TUGAS DIKLAT PKS: Menyusun Laporan RPS (Rencana Pengembangan Sekolah)

Tugas 14. Menyusun Refleksi Hasil Pelaksanaan (Laporan) RPS 

A.    Judul Program Pengembangan Sekolah

“Meningkatkan Kemampuan Guru Menggunakan Media Pembelajaran yang Kreatif dan Inovatif”

 B.     Latar Belakang

Dalam usaha meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasil pembelajaran, kita tidak boleh melupakan satu hal yang sudah pasti kebenarannya, yaitu bahwa pebelajar harus sebanyak-

banyaknya berinteraksi dengan sumber belajar. Tanpa sumber belajar yang memadai sulit diharapkan dapat diwujudkan proses pembelajaran yang mengarah kepada tercapainya hasil belajar yang optimal. Dengan demikian penggunaan media sebagai sumber belajar dalam kegiatan pembelajaran mempunyai arti yang sangat penting. Selain melengkapi, memelihara dan memperkaya proses pembelajaran, media mampu meningkatkan kualitas kegiatan akademik.  

Dengan dimanfaatkannya media secara maksimal, pemahaman tidak akan terbatas pada apa yang diperolehnya melalui kegiatan tatap muka tetapi akan mampu menggali berbagai jenis ilmu pengetahuan terutama yang sesuai dengan bidang keahliannya.

 

C.    Tujuan dan Indikator Keberhasilan

1.      Tujuan

Tujuan penggunaan media pembelajaran adalah membantu guru dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi pelajaran kepada siswanya, agar pesan lebih mudah dimengerti, lebih menarik, dan lebih menyenangkan kepada siswa. Sedangkan secara khusus media pembelajaran digunakan dengan tujuan:

a.       Memberikan pengalaman belajar yang berbeda dan bervariasi sehingga merangsang minat siswa untuk belajar.

b.      Menumbuhkan sikap dan keterampilan guru dalam bidang teknologi

c.       Menciptakan situasi belajar yang tidak mudah dilupakan oleh siswa

d.      Untuk mewujudkan situasi belajar yang efektif, kreatif dan inovatif.

e.       Untuk memberikan semangat belajar kepada siswa

 

2.      Indikator

a.       Guru dapat memahami peraturan berkaitan dengan tupoksinya.

b.      Guru mampu membuat administrasi mengajar.

c.       Guru mampu memberikan rangsangan yang bervariasi dan mengurangi kecenderungan verbalis

d.      Guru dapat mengatasi keterbatasan pengalaman yang dimiliki oleh pebelajar

e.       Guru mampu membangkitkan motivasi dan merangsang siswa untuk belajar

f.       Guru melaksanakan program pembelajaran dengan menggunakan media.

g.      Guru mampu mengevaluasi kegiatan pembelajaran.

h.      Guru mampu membuat laporan hasil pembelajaran.

 

D.    Program Pengembangan Sekolah

1.      Hasil yang Diharapkan

Terjadinya peningkatan tugas dan profesi guru dalam menggunakan media pembelajaran sehingga memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis dan mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya.

 

2.      Sumber Daya yang Diperlukan

a.       Tersedianya sarana prasarana

b.      Kemampuan guru mengembangkan media pembelajaran.

c.       Memberdayakan siswa membuat media yang bersumber dari lingkungan sekitar

d.      Pembiayaan yang mencukupi.

e.       Komitmen dan tanggung jawab yang tinggi.

 

E.     Langkah-langkah Kegiatan

1.      Persiapan

a.    Rapat persiapan dan sosialisasi bersama guru, komite sekolah wali murid serta perwakilan murid yang akan terlibat dalam pelaksanaan kegiatan RPS.

b.    Menyusun Tim Kerja pengembangan sekolah

c.    Menyusun program dan rencana kegiatan

2.      Pelaksanaan.

a.       Mengadakan media ajar seperti buku pelajaran dan alat bantu ajar/peraga sehingga membantu daya serap murid

b.      Meminta guru mengunakan media pembelajaran berbasis IT

3.      Monitoring

a.       Memonitoring keterlaksanaan kegiatan Program Pengembangan Sekolah

b.      Memonitoring pemanfaatan media berbasis IT oleh guru

c.       Memonitoring hasil belajar siswa dengan media berbasis IT

 

4.      Hasil Kegiatan

a.      Hasil Persiapan Kegiatan

 

 

 

 

Gambar a. Rapat persiapan dengan guru dan komite

 
 

 


Berikut hasil rapat persiapan dalam rangka program dan kegiatan, berikut rencana kegiatan yang akan dilaksanakan:

Tabel 4a. Kegiatan yang akan dilaksanakan

No.

