TUGAS DIKLAT PKS: Menyusun Laporan RPS (Rencana Pengembangan Sekolah)
Tugas 14. Menyusun Refleksi Hasil
Pelaksanaan (Laporan) RPS
A.
Judul Program Pengembangan Sekolah
“Meningkatkan Kemampuan Guru Menggunakan Media Pembelajaran yang Kreatif dan Inovatif”
Dalam usaha meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil pembelajaran, kita tidak boleh melupakan satu hal yang sudah pasti kebenarannya, yaitu bahwa pebelajar harus sebanyak-
banyaknya berinteraksi dengan sumber belajar. Tanpa sumber belajar yang memadai sulit diharapkan dapat diwujudkan proses pembelajaran yang mengarah kepada tercapainya hasil belajar yang optimal. Dengan demikian penggunaan media sebagai sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran mempunyai arti yang sangat penting. Selain melengkapi, memelihara dan memperkaya proses pembelajaran, media mampu meningkatkan kualitas kegiatan akademik.Dengan
dimanfaatkannya media secara maksimal, pemahaman tidak akan terbatas pada apa
yang diperolehnya melalui kegiatan tatap muka tetapi akan mampu menggali
berbagai jenis ilmu pengetahuan terutama yang sesuai dengan bidang keahliannya.
C.
Tujuan dan Indikator Keberhasilan
1.
Tujuan
Tujuan penggunaan media pembelajaran adalah membantu guru
dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi pelajaran kepada siswanya, agar
pesan lebih mudah dimengerti, lebih menarik, dan lebih menyenangkan kepada
siswa. Sedangkan secara khusus media pembelajaran digunakan dengan tujuan:
a.
Memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan
bervariasi sehingga merangsang minat siswa untuk belajar.
b.
Menumbuhkan sikap dan keterampilan guru dalam
bidang teknologi
c.
Menciptakan situasi belajar yang tidak mudah
dilupakan oleh siswa
d.
Untuk mewujudkan situasi belajar yang efektif,
kreatif dan inovatif.
e.
Untuk memberikan semangat belajar kepada siswa
2.
Indikator
a. Guru dapat memahami peraturan berkaitan
dengan tupoksinya.
b. Guru mampu membuat administrasi mengajar.
c. Guru mampu memberikan rangsangan yang
bervariasi dan mengurangi kecenderungan verbalis
d. Guru dapat mengatasi keterbatasan pengalaman
yang dimiliki oleh pebelajar
e. Guru mampu membangkitkan motivasi
dan merangsang siswa untuk belajar
f. Guru melaksanakan program pembelajaran dengan menggunakan media.
g. Guru mampu mengevaluasi kegiatan pembelajaran.
h. Guru mampu membuat laporan hasil pembelajaran.
D.
Program Pengembangan Sekolah
1.
Hasil yang Diharapkan
Terjadinya peningkatan tugas dan
profesi guru dalam menggunakan media pembelajaran
sehingga memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis
dan mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya.
2.
Sumber Daya yang Diperlukan
a. Tersedianya sarana prasarana
b. Kemampuan guru mengembangkan media
pembelajaran.
c. Memberdayakan siswa membuat media yang
bersumber dari lingkungan sekitar
d. Pembiayaan yang mencukupi.
e. Komitmen dan tanggung jawab yang tinggi.
E.
Langkah-langkah Kegiatan
1. Persiapan
a.
Rapat
persiapan dan sosialisasi bersama guru, komite sekolah wali murid serta
perwakilan murid yang akan terlibat dalam pelaksanaan kegiatan RPS.
b.
Menyusun Tim Kerja pengembangan sekolah
c.
Menyusun program dan rencana kegiatan
2. Pelaksanaan.
a.
Mengadakan media ajar seperti buku pelajaran
dan alat bantu ajar/peraga sehingga membantu daya serap murid
b. Meminta guru mengunakan media pembelajaran berbasis
IT
3. Monitoring
a.
Memonitoring
keterlaksanaan
kegiatan Program Pengembangan Sekolah
b.
