komentar