SISI LAIN JEJARING SOSIAL “FACEBOOK” YANG TIDAK DISADARI MASYARAKAT

MAMPU MELAHIRKAN KARYA YANG BERNILAI SASTRA

Latar belakang
                Diera zaman yang memiliki teknologi canggih seperti saat ini, tentunya kita sebagai insan yang berkeinginan maju tidak mau ketinggalan zaman dan kuper (kurang pergulan) terhadap teknologi yang berkembang. Dengan majunya teknologi, tentunya ada pengaruh dan dampak tersendiri yang menghinggapi kemajuan yang begitu signifikan dalam berbagai hal.
                “Facebook” tentu tak asing lagi bagi kita mengenai jejaring sosial ini, yang kemudian dari kalangan atas sampai kalangan bawah, dari anak SD (Sekolah Dasar) hingga para pejabat/dosen pun memiliki jejaring sosial yang bernama Facebook.
Dan dewasa ini, penggunaan situs jejaring sosial sebagai media berinteraksi sosial secara online sudah begitu meluas bahkan mendunia. Banyak manfaat  yang bisa didapat dengan bergabung dalam situs jejaring sosial seperti facebook ini. Diantaranya dapat berkoneksi dengan teman, baik itu teman baru atau lama, keluarga, dll tanpa terhalang oleh jarak tempat.  selain manfaatnya, terdapat juga kerugian yang dialami ketika kita terjerat masuk dalam situs jejaring ini. Tapi dalam hal ini, penulis mengajak kita semua, agar dalam menyikapi sesuatu hal kita harus berpikir positif dulu dan juga kita semestinya mendalami sisi yang tersembunyi yang mungkin belum banyak banyak orang menyadarinya.

Rumusan Masalah
1.       Apa itu jejaring sosial Facebook dan asal usulnya?
2.       Apa sajakah dampak positif menggunakan facebook?
3.       Apa yang menyebabkan facebook mampu menciptakan karya sastra?
Tujuan
1.       Mengetahui awal mula jejaring sosial facebook
2.       Mengetahui manfaat dari facebook
3.       Mengetahui sisi lain yang tak pernah disadari oleh orang banyak (masyarakat).


GAGASAN

Pengertian facebook adalah?
Meskipun keseharian kita bermain dengan facebook, tapi kalau tiba-tiba disuguhi pertanyaan seperti itu adakalanya juga bingung mau menjawab apa. Untuk itu penulis mendapatkan pengertian facebook dari beberapa sumber.
Pengertian facebook menurut wikipedia berbahasa indonesia adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School. Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.

Asal-usul facebook?
Sejarah facebook berawa
l ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook. Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.
Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar. Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email. Pada waktu itu jumlah pengguna facebook terus bertambah. Sampai beberapa perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook. Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.
Pada akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya. Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya. Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di tahun 2010 ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan. Untuk jumlah pengguna, di tahun 2010, menurut sumber terbaru yang saya baca sudah melebihi angka 500 juta user. Sangat fantastis!
Dampak Positif
1. Mempererat Silaturahmi 

Ya, mungkin ini adalah kegunaan dari facebook yang paling bisa kita rasakan. Bahkan dengan facebook, kita bisa menemukan kembali orang – orang yang pernah kita kenal di masa lalu.

2. Mengetahui Potensi Diri

Dalam facebook banyak terdapat kuis yang bermanfaat untuk mengetahui lebih banyak tentang siapa sih kita sebenarnya. Namun, kita juga harus tetap waspada, sebagian kuis yang terdapat dalam facebook mengandung unsur – unsur ramalan, dan sudah tentu anda paham bahwa percaya pada ramalan merupakan sebuah kesyirikan, dosa besar yang tidak akan diampuni oleh Allah ta’ala.

3. Media Promosi
Jelas, facebook bisa digunakan sebagai media promosi, entah itu mempromosikan produk, jasa, instansi, atau hal lain. Bahkan, pada saat pemilu legislatif kemarin, sebagian caleg juga menggunakan facebook untuk media kampanyenya.

4. Sarana Diskusi
Di facebook kita bisa bergabung dengan berbagai komunitas / grup.

5. Tempat curhat

Hmmm, yang ini mungkin bisa juga, kalau kita lagi dapet masalah, kita tinggal mengupdate status facebook kita dengan masalah yang sedang kita hadapi, ntar kalau ada orang yang peduli, pasti orang tersebut bakal memberi komen yang isinya mungkin cuma sekedar memberi semangat atau bahkan memberikan alternatif untuk menyelesaikan masalah. Tapi tempat curhat terbaik tetap, Allah swt, yang bisa menunjukkan jalan keluar atas setiap masalah yang kita hadapi.

Sisi lain
Dalam hal sisi lain ini, merupakan cakupan dari dampak positif menggunakan situs jejaring sosial facebook. Sisi lain ini dimaksudkan bahwa, kita harus membuka pikiran dengan apa yang kita lakukan selama menggunakan situs tersebut. Apa bila kita menganalisis dan lebih kritis dalam mengamati facebook. Tentu ada suatu hal yang berharga dibalik pengaruh posistif dan dampak negatif nya yang begitu sangat berharga.
Setelah diamati secara detail. Dimana pada saat kita membuat status dan berkomentar dalam facebook, secara tidak sadar kita telah menyiakan sebuah karya yang bisa diakatakan bernialai sastra.
Dimana pada saat kita membuat status, biasanya kita mencurahkan dan meluapkan emosi yang terpendam dari dalam diri kita. Sehingga entah sadar atau tidak, kita telah menceritakan emosi dan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)