PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

1.      Pengertian
PTK merupakan suatu proses di mana melalui proses ini guru dan siswa menginginkan terjadinya perbaikan, peningkatan, dan perubahan pembelajaran yang lebih baik, agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal.

2.      Karakteristik PTK
a.       An Inquiri on Practice from within
PTK didasarkan pada masalah keseharian yang dirasakan dan dihayati dalam pembelajaran.
b.      A collaborative effort and or participative
Mengisyaratkan bahwa tindakan dan upaya perbaikan dilakukan bersama-sama siswa secara kolaboratif dan partisipatif.
c.       A relative practice mode public
Menghendaki agar keseluruhan proses implementasi tindakan dipantau dengan mempergunakan metode dan alat yang dapat dipertanggung jawabkan.


3.      Secara singkat PTK dapat disebutkan:
a.       Situasional:
Yaitu berkaitan langsung dengan permasalahan konkret yang dihadapi guru dan siswa di kelas.
b.      Kontekstual:
Merupakan upaya pemecahan masalah yang berupa model dan prosedur tindakan kelas yang tidak lepas dari konteksnya.
c.       Kolaboratif:
Yaitu partisipasi antara guru dan siswa dan mungkin asisten ataupun teknisi yang terkait membantu proses pembelajaran.

4.      Empat tahapan siklus PTK
a.       Perencanaan
b.      Pelaksanaan
c.       Pengamatan
d.      Refleksi

Berikut penjelasan mengenai tahapan siklus PTK yaitu sebagai berikut:
a.       Tahap Perencanaan Tindakan
1)      Mendeksripsikan hal-hal apa yang akan dilakukan untuk memecahkan masalah.
2)      Merumuskan hipotesis tindakan (jika diperlukan untuk penegasan).
3)      Menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) berbasis pilihan tindakan yang telah ditetapkan.
4)      Penyiapan lembar-lembar instrument untuk mengamati dan mencatat segala aktivitas.

b.      Tahap Pelaksanaan Tindakan
1)      Penerapan berbagai hal yang telah direncanakan sebelumnya.
2)      Pada PTK individual, yakni desain PTK dilaksanakan secara mandiri oleh seorang guru di kelas yang dia bina.
3)      PTK kolaboratif dan desain PTK yang dilaksanakan secara bersama-sama dengan guru lain.
c.       Tahap Pengamatan Tindakan
1)      Data-data dikumpulkan melalui instrument yang dipersiapkan.
2)      Data tersebut meliputi; (a) seluruh pernyataan verbal dan aktivitas non verbal (b) proses KBM (c) dampak yang muncul selama KBM (d) hasil pembelajaran berupa evaluasi (e) wawancara guru dan siswa
d.      Tahap Refleksi Tindakan
1)      Kegiatan meliputi menganalisis, memaknai, menjelaskan, dan mengumpulkan data yang diperoleh dari hasil pengamatan.
2)      Secara umum, kegiatan ini dimulai dengan menelaah data yang tersedia dari berbagai sumber.

Komentar

Anonim mengatakan…
:P

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)

Makalah Mengkaji Puisi “Membaca Tanda-Tanda”