RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS X: Teks Anekdot
Assalamualaikum. Pada postingan ini saya membagikan kepada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X, materi tentang Teks Anekdot. RPP ini saya buat sendiri dan saya terapkan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar di kelas. Semoga bermanfaat, dan selamat membaca!
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
Mata pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Alokasi Waktu :
2 x Pertemuan (4 x 45 menit)
A.
Kompetensi Inti (KI)
B.
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
3.5 Mengevaluasi teks Anekdot dari aspek makna tersirat.
|
3.5.1 Menjelaskan pengertian teks Anekdot. (C1)
3.5.2 Menemukan ketepatan isi teks Anekdot. (C4)
3.5.3 Menemukan aspek makna tersirat dalam teks
Anekdot. (C4)
|
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks Anekdot.
|
4.5.1
Mengevaluasi teks Anekdot dari aspek makna tersirat. (C5)
4.5.2
Menyusun
kembali teks Anekdot dengan memperhatikan makna tersirat dalam teks Anekdot yang
dibaca. (C6)
|
C.
Materi Pembelajaran
1.
Definisi teks Anekdot.
2.
Struktur isi dan ciri kebahasaan teks Anekdot.
3.
Teks Anekdot.
D.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama ( 2 x 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
Apersepsi
· Guru mengajak peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang
belum dipahami pada pertemuan sebelumnya.
· Guru menyampaikan indikator dan materi yang akan di pelajari.
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
Stimulasi
dan Identifikasi Masalah
·
Siswa membentuk kelompok (satu kelompok 5 orang) dan membaca teks Anekdot.
Mengumpulkan
informasi
·
Tugas 1: Menganalisis ketepatan isi teks Anekdot.
·
Tugas 2: Mencari dan memahami unsur teks Anekdot.
·
Tugas 3: Mencari makna tersirat dalam teks Anekdot.
Pengolahan
informasi
·
Mencatat hasil analisis mengenai teks Anekdot.
Verifikasi Hasil
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh teman sekelas.
Generalisasi
·
Menyimpulkan fungsi teks Anekdot.
|
70 menit
|
3
|
Penutup
|
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi dan penguatan terhadap
materi yang sudah dilalui dalam pembelajaran melalui tanya jawab.
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua (2 x 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
Apersepsi
·
Guru menyampaikan
keterkaitan pembelajaran hari ini dan pembelajaran sebelumnya.
·
Guru memberikan motivasi pada siswa.
·
Guru menyampaikan indikator dan materi yang akan di pelajari.
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
Stimulasi
dan Identifikasi Masalah
·
Siswa membentuk kelompok (satu kelompok 5 orang) dan membaca teks Anekdot.
Mengumpulkan
informasi
Tiap-tiap anggota
kelompok menerima tugas:
·
Tugas 1: Menilai isi dan aspek makna
tersirat dalam teks Anekdot
·
Tugas 2: Menyusun kembali teks Anekdot.
Pengolahan
informasi
·
Mencatat hasil analisis mengenai teks Anekdot.
Verifikasi Hasil
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
Generalisasi
·
Menyimpulkan teks Anekdot yang disusun.
|
70 menit
|
3
|
Penutup
|
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi dan penguatan terhadap
materi yang sudah dilalui dalam pembelajaran melalui tanya jawab.
|
10 menit
|
E.
Teknik Penilaian
1.
Tes tertulis
2.
Tes lisan dan unjuk kerja
F.
Media/Alat, Bahan dan
Sumber Belajar
1.
Media/alat : Lembar Kerja Siswa (LKS), Power Point/LCD
2.
Bahan :
3.
Sumber Belajar :
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Kosasih, Engkoh. 2013. Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
Mengetahui: Sape,
22 Oktober 2016
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Nurjannah, S.Pd Adisan
Jaya, S.Pd
NIP. 19641231 198803 2 167
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah :
SMAN 1 Sape
Mata pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas :
X
Alokasi Waktu :
2 x Pertemuan (4 x 45 menit)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 3 :
|
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4 :
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi (IPK)
|
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks Anekdot.
|
3.6.1 Mendeteksi
struktur isi dan ciri kebahasaan dalam teks Anekdot.(C4)
3.6.2 Mengumpulkan
diksi yang tepat sebagai bahan membuat teks Anekdot. (C6)
|
4.6 Menciptakan kembali teks Anekdot dengan memerhatikan struktur, dan
kebahasaan.
|
4.6.1 Menghubungkan
diksi yang ditemukan untuk menyusun teks Anekdot. (C6)
4.6.2 Menyusun kembali teks Anekdot
dengan memperhatikan struktur dan ciri kebahasaan.
(C6)
|
C.
Materi Pembelajaran
1. Struktur isi dan ciri-ciri kebahasaan teks Anekdot.
2. Teks Anekdot.
D.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama ( 2 x 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
Apersepsi
·
Guru
mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan tanya jawab terkait
dengan materi pelajaran yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
·
Guru menyampaikan indikator dan materi yang akan di pelajari.
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
Stimulasi
dan Identifikasi Masalah
·
Siswa membentuk kelompok (satu kelompok 5 orang atau lebih) dan membaca teks Anekdot yang telah
disediakan Guru.
Mengumpulkan
informasi
Tiap-tiap anggota
kelompok menerima tugas:
·
Tugas 1: Membaca dan mencermati teks Anekdot
yang diberikan.
·
Tugas 2: Mengidentifikasi struktur isi dan
ciri kebahasaan teks Anekdot
·
Tugas 3: Menemukan diksi yang tepat untuk menyusun teks Anekdot.
Verifikasi Hasil
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok.
Generalisasi
·
Anggota kelompok lain menanggapi
dan memberi masukan yang membangun kepada kelompok penyaji.
|
70 menit
|
3
|
Penutup
|
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi dan penguatan terhadap
materi yang sudah dilalui dalam pembelajaran melalui tanya jawab.
·
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
|
10 menit
|
Pertemuan Kedua (2 x 45 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Langkah-langkah
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
Apersepsi
·
Guru
mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan tanya jawab terkait
dengan materi pelajaran yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
·
Guru menyampaikan indikator dan materi yang akan di pelajari.
|
10 menit
|
2
|
Inti
|
Stimulasi
dan Identifikasi Masalah
·
Siswa membentuk kelompok (satu kelompok 5 orang atau lebih) dan membaca teks Anekdot.
Mengumpulkan
informasi
Tiap-tiap anggota
kelompok menerima tugas:
·
Tugas 1: Menghubungkan diksi yang
ditemukan ke dalam teks Anekdot
·
Tugas 2: Menyusun kembali teks Anekdot sesuai dengan struktur dan ciri
kebahasaannya.
Verifikasi Hasil
·
Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
Generalisasi
·
Anggota kelompok lain
menanggapi dan memberi masukan yang membangun kepada kelompok penyaji.
|
70 menit
|
3
|
Penutup
|
·
Guru dan peserta didik melakukan refleksi dan penguatan terhadap
materi yang sudah dilalui dalam pembelajaran melalui tanya jawab.
·
Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
|
10 menit
|
E.
Teknik Penilaian
1. Penilaian Proses
2. Penilaian Hasil
F.
Media/Alat, Bahan dan
Sumber Belajar
1. Media/alat : Lembar Kerja Siswa (LKS), Power Point/LCD
2. Bahan :
3. Sumber Belajar :
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan
Kosasih, Engkoh. 2013. Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Eirlangga
Komentar