Memonitoring pemanfaatan media berbasis
IT oleh guru
c.
Memonitoring hasil belajar siswa dengan
media berbasis IT
4. Hasil
Kegiatan
a.
Hasil Persiapan Kegiatan
|
Berikut
hasil rapat persiapan dalam rangka program dan kegiatan,
berikut rencana kegiatan yang akan dilaksanakan:
Tabel 4a. Kegiatan yang
akan dilaksanakan
No. |
Hari/Tanggal |
Kegiatan |
a |
b |
c |
1 |
Kamis, 10/09/2020 |
Rapat persiapan dan sosialisasi bersama guru, komite
sekolah wali murid serta perwakilan murid yang akan terlibat dalam
pelaksanaan kegiatan RPS |
.2 |
Kamis, 10/09/2020 |
Menyusun
Tim Kerja pengembangan sekolah |
3 |
Kamis, 10/09/2020 |
Menyusun
program dan anggaran kegiatan |
4 |
Jum’at,11/09/2020 |
Pelaksanaan kegiatan pengembangan sekolah |
5 |
Jum’at,11/09/2020 |
Mengadakan media ajar seperti buku
pelajaran dan alat bantu ajar/peraga sehingga membantu daya serap murid |
6 |
Selasa,15/09/2020 |
Memberikan
kesempatan guru mengunakan media pembelajaran berbasis IT |
7 |
Rabu, 16/09/2020 |
Pengambilan data
monev kegiatan pengembangan sekolah |
b.
Hasil Pelaksanaan Kegiatan
Berikut
ini merupakan hasil kegiatan dari pelaksanaan yang dilakukan dalam pemanfaatan
media berbasis IT:
|
||||||
|
||||||
|
||||||
c.
Hasil Monitoring Kegiatan
Tabel 4c. Instrumen Monitoring
Pelaksanaan Kegiatan
No |
Kegiatan |
Uraian |
Keterlaksanaan |
|
Ya |
Tidak |
|||
a |
b |
c |
d |
e |
1 |
Persiapan |
|
|
|
1. Rapat dan Sosialisasi kegiatan
RPS |
Ö |
|
||
2. Menyusun Tim Kerja |
Ö |
|
||
3. Menyusun program dan anggaran
kegiatan |
Ö |
|
||
|
|
|
|
|
2 |
Pelaksanaan |
1.
Mendukung
aktifitas anak untuk berkreasi, berekspresi, dan partisipasi sesuai dengan
tingkat umur dan kematangannya |
Ö |
|
2. Mengadakan
media ajar seperti buku pelajaran dan alat bantu ajar/peraga sehingga
membantu daya serap murid |
|
Ö |
||
3. Memberikan kesempatan guru mengunakan media
pembelajaran berbasis IT |
Ö |
|
||
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
5 |
1 |
|
|
Skor
Perolehan “Ya” |
5 |
|
|
|
Total
Perolehan (skor perolehan “Ya” : skor maksimal (sejumlah item uraian) x 100) |
5/6
x 100 =
83,3 B |
5.
Evaluasi
Untuk
hasil evaluasi kegiatan pengembangan sekolah dipaparkan dalam table di bawah
ini.
Tabel 5a. Instrumen Peningkatan
Kompetensi Kepala Sekolah Berdasarkan Hasil AKPK
No |
Uraian
Indikator |
Ketercapaian |
Keterangan |
|||||||
4 |
3 |
2 |
1 |
|||||||
a |
b |
c |
d |
|||||||
A.