Hari/Tanggal

Kegiatan

a

b

c

1

Kamis, 10/09/2020

Rapat persiapan dan sosialisasi bersama guru, komite sekolah wali murid serta perwakilan murid yang akan terlibat dalam pelaksanaan kegiatan RPS

.2

Kamis, 10/09/2020

Menyusun Tim Kerja pengembangan sekolah

3

Kamis, 10/09/2020

Menyusun program dan anggaran kegiatan

4

Jum’at,11/09/2020

Pelaksanaan kegiatan pengembangan sekolah

5

Jum’at,11/09/2020

Mengadakan media ajar seperti buku pelajaran dan alat bantu ajar/peraga sehingga membantu daya serap murid

6

Selasa,15/09/2020

Memberikan kesempatan guru mengunakan media pembelajaran berbasis IT

7

Rabu, 16/09/2020

Pengambilan data monev kegiatan pengembangan sekolah

b.      Hasil Pelaksanaan Kegiatan

Berikut ini merupakan hasil kegiatan dari pelaksanaan yang dilakukan dalam pemanfaatan media berbasis IT:

Gambar c. Guru Mengguna Media Berbasis IT

 

Gambar d. Siswa Menceritakan Kembali

 

Gambar e. Siswa Menonton dan Menyimak Video

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 


c.       Hasil Monitoring Kegiatan

Tabel 4c. Instrumen Monitoring Pelaksanaan Kegiatan

No

Kegiatan

Uraian

Keterlaksanaan

Ya

Tidak

a

b

c

d

e

1

Persiapan

 

 

 

1.  Rapat dan Sosialisasi kegiatan RPS

Ö

 

2.  Menyusun Tim Kerja

Ö

 

3.  Menyusun program dan anggaran kegiatan

Ö

 

 

 

 

 

 

2

Pelaksanaan

1.      Mendukung aktifitas anak untuk berkreasi, berekspresi, dan partisipasi sesuai dengan tingkat umur dan kematangannya

Ö

 

2.      Mengadakan media ajar seperti buku pelajaran dan alat bantu ajar/peraga sehingga membantu daya serap murid

 

Ö

3.    Memberikan kesempatan guru mengunakan media pembelajaran berbasis IT

Ö

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

5

1

 

 

Skor Perolehan “Ya”

5

 

 

Total Perolehan (skor perolehan “Ya” : skor maksimal (sejumlah item uraian) x 100)

5/6 x 100

= 83,3

B

 

5.      Evaluasi

Untuk hasil evaluasi kegiatan pengembangan sekolah dipaparkan dalam table di bawah ini.

Tabel 5a. Instrumen Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah Berdasarkan Hasil AKPK

No

Uraian Indikator

Ketercapaian

Keterangan

4

3

2

1

a

b

c

d

A.     Kompetensi Kepribadian

 

 

 

 

 

 

 

1

Perkataan selaras dengan tindakan yang dilakukan

Ö

 

 

 

 

2

Cara berbicara, bersikap, dan berperilaku dapat diteladani oleh warga sekolah dan masyarakat.

Ö

 

 

 

 

B.      Kompetensi Manajerial

1

Minat sekolah dan belajar siswa meningkat

Ö

 

 

 

 

2

Kegiatan-kegiatan warga sekolah menuju pencapaian program, visi, misi, dan tujuan sekolah

Ö

 

 

 

 

C.     Kompetensi Kewirausahaan

1

Terintegrasi dalam Seluruh Mata Pelajaran

 

Ö

 

 

 

2

Terpadu dalam Kegiatan Ekstrakurikuler

 

Ö

 

 

 

D.     Kompetensi Supervisi

1

Melakukan pengamatan terhadap bukti-bukti fisik yang disajikan guru dan tendik

Ö

 

 

 

 

2

Menyampaikan hasil catatan supervisi dan memberikan saran-saran untuk perbaikan kinerja tendik yang bersangkutan

Ö

 

 

 

 

E.      Kompetensi Sosial

1

Hubungan baik antar sesama siswa, antar guru, guru dengan siswa, guru dengan staf, staf dengan siswa.

Ö

 

 

 

 

2

Hubungan baik antara warga sekolah dengan komite, orang tua, dan masyarakat

Ö

 

 

 

 

 

Jumlah Skor

32

6

 

 

 

 

Total Skor Diperoleh

38

 

 

Hasil (Skor diperoleh : 40 (Skor maksimal) x100)

95

A

 

 

Tabel 5b. Instrumen Evaluasi Hasil Kegiatan

No

Indikator Keberhasilan

Ketercapaian

4

3

2

1

1.

Minat belajar siswa meningkat

Ö

 

 

 

2.

Kegiatan-kegiatan warga sekolah menuju pencapaian program, visi, misi, dan tujuan sekolah,

Ö

 

 

 

3.

Siswa enang mengikuti pelajaran, tidak ada rasa takut, cemas dan was-was, tidak merasa rendah diri karena bersaing dengan teman lain.

 

Ö

 

 

 

4

Media ajar seperti buku pelajaran dan alat bantu ajar/peraga berbasis IT efektif membantu daya serap murid

Ö

 

 

 

5

Pengamatan terhadap bukti-bukti fisik yang disajikan guru dan tendik belum maksimal

 

 

Ö

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah Skor

16

 

2

 

 

Total Skor Diperoleh

18

 

Hasil (Skor diperoleh : Skor maksimal) x100)

90

B

 

Tabel 5c. Pencapaian Students Wellbeing (Kebahagiaan Murid)

No

Indikator

Ketercapaian

1

2

3

4

1.

