STRATEGI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

 1. Definisi Strategi
Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai perencanaan untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya atau kekuatan dalam pembelajaran yang disusun untuk mencapai tujuan tertentu.

 2.  Ragam Strategi Pembelajaran
Berdasarkan fokus atau orientasi proses pembelajarannya, proses pembelajaran ini meliputi:

a.       Strategi pembelajaran yang berpusat pada guru.
b.      Strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa.
c.       Strategi pembelajaran yang berpusat pada materi yang diajarkan.
Pilihan strategi ini akan menentukan langkah-langkah proses pembelajaran yang akan ditempuh oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran.

  3. Macam-macam Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran memiliki berbagai macam atau jenis strategi, yang semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Macam-macam strategi pembelajaran akan dijelaskan di bawah ini , yaitu sebagai berikut:
a.       Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah
Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah merupakan salah satu strategi pembelajara inovatif yang dapat menciptakan kondisi siswa lebih aktif dan kreatif. Melalui strategi pembelajaran berbasis masalah, siswa terlibat secara aktif dalam pemecahan masalah melalui tahap-tahap sehingga siswa dapat mempelajari pengetahuan yang berhubungan dengan masalah tersebut dan sekaligus memiliki keterampilan untuk memecahkan masalah.

b.      Strategi Pembelajaran Berbasis Lingkungan
Strategi ini dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, mulai dari yang sederhana dan tidak menyita waktu sampai yang paling kompleks yang memerlukan waktu sehari-hari. Hal ini bergantung pada tujuan pembelajaran dan kondisi setempat.

c.       Strategi Pembelajaran Kooperatif
Roger dan Jhonson menjelaskan bahwa tidak semua kerja kelompok bisa dianggap pembelajaran kooperatif. Ada lima unsur model yang harus diterapkan untuk bisa dikatakan model pembelajaran yang kooperatif, yaitu sebagai berikut:
1)      Saling ketergantungan positif.
2)      Tanggung jawab perseorangan.
3)      Tatap muka.
4)      Komunikasi antar anggota.
5)      Evaluasi proses kelompok.

d.      Strategi Pembelajaran Kontekstual: Alternatif Tindakan
Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Melalui konsep itu, hasil pembelajaran dapat diharapkan lebih bermakna bagi siswa.

e.       Strategi Pembelajaran Langsung
Fokus utama dari pembelajaran ini adalah pelatihan-pelatihan yang dapat diterapkan dari keadaan nyata yang sederhana sampai yang lebih kompleks.

f.       Strategi Pembelajaran Tidak Langsung
Strategi pembelajaran tidak langsung sering disebut inkuiri, induktif, pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan penemuan. Peranan guru bergeser dari seorang penceramah menjadi fasilitator.

g.      Strategi Pembelajaran Interaktif
Strategi pembelajaran interaktif yaitu suatu cara atau teknik pembelajaran yang digunakan guru pada saat menyajikan bahan pelajaran, di mana guru menjadi pemeran utama dalam mencipatakan suasana interaktif yang edukatif.

h.      Strategi Sistem Belajar Mandiri

Strategi sistem belajar mandiri merupakan pendekatan menyeluruh dalam pembelajaran, dan yang berupa pedoman umum serta kerangka yang dijabarkan dari pandangan falsafah dan teori tertentu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Mengkaji Puisi “Membaca Tanda-Tanda”

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)

SUBDISIPLIN LINGUISTIK