SOAL UAS PILIHAN GANDA BAHASA INDONESIA KELAS X KURIKULUM 2013
Assalamualaikum. Pada postingan kali ini saya memposting soal pilihan ganda UAS semester ganjil untuk kelas X dalam kurikulum 2013, materi teks LHO, teks eksposisi, teks anekdot, dan teks hikayat. Semoga apa yang saya posting dapat bermanfaat, dan jika anda membutuhkan jawaban dari soal di bawah ini, silahkan sampaikan di kolom komentar. Selamat membaca!
SOAL UAS SEMESTER
GANJIL
MAPEL BAHASA
INDONESIA KELAS X
KURIKULUM 2013 (K13)
PILIHAN GANDA
1. Teks laporan hasil observasi
adalah teks yang berisi fakta-fakta yang diperoleh dari hasil...
a.
pengamatan
b.
penilaian
c.
koreksi
d.
penulisan
e.
peluang
2. Cerita
singkat dan lucu yang digunakan untuk menyampaikan kritik melalui sindiran lucu
terhadap kejadian yang menyangkut orang banyak atau perilaku tokoh publik disebut....
a.
teks laporan hasil obsevasi
b.
teks eksposisi
c.
teks anekdot
d.
teks humor
e.
teks ilmiah
Bacalah penggalan paragraf
di bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 3 dan 4!
1.
Wayang
adalah seni pertunjukan yang telah ditetapkan sebagai warisan budaya asli
Indonesia.
2.
UNESCO,
lembaga yang mengurusi kebudayaan dari P.B.B, pada 7 Nopember 2003 menetapkan
wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor berasal dari Indonesia.
3.
Wayang
merupakan warisan mahakaria dunia yang tidak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible
Heritage of Humanity).
4.
Para
wali songo, penyebar agama Islam di Jawa sudah membagi wayang menjadi tiga.
5.
Wayang
kulit di Timur, wayang wong atau
wayang orang di Jawa Tengah, dan wayang golek
atau wayang boneka di Jawa Barat.
|
3. Gagasan utama dari paragraf
di atas terdapat pada kalimat...
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4
e. 5
4. Kata yang tidak sesuai
dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) terdapat pada kalimat....
a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 5
d. 2 dan 3
e. 3 dan 4
5. Teks laporan hasil observasi
memuat informasi yang disajikan harus sesuai dengan .... yang didapatkan dari hasil penelitian. Kata yang tepat untuk
mengisi titik-titik di atas adalah....
a. opini
b. fakta
c. pendapat
d. argumentasi
e. penjelasan
Bacalah
penggalan hikayat “Indera Bangsawan” berikut untuk mengerjakan soal nomor 6, 7
dan 8!
Maka anakanda yang mulia baginda yang dua
orang itu pun sampailah usia tujuh tahun dan dititahkan pergi mengaji
kepada Mualim Sufian. Sesudah tahu mengaji, mereka dititah pula
mengaji kitab usul, fikih, hingga saraf, tafsir sekaliannya diketahuinya.
|
6. Kata “yang mulia baginda” dalam penggalan hikayat di
atas menggunakan majas...
a. antonomasi
b. metafora
c. hiiperbola
d. simile
e. personifikasi
7. Kata arkais yang bercetak tebal pada penggalan
hikayat di atas memiliki makna...
a. diusir
b. diperintah
c. diminta
d. diizinkan
e. dipanggil
8. Nilai yang terkandung dalam penggalan hikayat di
atas adalah...
a. nilai agama
b. nilai sosial
c. nilai estetika (keindahan)
d. nilai edukasi (pendidikan)
e. nilai budaya
9. Paragraf
yang kalimat utamanya berada pada akhir paragraf. Kalimat itu berupa
kesimpulan dari gagasan penjelas yang diuraikan sebelumnya, merupakan pengertian dari
paragraf....
a. deduktif
b. ide pokok
c. definisi
d. induktif
e. deskripsi
10. Hikayat adalah salah satu jenis cerita rakyat yang
disajikan dengan menonjolkan unsur penceritaan berciri....
a. cerita yang dibuat-buat oleh pengarangnya
b. kepandaian dan kecerdasan tokoh-tokohnya
c. kesaktian dan keunggulan ceritanya
d. kemustahilan dan kesaktian tokoh-tokohnya
e. kemustahilan dan kepandaian tokoh-tokohnya
11. Gaya informasi yang mengajak
dan menjelaskan informasi yang berisi ilmu pengetahuan merupakan ciri dari
teks....
a.
teks laporan hasil obsevasi
b.
teks eksposisi
c.
teks anekdot
d.
teks berita
e.
teks ilmiah
12.
