MATERI BAHASA INDONESIA SMA: TEKS BIOGRAFI


Assalamualaikum...
Pada postingan kali ini saya membagikan materi Bahasa Indonesia SMA Kelas X untuk semester genap, yaitu materi tentang teks Biografi. Semoga postingan ini dapat menjadi referensi untuk pembelajaran di kelas. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!

1.      Pengertian

·         Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang
ditulis oleh orang lain dan mengandung keteladanan yang bermanfaat bagi pembacanya.
·         Riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokohnya disebut autobiografi.
·         Umumnya biografi menampilkan tokoh-tokoh terkenal, orang sukses, atau orang yang telah berperan besar dalam suatu hal yang menyangkut kehidupan orang banyak.

2.      Struktur Teks Biografi

·         Orientasi atau setting (aim), berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar/pembaca. Informasi yang dimaksud berkenaan dengan ihwal siapa, kapan, di mana, dan bagaimana.
·         Kejadian penting (important event, record of events), berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis, menurut urutan waktu, yang meliputi kejadian-kejadian utamayang dialami tokoh. Dalam bagian ini mungkin pula disertakan komentar-komentar pencerita pada beberapa bagiannya.
·         Reorientasi, berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Bagian ini sifatnya opsional, yang mungkin ada atau tidak ada di dalam teks biografi.

3.      Cara Penggambaran Karakter Tokoh

Cara penggambaran karakter unggul tokoh ada dua yaitu:
(a)   Secara langsung, penulis atau pencerita langsung menyebutkan karakter tokohnya, dan
(b)   Secara tidak langsung melalui dialog tokoh dan dialog tokoh lain, dan apa yang dilakukan tokoh lain,

4.      Ciri Kebahasaan

·         Menggunakan pronomina (kata ganti) orang ketiga tunggal ia atau dia atau beliau.Kata ganti ini digunakan secara bervarisi dengan penyebutan nama tokoh atau panggilan tokoh.
·         Banyak menggunakan kata kerja tindakan untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa atau perbuatan fisik yang dilakukan oleh tokoh.
Contoh: belajar, membaca, berjalan, melempar.
·         Banyak menggunakan kata adjektiva untuk memberikan informasi secara rinci tentang sifat-sifat tokoh. Kata-kata yang dimaksud.
Contoh: kata sifat untuk mendeskripsikan watak tokoh antara lain genius, rajin, ulet. Dalam melakukan deskripsi, seringkali penggunaan kata sifat didahului oleh kopulatif adalah, merupakan.
·         Banyak menggunakan kata kerja pasif untuk menjelaskan peristiwa yang dialami tokoh sebagai subjek yang diceritakan.
Contoh: diberi, ditugaskan, dipilih.
·         Banyak menggunakan kata kerja yang berhubungan dengan aktivitas mental dalam rangka penggambaran peran tokoh.
Contoh memahami, menyetujui, menginspirasi, mencintai.
·         Banyak menggunakan kata sambung, kata depan, ataupun nomina yang berkenaan urutan dengan waktu.
Contoh: sebelum, sudah, pada saat, kemudian, selanjutnya,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)