Kompetensi Kepribadian |
||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
||||
1 |
Perkataan selaras
dengan tindakan yang dilakukan |
Ö |
|
|
|
|
||||
2 |
Cara berbicara, bersikap, dan
berperilaku dapat diteladani oleh warga sekolah dan masyarakat. |
Ö |
|
|
|
|
||||
B. Kompetensi
Manajerial |
||||||||||
1 |
Minat sekolah dan belajar siswa meningkat |
Ö |
|
|
|
|
||||
2 |
Kegiatan-kegiatan warga sekolah menuju pencapaian program, visi,
misi, dan tujuan sekolah |
Ö |
|
|
|
|
||||
C. Kompetensi
Kewirausahaan |
||||||||||
1 |
Terintegrasi dalam Seluruh Mata Pelajaran |
|
Ö |
|
|
|
||||
2 |
Terpadu dalam Kegiatan Ekstrakurikuler |
|
Ö |
|
|
|
||||
D. Kompetensi
Supervisi |
||||||||||
1 |
Melakukan pengamatan terhadap bukti-bukti fisik yang disajikan
guru dan tendik |
Ö |
|
|
|
|
||||
2 |
Menyampaikan hasil catatan supervisi dan memberikan saran-saran
untuk perbaikan kinerja tendik yang bersangkutan |
Ö |
|
|
|
|
||||
E. Kompetensi
Sosial |
||||||||||
1 |
Hubungan baik antar sesama siswa, antar guru, guru dengan siswa,
guru dengan staf, staf dengan siswa. |
Ö |
|
|
|
|
||||
2 |
Hubungan baik antara warga sekolah dengan komite, orang tua, dan
masyarakat |
Ö |
|
|
|
|
||||
|
Jumlah
Skor |
32 |
6 |
|
|
|
||||
|
Total
Skor Diperoleh |
38 |
|
|||||||
|
Hasil
(Skor diperoleh : 40 (Skor maksimal) x100) |
95 A |
|
|||||||
Tabel 5b. Instrumen Evaluasi Hasil
Kegiatan
No |
Indikator Keberhasilan |
Ketercapaian |
|||
4 |
3 |
2 |
1 |
||
1. |
Minat
belajar siswa meningkat |
Ö |
|
|
|
2. |
Kegiatan-kegiatan warga sekolah menuju pencapaian program,
visi, misi, dan tujuan sekolah, |
Ö |
|
|
|
3. |
Siswa enang mengikuti pelajaran, tidak ada rasa takut, cemas dan
was-was, tidak merasa rendah diri karena bersaing dengan teman lain. |
Ö |
|
|
|
4 |
Media
ajar seperti buku pelajaran dan alat bantu ajar/peraga berbasis IT efektif
membantu daya serap murid |
Ö |
|
|
|
5 |
Pengamatan terhadap bukti-bukti fisik yang disajikan guru dan
tendik belum maksimal |
|
|
Ö |
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor |
16 |
|
2 |
|
|
Total
Skor Diperoleh |
18 |
|||
|
Hasil
(Skor diperoleh : Skor maksimal) x100) |
90 B |
Tabel
5c. Pencapaian Students Wellbeing
(Kebahagiaan Murid)
No |
Indikator |
Ketercapaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. |
Program peningkatan kemampuan guru dalam
menggunakan media berbasis IT minat saya untuk bersekolah |
|
|
|
Ö |
2. |
Program peningkatan kemampuan guru dalam
menggunakan media berbasis IT membuat saya tidak bosan mengikuti pembelajaran |
|
|
|
Ö |
3. |
Pemberian bantuan berupa sandang seperti seragam,
sepatu, tas, buku dan lain-lain meningkatkan minat saya untuk bersekolah |
|
|
|
Ö |
4. |
Perlakuan adil
bagi murid laki-laki dan perempuan, cerdas lemah, kaya miskin, normal cacat
dan anak pejabat dan buruh membuat saya lebih percaya diri berada di sekolah |
|
|
|
Ö |
5. |
Kasih sayang guru dan perhatian guru, membuat saya
merasa aman berada di sekolah |
|
|
|
Ö |
6. |
Guru terlibat
langsung dalam menjaga kebersihan lingkungan membuat saya mampu untuk meniru
dan menerapkan di kehidupan sehari-hari (di sekolah maupun di rumah) |
|
|
Ö |
|
Jumlah |
- |
- |
3 |
20 |
|
Total Skor Diperoleh |
23 |
||||
Skor Perolehan NA
= X
100 Skor Maksimal (4 x sejumlah item
indikator) |
23/24
= 95,8 A |
6.
