RPP BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 KELAS X: Teks Anekdot

Assalamualaikum. Pada postingan ini saya membagikan kepada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Kelas X, materi tentang Teks Anekdot. RPP ini saya buat sendiri dan saya terapkan dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar di kelas. Semoga bermanfaat, dan selamat membaca!

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 
Sekolah                                       : 
Mata pelajaran                             : Bahasa Indonesia
Kelas                                           : X
Alokasi Waktu                            : 2 x Pertemuan (4  x  45 menit)
                                                                                                                                                
A.  Kompetensi Inti (KI)

KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.5  Mengevaluasi teks Anekdot dari aspek makna tersirat.
3.5.1    Menjelaskan pengertian teks Anekdot. (C1)
3.5.2    Menemukan ketepatan isi teks Anekdot. (C4)
3.5.3    Menemukan aspek makna tersirat dalam teks Anekdot. (C4)
4.5  Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks Anekdot.
4.5.1    Mengevaluasi teks Anekdot dari aspek makna tersirat. (C5)
4.5.2    Menyusun kembali teks Anekdot dengan memperhatikan makna tersirat dalam teks Anekdot yang dibaca. (C6)

C.  Materi Pembelajaran
1.      Definisi teks Anekdot.
2.      Struktur isi dan ciri kebahasaan teks Anekdot.
3.      Teks Anekdot.


D.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2 x 45 menit)
No.
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
1
Pendahuluan
Apersepsi
·    Guru mengajak peserta didik untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami pada pertemuan sebelumnya.
·    Guru menyampaikan indikator dan materi yang akan di pelajari.

10 menit
2
Inti
Stimulasi dan Identifikasi Masalah
·        Siswa membentuk kelompok (satu kelompok 5 orang) dan membaca teks Anekdot.
Mengumpulkan informasi
·         Tugas 1: Menganalisis  ketepatan isi teks Anekdot.
·         Tugas 2: Mencari dan memahami unsur teks Anekdot.
·         Tugas 3: Mencari makna tersirat dalam teks Anekdot.
Pengolahan informasi
·           Mencatat hasil analisis mengenai teks Anekdot.
Verifikasi Hasil
·         Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh teman sekelas.
Generalisasi
·         Menyimpulkan fungsi teks Anekdot.

70 menit
3
Penutup
·         Guru dan peserta didik melakukan refleksi dan penguatan terhadap materi  yang sudah dilalui dalam  pembelajaran melalui tanya jawab.
10 menit

    Pertemuan  Kedua  (2 x 45 menit)
No.
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
1
Pendahuluan
Apersepsi
·         Guru menyampaikan keterkaitan pembelajaran hari ini dan pembelajaran sebelumnya.
·         Guru memberikan motivasi pada siswa.
·         Guru menyampaikan indikator dan materi yang akan di pelajari.
10 menit
2
Inti
Stimulasi dan Identifikasi Masalah
·        Siswa membentuk kelompok (satu kelompok 5 orang) dan membaca teks Anekdot.
Mengumpulkan informasi
Tiap-tiap  anggota kelompok menerima tugas:
·         Tugas 1: Menilai isi dan aspek makna tersirat dalam teks Anekdot
·         Tugas 2: Menyusun kembali teks Anekdot.
Pengolahan informasi
·           Mencatat hasil analisis mengenai teks Anekdot.
Verifikasi Hasil
·         Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
Generalisasi
·         Menyimpulkan teks Anekdot yang disusun.

70 menit
3
Penutup
·         Guru dan peserta didik melakukan refleksi dan penguatan terhadap materi  yang sudah dilalui dalam  pembelajaran melalui tanya jawab.

