SOAL UAS PILIHAN GANDA BAHASA INDONESIA KELAS X KURIKULUM 2013

Assalamualaikum. Pada postingan kali ini saya memposting soal pilihan ganda UAS semester ganjil untuk kelas X dalam kurikulum 2013, materi teks LHO, teks eksposisi, teks anekdot, dan teks hikayat. Semoga apa yang saya posting dapat bermanfaat, dan jika anda membutuhkan jawaban dari soal di bawah ini, silahkan sampaikan di kolom komentar. Selamat membaca!

SOAL UAS SEMESTER GANJIL 
MAPEL BAHASA INDONESIA KELAS X 
KURIKULUM 2013 (K13) 

PILIHAN GANDA
1.      Teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi fakta-fakta yang diperoleh dari hasil...
             a.       pengamatan
             b.      penilaian
             c.       koreksi

             d.      penulisan
             e.       peluang

2.      Cerita singkat dan lucu yang digunakan untuk menyampaikan kritik melalui sindiran lucu terhadap kejadian yang menyangkut orang banyak atau perilaku tokoh publik disebut....
a.       teks laporan hasil obsevasi
b.      teks eksposisi
c.       teks anekdot
d.      teks humor
e.       teks ilmiah

Bacalah penggalan paragraf di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 3 dan 4!
1.      Wayang adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli Indonesia.
2.      UNESCO, lembaga yang mengurusi kebudayaan dari P.B.B, pada 7 Nopember 2003 menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor berasal dari Indonesia.
3.      Wayang merupakan warisan mahakaria dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity).
4.      Para wali songo, penyebar agama Islam di Jawa sudah membagi wayang menjadi tiga.
5.      Wayang kulit di Timur, wayang wong atau wayang orang di Jawa Tengah, dan wayang golek atau wayang boneka di Jawa Barat.

3.      Gagasan utama dari paragraf di atas terdapat pada kalimat...
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
e.       5

4.      Kata yang tidak sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) terdapat pada kalimat....
a.       1 dan 2
b.      1 dan 3
c.       2 dan 5
d.      2 dan 3
e.       3 dan 4

5.      Teks laporan hasil observasi memuat informasi yang disajikan harus sesuai dengan .... yang didapatkan dari hasil penelitian. Kata yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah....
a.       opini
b.      fakta
c.       pendapat
d.      argumentasi
e.       penjelasan
Bacalah penggalan hikayat “Indera Bangsawan” berikut untuk mengerjakan soal nomor 6, 7 dan 8!
Maka anakanda yang mulia baginda yang dua orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya.

6.      Kata “yang mulia baginda” dalam penggalan hikayat di atas menggunakan majas...
a.       antonomasi
b.      metafora
c.       hiiperbola
d.      simile
e.       personifikasi

7.      Kata arkais yang bercetak tebal pada penggalan hikayat di atas memiliki makna...
a.       diusir
b.      diperintah
c.       diminta
d.      diizinkan
e.       dipanggil

8.      Nilai yang terkandung dalam penggalan hikayat di atas adalah...
a.       nilai agama
b.      nilai sosial
c.       nilai estetika (keindahan)
d.      nilai edukasi (pendidikan)
e.       nilai budaya

9.      Paragraf yang kalimat utamanya berada pada akhir paragraf. Kalimat itu berupa kesimpulan dari gagasan penjelas yang diuraikan sebelumnya, merupakan pengertian dari paragraf....
a.       deduktif
b.      ide pokok
c.       definisi
d.      induktif
e.       deskripsi

10.  Hikayat adalah salah satu jenis cerita rakyat yang disajikan dengan menonjolkan unsur penceritaan berciri....
a.       cerita yang dibuat-buat oleh pengarangnya
b.      kepandaian dan kecerdasan tokoh-tokohnya
c.       kesaktian dan keunggulan ceritanya
d.      kemustahilan dan kesaktian tokoh-tokohnya
e.       kemustahilan dan kepandaian tokoh-tokohnya

11.  Gaya informasi yang mengajak dan menjelaskan informasi yang berisi ilmu pengetahuan merupakan ciri dari teks....
a.       teks laporan hasil obsevasi
b.      teks eksposisi
c.       teks anekdot
d.      teks berita
e.       teks ilmiah

12.  Cerita rakyat penting dilestarikan dan dikembangkan. Fungsi cerita rakyat yang mengharuskan kita tetap melestarikannya yaitu...
a.       sebagai sarana hiburan
b.      sebagai sarana pendidikan
c.       sebagai sarana menjaga budaya titipan nenek moyang
d.      sebagai sarana melestarikan budaya bangsa
e.       semua jawaban benar

