SOAL SEJARAH PILIHAN GANDA SMA KELAS 2

Assalamualaikum. Pada postingan kali ini saya memposting contoh soal sejarah bentuk pilihan ganda untuk siswa SMA kelas 2. Soal ini bersumber dari rekan kerja saya di sekolah, silahkan digunakan
dalam menguji kemampuan siswa di sekolah jika anda membutuhkan. Semoga bermanfaat!

SOAL PILIHAN GANDA
MAPEL SEJARAH
SMA KELAS 2 SEMESTER 2
Berilah tanda silang pada jawaban yang dianggap paling benar!
1.      Perhatikan data berikut ini!
(1)   Dipimpin oleh raja, bangsawan, atau tokoh agama.
(2)   Bersifat kedaerahan.
(3)   Bersifat reaktif dan spontan.
(4)   Dipimpin dan digerakkan oleh kaum terpelajar.
(5)   Bersifat rasional.
(6)   Memiliki visi yang jelas, yaitu Indonesia yang merdeka.
Dari data di atas, ciri khas perjuangan bangsa Indonesia melawan kolonialisme setelah tahun 1908 ditunjukkan pada nomor….

a.       (1), (2), dan (3)
b.      (1), (2), dan (4)
c.       (2), (3), dan (4)
d.      (3), (4), dan (5)
e.       (4), (5), dan (6)

2.      Cita-cita politik Belanda yang secara tidak langsung membantu melahirkan kesadaran berbangsa serta pada akhirnya mempersatukan rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke ke dalam satu bangsa adalah ….

a.       Kebijakan Pintu Terbuka
b.      Pax Netherlandica
c.       Politik Etis
d.      Indie Weerbaar
e.       Volksraad

3.      Perhatikan data berikut ini!
(1)   Kesuksesan pergerakan nasional di negara-negara lain di Asia-Afrika seperti Cina, India, Turki, dan mesir.
(2)   Masuk dan berkembangnya paham-paham baru dari Eropa dan Amerika seperti liberalisme, demokrasi, dan nasionalisme.
(3)   Penjajahan (kolonialisme) oleh Belanda dan penderitaan ekonomis-politis-sosial yang ditimbulkannya.
(4)   Kemenangan Jepang atas Rusia dalam perang tahun 1905.
(5)   Tumbuhnya rasa harga diri sebagai suatu bangsa yang pernah besar.
(6)   Munculnya kaum terpelajar.
Dari data di atas, faktor eksternal yang mendorong nasionalisme Indonesia ditunjukkan pada nomor ….

a.       (1), (2), dan (3)
b.      (1), (2), dan (4)
c.       (2), (3), dan (4)
d.      (3), (4), dan (5)
e.       (4), (5), dan (6)

4.      Perhatikan data berikut ini!
(1)   Kesuksesan pergerakan nasional di negara-negara lain di Asia-Afrika seperti Cina, India, Turki, dan mesir.
(2)   Masuk dan berkembangnya paham-paham baru dari Eropa dan Amerika seperti liberalisme, demokrasi, dan nasionalisme.
(3)   Penjajahan (kolonialisme) oleh Belanda dan penderitaan ekonomis-politis-sosial yang ditimbulkannya.
(4)   Kemenangan Jepang atas Rusia dalam perang tahun 1905.
(5)   Tumbuhnya rasa harga diri sebagai suatu bangsa yang pernah besar.
(6)   Munculnya kaum terpelajar.
Dari data di atas, faktor internal yang mendorong nasionalisme Indonesia ditunjukkan pada nomor ….

a.       (1), (2), dan (3)
b.      (1), (2), dan (4)
c.       (2), (3), dan (4)
d.      (3), (4), dan (5)
e.       (4), (5), dan (6)

5.      Sifat pergerakan nasional pada periode awal perkembangannya adalah moderat dan kooperatif. Organisasi-organisasi pergerakan yang lahir pada periode ini adalah ….

a.       Indische Partij dan Gerakan Pemuda
b.      Budi Utomo dan Sarekat Islam
c.       PNI dan PKI
d.      Taman Siswa dan GAPI
e.       PNI Baru dan Partindo

6.      Penggagas dari berdirinya organisasi pergerakan pertama di Indonesia yang bernama Budi Utomo adalah ….

a.       dr. Wahidin Sudiro Husodo
b.      dr. Ciptomangunkusumo
c.       dr. Sutomo
d.      dr. Douwes Dekker
e.       dr. Suwardi Suryaningrat

7.      K.H Samanhudi mendirikan Sarekat Dagang Islam pada tahun 1911 di Solo dengan tujuan….
a.       Bersaing dengan serikat-serikat dagang pribumi lainnya yang beragama Nasrani
b.      Mendorong jiwa kewirausahaan di kalangan penduduk pribumi
c.       Mengajak para pedagang untuk ikut memperjuangkan kemerdekaan
d.      Mengumpulkan modal agar dapat membantu pedagang yang kekurangan modal
e.       Menghimpun para pedagang Islam agar dapat bersaing dengan pedagang asing
8.      Pernyataan berikut ini yang tidak tepat terkait dengan Sarekat Islam adalah ….
a.       Disusun oleh aliran Marxis-Komunis
b.      Berhaluan moderat dan kooperatif
c.       Bersikap kritis kebijakan pemerintah kolonial
d.      Bertujuan memperjuangkan kemerdekaan dengan cara damai
e.       Awalnya bukan organisasi politik
9.      Status sebagai organisasi berbadan hukum diberikan kepada organisasi-organisasi pergerakan yang ….

