CONTOH RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan          : SMP
Mata Pelajaran                : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                : VII/ I
Materi Pokok                   : Pengenalan Teks Deskripsi
Tema                                : Pengenalan Budaya Indonesia
Sub Tema                         : Tari Saman
Alokasi Waktu                 : 1 Pertemuan (1 x 25 menit)

A.    Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapain Kompetensi
1.4
     Mengidentifikasi teks hasil observasi berdasarkan kaidah-kaidah teks baik melalui lisan maupun tulisan.

1.4.1     Menyusun teks deskripsi dengan kata-kata sendiri sesuai dengan tahapan yang benar.
1.4.2        Menyajikan teks tanggapan deskriptif tentang karya budaya masyarakat Indonesia yang benar dengan bantuan media (gambar dan teks).



C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Setelah membaca teks deskriptif mengenai “Tari Saman” dan mendiskusikannya, peserta didik mampu menyusun kembali teks deskripsi dengan kata-kata sendiri sesuai dengan tahapan yang benar dengan mendeskripsikan gambar tari Saman dengan baik.
2.      Setelah berdiskusi dan menyusun teks deskriptif, peserta didik mampu menyajikan teks tanggapan deskriptif tentang karya budaya masyarakat Indonesia yang benar dengan bantuan media (gambar dan teks) dengan mendeskripsikan gambar tari Saman dengan baik.

D.    Materi Pembelajaran

E.     Pendekatan, metode, dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan     : Saintifik
2.      Metode            : Tanya jawab dan Diskusi
3.      Model              : Problem Based Learning

F.     Sumber Belajar
Kemendikbud. 2013. Buku Guru Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. 2013. Bahasa Indonesia Wahana  Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.


G.    Media Pembelajaran
1.      Model              : Teks Tari Saman
2.      Gambar           : Gambar penari Tari Saman
3.      Realita             : Budaya

H.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1.      Kegiatan Pendahuluan (5 menit)
Orientasi
a)      Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, materi, dan tujuan pembelajaran.
b)      Peserta didik merespon pertanyaan guru yang berkaitan dengan pembelajaran pada pertemuan yang sebelumnya.
Apersepsi
a)      Peserta didik menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
Motivasi
a)      Peserta didik mendengarkan manfaat mengenai mempelajari Tari Saman yang disampaikan oleh guru.

Pemberian Acuan
a)      Peserta didik mendengarkan mekanisme pelaksanaan pembelajaran yang disampaikan guru.

2.      Kegiatan Inti (15 menit)
Mengamati
a)      Peserta didik mengamati gambar tentang Tari Saman dengan cermat.
Menanya
a)      Peserta didik menanyakan tentang hal-hal yang belum dipahami dari materi yang telah disampaikan guru melalui tanya jawab yang diorganisasi oleh guru.
Mengeksplorasi
a)      Peserta didik menjawab pertanyaan untuk membuka pemahaman tentang budaya Indonesia.
b)      Peserta didik mendiskusikan Tari Saman berdasarkan gambar.
Mengasosiasi
a)      Peserta didik membandingkan hasil tulisan teks tanggapan deskripsi Tari Saman dengan teman/kelompok untuk memperkuat pemahaman tentang teks deskripsi.
Mengkomunikasikan
a)      Peserta didik mempresentasikan hasil tulisan tentang teks deskripsi dengan bahasa yang lugas.

3.      Kegiatan Penutup (5 menit)
a)      Peserta didik menjawab pertanyaan tentang teks tanggapan deskripsi Tari Saman untuk merefleksi hasil pemahaman yang diperoleh.
b)      Peserta didik menyimak informasi rencana tindak lanjut berupa pengayaan dan remedial yang disampaikan guru.
c)      Bersama guru peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.

I.       Penilaian
1.      Penilaian Proses

2.      Penilaian Hasil

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Mengkaji Puisi “Membaca Tanda-Tanda”

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)