Refleksi
Diharapkan kegiatan rencana pengembangan
sekolah dilaksanakan setiap tahun, dengan harapan
guru lebih profesional terutama dalam hal pengembangan media pembelajaran yang
kreatif dan inovatif. Adapun hasil refleksi yang didapatkan yaitu sebagai berikut:
a.
Berdasarkan hasil monitoring
keterlaksanaan kegiatan RPS ditemukan pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai
dengan jadwal hanya saja guru senior belum mampu memanfaatkan IT dengan
maksimal
b.
Berdasarkan hasil evaluasi peningkatan
kompetensi KS berdasarkan hasil AKPK, ditemukan hasil bahwa kegiatan-kegiatan warga sekolah menuju pencapaian program,
visi, misi, dan tujuan sekolah, dan pengamatan terhadap bukti-bukti fisik yang
disajikan guru dan tendik belum maksimal.
c.
Berdasarkan evaluasi hasil kegiatan RPS
ditemukan hasil bahwa minat sekolah meningkat dan senang mengikuti pelajaran,
tidak ada rasa takut, cemas dan was-was, tidak merasa rendah diri karena
bersaing dengan teman lain sehingga minat sekolah siswa meningkat
d.
Berdasarkan hasil Pencapaian Students Wellbeing ditemukan hasil bahwa
program pemanfaatan media berbasis IT meningkatkan minat siswa dalam
pembelajaran, serta siswa menjadi lebih aktif.
7.
Tindak Lanjut
Setiap
permasalahan yang ditemukan perlu ditindak lanjuti untuk proses perbaikan ke
depannya, adapun langkah tindak lanjut yang dilakukan kepala sekolah yaitu:
a.
Dalam pelaksanaan pemanfaatan media
berbasis IT terus memotivasi guru untuk belajar dan memanfaatkan sarpras yang
disediakan sekolah.
b.
Menyampaikan hasil catatan supervisi
dan memberikan saran-saran untuk perbaikan kinerja tendik yang bersangkutan ke
depannya.
c.
Meminta guru untuk lebih memaksimalkan
pemanfaatan media ajar seperti buku pelajaran dan alat bantu ajar/peraga
efektif membantu daya serap murid seperti video dan power point.
d.
Terus memotivasi guru dan siswa dengan
mempertahan dan meningkatkan kegiatan-kegiatan warga
sekolah menuju pencapaian program, visi, misi, dan tujuan sekolah.
8. Sumber Daya
Dalam kegiatan pengembangan sekolah
ini ditemukan peningkatan sumber daya.
a. Meningkatkan
minat sekolah dan belajar siswa
b. Meningkatkan
kemampuan guru memanfaatkan media berbasis IT
c. Meningkatkan
kompetensi Kepala Sekolah sebagai manajerial, pengembang kewirausahaan dan
mengsupervisi guru/tendik.
F.
Kesimpulan
Berdasarkan kegiatan pengembangan
sekolah yang dilakukan dapat diketahui bahwa media pembelajaran adalah suatu
bagian yang integral dari proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, untuk
mencapai hasil belajar yang maksimal, guru/tendik harus mempunyai pengetahuan
tentang pengelolaan media pembelajaran baik sebagai alat bantu pengajaran
maupun sebagai pendukung agar materi/isi pelajaran semakin jelas dan dengan
mudah dapat dikuasai oleh siswa.
Penggunaan media dalam
pembelajaran dimaksudkan untuk dapat membantu mengatasi berbagai hambatan dalam
proses pembelajaran termasuk hambatan psikologis, hambatan fisik, hambatan
kultural dan hambatan lingkungan. Secara umum media pembelajaran mempunyai
kegunaan:
a. Memperjelas penyajian pesan oleh tendik
kepada peserta didik
b. Mengatasi pembelajaran yang kurang kreatif
dan inovatif
c. Mengatasi sikap pasif siswa.
Komentar