MODUL : 1.2.a.3. Mulai Dari Diri - Nilai dan Peran Guru Penggerak | Trapesium Usia
Assalamualaikum. Pada postingan ini saya membagikan Tugas Calon Guru Penggerak IV pada Modul 1.2.a.3 Mulai dari diri – Nilai dan Peran Guru Penggerak. Pada modul ini CGP-IV diminta membuat diagram trapesium usia dan menjawab beberapa pertanyaan mengenai diri
sendiri, pertanyaan dijawab dengan sejujur-jujurnya berdasarkan pengalaman masa lalu. Selamat membaca!1.2.a.3. Mulai dari diri - Nilai dan Peran Guru Penggerak
Adisan Jaya, S.Pd
CGP-IV Kab. Bima-143-Bima 8
A. Trapesium Usia
B. Pertanyaan
1. Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah
masih dapat dirasakan dan mungkin masih dapat memengaruhi diri Anda di masa
sekarang?
Pada umur 16 tahun saya mendapat momen positif yaitu
menemukan potensi yang saya minati tentang kepenulisan, baik puisi maupun
cerpen, yang saya tuangkan lewat blog sampai saat ini. Potensi tersebut saya
temukan pada saat itu dalam proses belajar mengajar di bangku SMA oleh guru TIK
pak Salahuddin dan guru Bahasa Indonesia ibu Siti Kalsum. Kemudian pada umur 19
tahun saya mengalami momen negatif yaitu ketika semangat runtuh karena gagal
wisuda pada Januari tahun 2015. Pada saat itu kesabaran saya diuji, karena
hasil penelitian dalam skripsi tidak disetujui oleh dosen pembimbing pak Arif
Budi Wurianto, semua harus dimulai dari nol lagi. Saya tidak lagi memiliki
semangat untuk menyelesaikan segala apa yang telah dimulai. Namun pada akhir tahun
2015 saya mampu mengalahkan ego diri, memupuk semangat baru, dan Alhamdulillah mampu
wisuda pada akhir tahun tersebut.
Kedua moment positif dan negatif tersebut masih dapat
dirasakan sampai masa sekarang, hal itu disebabkan karena saya percaya bahwa
kenangan masa lalu menentukan kehidupan saat ini. Kebiasaan dan perlakuan yang
saya terima secara perlahan ikut menyusun serpihan potensi dan karakter yaitu
dengan membiasakan diri tumbuh sebagai pribadi yang disiplin, selalu ingin tahu
hal-hal baru serta sabar dan tabah dalam menghadapi segala situasi/kondisi.
2. Menurut Anda, apa saja peran dari seorang
Guru jika dikaitkan dengan trapesium usia?
Berdasarkan
trapesium usia di atas, dapat saya pahami bahwa peran guru adalah menuntun
proses anak didik di dalam kelas, baik dalam hal psikomotorik, afektif maupun
kognitifnya. Hal itu dilakukan untuk menemukan potensi diri anak didik,
sehingga dapat membawa kemaslahatan bagi dirinya di masa yang akan datang.
3.
Buatlah
1-2 kalimat yang dapat menggambarkan nilai-nilai yang Anda percayai sebagai
seorang Guru, menggunakan kata-kata berikut: Guru, Murid, Belajar, Makna.
Komentar