Program peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan media berbasis IT minat saya untuk bersekolah

 

 

 

Ö

2.

Program peningkatan kemampuan guru dalam menggunakan media berbasis IT membuat saya tidak bosan mengikuti pembelajaran

 

 

 

Ö

3.

Pemberian bantuan berupa sandang seperti seragam, sepatu, tas, buku dan lain-lain meningkatkan minat saya untuk bersekolah

 

 

 

Ö

4.

Perlakuan adil bagi murid laki-laki dan perempuan, cerdas lemah, kaya miskin, normal cacat dan anak pejabat dan buruh membuat saya lebih percaya diri berada di sekolah

 

 

 

 

Ö

5.

Kasih sayang guru dan perhatian guru, membuat saya merasa aman berada di sekolah

 

 

 

Ö

6.

Guru terlibat langsung dalam menjaga kebersihan lingkungan membuat saya mampu untuk meniru dan menerapkan di kehidupan sehari-hari (di sekolah maupun di rumah)

 

 

Ö

 

Jumlah

-

-

3

20

Total Skor Diperoleh

23

           Skor Perolehan

NA =                                   X 100

           Skor Maksimal (4 x sejumlah item indikator)

23/24 = 95,8

A

 

6.      Refleksi

Diharapkan  kegiatan rencana pengembangan sekolah dilaksanakan setiap tahun, dengan harapan guru lebih profesional terutama dalam hal pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Adapun hasil refleksi yang didapatkan yaitu sebagai berikut:

a.         Berdasarkan hasil monitoring keterlaksanaan kegiatan RPS ditemukan pelaksanaan kegiatan berjalan sesuai dengan jadwal hanya saja guru senior belum mampu memanfaatkan IT dengan maksimal

b.         Berdasarkan hasil evaluasi peningkatan kompetensi KS berdasarkan hasil AKPK, ditemukan hasil bahwa kegiatan-kegiatan warga sekolah menuju pencapaian program, visi, misi, dan tujuan sekolah, dan pengamatan terhadap bukti-bukti fisik yang disajikan guru dan tendik belum maksimal.

c.         Berdasarkan evaluasi hasil kegiatan RPS ditemukan hasil bahwa minat sekolah meningkat dan senang mengikuti pelajaran, tidak ada rasa takut, cemas dan was-was, tidak merasa rendah diri karena bersaing dengan teman lain sehingga minat sekolah siswa meningkat

d.        Berdasarkan hasil Pencapaian Students Wellbeing ditemukan hasil bahwa program pemanfaatan media berbasis IT meningkatkan minat siswa dalam pembelajaran, serta siswa menjadi lebih aktif.

 

7.      Tindak Lanjut

Setiap permasalahan yang ditemukan perlu ditindak lanjuti untuk proses perbaikan ke depannya, adapun langkah tindak lanjut yang dilakukan kepala sekolah yaitu:

a.       Dalam pelaksanaan pemanfaatan media berbasis IT terus memotivasi guru untuk belajar dan memanfaatkan sarpras yang disediakan sekolah.

b.      Menyampaikan hasil catatan supervisi dan memberikan saran-saran untuk perbaikan kinerja tendik yang bersangkutan ke depannya.

c.       Meminta guru untuk lebih memaksimalkan pemanfaatan media ajar seperti buku pelajaran dan alat bantu ajar/peraga efektif membantu daya serap murid seperti video dan power point.

d.      Terus memotivasi guru dan siswa dengan mempertahan dan meningkatkan kegiatan-kegiatan warga sekolah menuju pencapaian program, visi, misi, dan tujuan sekolah.

 

8.      Sumber Daya

Dalam kegiatan pengembangan sekolah ini ditemukan peningkatan sumber daya.

a.       Meningkatkan minat sekolah dan belajar siswa

b.      Meningkatkan kemampuan guru memanfaatkan media berbasis IT

c.       Meningkatkan kompetensi Kepala Sekolah sebagai manajerial, pengembang kewirausahaan dan mengsupervisi guru/tendik.

 

F.     Kesimpulan

Berdasarkan kegiatan pengembangan sekolah yang dilakukan dapat diketahui bahwa media pembelajaran adalah suatu bagian yang integral dari proses pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, guru/tendik harus mempunyai pengetahuan tentang pengelolaan media pembelajaran baik sebagai alat bantu pengajaran maupun sebagai pendukung agar materi/isi pelajaran semakin jelas dan dengan mudah dapat dikuasai oleh siswa.

Penggunaan media dalam pembelajaran dimaksudkan untuk dapat membantu mengatasi berbagai hambatan dalam proses pembelajaran termasuk hambatan psikologis, hambatan fisik, hambatan kultural dan hambatan lingkungan. Secara umum media pembelajaran mempunyai kegunaan:

a.       Memperjelas penyajian pesan oleh tendik kepada peserta didik

b.      Mengatasi pembelajaran yang kurang kreatif dan inovatif

c.       Mengatasi sikap pasif siswa.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH: FORMAT PROGRAM SUPERVISI TENDIK

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS ANEKDOT [Kurikulum Merdeka]

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: TEKS LHO [Kurikulum Merdeka]

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)