13.  Semua orang dapat menyusun berita baik media elektronik maupun media cetak. Salah satu contoh teks eksposisi dapat dilihat di....
a.       telepon
b.      diskusi
c.       seminar
d.      koran
e.       sidang

14.  Karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat, bersifat ilmiah atau dapat dikatakan nonfiksi disebut...
a.       teks laporan hasil observasi
b.      teks eksposisi
c.       teks anekdot
d.      teks berita
e.       teks ilmiah

15.  Masalah utama yang ada di dalam sebuah teks anekdot atau pemunculan masalah disebut....
a.       abstraksi
b.      orientasi
c.       krisis
d.      reaksi
e.       koda

16.  Di bawah ini yang bukan merupakan struktur teks eksposisi yaitu...
a.       rangkuman
b.      tesis
c.       argumentasi
d.      penegasan ulang
e.       rekomendasi

17.  Imbuhan yang diletakkan di belakang kata dasar disebut...
a.       sufiks
b.      infiks
c.       prefiks
d.      simulfiks
e.       semua jawaban salah

Cermatilah teks anekdot di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 18, 19, dan 20!
Dosen yang juga Menjadi Pejabat

1.      Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono dua orang mahasiswa sedang
berbincang-bincang.
2.      Tono : “Saya heran dosen ilmu politik, kalau mengajar selalu duduk,
tidak pernah mau berdiri.”
3.      Udin : “Ah, begitu saja diperhatikan sih Ton.”
4.      Tono : “Ya, Udin tahu sebabnya.”
5.      Udin : “Barangkali saja, beliau capek atau kakinya tidak kuat berdiri.”
6.      Tono : “Bukan itu sebabnya, Din. Sebab dia juga seorang pejabat.”
7.      Udin : “Loh, apa hubungannya.”
8.      Tono : “Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain.”
9.      Udin : “???”

18.  Masalah yang dibahas dalam teks anekdot di atas adalah....
a.       dua orang mahasiswa sedang berbincang di kantin sebuah universitas
b.      dosen yang merangkap jadi pejabat
c.       dosen yang selalu duduk ketika mengajar
d.      perselisihan antara Udin dan Tono
e.       dosen yang takut kursinya diduduki orang lain

19.  Stuktur orientasi dari teks anekdot di atas terdapat pada dialog nomor....
a.       2
b.      3
c.       4
d.      5
e.       6

20.  Makna tersirat yang disampaikan dalam teks anekdot di atas yaitu....
a.       dosen yang tidak mau kursinya diduduki orang lain
b.      pejabat yang takut kehilangan jabatannya atau tidak mau diganti oleh pejabat baru
c.       dosen yang tidak kuat lagi berdiri karena faktor usia
d.      ketika diberi dapat pekerjaan baru haruslah bersyukur
e.       jadi seorang dosen dan pejabat tidak ada yang mempermasalahkan

ESAI
Bacalah penggalan teks eksposisi di bawah ini dengan cermat!
Pembangunan dan Bencana Lingkungan

         Bumi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah lingkungan yang serius. Enam masalah lingkungan yang utama tersebut adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam, perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam, serta peningkatan polusi dan kemiskinan. Dari hal itu dapat dibayangkan betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar, konsumsi sumber daya alam dan polusi yang meningkat, sedangkan teknologi saat ini belum dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.       
        Penerapan konsep pembangunan berkelanjutan pada saat ini ternyata jauh dari harapan. Kesulitan penerapannya terutama terjadi di negara berkembang, salah satunya Indonesia. Sebagai contoh, setiap tahun di negara kita diperkirakan terjadi penebangan hutan seluas 3.180.243 ha (atau seluas 50 kali luas kota Jakarta). Hal ini juga diikuti oleh punahnya flora dan fauna langka. Kenyataan ini sangat jelas menggambarkan kehancuran alam yang terjadi saat ini yang diikuti bencana bagi manusia.
         Pada tahun 2005 - 2006 tercatat terjadi 330 bencana banjir, 69 bencana tanah longsor, 7 bencana letusan gunung berapi, 241 gempa bumi, dan 13 bencana tsunami. Bencana longsor dan banjir itu disebabkan oleh perusakan hutan dan pembangunan yang mengabaikan kondisi alam.

      1.      Apakah ide pokok pada paragraf pertama dalam penggalan teks di atas?
      2.      Tulislah satu kalimat fakta dan satu kalimat opini dalam penggalan teks di atas!

     3.      Buatlah rekomendasi berdasarkan pendapat mu sendiri untuk memecahkan permasalahan tersebut!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah Mengkaji Puisi “Membaca Tanda-Tanda”

MAKALAH: AKAD (Fiqh Muamalah)

Kapatu Mbojo (Pantun Bima)