MATERI BAHASA INDONESIA SMA KELAS X: Teks LHO

Assalamualaikum. Pada postingan ini saya membagikan kepada anda materi bahasa Indonesia Kurikulum 2013 SMA Kelas X tentang materi Teks Laporan Hasil Observasi. Di mana menjelaskan tentang pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, ciri-ciri teks Laporan Hasil Observasi, struktur dan kaidah teks Laporan Hasil Observasi, ide pokok/ gagasan utama dalam teks Laporan Hasil Observasi, dan cara meringkas teks Laporan Hasil Observasi. Semoga bermanfaat, dan selamat membaca!

TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (LHO)

1.       Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi
}  Fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan atau
observasi.
}  Melalui teks LHO pembaca memperoleh sejumlah pengetahuan ataupun wawasan, bukan hasil imajinasi.
2.       Ciri-ciri Teks LHO
}  Menyajikan fakta-fakta tentang keadaan peristiwa, tempat, benda, dan orang.
}  Menambah pengetahuan dan wawasan kepada pembacanya.
3.       Struktur dan Kaidah Teks LHO
}  STRUKTUR: struktur umum LHO terdiri atas pendahuluan, pembahasan, dan simpulan. Dapat pula teks itu dilengkapi dengan kata pengantar, daftar isi, dan daftar pustaka.
}  KAIDAH: kaidah laporan hasil observasi menyajikan sejumlah fakta sebagai hasil pengamatan lapangan. Fakta tersebut dapat dilengkap dengan gambar-gambar grafis.
4.       Ide Pokok/ Gagasan Utama
}  Ide pokok suatu laporan pengamatan dapat dijumpai pada bagian awal atau akhir dari setiap paragraf.
}  Berdasarkan letaknya, paragraf dikelompok menjadi dua bagian:
  1. Paragraf Deduktif: adalah paragraf yang kalimat utamanya berada di awal paragraf.
  2. Paragraf Induktif: adalah paragraf yang kalimat utamanya berada pada akhir paragraf. Kalimat itu biasanya merupakan kesimpulan dari gagasan penjelas yang diuraikan sebelumnya.
5.       Cara Meringkas Teks LHO
}  Sebuah ringkasan merupakan rangkaian  pokok-pokok pikiran yang dirangkai menjadi satu dengan tetap memperhatikan urutan isi bagian demi bagian, dan sudut pandang (pendapat) pengarang tetap diperhatikan dan dipertahankan.
}  Untuk menyusun sebuah ringkasan, hal yang pertama harus dilakukan adalah membaca pemahaman si teks, kemudian menemukan pokok-pokok isi informasi di dalamnya.
}  Pokok-pokok isi sebuah teks dapat ditemukan dengan menemukan kalimat utamanya. Kalimat utama adalah kalimat yang di dalamnya mengandung pokok fikiran atau gagasan utama yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf.
}  Gagasan utama  bersifat umum dan dapat merangkum semua isi yang ada dalam sebuah paragraf

Sumber: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2015. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)