RPP KURIKULUM 2013 BAHASA INDONESIA KELAS X: Resensi Buku
Selamat datang di blog saya! Postingan selanjutnya ini, saya memposting Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 (K13) Kelas X tentang Resensi Buku. RPP yang saya posting ini merupakan, RPP yang saya gunakan dalam mengajar di kelas. Selamat membaca dan semoga bermanfaat!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama satuan pendidikan : SMA Negeri 1 Sape
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/II
Materi Pokok : Resensi Buku
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (4 x 45
menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa
dapat:
1.
Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan buku dar
i minimal satu buku fiksi
dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca..
2.
Mendata kelebihan dan kelemahan buku dari minimal satu buku fiksi dan satu
buku nonfiksi yang sudah dibaca.
3.
Menganalisis kelebihan dan kekurangan buku dari minimal satu buku fiksi dan
satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
4.
Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur
resensi
5.
Mempresentasikan
dan menanggapi resensi yang
ditulis.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
||
3.18
|
Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku
nonfiksi yang sudah dibaca.
|
3.18.1
3.18.2
3.18.3
|
Mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan buku dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah
dibaca..
Mendata kelebihan dan kelemahan buku dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah
dibaca.
Menganalisis kelebihan dan kekurangan buku dari minimal satu
buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
|
4.18
|
Mereplikasi isi buku ilmiah yang
dibaca dalam bentuk resensi.
|
4.18.1
4.18.2
|
Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan
unsur-unsur resensi
Mempresentasikan dan menanggapi resensi yang ditulis.
|
C.
Materi
Pembelajaran
1.
Resensi Buku
D.
Metode Pembelajaran
1.
Konsep Dasar (Basic
Concept)
2.
Pendefinisian
Masalah (Defining the Problem)
3.
Pembelajaran
Mandiri (Self Learning)
4.
Pertukaran
Pengetahuan (Exchange Knowledge)
5.
Penilaian (Assessment)
E.
Media Pembelajaran
1.
Media/ alat : Lembar Kerja Siswa (LKS), Power Point/
LCD
2.
Bahan :
F.
Sumber Belajar
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
2.
Kosasih,
Engkoh. 2013. Kreatif Berbahasa
Indonesia. Jakarta: Erlangga
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a.
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.
Memberi motivasi belajar
peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan
jenjang peserta didik;
c.
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari;
d.
Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e. Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus; dan
f.
Membentuk siswa menjadi
5 kelompok atau lebih.
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
Mengamati
a.
Siswa
diminta membaca buku minimal satu buku nonfiksi dan satu buku fiksi.
b.
Siswa
diminta mencermati isi dari buku yang dibaca.
Menanya
a.
Siswa
diminta bertanya tentang cara mengidentifikasi
kelemahan dan kelebihan buku yang dibaca.
Mengeksplorasi
a.
Siswa
diminta mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan
buku dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca..
b.
Siswa
diminta mendata kelebihan dan kelemahan buku dari
minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
c.
Siswa
diminta menganalisis kelebihan dan kekurangan buku
dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
Mengasosiasi
a.
Siswa diminta
mendiskusikan bersama kelompok mengenai analisis kelebihan dan kekurangan buku dari minimal
satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
Mengomunikasikan
a.
Mempresentasikan
hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
|
70 menit
|
3
|
Penutup
|
Dalam kegiatan penutup,
guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan
refleksi untuk mengevaluasi:
a. Seluruh
rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b. memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c. melakukan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual
maupun kelompok; dan
d.
menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua (2 x 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a.
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.
Memberi motivasi belajar
peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan
jenjang peserta didik;
c.
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari;
d.
Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus; dan
f. Membentuk siswa menjadi 5 kelompok atau lebih.
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
Mengamati
a.
Siswa diminta
mencermati buku yang dibaca.
Menanya
a.
Siswa
diminta bertanya mengenai cara merensi
sebuah buku.
Mengeksplorasi
a.
Menyusun
resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi
Mengasosiasi
a.
Siswa
diminta mendiskusikan bersama kelompok mengenai meresensi buku yang dibaca.
Mengomunikasikan
a.
Siswa diminta mempresentasikan dan menanggapi resensi yang
ditulis.
|
70 menit
|
3
|
Penutup
|
Dalam kegiatan penutup,
guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan
refleksi untuk mengevaluasi:
a.
Seluruh rangkaian aktivitas
pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama
menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang
telah berlangsung;
b.
memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.
melakukan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok;
dan
d.
menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
H.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian dilakukan dengan memadukan tiga
aspek:
1.
Pengetahuan (knowledge)
2.
Kecakapan (skill)
3.
Sikap (attitude)
Diketahui oleh:
Kepala Sekolah,
Nurjanah, S.Pd
NIP. 19641231 198803 2 176
|
Sape,
Guru Mata Pelajaran,
Adisan Jaya, S.Pd
|
Komentar