RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS X SMA: Materi Hikayat.
Pada postingan kali ini saya ingin berbagi tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia untuk kelas X SMA kurikulum 2013, materi tentang Hikayat. RPP ini saya buat sendiri sebagai tuntunan dalam mengajar di kelas, selamat membaca dan semoga bermanfaat!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama satuan pendidikan : SMA Negeri 1 Sape
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/I
Materi Pokok : Hikayat
Alokasi Waktu : 2 x Pertemuan (4 x 45
menit)
A.
Tujuan
Pembelajaran
Siswa
dapat:
1.
Menjelaskan
persamaan dan perbedaan isi dan nilai-nilai dalam cerpen dan cerita rakyat.
2.
Membandingkan
persamaan nilai dan kebahasaan yang
terkandung di dalam hikayat dan cerpen.
3.
Membandingkan
perbedaan nilai dan kebahasaan yang terkandung di dalam hikayat dan cerpen.
4.
Menghubungkan
diksi yang ditemukan untuk menyusun cerpen.
5.
Menyusun
kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan
nilai-nilai.
6.
Mempresentasikan,
menanggapi,dan merevisi teks cerpen yang disusun.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
||
3.8
|
Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat
dan cerpen.
|
3.8.1
3.8.2
3.8.3
|
Menjelaskan persamaan dan perbedaan isi dan nilai-nilai dalam
cerpen dan cerita rakyat.
Membandingkan
persamaan nilai dan kebahasaan yang terkandung di dalam hikayat dan cerpen.
Membandingkan
perbedaan nilai dan kebahasaan yang terkandung di dalam hikayat dan cerpen.
|
4.8
|
Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk
cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
|
4.8.1
4.8.2
4.8.3
|
Menghubungkan
diksi yang ditemukan untuk menyusun cerpen.
Menyusun kembali isi cerita rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan
memerhatikan isi dan nilai-nilai.
Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks cerpen yang disusun.
|
C.
Materi
Pembelajaran
1.
Nilai-nilai
dalam cerpen dan hikayat.
2.
Gaya
bahasa.
3.
Kata
arkais (kuno).
D.
Metode Pembelajaran
1.
Konsep Dasar (Basic
Concept)
2.
Pendefinisian
Masalah (Defining the Problem)
3.
Pembelajaran
Mandiri (Self Learning)
4.
Pertukaran
Pengetahuan (Exchange Knowledge)
5.
Penilaian (Assessment)
E.
Media Pembelajaran
1.
Media/ alat : Lembar Kerja Siswa (LKS), Power Point/
LCD
2.
Bahan : Teks Hikayat berjudul “Bayan Budiman” dan cerpen yang berjudul “Tukang Pijat
Keliling”
F.
Sumber Belajar
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
2.
Kosasih,
Engkoh. 2013. Kreatif Berbahasa
Indonesia. Jakarta: Erlangga
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a.
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.
Memberi motivasi belajar
peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan
jenjang peserta didik;
c.
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari;
d.
Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e. Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus; dan
f.
Membentuk siswa menjadi
5 kelompok atau lebih.
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
Mengamati
a.
Siswa diminta
membaca teks Hikayat dan cerpen yang diberikan.
b.
Siswa
diminta mencermati teks Hikayat dan cerpen yang diberikan.
Menanya
a.
Siswa
diminta bertanya tentang gaya bahasa dan kata arkais (kuno)
Mengeksplorasi
a.
Siswa
diminta berdiskusi
tentang perbandingan dua teks tersebut.
b.
Siswa
diminta membandingkan
persamaan nilai dan kebahasaan yang terkandung di dalam hikayat dan cerpen.
c.
Siswa
diminta membandingkan
perbedaan nilai dan kebahasaan yang terkandung di dalam hikayat dan cerpen.
Mengasosiasi
a. Siswa diminta mendiskusikan bersama
kelompok mengenai persamaan dan perbedaan nilai yang terkandung di dalam
hikayat dan cerpen.
Mengomunikasikan
a.
Mempresentasikan
hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
|
70 menit
|
3
|
Penutup
|
Dalam kegiatan penutup,
guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan
refleksi untuk mengevaluasi:
a. Seluruh
rangkaian aktivitas pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk
selanjutnya secara bersama menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung
dari hasil pembelajaran yang telah berlangsung;
b. memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c. melakukan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual
maupun kelompok; dan
d.
menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua (2 x 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a.
Menyiapkan peserta didik
secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
b.
Memberi motivasi belajar
peserta didik secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar
dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal,
nasional dan internasional, serta disesuaikan dengan karakteristik dan
jenjang peserta didik;
c.
Mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi
yang akan dipelajari;
d.
Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai;
e. Menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus; dan
f.
Membentuk siswa menjadi
5 kelompok atau lebih.
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
Mengamati
a.
Siswa diminta
membaca teks Hikayat dan Cerpen yang diberikan.
b.
Siswa
diminta mencermati teks Hikayat dan Cerpen yang diberikan.
Menanya
a.
Siswa
diminta bertanya mengenai cara mengumpulkan, mengelompokkan, dan
mengolah data yang diperoleh dari Hikayat dan
cerpen yang diberikan.
Mengeksplorasi
a.
Siswa
diminta mengumpulkan,
mengelompokkan, dan mengolah data yang diperoleh dari dua teks tersebut.
b.
Siswa
diminta merubah
Hikayat menjadi sebuah
cerpen.
Mengasosiasi
a. Siswa diminta mendiskusikan bersama
kelompok mengenai merubah Hikayat menjadi sebuah cerpen.
Mengomunikasikan
a.
Mempresentasikan
hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
|
70 menit
|
3
|
Penutup
|
Dalam kegiatan penutup,
guru bersama peserta didik baik secara individual maupun kelompok melakukan
refleksi untuk mengevaluasi:
a.
Seluruh rangkaian aktivitas
pembelajaran dan hasil-hasil yang diperoleh untuk selanjutnya secara bersama
menemukan manfaat langsung maupun tidak langsung dari hasil pembelajaran yang
telah berlangsung;
b.
memberikan umpan balik
terhadap proses dan hasil pembelajaran;
c.
melakukan kegiatan tindak
lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok;
dan
d.
menginformasikan rencana
kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
|
10 menit
|
H.
Penilaian Hasil Pembelajaran
Penilaian dilakukan dengan memadukan tiga
aspek:
1.
Pengetahuan (knowledge)
2.
Kecakapan/keterampilan
(skill)
3.
Sikap (attitude)
Diketahui oleh:
Kepala Sekolah,
Nurjanah, S.Pd
NIP. 19641231 198803 2 176
|
Sape,
Guru Mata Pelajaran,
Adisan Jaya, S.Pd
|
Komentar