10 menit



E.     Teknik Penilaian
1.      Tes tertulis
2.      Tes lisan dan unjuk kerja


F.     Media/Alat,  Bahan dan Sumber Belajar
1.                Media/alat             : Lembar Kerja  Siswa (LKS), Power Point/LCD
2.                Bahan                    :


3.                Sumber Belajar      :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kosasih, Engkoh. 2013. Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga



































Mengetahui:                                                                            Sape, 22 Oktober 2016
Kepala Sekolah,                                                                      Guru Mata Pelajaran,



Nurjannah,  S.Pd                                                                  Adisan Jaya, S.Pd    
NIP. 19641231 198803 2 167           



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                       : SMAN 1 Sape
Mata pelajaran                             : Bahasa Indonesia
Kelas                                           : X
Alokasi Waktu                            : 2 x Pertemuan (4  x  45 menit)
                                                                                                                                               

A.    Kompetensi Inti (KI)

KI 3 :
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.6  Menganalisis struktur dan kebahasaan teks Anekdot.
3.6.1    Mendeteksi struktur isi dan ciri kebahasaan dalam teks Anekdot.(C4)
3.6.2    Mengumpulkan diksi yang tepat sebagai bahan membuat teks Anekdot. (C6)
4.6  Menciptakan kembali teks Anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan.
4.6.1    Menghubungkan diksi yang ditemukan untuk menyusun teks Anekdot. (C6)
4.6.2  Menyusun kembali teks Anekdot  dengan memperhatikan struktur dan ciri kebahasaan. (C6)


C.  Materi Pembelajaran
1.      Struktur isi dan ciri-ciri kebahasaan teks Anekdot.
2.      Teks Anekdot.

D.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2 x 45 menit)
No.
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
1
Pendahuluan
Apersepsi
·         Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan tanya jawab terkait dengan materi pelajaran yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru menyampaikan indikator dan materi yang akan di pelajari.
10 menit
2
Inti
Stimulasi dan Identifikasi Masalah
·         Siswa membentuk kelompok (satu kelompok 5 orang atau lebih) dan membaca teks  Anekdot yang telah disediakan Guru.
Mengumpulkan informasi
Tiap-tiap  anggota kelompok menerima tugas:
·         Tugas 1: Membaca dan mencermati teks Anekdot yang diberikan.
·         Tugas 2: Mengidentifikasi struktur isi dan ciri kebahasaan teks Anekdot
·         Tugas 3: Menemukan diksi yang tepat untuk menyusun teks Anekdot.
Verifikasi Hasil
·         Mempresentasikan hasil kerja kelompok.
Generalisasi
·         Anggota kelompok lain menanggapi dan memberi masukan yang membangun kepada kelompok penyaji.
70 menit
3
Penutup
·         Guru dan peserta didik melakukan refleksi dan penguatan terhadap materi  yang sudah dilalui dalam  pembelajaran melalui tanya jawab.
·         Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
10 menit

    Pertemuan  Kedua  (2 x 45 menit)
No.
Kegiatan
Langkah-langkah
Waktu
1
Pendahuluan
Apersepsi
·         Guru mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan dengan tanya jawab terkait dengan materi pelajaran yang telah disampaikan pada pertemuan sebelumnya.
·         Guru menyampaikan indikator dan materi yang akan di pelajari.
10 menit
2
Inti
Stimulasi dan Identifikasi Masalah
·         Siswa membentuk kelompok (satu kelompok 5 orang atau lebih) dan membaca teks  Anekdot.
Mengumpulkan informasi
Tiap-tiap  anggota kelompok menerima tugas:
·         Tugas 1: Menghubungkan diksi yang ditemukan ke dalam teks Anekdot
·         Tugas 2: Menyusun kembali teks Anekdot sesuai dengan struktur dan ciri kebahasaannya.
Verifikasi Hasil
·         Mempresentasikan hasil kerja kelompok dan ditanggapi oleh kelompok lain.
Generalisasi
·         Anggota kelompok lain menanggapi dan memberi masukan yang membangun kepada kelompok penyaji.
70 menit
3
Penutup
·         Guru dan peserta didik melakukan refleksi dan penguatan terhadap materi  yang sudah dilalui dalam  pembelajaran melalui tanya jawab.
·         Guru memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
10 menit


E.     Teknik Penilaian
1.      Penilaian Proses
2.      Penilaian Hasil

F.     Media/Alat,  Bahan dan Sumber Belajar
1.      Media/alat                   : Lembar Kerja  Siswa (LKS), Power Point/LCD
2.      Bahan                          :

3.      Sumber Belajar            :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Kosasih, Engkoh. 2013. Kreatif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Eirlangga

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)