a.       Keanggotaannya bersifat plural
b.      Tidak berhaluan Marxis-Komunis
c.       Bersifat sekuler
d.      Moderat dan kooperatif
e.       Anti politik

10.  Organisasi pergerakan tidak hanya didirikan di Indonesia, tetapi juga di Negara Belanda tempat pelajar-pelajar Indonesia menimba ilmu. Nama organisasi pergerakan yang didirikan oleh para mahasiswa Indonesia di Belanda adalah ….

a.       Himpunan Pelajar Indonesia (HPI)
b.      PNI
c.       Perhimpunan Indonesia
d.      PNI Baru
e.       Gerakan Pemuda

11.  Ciri khas organisasi pergerakan pada periode radikal adalah tidak mau bekerja sama dengan penjajah. Organisasi yang bergerak secara nonkooperatif ini di antaranya ….
a.       Budi Utomo, Sarekat Dagang Indonesia, Sarekat Islam
b.      Muhammadiyah, Indische Partij, dan Gerindo
c.       Perhimpunan Indonesia, PKI, dan PNI
d.      Indisch Partij, PNI, dan Gerakan Pemuda
e.       Parindra, GAPI, dan Gerindo
12.  Faktor umum lahirnya organisasi-organisasi pergerakan yang bersifat radikal dan nonkooperatif adalah ….
a.       Kekecewaan besar terhadap kiprah organisasi-organisasi pergerakan yang ada
b.      Keyakinan kaum aktivis pergerakan bahwa Belanda akan takluk di tangan Jepang
c.       Belanda tidak memberikan sinyal apa pun tentang kemungkinan Indonesia merdeka
d.      Merajalelanya aliran kapitalisme dalam kebijakan perekonomian di Indonesia
e.       Belanda tidak tegas terhadap masuknya paham Marxisme-Komunisme ke Indonesia
13.  Dari semua organisasi pergerakan yang pernah berdiri di Indonesia, terdapat satu organisasi pergerakan yang tidak hanya bersikap radikal tetapi juga memelopori aksi mogok  buruh dan bahkan melancarkan perlawanan bersenjata terhadap pemerintah kolonial. Organisasi yang dimaksud adalah ….

a.       Partindo
b.      Indisch Partij
c.       ISDV
d.      PNI
e.       PKI

14.  Dasar pendidikan yang dikembangkan di sekolah-sekolah Taman Siswa adalah ….
a.       Mengembangkan semangat kebangsaan dan demokrasi
b.      Membangun semangat perjuangan dan patriotisme
c.       Mengedepankan rasa toleransi dalam perbedaan
d.      Mengembangkan jiwa yang merdeka dalam akar budaya
e.       Membangun semangat kebangsaan berdasar akar budaya bangsa

15.  Dalam kongres pertamanya pada bulan Desember 1928, Gerakan perempuan bersepakat untuk membentuk sebuah federasi yang diberi nama …. sebagai wadah perjuangan yang dapat memajukan perempuan Indonesia.

a.       Perhimpunan Perempuan Indonesia
b.      Ikatan Perempuan Indonesia
c.       Perhimpunan Istri Indonesia
d.      Partai Perempuan Indonesia
e.       Federasi Perempuan Pejuang

16.  Restorasi Meiji memimpin perubahan yang cepat di Jepang, dari pemerintahan Shogun yang feodal menjadi sebuah kekuatan besar dunia. Kata “Meiji” sendiri berarti ….

a.       Kekuasaan pencerahan
b.      Keutamaan bangsa
c.       Keunggulan nasional
d.      Kekuasaan perubahan
e.       Revolusi cara berpikir

17.  Ambisi menjadi negara imperialis otomatis membuat Jepang terlibat serangkaian perang dengan negara-negara lain. Perang pertama yang sekaligus menandai dimulainya praktik imperialism Jepang adalah Perang ….

a.       Asia Timur
b.      Sino-Jepang
c.       Rusia-Jepang
d.      Koresa
e.       Indocina



18.  Pada tahun 1904 dan 1905 Perang Rusia-Jepang meletus. Perang ini dipicu oleh ….
a.       Pendudukan kembali Semenanjung Liaodong oleh Rusia
b.      Sikap Rusia membantu Cina dalam Perang Sino-Jepang
c.       Ketidakadilan Perjanjian Portsmouth terhadap Rusia
d.      Keinginan Jepang menginvasi Rusia
e.       Belabuhnya kapal-kapal perang Jepang di Benteng Port Arthur
19.  Perang yang dilancarkan oleh Jepang di Asia Tenggara dan di Lautan Pasifik dikenal dengan nama perang ….

a.       Pasifik
b.      Nippon
c.       Asia Timur
d.      Kamikaze
e.       Harakiri

20.  Jepang mendarat pertama kali di Indonesia pada tanggal 11 Januari 1942, tepatnya di pulau…

a.       Sumatera
b.      Jawa
c.       Sulawesi
d.      Maluku
e.       Kalimantan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MODUL AJAR BAHASA INDONESIA KELAS X: PUISI [Kurikulum Merdeka]

CONTOH: FORMAT PROGRAM SUPERVISI TENDIK

BAHASA INDONESIA SMA KELAS X: Materi Hikayat