Cerita rakyat penting dilestarikan dan dikembangkan. Fungsi cerita rakyat
yang mengharuskan kita tetap melestarikannya yaitu...
a.
sebagai sarana hiburan
b.
sebagai sarana pendidikan
c.
sebagai sarana menjaga budaya titipan nenek moyang
d.
sebagai sarana melestarikan budaya bangsa
e.
semua jawaban benar
13. Semua orang dapat menyusun
berita baik media elektronik maupun media cetak. Salah satu contoh teks eksposisi
dapat dilihat di....
a. telepon
b. diskusi
c. seminar
d. koran
e. sidang
14. Karangan
yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara
singkat, padat, dan akurat, bersifat ilmiah atau dapat dikatakan
nonfiksi disebut...
a. teks laporan hasil observasi
b. teks eksposisi
c. teks anekdot
d. teks berita
e. teks ilmiah
15. Masalah
utama yang ada di dalam sebuah teks anekdot atau pemunculan masalah disebut....
a.
abstraksi
b.
orientasi
c.
krisis
d.
reaksi
e.
koda
16. Di bawah ini yang bukan merupakan
struktur teks eksposisi yaitu...
a.
rangkuman
b.
tesis
c.
argumentasi
d.
penegasan ulang
e.
rekomendasi
17. Imbuhan yang diletakkan di
belakang kata dasar disebut...
a.
sufiks
b.
infiks
c.
prefiks
d.
simulfiks
e.
semua jawaban salah
Cermatilah teks anekdot di
bawah ini untuk mengerjakan soal nomor 18, 19, dan 20!
Dosen yang juga Menjadi Pejabat
1. Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono dua orang
mahasiswa sedang
berbincang-bincang.
2.
Tono : “Saya
heran dosen ilmu politik, kalau mengajar selalu duduk,
tidak pernah mau berdiri.”
3. Udin : “Ah, begitu saja diperhatikan sih Ton.”
4. Tono : “Ya, Udin tahu sebabnya.”
5. Udin : “Barangkali saja, beliau capek atau kakinya
tidak kuat berdiri.”
6. Tono : “Bukan itu sebabnya, Din. Sebab dia juga seorang
pejabat.”
7. Udin : “Loh, apa hubungannya.”
8. Tono : “Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki
orang lain.”
9. Udin : “???”
|
18. Masalah yang dibahas dalam
teks anekdot di atas adalah....
a. dua orang mahasiswa sedang
berbincang di kantin sebuah universitas
b. dosen yang merangkap jadi
pejabat
c. dosen yang selalu duduk
ketika mengajar
d. perselisihan antara Udin dan
Tono
e. dosen yang takut kursinya
diduduki orang lain
19. Stuktur orientasi dari teks
anekdot di atas terdapat pada dialog nomor....
a. 2
b. 3
c. 4
d. 5
e. 6
20. Makna tersirat yang
disampaikan dalam teks anekdot di atas yaitu....
a. dosen yang tidak mau kursinya diduduki orang
lain
b. pejabat yang takut kehilangan jabatannya atau
tidak mau diganti oleh pejabat baru
c. dosen yang tidak kuat lagi berdiri karena
faktor usia
d. ketika diberi dapat pekerjaan baru haruslah bersyukur
e. jadi seorang dosen dan pejabat tidak ada yang
mempermasalahkan
ESAI
Bacalah penggalan teks
eksposisi di bawah ini dengan cermat!
Pembangunan dan Bencana Lingkungan
Bumi saat ini sedang menghadapi
berbagai masalah lingkungan yang serius. Enam masalah lingkungan yang utama
tersebut adalah ledakan jumlah penduduk, penipisan sumber daya alam,
perubahan iklim global, kepunahan tumbuhan dan hewan, kerusakan habitat alam,
serta peningkatan polusi dan kemiskinan. Dari hal itu dapat dibayangkan
betapa besar kerusakan alam yang terjadi karena jumlah populasi yang besar,
konsumsi sumber daya alam dan polusi yang meningkat, sedangkan teknologi saat
ini belum dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.
Penerapan konsep pembangunan
berkelanjutan pada saat ini ternyata jauh dari harapan. Kesulitan
penerapannya terutama terjadi di negara berkembang, salah satunya Indonesia.
Sebagai contoh, setiap tahun di negara kita diperkirakan terjadi penebangan
hutan seluas 3.180.243 ha (atau seluas 50 kali luas kota Jakarta). Hal ini
juga diikuti oleh punahnya flora dan fauna langka. Kenyataan ini sangat jelas
menggambarkan kehancuran alam yang terjadi saat ini yang diikuti bencana bagi
manusia.
Pada tahun 2005 - 2006 tercatat terjadi
330 bencana banjir, 69 bencana tanah longsor, 7 bencana letusan gunung
berapi, 241 gempa bumi, dan 13 bencana tsunami. Bencana longsor dan banjir
itu disebabkan oleh perusakan hutan dan pembangunan yang mengabaikan kondisi
alam.
|
1.
Apakah ide pokok pada paragraf pertama dalam penggalan teks
di atas?
2.
Tulislah satu kalimat fakta dan satu kalimat opini dalam
penggalan teks di atas!
3.
Buatlah rekomendasi berdasarkan pendapat mu sendiri untuk
memecahkan permasalahan tersebut!
Komentar